Ruangbelajar by Ruangguru: Solusi Pembelajaran Daring Terbaik

Ruangbelajar byRuangguru: Solusi Pembelajaran Daring Terbaik - “Akar pangkat tiga dari 9261 centimeter kubik .. hmm, coba lihat akhirannya. Berapa kali berapa kali berapa yang akhirannya satu?” tanya saya kepada Athifah. Kami sedang menonton video pembelajaran Matematika kelas 9 di Ruangguru.

“Bisa tebak?” tanya saya lagi.

Anak gadis yang baru naik kelas 9 ini mengamati pilihan ganda yang tertera di layar: A. 19, B. 21, C. 22, dan D. 23. Dia menggeleng.

Saya menjelaskan sekali lagi bagaimana cara menjawab soal itu tanpa perlu benar-benar menghitung akar pangkat 3 dari 9261. Sudah bisa ditebak dengan melihat keempat pilihan tersebut. Hanya ada 1 pilihan yang tepat.


Ruangbelajar by Ruangguru

Bagaimana jika harus menghitung nilai akar pangkat 3 dari sebuah bilangan? Ternyata ada rumus cepatnya, kami mempelajarinya bersama-sama dari video yang ada dalam aplikasi belajar ini. Bagi saya, menyimak pelajaran Matematika SMP itu seperti bernostalgia. Sejak di bangku sekolah dasar saya sangat suka dengan Matematika.

Saya suka sekali bermain angka. Hingga di SMA, masuk jurusan Fisika, saya girang sekali menjalani 10 jam Matematika setiap pekannya. Mau itu Aritmatika, Trigonometri, dan Aljabar, saya menyukainya. Hanya Geometri yang saya tidak begitu bisa menikmati. Saya memiliki kekurangan dalam bidang Matematika yang membahas ruang 3 dimensi.

Nah, video-video yang saya simak bersama putri saya adalah video yang membahas volume ruang 3 dimensi, untuk bangun kubus. Melihat visualisasi yang ditayangkan, saya yakin Athifah lebih mudah memahaminya sembari mendengar penjelasan mentor beserta saya di sisinya.

Kami bisa menghentikan video setiap saat dan flash back, apakah dia paham atau tidak. Kalau masih belum paham, saya menjelaskan kembali penjelasan mentor. Senangnya ketika melihat wajahnya berseri dan matanya berbinar, diikuti dengan anggukan kepala, menunjukkan dia sudah mengerti materi yang disajikan.

 

Masalah Pembelajaran Daring

 

Dalam sebuah acara Zoom meeting yang membahas mengenai pembelajaran daring, disebutkan ada berbagai masalah dalam pembelajaran daring setelah dievaluasi selama setahun lebih. Masalahnya ada pada anak, orang tua, dan guru.

Maklumlah ya, kondisi seperti ini baru kali ini kita alami. Pandemi covid-19 mempercepat disrupsi dalam bidang pendidikan sehingga mau tak mau kita harus menjalani pembelajaran jarak jauh. Bagi anak, lemahnya motivasi belajar disebut-sebut menjadi salah satu masalah.


Video Ruangguru
Video yang saya tonton dengan putri saya.

Bagi orang tua, belum dapat menjadi motivator disebut menjadi salah satu kendalanya. Dalam pandangan saya, sebagian orang tua kewalahan dalam mendampingi buah hatinya karena harus berperan sebagai “guru” dalam memberikan pemahaman kepada anak.

Dari sisi guru, salah satu permasalahannya adalah bahwa pembelajaran belum menarik dan menyenangkan. Jujur saja sih, saya pun melihatnya demikian. Ada guru yang hanya memberikan tugas menulis setiap jam pelajarannya. Menulis panjang sejak awal hingga akhir semester tentunya bukan hal yang menyenangkan, bukan?

 

Ruangbelajar by Ruangguru Sebagai Solusi Belajar

 

“Mengerti?” tanya saya pada anak gadis kelas 9.

Athifah menganggukkan kepalanya.

Saat bersama-sama dengan Athifah menonton video pembelajaran menghitung volume kubus, saya merasa terbantu. Belajar ruang 3 dimensi dalam Matematika memang perlu imajinatif. Sulit jika hanya membayangkan di dalam kepala. Ketika tersajikan dalam bentuk visualisasi pada video pembelajaran seperti yang kami tonton di Ruangguru, belajar Matematika jadi lebih mudah.

