Pengalaman Mengatasi Asam Urat Secara Alami

Pengalaman mengatasi asam urat secara alami kembali saya alami ketika suami sakit baru-baru ini. Dalam 10 tahun terakhir ada 4 kali beliau mengalami kaki bengkak dan kami harus berusaha mengatasinya dengan cara yang benar-benar alami.

“Sudah ke dokter?” pertanyaan seperti itu ditanyakan juga kepada kami.

Bukannya mengecilkan peran dokter atau obat-obatan medis. Pasalnya, pengalaman selama ini menunjukkan kalau pak suami meminum obat yang ada bahan kimianya maka bengkak di kakinya tak tertolong. Yang bakal membantunya memang hanyalah bahan-bahan dari alam alias obat alami asam urat.

Sekalian disclaimer ya melalui tulisan ini saya sampaikan bahwa saya tidak mengajak pembaca untuk menjauhi obat-obatan medis. Saya hanya berbagi pengalaman dan mendokumentasikannya di sini. Barangkali saja ada yang tertarik mencoba cara mengobati asam urat pada kaki secara alami yang kami lakukan sebab pengalaman selama 10 tahun ini dengan 4 kali sakit serupa bukan sesuatu yang bisa kami remehkan.

Pantangan asam urat sudah banyak yang menuliskannya, Anda bisa browsing di internet. Khusus untuk suami saya, kami sudah tahu apa saja yang beliau pantang. Bahkan obat flu sekali pun, juga bahan tambahan makanan sintetis seperti vetsin tak bisa dikonsumsinya.

obat asam urat alami

Sering kali orang menawarkan makanan dengan menyebut merek penyedap rasa tertentu, berkilah dari sebutan vetsin tapi ya pada prinsipnya sama saja. Sama-sama efeknya tak baik bagi tubuh suami saya.

Menyadari telah salah makan meskipun hanya mencicipinya sudah cukup terlambat karena dengan cepat efeknya sudah terasa di kedua kakinya. Pertama-tama hanya pada kaki kanan lalu berpindah di kiri. Mulanya hanya di punggung dan daerah pedang kaki, kemudian “menjalar” ke lutut dan betis.

Kemampuan berjalannya menurun perlahan. Saat sedang parah-parahnya, saya harus menuntun pak suami dengan dia memegangi kedua bahu saya. Saya berjalan perlahan di depannya dan dia mengikutinya. Pengobatan yang kami lakukan memakan waktu selama sekira 2 pekan hingga kesehatan beliau membaik. 

Cus, langsung disimak penuturan saya berikut ini untuk mengetahui bagaimana kami berusaha secepatnya melakukan detoksifikasi segala zat beracun dari usus, organ-organ pencernaan lain, dan seluruh tubuh, serta menyembuhkan asam urat secara total.

Obat alami asam urat yang kami terapkan adalah:

                                                                                                                                 

1. Fibra

 

Fibra adalah salah satu super food yang didistribusikan oleh PT. Renner Inti International yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Umumnya, orang mengenalnya memberi manfaat kepada kesehatan saluran cerna namun ternyata lebih daripada itu.

manfaat Fibra

Manfaat Fibra

 

Sejumlah manfaat berikut ini berperan dalam mengatasi sakit akibat asam urat yang diderita suami saya:      

    1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan.
    2. Menekan proses peradangan sendi.
    3. Memperbaiki keseimbangan asam dan basa tubuh.
    4. Detoksifikasi zat berbahaya dalam usus.
    5. Detoksifikasi karsinogen.
    6. Menghasilkan energi untuk sel usus, hatim dan otot.
    7. Sebagai prebiotik dan probiotik alami.
    8. Meningkatkan kadar vitamin K.
    9. Mengatasi nyeri dan kram perut.
    10. Membantu relaksasi otot.
    11. Mengatasi nyeri kepala.
    12. Meringankan kerja organ liver.
    13. Mencegah kanker usus.
    14. Tubuh lebih fit dan sehat.

