Resep Masakan RinaResep.com, Inspirasi Resep Masakan Praktis

Resep Masakan RinaResep.com, Inspirasi Resep Masakan Praktis - Mau tidak mau, kebanyakan ibu berusaha belajar masak demi keluarganya. Bukan sekadar melayani, lebih kepada keinginan membahagiakan keluarga. Saya pun demikian. Jika bagi sebagian besar perempuan, memasak itu mudah. Tidak bagi saya. Bagi saya memasak Itu (tak) mudah karena butuh perjuangan tersendiri mempelajari aneka resep masakan.

Berangkat dari kebiasaan lahirlah kebisaan, itulah yang saya alami dalam urusan masak-memasak, bahkan resep masakan sederhana sekali pun. Pengalaman tak terlupakan di masa pengantin baru bukan sekadar asam-manisnya keluarga baru, melainkan juga bagaimana mencoba resep masakan sehari-hari di rumah yang dipelajari melalui aneka buku resep masakan.

Saya menikah tahun 1999. Ketika itu fasilitas internet masih sangat terbatas. Hidup di perantauan, di bumi Lancang Kuning, kami belum memiliki ponsel pribadi. Kartu perdana dan juga ponselnya masih merupakan barang mewah yang bukan barang prioritas kala itu soalnya masih ada jaringan telepon perusahaan yang bisa dipakai menelepon interlokal ke Makassar.

RinaResep

Untuk berselancar di dunia maya, saya perlu nebeng ke kantor suami ketika dia lembur. Koleksi resep masakan praktis yang saya miliki bertambah sepulang nebeng lembur.

Entah berapa judul buku “aneka resep masakan terlengkap” yang akhirnya saya koleksi dan praktikkan isinya. Segala macam jenis kuliner dicoba. Mulai dari resep masakan sayur, resep masakan ayam, resep masakan tahu, hingga resep masakan ikan. Hasilnya alhamdulillah, pak suami menggemuk karena jadi target utama uji coba istrinya ini. 😆

Itu kisah “di zaman saya”, ya. Kalau di zaman ini mudah sekali mendapatkan resep masakan Indonesia hingga mancanegara. Cukup dengan pencet-pencet keyboard laptop atau handphone. Sekali ketikkan kata kunci RESEP MASAKAN, mata kita kenyang dengan hasil yang mucul. Tinggal dipraktikkan saja.

Berselancar di RinaResep.com


Belum lama ini saya menemukan website yang sarat dengan aneka menu makanan dan resep minuman. Namanya RinaResep.com. Aneka menu masakan sehari-hari untuk keluarga bisa diperoleh di dalamnya. Tak hanya resep masakan rumahan untuk pemula, bahkan resep makanan yang sedang hits seperti dessert box pun bisa diperoleh di RinaResep.

Resep Puding Melon RinaResep

Bagi Anda yang masih menjalankan puasa syawal atau sedang membayar qadha puasa. RinaResep ini kaya juga dengan aneka resep minuman segar atau es buat buka puasa semisal aneka takjil segar, minuman hangat untuk buka puasa, dan dessert buka puasa simple dan segar. Bagi yang punya usaha kuliner, bisa mengintip aneka menu buka puasa untuk jualan di sini.

Sekilas Tentang RinaResep.com


Website RinaResep didirikan dan dimiliki oleh pasangan suami istri Mas Widya Abdurrozaq dan Mbak Rina Anggraeni. Sebagai admin utama, Mbak Rina ini nge-post banyak resep dan tips. Tentang Mbak Rina, keterangan tentangnya pada sebuah laman website ini menuliskan:
Berawal dari kebiasaan hobi traveling, memasak, dan menulis. Kini penulis aktif membagikan berbagai macam resep masakan Indonesia hingga mancanegara, disertai cooking tutorial yang telah dimuat di beberapa media dan website.

RinaResep.com didirikan pada bulan April 2020 sebagai upaya agar bisa membantu para ibu yang kebingungan menyajikan hidangan yang lezat bagi keluarganya setiap harinya. Website ini juga diharapkan dapat menjadi tempat bagi para milenial yang ingin belajar memasak.

Rina Anggraeni admin RinaResep


Kelebihan RinaResep.com


1. Aneka Kategori Kuliner


Dengan berpatokan pada resep masakan RinaResep.com saja, kita bisa memperoleh aneka resep masakan sehari-hari untuk 1 bulan. Bagaimana tidak, ada 10 kategori jenis resep masakan sehari-hari mudah dan praktis yang bisa diperoleh di RinaResep, yaitu:

Kategori RinaResep


Resep ayam

Contohnya: Sate Taichan, Opor Ati Ampela Ayam, dan Tahu Ampela Saus Tiram Praktis.