Tidak seperti saya yang memang menyenangi Matematika walau tanpa video sekalipun – yah, zaman dulu mana ada video pembelajaran, Athifah perlu dicarikan metode lain agar dia merasa belajar Matematika itu menyenangkan.

Di dalam Ruangguru, ada video-video yang bisa diakses gratis. Untuk mendapatkan semuanya secara lengkap, harus berlangganan Ruangbelajar. Saya pun mencari informasi bagaimana berlangganan Ruangbelajar. Menyimak testimoni dari mereka yang berhasil masuk sekolah/kampus impian setelah belajar dengan Ruangbelajar, membuat saya bersemangat mencari informasi.

 

Apa yang Bisa Diakses di Ruangbelajar

 

Ruangbelajar kaya dengan fitur yang memudahkan anak belajar online, yaitu:

- Ruangguru PET.

- Ruangguru Adventure.

- Jadwal Belajar.

- Asah Otak .

- Adapto (rilis Juli).

- Konsep Kilat (rilis Juli).

- Bank Soal.

- Laporan Belajar.

- Dan beberapa fitur baru yang rilis bulan Juli ini.

 

Promo Ruangguru
Aneka promo di Ruangguru.

Bagaimana Berlangganan Ruangbelajar dari Ruangguru

 

Rupanya banyak promo yang bisa dimanfaatkan dengan potongan harga sebanyak 60%, bahkan ada yang mencakup potongan harga berikut diskon tambahan jadi bisa mendapatkan paket belajar dengan harga sangat terjangkau. Banyak pilihan cara bayar dengan potongan 60 persen itu. Saya menyasar pembayaran melalui rekening sebuah bank yang saya miliki.

Melalui pembayaran dengan akun bank tersebut saya mendapatkan potongan harga 60%. Si anak gadis langsung disuruh berjanji untuk bersungguh-sungguh belajar memanfaatkan semua fitur Ruangbelajar selama setahun. Semoga dia bisa memanfaatkannya dengan baik walaupun misalnya masa pembelajaran daring harus berlangsung lama.


Paket 1 tahun Ruangbelajar
Berhasil beli paket belajar selama 1 tahun dengan diskon 60%.

Yang seperti ini nih bikin mamak-mamak lega. Pada masa pandemi yang serba terbatas seperti ini, Ruangbelajar by Ruangguru memberi banyak kemudahan.

Oya, paket 1 tahun ajaran 2021/2022 dengan diskon 60% itu berlaku hingga 30 Juni 2022, lho. Survei yang menyatakan 98% menilai Ruangbelajar sangat membantu pemahaman konsep layak menjadi alasan memilih Ruangbelajar.

Makassar, 7 Juli 202



Share :

21 Komentar di "Ruangbelajar by Ruangguru: Solusi Pembelajaran Daring Terbaik"

  1. Ruang guru memang solusi banget saat anak mogok belajar karena bosan dan tugasnya banyak, sementara dia belum apa-apa. Selain menarik, video pembelajarannya juga midah dipahami.

    ReplyDelete
  2. Produk baru ruangguru memang kece-kece nih, bisa bikin anak makin semangat belajar.

    ReplyDelete
  3. Saat ini Ruangbelajar by Ruangguru sedang banyak memberikan potongan harga pembelajaran ya. Dan senangnya pihak sekolah pun merekomendasikan sistem pembelajaran jarak jauh bersama team Ruangguru ini.

    ReplyDelete
  4. Ruang belajar by Ruangguru ini terjangkau banget kak. Bisa diakses pula tanpa internet. Pokoknya mengerti banget untuk siswa yang berada di pedalaman.

    ReplyDelete
  5. Anak milenial skrg mmg hrs dicarikan cara agar mereka mau dan paham pelajaran ya. Video² seperti di ruangbelajar bisa jd solusi

    ReplyDelete
  6. Duh aku ga bisa bayangkan kalau aku ngajari anak belajar matematika secara udah lama banget ga ngikuti pelajaran berhitung. Ruang belajar bisa banget bantu orang tua ya mbak yg kurang memiliki kemampuan mengajar

    ReplyDelete
  7. Wow, diskonnya besar sekali mba. Cocok nih buat budget Mamak dan anak tetap bisa fokus belajar. Ruangguru memang platform belajar online pilihan orang tua dan anak. Terlebih fitur-fiturnya dapat memudahkan anak belajar.

