Resep Masakan RinaResep.com, Inspirasi Resep Masakan Praktis

Resep Masakan RinaResep.com, Inspirasi Resep Masakan Praktis - Mau tidak mau, kebanyakan ibu berusaha belajar masak demi keluarganya. Bukan sekadar melayani, lebih kepada keinginan membahagiakan keluarga. Saya pun demikian. Jika bagi sebagian besar perempuan, memasak itu mudah. Tidak bagi saya. Bagi saya memasak Itu (tak) mudah karena butuh perjuangan tersendiri mempelajari aneka resep masakan.

Berangkat dari kebiasaan lahirlah kebisaan, itulah yang saya alami dalam urusan masak-memasak, bahkan resep masakan sederhana sekali pun. Pengalaman tak terlupakan di masa pengantin baru bukan sekadar asam-manisnya keluarga baru, melainkan juga bagaimana mencoba resep masakan sehari-hari di rumah yang dipelajari melalui aneka buku resep masakan.

Saya menikah tahun 1999. Ketika itu fasilitas internet masih sangat terbatas. Hidup di perantauan, di bumi Lancang Kuning, kami belum memiliki ponsel pribadi. Kartu perdana dan juga ponselnya masih merupakan barang mewah yang bukan barang prioritas kala itu soalnya masih ada jaringan telepon perusahaan yang bisa dipakai menelepon interlokal ke Makassar.

RinaResep

Untuk berselancar di dunia maya, saya perlu nebeng ke kantor suami ketika dia lembur. Koleksi resep masakan praktis yang saya miliki bertambah sepulang nebeng lembur.

Entah berapa judul buku “aneka resep masakan terlengkap” yang akhirnya saya koleksi dan praktikkan isinya. Segala macam jenis kuliner dicoba. Mulai dari resep masakan sayur, resep masakan ayam, resep masakan tahu, hingga resep masakan ikan. Hasilnya alhamdulillah, pak suami menggemuk karena jadi target utama uji coba istrinya ini. 😆

Itu kisah “di zaman saya”, ya. Kalau di zaman ini mudah sekali mendapatkan resep masakan Indonesia hingga mancanegara. Cukup dengan pencet-pencet keyboard laptop atau handphone. Sekali ketikkan kata kunci RESEP MASAKAN, mata kita kenyang dengan hasil yang mucul. Tinggal dipraktikkan saja.

Berselancar di RinaResep.com


Belum lama ini saya menemukan website yang sarat dengan aneka menu makanan dan resep minuman. Namanya RinaResep.com. Aneka menu masakan sehari-hari untuk keluarga bisa diperoleh di dalamnya. Tak hanya resep masakan rumahan untuk pemula, bahkan resep makanan yang sedang hits seperti dessert box pun bisa diperoleh di RinaResep.

Resep Puding Melon RinaResep

Bagi Anda yang masih menjalankan puasa syawal atau sedang membayar qadha puasa. RinaResep ini kaya juga dengan aneka resep minuman segar atau es buat buka puasa semisal aneka takjil segar, minuman hangat untuk buka puasa, dan dessert buka puasa simple dan segar. Bagi yang punya usaha kuliner, bisa mengintip aneka menu buka puasa untuk jualan di sini.

Sekilas Tentang RinaResep.com


Website RinaResep didirikan dan dimiliki oleh pasangan suami istri Mas Widya Abdurrozaq dan Mbak Rina Anggraeni. Sebagai admin utama, Mbak Rina ini nge-post banyak resep dan tips. Tentang Mbak Rina, keterangan tentangnya pada sebuah laman website ini menuliskan:
Berawal dari kebiasaan hobi traveling, memasak, dan menulis. Kini penulis aktif membagikan berbagai macam resep masakan Indonesia hingga mancanegara, disertai cooking tutorial yang telah dimuat di beberapa media dan website.

RinaResep.com didirikan pada bulan April 2020 sebagai upaya agar bisa membantu para ibu yang kebingungan menyajikan hidangan yang lezat bagi keluarganya setiap harinya. Website ini juga diharapkan dapat menjadi tempat bagi para milenial yang ingin belajar memasak.

