Tips Membeli Printer untuk Pelajar dan Mahasiswa

Tips Membeli Printer untuk Pelajar dan Mahasiswa – Sebagaimana yang kita tahu, printer adalah sebuah mesin atau perangkat yang dapat menerima teks dan gambar sebagai output dari komputer dan mengubahnya menjadi lebih nyata ke dalam bentuk selembar kertas. Hasil cetakan ini juga cukup bervariasi mulai dari ukuran, kecepatan, dan biaya.

Tips Membeli Printer

Secara umum, printer yang lebih mahal digunakan untuk pencetakan foto berwarna dengan resolusi lebih tinggi namun jika kalian seorang mahasiswa yang mencari printer, kabar baiknya adalah ada banyak pilihan di luar sana. Ada berbagai model yang sangat cocok untuk menghasilkan foto mendetail, mencetak banyak lembar hitam-putih dengan cepat, atau memberi kalian biaya per cetak serendah mungkin.

Nah, simak tips memilih printer bagi pelajar dan mahasiswa berikut ini:

 

1. Cek Fitur Printer.

 

Penting untuk memilih printer yang fiturmya paling sesuai dengan kebutuhan kalian sehingga kalian tidak menghabiskan lebih banyak untuk kartrid pengganti daripada printer itu sendiri atau terlalu banyak untuk printer mahal yang hanya akan kalian gunakan beberapa kali dalam setahun. Sebaiknya pertimbangkan kecepatan pencetakan printer, opsi konektivitas, dan dukungan aplikasi seluler. Kami telah menyertakan opsi inkjet dan laser dengan tetap mempertimbangkan anggaran kalian.

 

2. Pertimbangkan Anggaran, Kebutuhan, dan Tempat Tinggal.

 

Tentu saja, hal pertama yang harus dicari dalam sebuah printer adalah bahwa ia minimal harus bisa berfungsi untuk mencetak dokumen. Selain itu, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan pencetakan pribadi kalian: program studi kuliah yang membutuhkan banyak bahan bacaan dan esai untuk dicetak mungkin mendapat manfaat dari produk yang dapat menangani banyak pekerjaan/halaman tanpa banyak waktu menunggu, sedangkan mahasiswa desainer grafis perlu mempertimbangkan printer premium yang bisa mencetak gambar dan foto. Tak ada salahnya untuk mencari produk yang dapat menghasilkan cetakan berwarna dengan resolusi tinggi.

Selain itu, seorang pelajar atau mahasiswa yang tinggal di asrama harus mempertimbangkan ruang gerak mereka sebelum berinvestasi dalam printer. Nah, penghuni asrama sebaiknya memilih printer yang ringkas dan tenang agar tak mengganggu penghuni kamar sebelah ketika sedang sibuk nge-print.

Sementara mereka yang bertempat tinggal di luar kampus tentunya memiliki lebih banyak ruang gerak. Maka selain kebutuhan berdasarkan jurusan kuliah, pertimbangkan juga tempat tinggal dan juga harga printer pada saat pembelian awal.

Printer Canon

3. Selain Kualitas, Cek Juga Kemampuan Pencetakan Dasar Printer

 

Saat mencari perangkat printer yang berkualitas, kalian tentunya ingin memastikan bahwa mesin tersebut mudah dioperasikan, memberikan resolusi warna yang sangat baik, mungkin juga sudah memiliki fitur wireless serta pilihan sambungan lain (seperti kabel data atau aktivasi bluetooth) yang dapat memungkinkan kalian untuk mencetak beragam dokumen.

Jika kalian perlu mencetak dokumen berwarna dan gambar berwarna, kalian tidak serta merta membutuhkan jenis yang paling mahal di pasaran. Meskipun beberapa printer yang dijual memiliki opsi pencetakan lanjutan, sesungguhnya kemampuan pencetakan dasar yang mereka miliki sudah sangat baik. Jadi, buat apa bayar mahal untuk hal yang sebenarnya bisa diperoleh dengan lebih murah?

So, catatan pentingnya adalah kalian tidak perlu membeli printer paling mahal di luar sana. Karena kalian memilih printer untuk pelajar dan mahasiswa maka harga printer yang kalian pilih juga haruslah yang terjangkau.

Sebuah mesin printer yang bagus biasanya tidak akan hanya menawarkan kualitas pencetakan yang tinggi namun juga mampu memberikan hasil cetakan yang tajam dan jelas dalam berbagai jenis dokumen. Sekali lagi bagi anak kos atau asrama, berhubung kamar tidur kalian biasanya tidak terlalu besar, tak ada salahnya untuk memilih printer yang berukuran mungil atau tidak terlalu besar. Banyak kok yang bagus, tinggal bagaimana pandai-pandainya kalian memilih.