Selain ke-14 manfaat tersebut masih ada sejumlah manfaat Fibra yang lain yang dirasakan oleh orang-orang yang mengonsumsinya, yaitu:

Menurunkan kadar kolesterol, menurunkan resiko penyakit jantung, membantu turunkan berat badan, merampingkan perut, mencegah osteoporosis, menyegarkan bau nafas, mengatasi bau badan, mengatasi gejala menopause, dan mencegah diabetes.

 

Kandungan Fibra

 

Fibra dari Renner ini mengandung sejumlah nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh, di antaranya adalah AFA, soybean, haver, wheat grass, green apple, dan beri-berian.

  • APHANIZOMENON FLOS AQUAE (AFA) merupakan sumber utama asam lemak omega 3 (ALA,
  • EPA, dan DHA) yang bermanfaat sebagai anti radang natural serta meningkatkan kadar kolesterol HDL.
  • Soybean dapat meningkatkan kepadatan tulang menyehatkan pencernaan, memerangi radikal bebas, meningkatkan kualitas otak, menjaga kesehatan jantung.
  • Haver adalah penambah energi dan daya tahan tubuh.
  • Wheat grass dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dan hemoglobin pada saat anemia. Rumput gandum juga dapat mencegah kerusakan hati/liver.
  • Green apple lebih dari sekadar memberi cita rasa pada Fibra. Buah ini dapat menekan kerusakan jaringan tubuh, menekan pertumbuhan tumor, menurunkan peradangan, dan sebagai makanan pengganti saat diet.

Sejumlah beri-berian yang terkandung dalam Fibra memberikan banyak manfaat, di antaranya sebagai antioksidan alami, menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler, dan sebagainya.

Seperti yang saya katakan tadi, Fibra – minuman serbuk rasa apel merupakan super food. Kandungan dan manfaatnya banyak namun tak bisa dijelaskan semua di sini.

 

2. COLPRO

 

Kandungan kolostrum yang terkandung dalam Colpro dari Renner ini diperoleh melalui proses organik. Berasal dari sumber kolostrum sapi dari New Zealand yang menggunakan pakan organik dengan metode tanpa menggunakan hormon anabolik, antibiotik, serta makanan yang bebas pestisida dan herbisida sehingga menghasilkan kolostrum dengan nilai biologis yang tinggi dan di proses menjadi bentuk sangat rendah lemak (low fat).

Kadar laktosa yang rendah menjadikan Colpro Renner sebagai pilihan pelengkap nutrisi bagi anak maupun dewasa yang memiliki masalah alergi dengan susu sapi. Proses pembuatan serbuk kolostrum dilakukan pada hari yang sama dengan pengambilan sumber kolostrum (6 jam setelah persalinan sapi) untuk menghindari teknik proses rapid freezing-thawing yang sering kali dilakukan produsen kolostrum lain.

Proses rapid freezing-thawing menyebabkan nilai biologis kolostrum menjadi sangat menurun dan mengakibatkan kerusakan sejumlah protein aktif pada kolostrum.

 

Manfaat ColPro

 

    1. Mengatasi alergi dan penyakit autoimun.
    2. Mengatasi penyakit kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).
    3. Mengatasi penyakit infeksi sebagai profilaksis atau pengobatan infeksi berhubungan dengan kemampuan kolostrum dalam transfer imunitas pasif.
    4. Meningkatkan sintesis protein otot dan meningkatkan massa serta kekuatan otot.
    5. Menstimulasi penyembuhan luka pada jaringan epitel (kulit dan mukosa) yang rusak serta mendukung angiogenesis pada jaringan yang rusak.
    6. Menjaga kesehatan kulit. Pemberian Colpro 1600 mg/kg berat badan dapat mencegah kulit kehilangan air dan mencegah penipisan kulit dengan mempertahankan fungsi sintesis kolagen kulit.
    7. Meningkatkan kemampuan sel imunoregulator dan menekan proses peradangan yang terus-menerus sehingga pemulihan usus dapat terjadi. Faktor pertumbuhan pada kolostrum memicu regenerasi dan pemulihan dinding saluran cerna.
    8. Membantu menurunkan kadar gula darah.
    9. Nutrisi untuk pertumbuhan anak dan dewasa.
    10. Menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif dengan cara menurunkan tingkat stres oksidatif melalui mekanisme netralisasi radikal bebas.
    11. Menghambat pertumbuhan tumor dan sel kanker.
    12. Meningkatkan mineralisasi tulang dan mencegah osteoporosis.