Rina Anggraeni admin RinaResep


Kelebihan RinaResep.com


1. Aneka Kategori Kuliner


Dengan berpatokan pada resep masakan RinaResep.com saja, kita bisa memperoleh aneka resep masakan sehari-hari untuk 1 bulan. Bagaimana tidak, ada 10 kategori jenis resep masakan sehari-hari mudah dan praktis yang bisa diperoleh di RinaResep, yaitu:

Kategori RinaResep


Resep ayam

Contohnya: Sate Taichan, Opor Ati Ampela Ayam, dan Tahu Ampela Saus Tiram Praktis.

Resep masakan cepat saji

Semisal: Keripik Pangsit Bawang Renyah, Kering Kentang Pedas Manis, dan Kentang Goreng Renyah Kres Kres.

Resep masakan daging

Misalnya Rawon Sapi Lezat Khas Jawa Timur, Daging Sapi Lada Hitam, dan Bakso Pentol Setan Pedas Gila.

Resep masakan ikan

Seperti: Pepes Ikan Kembung Daun Kemangi, Ikan Tongkol Sambal Merah Yang Super Enak, dan Pempek Udang.

Resep Kare Kentang
Kare Kentang di RinaResep.

Resep kue

Contohnya: Churros Millo Modal 10.000, Kue Lupis, dan Tape Beras Ketan Manis.

Aneka masakan mie

Seperti: Mie Setan Pedas Maximal, Bakmi Goreng Banyumas Mantap Boskuh, dan Omelet Mie Telur Sayur Anak Kost.

Resep minuman

Contohnya: Es Jelly Mangga, Es Tora Cafe Chocomelt, dan Es Sarang Burung.

Resep sayur

Seperti: Lodeh Sayur Umbut/Pondoh Kelapa, Semur Jengkol Sedap, dan Kare Kentang.

Palu butung di RinaResep
Palu butung di RinaResep.


Resep seafood

Misalnya: Cumi Cabe Hitam, Sotong Sambal Balado, dan Udang Kremes Crunchy.

Masakan sup

Contohnya: Resep Memasak Tutut Yang Enak.

Selain kategori berdasarkan jenis bahan utama yang digunakan, kita bisa juga menemukan resep berdasarkan asala negaranya, seperti:

  • Indonesia
  • Amerika
  • China
  • Perancis
  • Italia
  • Malaysia


2. Struktur Postingan Resep yang Lengkap


Postingan masing-masing resep di dalam website RinaResep memiliki struktur yang unik dan lengkap. Di dalam setiap postingan kita bisa mendapatkan informasi:

  • Bahan-bahan masakan.
  • Cara membuat.
  • Langkah-langkah memasak secara lebih detail.
  • Lama masak.
  • Tingkat kesulitan.
  • Volume (porsi).
  • Informasi gizi, sangat membantu bagi yang ingin diet.
  • Pilihan untuk menandai/bookmark.
  • Fitur ulasan bagi “penikmat” resep (harus login dulu).
  • Fitur komentar (bebas bagi siapapun).

Sepanjang pengetahuan saya, struktur seperti ini tidak ada pada website-website lain yang sejenis.

Struktur RinaResep
Struktur postingan resep sangat detail di RinaResep.

3. Potensi Menjadi Tempat Kumpul Nomor 1 Bagi Penggemar Kuliner Berbahasa Indonesia


Mengapa saya mengatakan website ini berpotensi menjadi tempat kumpul nomor 1 bagi penggemar kuliner berbahasa Indonesia? Jawabannya adalah karena saya melihat aneka fitur yang lagi-lagi tak ada di website lain yang sejenis.

Selain bisa saling berbagi resep, para member juga bisa berkomunikasi dalam fitur FORUM yang terintegrasi dengan website RinaResep. Di dalam fitur Forum ini para member bisa terhubung dengan aneka obrolan, baik yang santai, berbagi tips, maupun bagi yang ingin berjual-beli.

Forum RinaResep
Fitur FORUM di RinaResep memungkinkan para
penggunanya untuk saling berukar informasi.

