Cloud Hosting: Pengertian dan Mengapa Perlu Menggunakannya

Anda membutuhkan web hosting yang mudah untuk digunakan dan memiliki resource yang besar? Shared hosting saja tak cukup, lho. Ada alternatif menggunakan VPS (Virtual Private Server) namun  VPS ini sulit dikelola oleh seorang pemula. Ada solusi terbaik yang bisa digunakan, yaitu dengan cloud hosting.

Apa itu cloud hosting? Apa saja keunggulannya untuk website?

Nah, inilah hasil penelusuran mengenai cloud hosting secara detail berikut apa saja keunggulannya dibandingkan web hosting lainnya. Istilah cloud hosting ini masih hangat nih dibicarakan, pengen menyimpannya di postingan ini. Silakan lanjut membaca jika ingin menyimak yaa.


Cloud hosting
Sumber gambar:
image by Mudassar Iqbal from Pixabay 

Apa itu Cloud Hosting?

Cloud hosting adalah tipe web hosting yang memungkinkan Kita memiliki beberapa server untuk website kita. Tipe web hosting ini teknologi cluster atau menggabungkan beberapa resource server secara terpusat.

Teknologi tersebut memungkinkan website dapat tetap stabil walaupun salah satu server sedang down atau bermasalah. Hal ini membuat uptime (waktu yang dibutuhkan server untuk online) cenderung tinggi sebab server saling mem-back-up.

Secara sederhana, cloud hosting bisa juga dikatakan sebagai “shared hosting rasa VPS”. Alasannya adalah, proses pengelolaannya mudah seperti shared hosting namun kualitas dan resource-nya seperti menggunakan VPS.

Mengapa Perlu Menggunakan Cloud Hosting?

Ada beberapa alasan mengapa cloud hosting menjadi pilihan yang tepat untuk website kita. Khususnya jika kita memiliki  website bisnis atau toko online yang jumlah trafiknya berpotensi terus meningkat. Website bisnis itu ibaratnya kantor di dunia maya maka keberadaannya harus diupayakan sebaik-baiknya, kan apalagi jika bisnis dijalankan dengan passion.

Nah, berikut ini beberapa keunggulan cloud hosting yang wajib kita ketahui.

1. Bisa Menampung Banyak Trafik

Traffic yang membludak bisa saja membuat website lelet, down, dan tak dapat diakses. Namun, dengan teknologi cluster dari cloud hosting, website dapat menampung jumlah pengunjung yang banyak. Bahkan, mungkin diakses oleh ribuan atau jutaan orang secara bersamaan.

Saat ada salah satu server yang overload, maka beban akan dibagi ke server lainnya. Metode ini disebut dengan back-up resource.

Nah dengan cloud hosting ini, kita tak perlu mengkhawatirkan website akan lemot ketika pengunjung membludak. Kita bisa lebih tenang dan berfokus pada pengembang website saja.


Cloud hosting Niagahoster
Sumber gambar https://www.niagahoster.co.id/.

2. Performa Tinggi dan Aman

Layanan cloud hosting telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur unggulan. Di Niagahoster, layanan cloud hosting telah dilengkapi dengan teknologi litespeed memcache. Teknologi ini akan membuat website semakin cepat ketika diakses. Jadi tak hanya dapat menampung trafik yang besar, website juga dapat bekerja secara lebih cepat.

Kita juga tak perlu khawatir mengenai keamanan website. Layanan cloud hosting menawarkan keamanan dan kerahasiaan data, kontrol akses data, dan integrasi data. Penyedia layanan juga menambahkan algoritma enkripsi untuk melindungi data privasi.

Layanan juga didukung oleh imunify 360 yang ampuh melindungi website dari serangan malware, DDoS, dan serangan hacker lainnya.

3. Mudah Dikelola (Full Managed)

Proses manajemen cloud hosting sama seperti shared hosting, yaitu dengan menggunakan control panel. Tak perlu khawatir akan kesulitan dalam memanajemen server sebab semua pengaturan dapat kita lakukan dengan mudah melalui panel yang telah disediakan.

Di Niagahoster, layanan cloud hosting telah dikonfigurasi dan server telah dikelola oleh tim yang andal. Misalnya, kemudahan dalam menginstal WordPress karena telah diintegrasikan dengan WordPress. Sehingga cukup sekali klik, kita sudah bisa langsung menggunakan website.