colpro atasi asam urat
 

3. Air Alkali

 

Pengalaman-pengalaman lalu menunjukkan, air alkali membantu detoksifikasi yang kami lakukan. Jenama air alkali yang dilakukan bisa apa saja, banyak dijual di mini market. Baru-baru ini kami menggunakan Crystalline.

Kami pernah juga menggunakan air iZaura dan Kangen Water – dua brand ini bereaksi lebih baik daripada merek-merek lainnya. Seorang kawan menganjurkan jika ingin bereaksi dengan bagus maka konsumsilah air satu botol (sekitar 300 – 500 ml) satu jam sebelum makan. Sepengamatan saya, apa yang dikatakannya terbukti.

 

4. Access Bars

 

Pembaca blog ini mungkin tahu, saya dan putri saya pernah memperoleh sertifikat sebagai praktisi Access Bars. Nah, pengetahuan mengenai Access Bars ini saya manfaatkan juga ketika suami sakit namun selama 2 pekan, saya hanya bisa melakukan Access Bars padanya sebanyak 5 kali dikarenakan banyaknya urusan dunia nyata dan maya yang harus saya selesaikan.

Selain mengurus suami, tanpa asisten rumah tangga saya harus memperhatikan dua orang tua yang sudah sepuh, 3 anak, aneka pekerjaan rumah tangga, dan pekerjaan-pekerjaan lepas di dunia maya yang sudah deal saya kerjakan.

Metode Access Bars ini bukan hanya bermanfaat dalam mengatasi masalah psikis, untuk masalah kesehatan fisik juga terbantu. Mentor saya menceritakan bagaimana seorang pasien stroke yang sudah lama lumpuh bisa menggerakkan tangannya setelah menjalani Access Bars selama beberapa kali.

Teman bloger yang juga praktisi Access Bars – The Nchie Hani juga pernah cerita di blognya mengenai aktivitasnya mendampingi penyintas kanker.

 

Access bars untuk asam urat

5. Madu Pahit

 

Jangan tanyakan “memang ada madu pahit?” ya … karena kalau saya menuliskan di sini memang nyata adanya hehe. Berdasarkan pengalaman sebelum ini – ketika suami sakit seperti sakit yang ini juga, saya membelikannya madu pahit merek Malika 999. Rasanya memang pahit tapi ada manis-manisnya sedikit.

Waktu itu saya membelinya di Apotek Sejati karena klaim “mengatasi asam urat”-nya melalui manfaat mengatasi nyeri sendi dan peradangan. Tahu kan penyakit asam urat itu tak boleh mengonsumsi banyak gula, madu pahit saya pikir menjadi pilihan yang tepat untuk pak suami. Dosisnya 3 x 2 sendok makan.

 

6. Tilawah Al-Qur’an

 

Mengobati Fisik dan Psikis dengan Al-Qur’an adalah sebuah keniscayaan yang harus diyakini oleh kaum muslim. Ayat-ayat suci al-Qur’an in syaa Allah bisa membantu menangani penyakit fisik. Hal ini sebenarnya sudah pernah saya dengar dan mendapatkan penguatan ketika saya mengikuti tausiyah dari ustadz Dokter Zaidul Akbar melalui aplikasi Zoom meeting. Oleh karena itu kami mengusahakannya dengan serius kali ini.