Fitur SHOP memungkinkan pengguna website ini membeli produk untuk mendukung kegiatan kuliner. Saat ini baru 1 produk yang tertera dalam fitur ini, yaitu sambal botolan. Menarik membayangkan ke depannya, berbagai produk UMKM dari seluruh Indonesia ada di sini. 😍

Inspirasi dari RinaResep.com


Sebagai penggemar masakan ikan, saya langsung saja mencari jenis-jenis masakan ikan apa saja yang ada di website RinaResep. Belum banyak yang saya temukan. Saya maklum karena memang website ini masih sangat baru.

Saya menemukan inspirasi mengolah pindang ikan, selain dimasak seperti biasa – yang kalau di daerah Bugis/Makassar biasanya jadi ikan masak/nasu bale/pallumara saja yang kemudian diolah lagi dengan cara digoreng biasa maka di website ini saya menemukan cara mengolah pindang ikan dengan cara lain yaitu Resep Membuat Sambal Ikan Pindang dan Pindang Goreng Tepung.

Ikan Pindang Goreng Tepung di RinaResep.

Hanya saja, ada yang membingungkan saya ketika mengetikkan IKAN di kolom pencarian. Yang diperlihatkan bukan hanya jenis masakan ikan melainkan juga jenis lain, seperti Resep dan Cara Membuat Es Teh Susu ala Rumahan dan Resep Membuat Kue Lupis Legendaris Yang Enak yang masuk dalam kategori minuman dan kue.

Bisa nih, kapan-kapan saya praktikkan resep Pindang Goreng Tepungnya. Mau praktik hari ini belum bisa karena saya belum memiliki semua bahannya. Senang menemukan tempat resep masakan sehari-hari mudah dan praktis di RinaResep.


Masakan ikan di RinaResep
Query IKAN di RinaResep.com.

***

Well, apakah Anda sudah pernah berburu resep masakan rumahan sederhana dan murah di website ini? Atau sudah menemukan menu masakan harian untuk suami yang jadi makanan favoritnya? Share yuk di kolom komentar. Siapa tahu bisa jadi menu masakan sehari hari untuk keluarga saya juga. 😊

Makassar, 10 Juni 2020



Share :

65 Komentar di " Resep Masakan RinaResep.com, Inspirasi Resep Masakan Praktis"

  1. Wah baru tahu nih tentang Rinaresep ini. Mo kepoin ah, karena saya juga tak.pintar masak tapi pengen bisa haha.. Trmksh infonya Kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya, melihat struktur tampilan post resepnya memang tampak menariknya..berbeda dg yg sejenis..

      Delete
  2. bener banget, dulu kalau mau belajar masak harus beli buku resep atau mencatat resep dari ibu atau dari acarw tv masak-masakan yah.. klo sekarang sudah banyak alternatifnya

    ReplyDelete
  3. ini couple goal banget, suami istri saling berkolab membuat web bisa jadi terinspirasi buat bikin project bareng pasangan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nih. Seru, ya kayaknya. Apa-apa dibahas bersama.

      Delete
  4. Ternyata hobi kita sama mbak, nyari2 resep gitu. Oh iya, soal resep masakan, baru kemaren aku searching2 bikin masakan ikan saus acar kuning. Memang belum sempet masak sih, tapi pengen dalam 2 hari ini hehe

    Jadi semangat lagi nih gegara ulasan ini :)

    ReplyDelete
  5. Corona bikin aku rajin ke dapur untuk memasak buat seluruh anggota keluarga. Dulu-dulu aku tuh pekerja kantoran banget. Urusan masak pokoknya diserahkan kepada ibu yang memang tinggal bareng kami. Hikmah dari kehadiran virus ini, aku jadi menjajal masak dan ternyata malah jadi hobi banget. Sebagai pemula, memang kadang kehabisan ide mau masak apalagi.

    Hihihi ... Senangnya baca tulisan ini. Jadi tahu ada RinaResep. Bakal jadi tempat nongkrong beneran ini mah. Biar anggota keluarga tetap sehat dan setia makan di rumah aja.