Pilih Cloud Hosting untuk Sukseskan Website Bisnis

Sekarang, kita telah memahami apa itu cloud hosting dan manfaatnya untuk website atau toko online. Tentunya kita menginginkan toko online menghasilkan uang di internet, ya. Sekali lagi, cloud hosting membuat website atau toko daring kita dapat menampung banyak trafik, tidak lemot, aman dari serangan hacker, juga mudah untuk dikelola.

Bingung mencari penyedia layanan web hosting terpercaya? Tak perlu bingung. Kita bisa dapatkan web hosting terbaik di Niagahoster. Paket cloud hosting Indonesia dari Niagahoster bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Kita juga bisa mendapatkan banyak keuntungan lainnya, seperti gratis SSL, auto backup, gratis domain, dan lainnya.

Nah yang sudah yakin dengan kebutuhan akan cloud hosting, tunggu apa lagi, cus segera berselancar ke website Niagahoster untuk mengembangkan website bisnis ke arah yang lebih baik. Tantangan bisnis online itu salah satunya ada pada website yang mumpuni!



Share :

16 Komentar di "Cloud Hosting: Pengertian dan Mengapa Perlu Menggunakannya"

  1. Ini sungguh informasi yang ku cari mbak mugni, secara blog ku itu sering error. padahal lagi asyik Blogwalking eeeee ngadat aja, gak bisa dibuka, huft

    ReplyDelete
  2. Kalau Niagahoster saya percaya deh. Secara banyak memang Blogger yang menggunakan jasa darinya. Keramahan petugasnya juga terkenal baik kalau ada masalah. Fast respon gitu katanya...

    ReplyDelete
  3. Atas rekomendasi banyak blogger, saya juga akhirnya beli hosting dan domain di NiagaHOster.

    ReplyDelete
  4. Kalau hosting ini menurutku emang paling ok di NiagaHoster ya. Banyak banget review positifnya.

    ReplyDelete
  5. diriku ngga terlalu memahami masalah teknologi ini secara detai tapi jika memang ada bisnis yang punya traffic gede kayanya perlu banget Cloud Hosting untuk keperluan Website Bisnis biar makin lancar

    ReplyDelete
  6. Kubaca pelan-pelan nih Mbaaaak.... soalnya nggak paham tentang cloud hosting gini. Taunya make doang buat ngeblog. Jualan online pakainya FB dan marketplace yang nggak mikirin hosting segala.

    ReplyDelete
  7. Kalau pakai cloud hosting file penyimpanan memang lebih lega dan aman tersimpan dengan baik. Jadi nggak kemping kalau misalnya mau migrasi ya

    ReplyDelete
  8. Wah asyik banget ya kalau pke cloud hosting ini, jadi lebih leluasa juga kitanya untuk bisnis jelas akan memperlancar proses bisnisnya nih..mantaps..

    ReplyDelete
  9. teknologi cluster dari cloud hosting sih berguna banget. Apalagi untuk web yang emang visitornya banyak tiap detik. Boleh nih ceki ceki Niagahoster, mana tau nyantol hehe :)

    ReplyDelete
  10. Informasi menarik nih tentang Cloud Hosting. Saat ini memang masih belum perlu karena baru menggunakan satu blogspot saja. Tetapi setidaknya sudah ada bayangan jika ke depan butuh server.

    ReplyDelete
  11. kurang begitu paham sih,,yg saya tau cloud itu kan kek penyimpanan scra online ya...sperti drive atau paling gampang HD external..cmmn ini bedanya scra online

    ReplyDelete
  12. kayanya aku butuh deh, soalnya blog aku suka error. makasi ya ka infonya hehehe

    ReplyDelete
  13. Jadi jelas apa saja keuntungan dari cloud hosting. Bisa buat rekomendasi kalau nantinya ada yang ingin cari hosting untuk bisnis. Bisnis lancar berkat web yang keren.

    ReplyDelete
  14. Niagahoster terkenal dengan qualitynya dan juga promonya.. itu aq sukanya dari dia :)

    ReplyDelete
  15. Tadinya "buta" banget masalah cloud hosting ini. Trus lumayan jd tercerahkan karna mampir ke sini. Thanks ya mbak.

    ReplyDelete
  16. Niagahoster ini terkenal banget soal kualitas dan promonya.

    Pakai hosting sendiri apalagi kalau untuk web bisnis perlu banget dipertimbangkan ya Bun.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^