Selain berusaha mendengungkan sendiri ayat-ayat suci al-Qur’an, kami menggunakan speaker yang bisa dioperasikan menggunakan flash disk. Tentunya speaker tersebut sudah “diisi” dengan lantunan ayat-ayat suci dari para qari ternama, seperti Muzammil Hasballah. Tilawah ini harus terus-menerus didengar, dari pagi hingga malam, ke pagi lagi.

 

7. Minyak Anoa

 

Minyak ruqyah cap Anoa tak pernah benar-benar kering dari bagian-bagian kaki suami yang sakit dan mengalami pembengkakan. Sekurang-kurangnya kami balur sebanyak 5 kali dalam sehari. Untuk masalah fisik, minyak ini membantu mengatasi anti inflamasi, radang sendi akibat luka, membantu mengatasi luka baru dan luka lama (luka karena diabetes), bisul, tersiram air panas, sakit gigi, sariawan, koreng, gatal-gatal, keseleo, salah urat, kepala pening, pegal linu, perut kembung, mules, ambeien, kram otot, lebam karena benturan/pukulan, dan encok.

Oya, kami tidak mencari tahu cara kompres asam urat sebagaimana banyak orang lain lakukan karena membalurkan minyak Anoa ini sudah jadi pengganti cara kompres yang lebih mujarab.

Pak Jefri – formulator Anoa minyak gosok juga menyarankan kalau bengkaknya parah, bisa diobati dengan mencampur minyak tersebut dengan jahe yang ditumbuk. Paling bagus jika menggunakan jahe merah tapi kalau tidak ada, bisa menggunakan jahe biasa.


Minyak Anoa atasi asam urat

8. Makanan Sehat

 

Suami saya kembali kepada makanan sehatnya: hanya buah-buahan dan makanan yang direbus dan dibakar/panggang tanpa sama sekali menggunakan bumbu penyedap apapun dan tidak boleh lagi icip-icip makanan yang belum diketahui kejelasan ingridients-nya. Berdasarkan pengalaman, beliau tak boleh lagi makan daging-dagingan hewani kecuali ikan air tawar saja. Selain itu, ada beberapa jenis sayuran yang aman dikonsumsi olehnya.

***

Masya Allah, Allahu akbar, selama 2 pekan menerapkan 7 hal di atas, suami saya bisa ke luar rumah lagi walaupun belum bisa mengendarai sepeda motor. Ada yang berbeda dengan yang dirasakannya saat sakit sebelum ini, yaitu sakit yang barusan ini kakinya tidak seberdenyut sakit yang lalu (sebelum ini).

Alhamdulillah Allah masih mengizinkan kesembuhan bagi suami saya kali ini. Sesungguhnya Allah-lah yang Maha Menyembuhkan melalui ikhtiar yang kita lakukan. Jika sekiranya ada yang ingin bertanya mengenai Fibra dan Colpro, bisa langsung ke nomor suami saya (Pak Solihin) di 081343734447.

Untuk Minyak Anoa, silakan simak testimoni konsumennya di channel YouTube @Minyak Gosok Ruqyah ANOA. Bisa tanya-tanya melalui alamat email anoajaya@gmail.com atau ke nomor WA: 085341413330.

Satu lagi, menghindari penyakit ini jika sudah menjadi takdir yang harus dijalani di sepanjang sisa usia tentunya harus siap dengan menghindari pantangan dan penyebab asam urat. Obat asam urat di apotik banyak, kita tinggal memilih. Jika ingin memilih cara alami dan tanpa efek samping penumpukan zat-zat kimia, juga merupakan pilihan. Salam sehat!

Makassar, 24 Maret 2021

Baca juga:



Share :

42 Komentar di "Pengalaman Mengatasi Asam Urat Secara Alami"

  1. Mba Mugniar, fibra ini yang biasa dijual di mart-mart itu ya...
    Terus yang colpro, saya baru tau ini. Ada jugakah dijual di mart-mart?
    Saya juga perlu nih buat ibu mertua, sepertinya sih beliau juga menderita asam urat awal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fibra yang saya tulis di atas tidak dijual di mart-mart, Mbak Vivi. Penyedianya sama dengan Colpro.