    ReplyDelete
  8. Huwaa Bunda Niar suka sama hitung hitungan. Kagum sekali, ternyata dulu di masa sekolah, Bunda masuk jurusan Fisika.

    Asiknya belajar di Ruangbelajar by Ruangguru, kalau belum benar benar paham, penjelasan dari gurunya bisa di replay lagi biar makin jelas ya Bun. Terus bisa dibahas bareng anak deh.

    ReplyDelete
  9. Lihat foto pertama, itu ada Dafa dan Lulu, teman belajar anak saya di Ruangbelajar by Ruangguru. Asik banget dan komunikatif guru-gurunya. Anak jadi fun belajarnya.

    ReplyDelete
  10. Duluuu pas ruangguru pertama muncul aku pernah coba ikutan kelasnya dan memang semenarik itu. Ngga heran anak2 pada betah dan lomba siapa yang paling rajin di sana. Memotivasi banget sih yaaa. kwkw trus tiap hari juga ditanyain sama ruanggurunya kalo gapernah ikut kelas dan ngerjain soal haha

    ReplyDelete
  11. kata teman saya ini sangat membantu, anaknya ada yang didaftarkan di sini dan sangat terbantu, nilainya menjadi lebih baik dan pemahamannya juga meningkat katanya

    ReplyDelete
  12. BHuaaa, toss banget Mak!!
    KIta pada jamannya masih Fisika , Biologi dan Sosial yaa. Aku pun syenneg sama hitung2, meski di kelas Fisika 10jam mata pelajaran MAtematika dalam sepekan syeneng banget, coz pelajarannya dimengerti, bukan dihafalin.

    Anak2 jaman skarang lebih enak lagi belajar matematika banyak cara mudahnyaa yaa. Apalagi dibantu dengan Ruangbelajar by Ruangguru yang banyak banget fitur sangat membantu banget pembelajaran daring di jaman now.

    Sudah terbukti kualitas Ruangguru ini, hhuu dengan diskon gede2an pula makin menarik mata mamak2 buat solusi anaknya belajar online di sini yaa.

    ReplyDelete
  13. Penasaran sama yang 'konsep kilat'
    seperti apa itu ya..
    memahami pelajaran dengan cepat ya....
    hmmm

    ReplyDelete
  14. Di zaman pandemic seperti sekarang Ruang Belajar dari Ruang Guru adalah Salah satu solusi terbaik karena pembelajarannya daring. Banyak pula keunggulannya

    ReplyDelete
  15. Aku berharap model daring Ruang Guru bisa diadaptasi di sekolah2 formal ya. Biar efektif gitu pembelajarannya.

    ReplyDelete
  16. banyak juga yang ditawarkan oleh ruangguru ya mba. Apakah ada kelas atau bimbingan yang pengantarnya dalam bahasa Inggris mba?

    ReplyDelete
  17. Ruanv Guru tuh menurutku ibarat one stop learning buat para siswa. Jadi mau cari metode belajar yang kayak gimana tinggal cari. Udah gitu, ada promonya pula jadi nolong orang tua banget yang udah kepusingan belajar di rumah selama bertahun-tahun.

    ReplyDelete
  18. Bener banget Kak Niar... lemahnya motivasi anak buat belajar daring karena bosan juga dengan materi ajar yang kurang inovatif ya. Nah sekarang udah ada jawabannya Ruangguru, solusi pembelajaran daring.

    ReplyDelete
  19. Keponakan saya senang sekali saya daftarkan ke Ruangguru..katanya lebih mudah memahami pelajaran sekolah ..emang keren sih ya konsep Ruangguru ini

    ReplyDelete
  20. Udah lama denger tentang Ruang Guru, tapi baru kali ini ngulik lebih dalam. Ternyata sebagus itu fitur-fiturnya, anakku juga langsung suka, bikin ketagihan belajar katanya, hehhe.

    ReplyDelete
  21. Haduh sebagus itukah fitur-fiturnya, jadi penasaran pengen cobain sensasinya sendiri. Sayang sudah bukan siswa lagi, bisa nggak ya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^