Solusi Pelatihan Karyawan Zaman Now Agar Bisnis Berdaya Saing Tinggi

Solusi Pelatihan Karyawan Zaman Now Agar Bisnis Berdaya Saing TinggiBagaimana sebuah perusahaan bisa bertahan pada masa sekarang hingga nanti, tantangannya salah satunya adalah pada tenaga kerja atau sumber daya manusia yang dimilikinya. Kualitas tentunya menjadi andalan, keinginan untuk terus belajar, dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman secepat mungkin.

Salah satu kunci untuk upgrade SDM adalah dengan menyelenggarakan atau mengikutkan karyawannya sejumlah pelatihan yang sesuai kebutuhan masing-masing. Maklumlah ya, pada masa sekarang ini perkembangan ilmu pengetahuan sangatlah cepat maka harus disikapi dengan cepat pula.

Nah, belum lagi kalau bicara soal persaingan bisnis dalam segala bidang yang semakin hari semakin ketat saja maka dalam mmempertahankan bisnisnya, sebuah perusaha harus memastikan SDM-nya sudah berkualitas mumpuni.

solusi pelatihan karyawan

Mengapa? Tentunya untuk mempertahankan dan mengembangkan eksistensinya menuju masa depan. Tak ada yang ingin perusahaannya berumur pendek kan? Nah, pelatihan untuk pengembangan kapasitas karyawan ini hal yang urgent terkait keberadaan perusahaan.

Pandemi covid-19 secara tidak langsung menciptakan keterbatasan dalam penyelenggaran ataupun mengikuti training SDM. Interaksi antar manusia dibatasi bahkan tidak diperkenankan dalam masa PPKM guna mencegah perluasan penyebaran virus.

Tak boleh ada kerumunan di mana pun, termasuk di tempat pelatihan. Hal ini membuat masalah baru bagi perusahaan yang sudah mempersiapkan anggaran bagi para pegawainya. Adapun bagi perusahaan yang lebih kecil, ada kendala biaya jika tetap harus mengikuti pelatihan secara offline.

Beruntunglah pada masa kini, perkembangan dunia digital sudah sangat pesat. Hal ini memudahkan kita beraktivitas secara daring. Training dan pengarahan secara online menjadi solusi atas permasalahan terkait pelatihan SDM. Tanpa tatap muka langsung, pelatihan bisa tetap dilangsungkan. Tinggal mencari penyelenggara yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Mobile Learning Management System untuk Karyawan

 

Sekarang ada istilah Learning Management System (LMS). LMS inilah yang menjadi pilihan tepat untuk melakukan aktivitas pembelajaran daring bagi para karyawan. Di Indonesia, LMS terdepan dalam penyelenggaraan pelatihan online untuk SDM perusahaan adalah ruangkerja by Ruangguru. Track record dari ruangkerja ini sudah dikenal baik dan mampu menjawab kebutuhan perusahaan untuk karyawannya.

Ruangkerja, sebagaimana Ruangguru mampu memahami bagaimana dan apa yang dibutuhkan perusahaan dalam pada masa kini. Terdapat sejumlah fitur yang dapat menyokong pelatihan sehingga membuat proses pelatihannya berlangsung nyaman.

Teknologi mobile learning ruangkerja memungkinkan penggunanya menyimak pembelajaran secara fleksibel. Pembelajaran bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun, menyesuaikan dengan waktu luang si pegawai.

Kemudian muncul pertanyaan mengenai efektivitas dan kejelasan struktur pelatihan. Apakah ruangkerja mampu menjawabnya?

Sistem Learning Journey

Don’t worry, ya, ruangkerja sudah mengantisipasinya kok. Ada yang namanya sistem learning journey. Dengan sistem ini, karyawan bisa kok belajar secara sistematis dan tentunya terstruktur pula. Pengguna aplikasi LMS ini dengan cepat mampu mengetahui harus mulai dari mana dan telah sampai di mana pembelajarannya. Sangat cocok bagi Anda yang super sibuk, bukan?

Learning Plan yang Sistematis dan Terstruktur

Satu lagi kelebihan aplikasi yang dikeluarkan oleh Ruangguru ini, yaitu fitur learning plan-nya. Melalui fitur ini, pihak kantor terbebas dari kekhawatiran akan ketidaksesuaian pelatihan dengan kebutuhan karyawannya.

Mengapa? Karena fitur ini didesain untuk memudahkan pengelola atau pemilik usaha dalam menyusun kelas-kelas pelatihan bagi pegawainya dengan sistematis dan terstruktur.