      Delete
  2. Penasaran sama Fibra, mbaak. Harganya berapa kah? Eniwe, madu pahit tu madu hitam bukan sih? Katanya pahit banget ya?
    Aku lagi butuh suplemen atau obat herbal nih. Capek kalau badan dikasih obat kimia terus kan. Semoga suaminya lekas pulih yaa, mbaa. Buah, sayur, dan meminimalisir prohew emang membantu banget kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh japri Mbaak hehe.
      Alhamdulillah ... sudah mulai bawa motor tadi

      Delete
  3. Ya ampun aku bisa bayangin saat asam urat suami mbak kambuh, soalnya dulu aku juga merawat si mbah yg memiliki riwayat asam urat. Coba kalau mbah masih ada, udh pasti aku cobain alternatif2 di atas. Saat itu cm mengandalkan medis dan tilawah Al-Quran mbak. Hhh
    Semoga mbak dan keluarga selalu sehat yaa mbak. Aamiin

    ReplyDelete
  4. Asam urat sama encok itu beda ya?
    Para orang tua sekitar rumah di kampung saya suka bilang aduh encok, aduh asam urat...
    Mereka banyak yg minta daun sirsak dan daun salam dari kami, katanya untuk obat herbal encok dan asam urat itu...

    ReplyDelete
  5. Wahh baru denger pertama kali ini tentang Fibra, mbak. Banyak banget yaa manfaatnya.

    ReplyDelete
  6. boleh nih mbak rekomendasi obatnya untuk mimi saya.. soalnya beliau saat ini suka sakit asam urat hehe kalo aku masih muda jadi belom terlalu perlu kayaknya :D

    ReplyDelete
  7. Artikel yg bermanfaat, kebetulan bapak saya juga ada asam urat, kalau kambuh ga bisa jalan karena kaki bengkak. Ternyata micin juga ga boleh ya sama yg ada asam uratnya. Ulasannya bagus dan lengkap, Sangat membantu informafinya. Thanks 🙏🏿

    ReplyDelete
  8. Aku pernah access bars juga maak
    sama Mba Alaika Abdullah, waktu itu pas aku main ke BDG, rumah adek iparku.

    Semogaaa kita semua sehaaat ya

    ReplyDelete
  9. Wah makasih banyak Mba referensi produk alaminya. Aku jadi banyak tahu. Mau nyoba deh sendiri. Soalnya kakiku sering sakit.

    ReplyDelete
  10. "Selain mengurus suami, tanpa asisten rumah tangga saya harus memperhatikan dua orang tua yang sudah sepuh, 3 anak, aneka pekerjaan rumah tangga, dan pekerjaan-pekerjaan lepas di dunia maya yang sudah deal saya kerjakan."

    Duuh membaca bagian ini, terbayang deh tanggung jawab Mbak Niar.
    Sehat-sehat selalu Mbak Niar dan keluarga yaaa...
    Alm bapak saya dulu juga kena asam urat. Kalau lagi parah, juga sampai kesakitan buat jalan gitu.

    Artikel ini jadi pengingat, untuk tidak sembarangan menjalani hidup saat sehat. Meski memang, sakit belum tentu karena abai terhadap kesehatan. Adalah lebih baik jika menjaga, ya kan Mbak.
    Semoga suami lekas pulih total Mbak Niar.

    ReplyDelete
  11. Duh, sehat is MAHAL!
    Kebayang menderitanya pak suami, ya Niar... karena aku juga pernah ada di posisi beliau, dan itu luar biasa nyengir, sampe sholat pun ga bisa kalo ga sambil duduk!