    ReplyDelete
  6. makasih infonay mbak, aku memang gak suka masak tapi kalau buat makan sehari2 sukanya yang praktis dan gak banyak ribetnya

    ReplyDelete
  7. Bun aku malah baru tahu ini soal ada web rinaresep
    pencetusnya keren ini, jadi ingat diahdidi yang demen bagi resep juga
    kepoin ah, penasaran juga siapa tahu nemu resep masakan incaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga senang ada yang fokus sama resep. Jadi mudah buka blognya. Ga ujug ujug ada sponsored post hahaha

      Delete
  8. Sampai sekarang pun Aku masih selalu lihat resep mba kalau mau masak maklum baru bisa masak pas awal2 nikah mau coba Juga nih lihat Rina resep

    ReplyDelete
  9. Yuni udah lihat beberapa resep di webnya rinaresep. Kayaknya tergoda juga buat belajar masak dari sono. Yah, yuni 'kan belum begitu mahir masak-memasak. Nemu web yang isinya resep lengkap dengan cara memasaknya kayak rinaresep tu berasa nemu oase di tengah padang pasir.

    Lebay ya yuni. Hehehe

    ReplyDelete
  10. makasih udah ngereview RinaResep mbak, selama ini saya nyari di cookpad, sekarang jadi nambah refrensi.

    Maklum, masih tinggal sendiri n doyan masak, suka try n erorr kalo masak, whehehe

    ReplyDelete
  11. Situs resep sekarang banyak banget peminatnya. Pandemi bikin para emak makin kreatif dan rajin masak soalnya. Pengalaman pribadi juga sih haha. Makasih ya mbak referensi nya...

    ReplyDelete
  12. rinaresep ini ternyata resepnya banyak ya mbak :) sudah dipisahkan per-kategori pula, step2nya juga jelas dan mudah diikuti

    ReplyDelete
  13. Baru tahu kak ada resep begini. Semenjak di rumah aja emang harus lebih kreatif nih mikirin mau makan apa biar ga bosen makan telur goreng doang haha. Resepnya juga simple dan mudah di coba banget yah, makasih ya kak

    ReplyDelete
  14. Ternyata komplit ya situsnya. Sampai ada forumnya segala. Kita juga bisa share resep di sana

    ReplyDelete
  15. Terimakasih mba referensinya. Bolehlah ini sebagai tambahan ilmu masak memasak sebelum menikah :)

    ReplyDelete
  16. Aku belum nyobain nih mba berburu resep di rinaresep. Iya fiturnya beda ya dengan platform penyedia resep lainnya ya. Boleh juga nih dijadikan referensi resep masakan sehari-hari.

    ReplyDelete
  17. Wuih, lengkap infonya.
    Saya yang sudah jarang wara-wiri lihat resep, jadi mupeng.

    Keren 💝👍

    ReplyDelete
  18. Palu butungnya seger banget. Di JOgja lagi panas luar biasa. Kayaknya cocok nih dicoba buat ngademin suasana.

    ReplyDelete
  19. Keren juga website Rinaresep ini ya, Mbak. Selain kita bisa melihat aneka resep masakan juga bisa dijadikan ajang saling berdiskusi dan berbagi tips

    ReplyDelete
  20. Ya ampun, resepnya sangat membantu bgt nih disaat pandemi. aku juga skr lagi rajin masak dirumah. meskipun cuma berdua sama papa.

    ReplyDelete
  21. Wah lengkap ya mba. Jadi bisa tahu banyak resep ya. Emang sih kadang binggung mau masak apa pas ga ada resepnya. hehhehe

    ReplyDelete
  22. Jadi andalan banget ya lihat resep di web sekarang buat aku juga. Intip-intip insirasi resep masakannya di rinaresep ah

    ReplyDelete
  23. Saya dapat inspirasi banyak juga dari rinaresep.com
    Bahkan kentang goreng saja bisa dengan murah kres kriuk kriuk

    ReplyDelete
  24. Saya baru mau kepoin rinaresep ini nyari yang menu churros Mbak. Tadi udah klik eh ke close lagi. Lumayan websitenya menyenangkan banyak menu baru yang bisa dijadikan referensi.