Resep masakan cepat saji

Semisal: Keripik Pangsit Bawang Renyah, Kering Kentang Pedas Manis, dan Kentang Goreng Renyah Kres Kres.

Resep masakan daging

Misalnya Rawon Sapi Lezat Khas Jawa Timur, Daging Sapi Lada Hitam, dan Bakso Pentol Setan Pedas Gila.

Resep masakan ikan

Seperti: Pepes Ikan Kembung Daun Kemangi, Ikan Tongkol Sambal Merah Yang Super Enak, dan Pempek Udang.

Resep Kare Kentang
Kare Kentang di RinaResep.

Resep kue

Contohnya: Churros Millo Modal 10.000, Kue Lupis, dan Tape Beras Ketan Manis.

Aneka masakan mie

Seperti: Mie Setan Pedas Maximal, Bakmi Goreng Banyumas Mantap Boskuh, dan Omelet Mie Telur Sayur Anak Kost.

Resep minuman

Contohnya: Es Jelly Mangga, Es Tora Cafe Chocomelt, dan Es Sarang Burung.

Resep sayur

Seperti: Lodeh Sayur Umbut/Pondoh Kelapa, Semur Jengkol Sedap, dan Kare Kentang.

Palu butung di RinaResep
Palu butung di RinaResep.


Resep seafood

Misalnya: Cumi Cabe Hitam, Sotong Sambal Balado, dan Udang Kremes Crunchy.

Masakan sup

Contohnya: Resep Memasak Tutut Yang Enak.

Selain kategori berdasarkan jenis bahan utama yang digunakan, kita bisa juga menemukan resep berdasarkan asala negaranya, seperti:

  • Indonesia
  • Amerika
  • China
  • Perancis
  • Italia
  • Malaysia


2. Struktur Postingan Resep yang Lengkap


Postingan masing-masing resep di dalam website RinaResep memiliki struktur yang unik dan lengkap. Di dalam setiap postingan kita bisa mendapatkan informasi:

  • Bahan-bahan masakan.
  • Cara membuat.
  • Langkah-langkah memasak secara lebih detail.
  • Lama masak.
  • Tingkat kesulitan.
  • Volume (porsi).
  • Informasi gizi, sangat membantu bagi yang ingin diet.
  • Pilihan untuk menandai/bookmark.
  • Fitur ulasan bagi “penikmat” resep (harus login dulu).
  • Fitur komentar (bebas bagi siapapun).

Sepanjang pengetahuan saya, struktur seperti ini tidak ada pada website-website lain yang sejenis.

Struktur RinaResep
Struktur postingan resep sangat detail di RinaResep.

3. Potensi Menjadi Tempat Kumpul Nomor 1 Bagi Penggemar Kuliner Berbahasa Indonesia


Mengapa saya mengatakan website ini berpotensi menjadi tempat kumpul nomor 1 bagi penggemar kuliner berbahasa Indonesia? Jawabannya adalah karena saya melihat aneka fitur yang lagi-lagi tak ada di website lain yang sejenis.

Selain bisa saling berbagi resep, para member juga bisa berkomunikasi dalam fitur FORUM yang terintegrasi dengan website RinaResep. Di dalam fitur Forum ini para member bisa terhubung dengan aneka obrolan, baik yang santai, berbagi tips, maupun bagi yang ingin berjual-beli.

Forum RinaResep
Fitur FORUM di RinaResep memungkinkan para
penggunanya untuk saling berukar informasi.

Fitur SHOP memungkinkan pengguna website ini membeli produk untuk mendukung kegiatan kuliner. Saat ini baru 1 produk yang tertera dalam fitur ini, yaitu sambal botolan. Menarik membayangkan ke depannya, berbagai produk UMKM dari seluruh Indonesia ada di sini. 😍

Inspirasi dari RinaResep.com


Sebagai penggemar masakan ikan, saya langsung saja mencari jenis-jenis masakan ikan apa saja yang ada di website RinaResep. Belum banyak yang saya temukan. Saya maklum karena memang website ini masih sangat baru.

Saya menemukan inspirasi mengolah pindang ikan, selain dimasak seperti biasa – yang kalau di daerah Bugis/Makassar biasanya jadi ikan masak/nasu bale/pallumara saja yang kemudian diolah lagi dengan cara digoreng biasa maka di website ini saya menemukan cara mengolah pindang ikan dengan cara lain yaitu Resep Membuat Sambal Ikan Pindang dan Pindang Goreng Tepung.