    AKu sembuh dengan mengurangi makan dan minum manis, itu jelas banget.Nah setiap hari selain pake minyak kutus kutus balur, juga minum tanpa henti serai- jahe direbus, alhamdulillah berangsur menghilang. Nah kalau masih nyeri sesekali - misal kalo lagi abis makan tak teratur - aku masih minum obat dokter, tapi alhamdulillah ga kambuh lagi kayak dulu. Semoga pak suami cepat sembuh yaaa

    ReplyDelete
  12. Dari deretan produk di atas, saya pernah coba Colpro. Bagus untuk menjaga kesehatan jadi tidak mudah lelah. Dan menjaga kesehatan tulang

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah, semoga selalu dilimpahkan kesehatan ya Kak.
    Saya baru tahu produk Fibra ini, banyak juga khasiatnya. Udah nyampe ke kota saya atau belum ya? Soalnya kasusnya ortu dan sepuh-sepuh rata-rata seragam, asam urat, kolesterol.

    ReplyDelete
  14. Mba, aku penasaran ama metode Acces Bar. Kebetulan sodara ada yang alamin penyakit asam urat coba ntar aku rekomendasikan. Makasih ya mba Niar dan semoga sehat selalu. Aamiin

    ReplyDelete
  15. Wah Madu Pahit. Aku pernah coba tapi yang merek lain dan karena rasanya pahit jadi gimanaaaa gitu.

    Pada akhirnya makanan sehat jadi kunci pamungkas agar selalu sehat ya Bun.

    ReplyDelete
  16. Wah makasih banyak mba saran2nya. Aku mau coba cari colpro , ibuku sering ngeluh kakinya sakit karena asam urat

    ReplyDelete
  17. Mama mertua saya juga sering kena asam urat sampe susah jalan Mak. Setelah ini akan coba saya infokan beberapa opsi penyembuhan yang mamak share di sini. Thank you for sharing ya Mak :))

    ReplyDelete
  18. Asam urat ini mmg penyakit yg wew ya mba. Akupun kadar asam urat pernah tinggi. Tp gak ada keluhan. Takut jg nanti kalo kambuh. Ini minyaknya kekny wajib dicoba mama mertua jg nih. Thanks rekomendasinya

    ReplyDelete
  19. Kalau susah duduk di antara dua sujud apa bisa dikatakan asam.urat ya mbak. Saya kuatir nih karena sudah 2 hr susah duduk di antara dua sujud.pdhl berat badan masih belum overweight

    ReplyDelete
  20. Saya pernah sekali mengalaminya kak.
    Tapi gak minum obat atau suplemen apapun.
    Cara saya saat itu adalah melakukan bekam. Ketika darah dikeluarkan, seketika agak ringan nyeri akibat asam urat.

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah suami ta diberikan kesembuhan ya Kak.. Aku pengen coba metode Acces Bar ini ada nggak ya di Semarang..

    ReplyDelete
  22. Penting nih kita ketahui selaku muslim untuk pengobatan pribadi dan keluarga apalagi jika ada salah satu anggota keluarga yang sakit lama

    ReplyDelete
  23. Wah bermanfaat banget ini info pengobatan asam urat untuk bude saya soalnya asam urat beliau sdh parah banget..kaykanya harus dicoba ini metode Acces Bar Fibar

    ReplyDelete
  24. Semoga ikhtiar menyembuhkan penyakit asam urat suami membuahkan hasil ya, Mbak

    Saya juga setuju nih, ada banyak cara ikhtiarnya dan salah satunya adalah mengobati dengan tilawah Al Qur'an dan tentunya mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang serta yang berasal dari alam dan sebisa mungkin menghindari bahan sintetis jika tdk diperlukan sekali

    ReplyDelete
  25. Deh untung ikutka BW trus kubaca ini
    Langsung kusuruh baca ayahnya anak anak
    Ka suka sekali kambuh asam uratna bela

    ReplyDelete
  26. Boleh nih mba fibranya ibuku Kan udah lama kena Asam urat cuma yaitu minum rebusan air daun Salam.. kadang gak rutin juga jd suka kumat ini praktis mudah2an cocok

    ReplyDelete
  27. Mudah-mudahan suaminya sehat terus yaa mbaa.
    Jadi tahu banyak aku soal asam urat inii. Beberapa waktu kakakku jg kena gejala asam urat, emang dari faktor makanannya dia sih