    ReplyDelete
  25. Insipirasi banget nih resep rina.com. Saya paling rajin lihat jenis masakan terbaru dan kemarin saya coba buat churross dengan modal 10 ribu mbak e dan hasilnya maknyess hehehe

    ReplyDelete
  26. Ih aku kudet banget deh dengan RinaResep. Baru tahu sekarang. Jadi penasaran deh. Segera meluncur ke sana ah. Kepengen nyari resep-resep yang gampang. Biar bisa langsung aku contek :D

    ReplyDelete
  27. Asikkk kalao ada web tentang resep gini, terbantu di dapur rasanya
    aku tiap hari masak, ada mertua juga jadi kudu gonta-ganti menu biar nggak bosen. Rinaresep bisa jadi rekomendasi menu nih

    ReplyDelete
  28. So this is a new platform or references? I would like to check it out and get some recipes there

    ReplyDelete
  29. Belum pernah sama sekali berselancar di website rina resep ini, Mbak. Baca ulasan Mbak Niar kok cukup tertarik. Hihi. Maklum, aku nggak terlalu pandai memasak. Makanya butuh banget website beginian.

    ReplyDelete
  30. Tampilannya bagus yaa...
    Dan ada bookmarknya. Aku suka banget masak hal yang sama kalau berhasil. Kan jadi happy kalau masak trus orang serumah makannya makin lahap dan mengapresiasi hasil karya Mama.

    ReplyDelete
  31. Duluuu, temenku juga rajin banget beli buku aneka resep. Tapi sih pada beli2 dowang, dibaca2 dowang. Hahaha.

    Btw, websitenya baguss. Resepnya sederhana dan banyak pilihan. Tdi aku lihat2 kategori mie. :D

    ReplyDelete
  32. Websitenya unik ya, bisa ngobrol di forum khusus penggemar masakan Rina. Mau lihatin websinya Rinaresep ah.

    ReplyDelete
  33. Isinya banyak juga, ya. Coba meluncur ah, ke rinaresep.com dulu.

    ReplyDelete
  34. Kmrn aku sempet buka2 resepnya mba. Dan memang banyaaak bgt yaaaa. Aku suka nih Ama tampilan gambar dan layout-nya, juga Ama features yg dia punya. Kayaknya bakal aku save sih di hp.

    Jd inget duluuuu, zaman sekolah aku suka bikin kliping yg isinya resep makanan. Digunting dari majalah2 nya mama yg ada resepnya :p. Ntah majalah Femina, Sarinah, Kartini hahahahahha.. nth kemana itu kliping -_-. Zaman skr mah enak ya, tinggal search, save deh. :D

    ReplyDelete
  35. iya bener lho, website atau blog yang isinya resep masakan apalagi yang praktis biasanya diminati banyak kalangan

    ReplyDelete
  36. Aku jadi ingat dulu mamaku suka banget beli buku resep. Skarang semua bisa ditemukan di online ya mba. Ada website rinaresep ini bikin jadi pintar masak

    ReplyDelete
  37. Saya kalo masak pasti sering buka resep yang dicari di Google.
    Karena sekarang udah tau ada rinaresep.com, jadi langsung buka website itu aja ah.. Sepertinya lengkap banget ya menunya.

    ReplyDelete
  38. Ku sukanya berkunjung ke web rinaresep.com ini, bisa cari-cari resep baru. Eh, resep lama juga bagus dieksekusi.