Learning plan ruangkerja
Mudah menyusun kelas.

User Friendly

Keunikan lainnya dari aplikasi ini adalah dalam hal desainnya yang dibuat dengan memperhitungkan kenyamanan penggunanya, user friendly pula – sangat mudah dalam mengaksesnya.

Fitur Kolaborasi

Fitur kolaborasi juga menjadi salah satu kelebihan ruangkerja. Adanya forum diskusi memudahkan semua peserta untuk melakukan kolaborasi dengan peserta lainnya. Melalui fitur ini pula, penggunanya leluasa bertanya kepada para ahli mengenai materi yang sedang dipelajarinya.

Ruang diskusi
Ruang diskusi.

Leaderboard

Nah, kelebihan lainnya adalah adanya LEADERBOARD yang bisa memicu semangat belajar para pesertanya. Melalui fitur ini, pemimpin perusahaan dapat melihat nilai bawahannya – yang sedang mengikuti pelatihan yang meraih nilai tertinggi. Jadi poin lebih kan ya bagi pemegang nilai tertinggi karena teruji kesungguhannya dalam belajar. Menyenangkannya, perihnya akan mendapatkan sertifikat.

Fleksibel

Dengan menggunakan LMS ruangkerja, para penggunanya memperoleh kemudahan menggunakan macam-macam perangkat, baik dari ponsel, tablet, maupun komputer. Hal ini  menjamin fleksibilitas terkait solusi pelatihan SDM.

Fitur untuk Monitoring

Nah, mari bahas bagian terpenting bagi perusahaan, mengapa ruangkerja layak menjadi rekanan dalam pelatihan karyawan online. Well, ruangkerja memiliki sejumlah fitur yang memungkinkan para atasan dari suatu perusahaan dalam memantau, menentukan kelas yang mana yang ingin diberikan pada karyawannya, dan dalam memberikan penilaian.

Para peserta nantinya akan mendapatkan poin. Penentu dari bobot poin tersebut ditentukan langsung oleh pihak perusahaannya, tentunya setelah si karyawan menyelesaikan modul pelatihan yang ditugaskan kepadanya. Nyata adanya ya bahwa semuanya dapat dikontrol oleh pemimpin perusahaan. Tak perlu khawatir kelas yang dipilih tidak berjalan dengan baik.

Sampai sini sudah paham ya bahwa secara teknis dan pemanfaatan waktu, ruangkerja memang bisa diandalkan karena sifatnya yang efektif dan efisien.

Dashboard division ruangkerja
Monitoring.

Efisiensi Biaya Perusahaan

Sampai di sini, pasti ada yang akan mempertanyakan soal biayanya. Apakah ruangkerja mampu membantu efisiensi anggaran perusahaan untuk pelatihan karyawan-karyawannya?

Tentunya jawabnya adalah YES karena adanya sistem cloud-based yang dengannya menjadi investasi perusahaan agar mampu berhemat.

Jadi nih, subscription model melalui cloud ruangkerja itu akan menghemat investasi perusahaan bahkan sampai miliaran rupiah lho, dibandingkan dengan membangun sistem sendiri.

Untuk waktu implementasinya lebih singkat. Hanya dalam 2 pekan saja sudah bisa go live. Ruangkerja pun sudah dilengkapi dengan SSL Security sehingga konten dan data perusahaan terlindungi.

***

Well, sudah sangat gamblang nih saya memaparkan mengenai ruangkerja di sini. Tinggal bagaimana Anda yang sedang mencari cara agar karyawan Anda berkembang apakah akan segera memutuskan untuk berencana dan berinovasi dengan dukungan teknologi untuk lebih maju dengan cara lebih mudah.

Lebih mudahnya sudah saya paparkan di atas. Dengan ruangkerja, pihak perusahaan dapat lebih berhemat dalam memanfaatkan waktu, menghemat pengeluaran, dan mudah dalam memantau jalannya pelatihan. Feed back-nya ke mana lagi kalau bukan kepada perusahaan?

Makassar, 27 Agustus 2021



Share :

1 Komentar di "Solusi Pelatihan Karyawan Zaman Now Agar Bisnis Berdaya Saing Tinggi"

  1. Pelatihan-pelatihan seperti inilah yang sangat dibutuhkan untuk karyawan atau calon karyawan, apalagi bisa dilakukan secara online. Jadi tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar dari perusahaan untuk memberikan pelatihan kepada karyawannya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^