Warna-Warni Bardi Smart Home untuk Mendukung Kreativitas

Warna-Warni Bardi Smart Home untuk Mendukung Kreativitas – Beberapa kali melihat anak sulung sibuk mengubah-ubah warna lampu untuk mengerjakan tugas kuliahnya membuat saya langsung jatuh cinta ketika membaca review mengenai smart light bulb 9W – RGBWW dari Bardi.

Langsung terpikir, pasti si anak bujang akan merasa senang jika dihadiahi lampu jenis ini supaya urusan tugas bikin video kuliah tak perlu repot melapisi warna lampu dengan plastik berwarna lagi. Tinggal menggerak-gerakkan jari pada aplikasi Smart Home, konon jutaan warna bisa diperoleh.


Smart home Bardi

Begitu pun ketika membaca dan nonton review dari smart indoor static IP camera yang powered by Tuya (global AI dan IoT terkemuka di dunia) ini, terbayangkan anak sulung bisa melakukan aneka kreativitas dengannya.

“Bagus, ya? Mama lagi tunggu lampu dan kamera ini datang. Ada remote-nya juga,” ujar saya kepada si sulung Affiq sembari memperlihatkannya spesifikasi kamera IP statik yang biasanya digunakan sebagai kamera CCTV dalam ruangan itu.

“Mau?” tanya saya.

Anak bujang mengangguk mantap setelah membaca spesifikasi yang tertera. Dia memang bakal tertarik dengan perangkat teknologi yang bisa mendukung kreativitasnya.

Sejak masuk kuliah tahun lalu, dia senantiasa bersungguh-sungguh untuk project video yang diberikan dosennya dengan mengerahkan segenap daya.


The Fiq YouTube

Ibarat kata jungkir balik saat lewat tengah malam dengan berbagai eksperimen dan eksplorasi pun dia lakukan agar video yang dibuat sesuai dengan keinginannya meskipun tenaga laptop yang dipergunakannya terbatas ketika rendering video sehingga butuh waktu lama hingga videonya benar-benar selesai dan terunggah.

Maka tak ada salahnya jika kedua perangkat tersebut diperuntukkan baginya. Tak lama kemudian, ketiga barang dari Bardi yang saya tunggu-tunggu pun tiba: lampu pintar, static IP camera berwarna putih-hitam, dan smart IR remote berwarna hitam. Bagaimana pengalaman menggunakan ketiga perangkat smart home tersebut saya ceritakan di sini.


Bardi Smart home

 

Review Produk Smart Home Bardi

 

Waktu ketiga produk itu baru tiba, saya agak terkejut dengan volumenya. Saya pikir ukuran produknya besar namun rupanya tidak. Kalau lampu okelah ya, sudah tahu ukuran standard lampu, seperti itulah ukuran smart light bulb-nya.

Nah, IP camera IDR-IPC-STC-nya lumayan mungil ternyata, begitu pun smart IR remote 10M-nya yang berbentuk lingkaran, pun lumayan mungil. Kedua perangkat yang saya sebut terakhir ini diperlengkapi dengan kepala adaptor dan kabelnya. Alhamdulillah, serangkaian uji coba yang kami lakukan menunjukkan ketiga produk berfungsi dengan baik.

Agar berfungsi sebagai perangkat smart home, ketiga produk ini harus dikoneksikan ke aplikasi Smart Life yang bisa diunduh melalui device Android maupun iOS. Gambaran umumnya setelah aplikasi di-install, tambahkan setiap jenis perangkat cerdas Bardi dengan klik tanda + di sudut kanan atas yang terlihat begitu aplikasi dibuka.  


Smart Light Bulb 9W – RGBWW

Bagaimana cara menginstalasinya, bisa disimak dalam setiap lembaran panduan di dalam kardus perangkat yang bersangkutan. Asyiknya, manual-nya tersedia dalam bahasa Indonesia. Kalau masih bingung juga atau kesulitan membaca tulisannya yang berukuran kecil, cari saja di YouTube. Beberapa YouTuber sudah membuah video tutorial instalasi perangkat-perangkat Bardi.