    ReplyDelete
  28. aku banyak ber-oh ... oh... saat baca ini. Beragam alternatif untuk mengurangi rasa sakit ketika asam urat kambuh. Memang sebaiknya dari awal jauh-jauh dari vetsin ya tapi godaan itu ...

    ibuku juga ada asam urat, mbak. Kalau udah kambuh, semalaman ga bisa tidur. Meski udah ngantuk sambil nyender ke dinding beliau menahan sakit

    ReplyDelete
  29. Asam urat memang menyakitkan yaa, kak Niar.
    Masku tapi uda kapok konsumsi obat karena gak mau kena organ yang lainnya.
    Ikhtiar yang bagus sekali, kak Niar. Semoga sehat selalu dan gak kambuh-kambuh lagi yaa..

    ReplyDelete
  30. Kayaknya yg susah nih minyak anoa ya. Secara saya aja baru tau ada minyak ruqyah.

    ReplyDelete
  31. Habis baca soal asam urat aku jadi ingat almarhumah nenek pernah kesakitan karena asam urat. ☹️ Kayaknya enggak keliatan asam urat tuh karena di dalam tubuh tapi kalau kambuh ya pasti sakit banget. Untung sekarang selain pengobatan dokter udah banyak juga pengobatan alami yang bisa menyembuhkan asam urat ya mbak.

    ReplyDelete
  32. wah kebetulan ada saudara yang kena asam urat juga mba, bisa saya rekoemndasiin niu buat mereka. kadang saya juga kalau makan seafood begitu bisa kena juga asam urat, mudah-mudahan sehat selalu ya kita

    ReplyDelete
  33. MasyaAllah bun banyak banget resepnya, bapak mertuaku sebulan lalu asam urat nggak bisa bangun. Aku mau cari beberapa obat ini untuk pak mer ah, makasih banyak bun

    ReplyDelete
  34. Orang tua aku kebetulan asam urat juga jadi nanti artikel ini jd pengen aku share ke mereka deh mana tau ada yg cocok dicoba

    ReplyDelete
  35. Sehat itu bener-bener mahal ya...
    Artikel ini bisa dijadikan rujukan untuk pengobatan asam urat. Terima kasih ya....

    ReplyDelete
  36. Asam urat ini penyakit yang makin sering mendatangi orang-orang zaman now. Sepertinya karena pola hidup yang nggak sesehat orang zaman old ya. Dan bener sehat itu emang mahal. Daripada mengobati, mending mencegah yaa...

    ReplyDelete
  37. Memang semua itu selain doa, tentu pola makan ya mbak bagaimana diatur sedemikian rupa. Ya allah aku merasakan sakitnya ketika mengalami asam urat. Penasaran dengan minyak anoanya aku mbak

    ReplyDelete
  38. Penting utk di save ini, jaga2 kalo suatu saat keluargaku ada yg mengalami ini :).

    Blm prnh tahu sebelumnya mba, herbal di atas. Baru setelah baca tulisan mba ini. Skr memang Asam urat itu sudah utk diprediksi. Bahkan sayuran aja ada yg bisa mengakibatkan asam urat. Makanya memang makan itu harus secukupnya, jangan berlebihan. Aku sendiri kdg blm bisa mengontrol kok mba. Msh konsumsi makanan ga sehat, walo sesekali sih.

    Tapi aku ttp berusaha kok mulai menjaga makanan yg masuk. Apalagi umur udh hampir kepala 4 :D

    ReplyDelete
  39. Colpro ini bentuknya minuman susu karamel ya Mbak, wah pasti enak rasanya, bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh kita pula ya, noted. Sehat selalu suami Kak Niar ya... tentunya Kak Niar sekeluarga juga yaa... aamiinn

    ReplyDelete
  40. Alhamdulillah asam uratku juga enggak kambuh dengan pola makan sehat, Mbk dulu aku suka makan bakso, kini udah jarang bangets deh. Semoga suaminya Mbk Mugniar tetap sehat.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^