    ReplyDelete
  39. aku suka banget juga nyari resep online kak niar, dan noted, rina resep bisa menjadi salah satu pilihan. selama ini andalanku adalah jtt

    ReplyDelete
  40. Sepertinya Rinaresep ini menyuguhkan aneka resep super komplit ya mbak. Langkah2nya juga enak bener dibaca dan dilihat. Yang tadinya malas urusan dapur bisa tergerak hatinya buat masak melulu hehehe :D

    ReplyDelete
  41. Waw ternyata rinaresep ini baru ya mba. Tapi kayaknya itu udah lengkap aja menu dan kategorinya. Jadi kalau masak bingung langsung buka akun rinaresep aja ya mba

    ReplyDelete
  42. wah iya, kalau ada media untuk saling berinteraksi antar anggota atau antar pengunjung, bakal rame websitenya. karena tips-tips yang nggak ditemukan ketika praktek langsung

    ReplyDelete
  43. aku butuh nih informasi banyak soal resep, sejak banyak di rumah butuh banyak stok menu makanan dan variasinya. mau aku kepoin deh aneka resepnya

    ReplyDelete
  44. Step by stepnya terlihat jelas di situs Rina Resep. Saya mau ah kapan-kaoan praktekin beberapa resepnya

    ReplyDelete
  45. Pas banget nih kak saya lagi rajin belajar masak dan cari web resep yang mudah untuk pemula, kadang resep yang ada kurang detil dan ukurnya susah..senang yang detil begini...

    ReplyDelete
  46. Banyak banget pilihan resep yang bisa kita ikuti ya mbak di webnya rinaresep ini sebagai inspirasi memasak, maklumlah aku juga kadang bingung mau masak apa gitu setiap harinya

    ReplyDelete
  47. banyaaak ya mbaaa resep yang bisa kita cek dan langsung kita terapkan dari sini. Mau aaaaah cobain

    ReplyDelete
  48. Saya sudah mencoba resep churos dari rinaresep ini, Alhamdulillah sukses walaupun nggak punya spuit untuk membentuknya.

    ReplyDelete
  49. Ada forumnya ini mengingatkanku pada jaman milist yaa, kak Niar.
    Dulu semua info ada di email. Sekarang bisa di akses mudah di web begini.
    Cantik dan user friendly.

    ReplyDelete
  50. lengkap banget ya mbk infonya di rina resep ini, aku pun jadi terinspirasi untuk mengembangkan blog kulinerku. seru ya isinya berbagai resep.

    ReplyDelete
  51. Kategori masakannya lengkap ya mba, mulai dari resep lauk hingga jajanan semua ada. Andalan banget nih buat para mama dijadikan referensi memasak sehari-hari.

    ReplyDelete
  52. Enak nih kyknya lengkap jadi klo masak tinggal buka resep bnyak pilihan lagi...

    ReplyDelete
  53. Aku kadang suka cari2 resep buat uji coba hehe.. Jadi ya brosing2 aja gt. Nahini aku pengen tahu resep2nya Rina Resep..Semoga cocok

    ReplyDelete
  54. Wah lagi banyak yang review rina resep nih, aku jadi penasaran pengen nyari resep di sana juga deh. Makasih infonya Mak.

    ReplyDelete
  55. Saya paling seneng baca2 web / blog ttg resep masakan, maklum ingin masak tapi minim ide memasak hehe.

    ReplyDelete
  56. saya jd ingat dulu waktu belum punya blog, seringnya malah buka2 blog resep.. suka karna semua hasil kreasi sendiri, kadang disertai tips supaya masakannya jd makin enak..

    ReplyDelete
  57. Lengkap sekali resep yang tersaji di situsnya ya. Pas banget buat saya yang lagi belajar masak nyobain menu menu baru gini.

    ReplyDelete
  58. Wah keren nih kompilasi resep praktisnya, pengen cobain ah..

    ReplyDelete
  59. wah pengen juga cobain bikin puding melonnnya,, kayaknya gampang nih yaa mbak,,, ciamikk sih ini rinaresep

    ReplyDelete
  60. Lengkap tawwa kategorinya, semua ada 😍 bisa jadi rajin di dapur nih habis kepoin rinaresep..hihi

    ReplyDelete
  61. Rinaresep emang inspirasi masakan praktis ya mbk. Yang tadinya pusing cari resep tinggal klik-klik aja di rinaresep.

    ReplyDelete
  62. Wah, keren banget ini pasti Rina resep bakalan ngebantuk banget buat ibu-ibu yang butuh resep setiap harinya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^