Oya, baik remote control, static IP camera, dan smart light bulb ini bisa bekerja dengan Google Assistant dengan dihubungkan ke Google Home terlebih dulu. Selain itu juga mendukung Amazon Alexa – asisten teknologi AI virtual yang dikembangkan oleh Amazon.

 

1. Review Bardi Smart Light Bulb 9W – RGBWW

 

Menyenangkan sekali bereksplorasi dengan lampu pintar yang kombinasi warna RGB-nya hingga 16 juta warna dan gradasi putih dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white) ini. Memati-nyalakan, mengubah warna, serta mengatur kecerahan cahaya bisa dilakukan melalui aplikasi Smart Life selama ada wifi/hotspot.

Jika ingin lebih praktis, ada pengaturan lampu berdasarkan suasana yang diinginkan, yaitu: malam/tidur, membaca, bekerja, leisure, soft, colorful, dazzling, dan gorgeus ... untuk 5 suasana terakhir tak saya translate lagi bingung mendefinisikannya dalam bahasa Indonesia hehehe.

Nah, yang paling seru itu pengaturan lampu dengan musik. Jangankan anak-anak, saya saja takjub melihat bagaimana warna lampu berubah-ubah tergantung irama musik yang tertangkap oleh aplikasi yang terhubung dengan lampu.


Perubahan warna lampu bisa dilihat di video ini.

Untuk menjalankan fitur-fitur yang ada di aplikasi sehubungan dengan pengaturan lampu, baik smartphone maupun lampu harus terhubung ke wifi. Jika wifi off, lampu hanya berfungsi sebagaimana lampu biasa.

 

2. Review Smart Indoor Static IP Camera IDR-IPC-STC

 

“Halo sayang!” iseng saya kepada pak suami yang lagi nonton televisi. Wajahnya terlihat jelas dari aplikasi Smart Life di layar handphone saya. Saat itu Smart Indoor Static IP Camera IDR-IPC-STC diletakkan di dekat televisi, dan tengah memperlihatkan keadaan ruang keluarga. Terlihat di belakang suami, dua anak terkecil kami sedang makan.


Aplikasi Smart Life

“Tolong ambil remote dulu, bawakan ke Mama!” ujar saya.

Awalnya suami tidak ngeh dengan suara yang datang dari arah kamera kecil di depannya. Kemudian dia tersadar dan menyuruh si bungsu untuk mendatangi saya.

 “Mama di mana?” tanya si tengah Athifah.

“Di kamar Kakak,” saya memberi tahu posisi saya yang jaraknya sekitar 12 meter dari letak kamera. Dalam sekejap, Afyad datang membawakan remote Bardi.

Eksplorasi dengan kamera statik dari Bardi ini juga tak kalah menyenangkannya. Kamera pintar ini dapat menyalurkan video beserta suara kepada smartphone dan menyalurkan suara dari smartphone ke kamera.


Night vision Static Camera

Kamera
IDR-IPC-STC Bardi memiliki slot SD card max hingga 128GB (tidak termasuk dalam kemasan) dapat memberikan notifikasi bila ada yang lewat pada jam yang ditentukan dalam aplikasi Smart Life. Pada posisi gelap akan otomatis switch ke night vision.

Apa yang tertangkap di layar bisa direkam videonya ataupun diambil tangkapan layarnya. Foto hasil tangkapan layar cukup jernih bahkan untuk mode malam sebagaimana yang saya buktikan ketika mematikan lampu kamar dan mengambil screen shot-nya.

Sebagaimana halnya penggunaan lampu pintar, penggunaan kamera pintar ini harus terhubung terus ke wifi, demikian pula smartphone yang terinstalasi Smart Life juga harus selalu terhubung ke wifi.

Kamera ini harus selalu terhubung dengan listrik. Kita dapat mengatur posisinya menggantung di plafon ataupun di atas meja, dengan orientasi video dalam aplikasi bisa di putar 180° sesuai penempatan. Kaki jenjang si kamera bisa dilekuk-lekukkan untuk mendapatkan arah yang pas.