Share :

21 Komentar di "Tips Membeli Printer untuk Pelajar dan Mahasiswa"

  1. Hemm printer itu penting untuk pelajar maupun mahasiswa, udah kayak kebutuhan tiap hari aja print tugas, dan lainnya lah. Lebih efektif memang punya sendiri di rumah agar tidak bolak-balik ke tempaat fotocopy. Terima kasih tipsnya!

    ReplyDelete
  2. Iya, berasa banget butuh printer. Udah jadi barang yang wajib dimiliki. Karena selalu ada aja tugas sekolah yang harus diprint

    ReplyDelete
  3. aku tu lagi nyari printer buat anakku mba, secara printer lama tuh udah tua jadi ngadat, mau sekalian beli yang berwarna lah biar bisa print macam2 activity buat dia wkwkwkk

    ReplyDelete
  4. Pas banget printerku rusak. Udah diservice habis banyak, tetep nggak sembuh. Tintanya loncat2. Pengin beli baru tapi bingung nyari referensi. Thanks ya

    ReplyDelete
  5. Nice info mba. Biar ngga salah pilih kaya aku kemarin. Malah besar pengeluaran jadinya

    ReplyDelete
  6. Sekarang ini banyak printer mini yang gak kalah bagusnya sama printer yang ukurannya besar. Cocok ditaruh di meja belajar anak. Gak makan tempat

    ReplyDelete
  7. Baca postingan ini jadi teringat waktu aku masih SMK di tahun 2012. Waktu itu aku masih magang di bagian penjualan komputer dan printer jadi tiap hari aku harus bisa menjelaskan printer dengan segala kelebihan dan kekurangannya kepada calon pembeli.

    ReplyDelete
  8. Membaca ini jadi ingat kalau printer di rumah lagi bermasalah.
    Sepertinya harus diganti baru daripada diservis. Untuk beli yang baru harus memperhatikan tips di atas agar printer lebih awet. Makasih tipsnya mba.

    ReplyDelete
  9. Terima kasih infonya mbak. Memang harus selalu membeli barang sesuai kebutuhan aja ya, ga harus mahal. Printer yang mahal tapi jarang dipakai akan tetap rusak juga. Karena setiap printer harus sering digunakan, minimal dalam seminggu ada ngeprint sesuatu.

    ReplyDelete
  10. Rekomen banget nih printerny, bisa menjadi solusi buat sekarang yang membutuhkan. Terutama pas anak lagi butuh untuk tugas2nya di sekolah.

    ReplyDelete
  11. printer portable juga bagus kak :D bisa jadi pilihan

    ReplyDelete
  12. thanks for all the tips and tricks mba. Kalau aku prefer printer yang lengkap dengan fungsi lainnya seperti scan dan copy, biar sekalian hehehe

    ReplyDelete
  13. Kadang aku kepikiran buat beli printer, tapi memang kudu banget cek harga. Sekarang banyak yang bagus, scan, copy, sampai disambungin ke ponsel ada semua

    ReplyDelete
  14. Keinget jaman beli printer buat warnet, masa setahun bisa beli sampe 3X. Memang beli yg murah si. Tp, posisi naruh geser dikit, eh, mulai rusak bagian ini bagian itunya.
    Jadi, sepakat dg tips di atas. Beli printer, kudu banyak pertimbangan

    ReplyDelete
  15. Printer menjadi salah satu kebutuhan belajar, terutama bagi saya dan anak-anak kami yabg bersekolah rumah.
    Banyak ide bermain dan belajar yang gratisan dan printable yang bisa dimanfaatkan.
    Tentu saja printer yang digunakan yang cukup tahan banting sama kondisi pemakaian rutin

    ReplyDelete
  16. Mau beli pinter memang kudu mikir butuhnya buat apa. Ngeprin aja, atau mau yang bisa sekaligus scan dan copy. Buqt pelajar sih mending beli yang printer aja. Klo untuk kantoran baru pake yang PSC

    ReplyDelete
  17. Makasih tipsnya, Mba, aku dua kali beli printer kayaknya salah deh. Sekarang pengen beli banget yang lengkap bisa scan, copy juga ya, Mba

    ReplyDelete
  18. Makasih banget nih mba tipsnya, jadi tahu harus membeli printer yang seperti apa. Terutama yang bagus tapi harga terjangkau ya

    ReplyDelete
  19. Zaman kuliah dulu, butuh banget printer untuk tugas dan skripsi, anggaran, fitur dan ketersediaan tinta merupakan keharusan biar ngeprint tetap lancar :)

    ReplyDelete
  20. Terima kasih atas tulisannya soal printer. Printer lama lagi rusak dan lagi nimbang-nimbang apakah perlu beli printer baru nih. Mikir-mikir sambil gugling.

    ReplyDelete
  21. Saya tuh sering beli printer untuk kantor tapi kesulitan isi ulangnya. Memang sepertinya kita harus lihat spesifikasi ketika beli printer ya mbak agar tidak kesulitan mengoperasikan di kemudian hari

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^