Ikan Pindang Goreng Tepung di RinaResep.

Hanya saja, ada yang membingungkan saya ketika mengetikkan IKAN di kolom pencarian. Yang diperlihatkan bukan hanya jenis masakan ikan melainkan juga jenis lain, seperti Resep dan Cara Membuat Es Teh Susu ala Rumahan dan Resep Membuat Kue Lupis Legendaris Yang Enak yang masuk dalam kategori minuman dan kue.

Bisa nih, kapan-kapan saya praktikkan resep Pindang Goreng Tepungnya. Mau praktik hari ini belum bisa karena saya belum memiliki semua bahannya. Senang menemukan tempat resep masakan sehari-hari mudah dan praktis di RinaResep.


Masakan ikan di RinaResep
Query IKAN di RinaResep.com.

***

Well, apakah Anda sudah pernah berburu resep masakan rumahan sederhana dan murah di website ini? Atau sudah menemukan menu masakan harian untuk suami yang jadi makanan favoritnya? Share yuk di kolom komentar. Siapa tahu bisa jadi menu masakan sehari hari untuk keluarga saya juga. 😊

Makassar, 10 Juni 2020



Share :

12 Komentar di " Resep Masakan RinaResep.com, Inspirasi Resep Masakan Praktis"

  1. Wah baru tahu nih tentang Rinaresep ini. Mo kepoin ah, karena saya juga tak.pintar masak tapi pengen bisa haha.. Trmksh infonya Kak..

    ReplyDelete
  2. bener banget, dulu kalau mau belajar masak harus beli buku resep atau mencatat resep dari ibu atau dari acarw tv masak-masakan yah.. klo sekarang sudah banyak alternatifnya

    ReplyDelete
  3. ini couple goal banget, suami istri saling berkolab membuat web bisa jadi terinspirasi buat bikin project bareng pasangan,

    ReplyDelete
  4. Ternyata hobi kita sama mbak, nyari2 resep gitu. Oh iya, soal resep masakan, baru kemaren aku searching2 bikin masakan ikan saus acar kuning. Memang belum sempet masak sih, tapi pengen dalam 2 hari ini hehe

    Jadi semangat lagi nih gegara ulasan ini :)

    ReplyDelete
  5. Corona bikin aku rajin ke dapur untuk memasak buat seluruh anggota keluarga. Dulu-dulu aku tuh pekerja kantoran banget. Urusan masak pokoknya diserahkan kepada ibu yang memang tinggal bareng kami. Hikmah dari kehadiran virus ini, aku jadi menjajal masak dan ternyata malah jadi hobi banget. Sebagai pemula, memang kadang kehabisan ide mau masak apalagi.

    Hihihi ... Senangnya baca tulisan ini. Jadi tahu ada RinaResep. Bakal jadi tempat nongkrong beneran ini mah. Biar anggota keluarga tetap sehat dan setia makan di rumah aja.

    ReplyDelete
  6. makasih infonay mbak, aku memang gak suka masak tapi kalau buat makan sehari2 sukanya yang praktis dan gak banyak ribetnya

    ReplyDelete
  7. Bun aku malah baru tahu ini soal ada web rinaresep
    pencetusnya keren ini, jadi ingat diahdidi yang demen bagi resep juga
    kepoin ah, penasaran juga siapa tahu nemu resep masakan incaran

    ReplyDelete
  8. Sampai sekarang pun Aku masih selalu lihat resep mba kalau mau masak maklum baru bisa masak pas awal2 nikah mau coba Juga nih lihat Rina resep

    ReplyDelete
  9. Yuni udah lihat beberapa resep di webnya rinaresep. Kayaknya tergoda juga buat belajar masak dari sono. Yah, yuni 'kan belum begitu mahir masak-memasak. Nemu web yang isinya resep lengkap dengan cara memasaknya kayak rinaresep tu berasa nemu oase di tengah padang pasir.

    Lebay ya yuni. Hehehe

    ReplyDelete
  10. makasih udah ngereview RinaResep mbak, selama ini saya nyari di cookpad, sekarang jadi nambah refrensi.

    Maklum, masih tinggal sendiri n doyan masak, suka try n erorr kalo masak, whehehe

    ReplyDelete
  11. Situs resep sekarang banyak banget peminatnya. Pandemi bikin para emak makin kreatif dan rajin masak soalnya. Pengalaman pribadi juga sih haha. Makasih ya mbak referensi nya...

    ReplyDelete
  12. wah pengen juga cobain bikin puding melonnnya,, kayaknya gampang nih yaa mbak,,, ciamikk sih ini rinaresep

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^