Aplikasi Smart Life

3. Pengalaman Menggunakan Smart IR Remote 10 M

 

Remote control dari Bardi ini sepertinya bakal berfungsi maksimal jika sehari-hari saya memanfaatkannya menonton “jarak jauh”. Kadang-kadang saya duduk di ruang makan lurus menghadap ke ara ruang keluarga untuk menyimak tayangan yang sedang berlangsung dalam jarak lebih dari 10 meter hehe.

Saya baru saja menguji kemampuan Smart IR Remote berwarna hitam ini dengan menyala-matikan AC di kamar lain yang jaraknya 15 meter dari kamar saya. Sure, it worked! Yang penting remote ini menjangkau perangkat yang sudah didaftarkan di dalam aplikasi, semisal AC atau televisi, atau perangkat lainnya.

Dengan sudut pemancaran pada 360 derajat dan jarak hingga 10 meter, remote Bardi dapat mengendalikan banyak perangkat yang dalam garis pandang karena sinyal infrared tidak dapat tembus halangan.

Sewaktu menyala-matikan pendingin ruangan yang berada di kamar lain itu, remote yang tercolok kepala adaptornya ke listrik itu terletak di dalam kamar yang ada AC-nya. Sementara saya mengendalikan remote melalui aplikasi Smart Life dari kamar saya.

Sinyal internet di HP saya berasal dari wifi. Pengendalian ini tak berlaku jika saya menggunakan sinyal internet dari ponsel saya sendiri, harus dari wifi yang juga ada di sekitar perangkat Bardi. Oya, remote ini dapat menggantikan remote control infrared yang ada dalam data base. Bila tak ada di dalam daftar, bisa diduplikasi terlebih dulu sinyal infrared dari remote lama ke remote Bardi.


Smart IR Remote 10 M


4. Mampu Bekerja dengan Google Assistant

 

Kalimat “Work with Google Assistant tertera pada salah satu sisi kardus kemasan lampu pintar dan remote pintar. Untuk lampu pintar Bardi, putra sulung saya sudah uji coba mengoperasikannya menggunakan suara pada Google Assistant. Rasanya lucu juga mendengar dia “bercakap-cakap” dengan asisten Google.

Matikan lampu. Nyalakan lampu. Ubah ke warna merah. Turunkan kecerahan lampu dua puluh persen. Dengan kalimat-kalimat dalam bahasa Indonesia, smart light bisa diatur nyala-matinya, berikut warna dan cerah-redupnya.

Hanya saja untuk penggunaan remote control kami belum berhasil menyambungkannya dengan Google Assistant padahal ketiga perangkat pintar Bardi yang ada di rumah saat ini sudah terkoneksi dengan aplikasi Google Home.


Bardi support Google Assistant

Perangkat Pintar Didukung Oleh ...

 

Adanya perangkat pintar tentunya harus didukung oleh kemampuan mengoperasikannya. Tak mungkin ketiga perangkat pintar di atas berfungsi maksimal jika “disuruh bekerja sendiri”.

Tak seperti lampu konvensional yang begitu dipasang pada dudukan lampu menyala, selesai urusan maka smart light bulb Bardi masih harus diuji hingga jutaan gradasi warna bisa terlihat berpendar di depan mata.

Tetap dituntut kecerdasan literasi dan ketelatenan dari manusia yang menginstalasi dan mengoperasikan semua perangkat pendukung smart home ini. Bardi sudah mempermudahnya dengan membuat panduan dalam bahasa Indonesia, tinggal membaca dan memahaminya.

Jika belum paham juga, cari cara lain agar lebih paham karena pada dasarnya mudah mengoperasikan ketiga perangkat cerdas yang saya review ini. Oya selain ketiga produk ini, Bardi juga memiliki smart pen series dan smart security system.

Ah ya, saya harus berterima kasih kepada Beaute Femme Community yang telah menjadi perantara sehingga saya berkesempatan me-review ketiga produk di atas. Informasi cerdas tentang Bardi Smart Home tak datang begitu saja kepada saya melainkan melalui komunitas ini.

Punya smart home pada era IoT (internet of things) kini bukan impian yang terlalu muluk lagi. Kreativitas in syaa Allah makin mumpuni dengan Bardi. Selama terhubung dengan wifi, setiap perangkat bisa dioperasikan melalui gadget tinggal bagaimana kita – pemegang kendali atas gadget dan segala kebijakan di dalam rumah mengaturnya.

Makassar, 28 Desember 2020

 




Share :

19 Komentar di "Warna-Warni Bardi Smart Home untuk Mendukung Kreativitas"

  1. Keren ya mba aku punya yang cctv tapi kalau gelap ga seperti indoor ip ini jelas banget masih keliatan jadi pengen beralih deh buat pasang di lantai 2..

    ReplyDelete
  2. Saya pengen nambah lampu Bardi lagi di rumah. Suka dengan cara kerjanya. Lagian saya suka mager juga nyalain lampu saat sore hari :D

    ReplyDelete
  3. Oh...satu Smart IR Remote 10 M bisa untuk beberapa perangkat eletronik di rumah yaa, kak Niar?
    Sungguh praktis yaa...sekarang jadi gak khawatir lagi kalau remote terselip entah dimana...

    ReplyDelete
  4. Beberapa kali baca review an teman2 bloger tentang Bardi ini membuat aku jadi makin kepo nih...sepertinya asyik ya bakalan lebih praktis lagi nih hidup hehe.....

    ReplyDelete
  5. Udah banyak baca review-review teman blogger tentang Bardi smart home ini duuh aku makin mupeng pengen punya salah satu, salah dua atau tiganya haha.

    ReplyDelete
  6. Hahaha kebayang serunya punya smart items seperti ini ya mba.. everything is under control at the palm of your hand

    ReplyDelete
  7. Warna-warna RGB Biru Hijau Biru ada di pemrograman juga ya mbak. Keren banget ini bardi smart home bisa ganti-ganti warna lampu otomatis juga ya. Jadi pingin punya mbak, bisikin harganya :) Lengkap ya ada cctvnya & remote gitu

    ReplyDelete
  8. Bandi Smart Home ini beneran smart dan bikin semuanya jadi makin praktis yah mbaaak. Aku jadi penasaran dan pengen punya juga nih buat di rumah hehehe

    ReplyDelete
  9. warna warni bardi smart home yang canggih ini bikin anak-anak happy stay di rumah, bisa gnti warna lampu ehhe.

    ReplyDelete
  10. Teknologi makin berkembang terus ya. Senang banget kalau lihat rumah yang menggunakan Bardi Smart Home. segalanya menjadi praktis dan sesuai keinginan kita.

    ReplyDelete
  11. Asyik bener si Bardi, bahkan bisa diatur pula cahayanya. Aku jadi makin mendambanya donk mbaakk

    ReplyDelete
  12. Aku juga pake Bardi di rumah. Dan membantu banget mba. Jadi makin efisien ya. Two tumbs up buat Bardi!

    ReplyDelete
  13. Aku suka smart lightnya buat dimanfaatkan utk mengubah pencahayaan di ruangan menyesuaikan dengan aktivitas kita.
    Dikendalikannya pun cukup pakai gadget, mempermudah hidup hehe

    ReplyDelete
  14. Seru ya mba bisa membuktikan sendiri perangkat yang melengkapi konsep smart home gini. Suka banget dengan yang smart light bulbnya, membantu banget nih di kamar, ga perlu gonta-ganti bohlam.

    ReplyDelete
  15. Seruuu banget BARDI ini
    Aku juga pakai IP camera sama smart lamp nya mbaa
    cintaa dg smart home ala BARDI!

    ReplyDelete
  16. Menarik nih teknologi yang diusung Bardi smart home ini. Jadi lebih memudahkan juga dan praktis banget. Pengen sih nyoba, apa coba lampunya dulu ya

    ReplyDelete
  17. Keren ya lampunya jadi bisa ganti-ganti warna sesuai suasana hati eaaa hehe, temenku juga pakai lampu Bardi ini lho.

    ReplyDelete
  18. Waah mba Niar samaan nih denganku. Aku juga pakai produk dari Bardi ini. Aku suka lampu dan IP Cameranya.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^