Cara Meningkatkan Traffic Blog untuk Pemula

Pada akhir Agustus lalu, komunitas ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) mempercayakan saya membawakan materi Mendapatkan Traffic untuk Bloger Pemula. Materi ini menjadi salah satu dari 25 materi webinar Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog yang diselenggarakan oleh IIDN, bekerja sama dengan sebuah provider Telekomunikasi di Indonesia.

Saya memberanikan diri menyambut kepercayaan dari IIDN ini bukan karena merasa traffic blog saya sudah yahud seperti para seleb blog. Bukan. Saya memberanikan diri karena materinya diperuntukkan bagi pemula dan saya pernah melalui fase pemula. Walau pengen jadi newbie terus, agak berbohong jika saya mengatakan pemula.

Tapi kalau dikatakan expert, tidak juga. Saya masih jauh dari status AHLI karena hingga saat ini masih terus belajar dan masih terus mengupayakan datangnya pengunjung untuk membaca setiap ada postingan baru. Saat ini, sedikit lebih mudah mendatangkan pengunjung ke blog ini ketimbang 9 tahun lalu namun tidak juga dikatakan mudah.


Meningkatkan traffic blog

Tahu kan, saya bloger biasa. Bukan anak sultan, bukan artis, bukan ahli ini itu. Hanya mamak-mamak yang menemukan passion-nya dalam dunia menulis di blog dan senang berbagi. Makanya masih berusaha keras untuk menjaga denyut angka statistik pengunjung blog dengan berbagai cara halal yang saya ketahui.

Pengalaman itulah yang hendak saya bagi. Sudah ah, kepanjangan disclaimer-nya. Lanjuut ...

 

Tujuan Menulis di Blog

 

Pada materi ini, saya kembali menyinggung mengenai tujuan menulis.

Apa hubungannya?

Ada dong.

Sebagai manusia dewasa, apapun yang kita lakukan selayaknya memiliki tujuan supaya arahnya jelas.Tujuan jangka panjang dalam ngeblog tentunya akan membantu kita untuk tetap menulis, apapun yang terjadi. Mau ada atau tidak ada job.

Tetapkan tujuan termulia dan terdalam mungkin yang membuat kita bisa terus tergerak untuk menulis.


Mendapatkan traffic blog

Ingin Berapa Banyak Orang Membaca Tulisan Kita?

 

Setelah itu, pikirkan, inginnya seberapa banyak orang membaca tulisan kita? Kalau tak merasa perlu dibaca banyak orang ya santai sajalah. Tak ada salahnya juga hanya sedikit yang membaca tulisan kita.

Tapi jika ingin berbagi dengan banyak orang. Ingin agar banyak orang mendapatkan manfaat dari apa yang ditulis. Juga ingin mendapatkan job maka memang perlu melakukan hal-hal yang bisa mendatangkan pengunjung blog.

 

Upaya Meningkatkan Traffic Blog Bagi Blogger Pemula

 

1. Mengusahakan Blog Nyaman Bagi Pengunjung

 

Tampilan mobile.

Pelajari bagaimana tampilan blog bagi pengguna gadget. Data dari We Are Social menunjukkan bahwa pengguna mobile phone yang terkoneksi dengan internet di Indonesia pada Januari 2020 adalah sebanyak 338,2 juta atau sebanyak 124% dari populasi penduduk.

Artinya, orang Indonesia sekarang banyak yang punya gadget lebih dari 1 dan terhubung ke internet. Kenyamanan tampilan blog di laptop berbeda dengan di layak gadget. Ini perlu diperhatikan.

Tampilan blog keseluruhan.

Hindari memasang sound atau musik atau tampilan ikon yang melayang-layang atau pop up yang mengganggu kenyamanan pengunjung.

Warna template dan tulisan.

Misalnya, gunakan latar belakang terang dengan huruf gelap. Yang umum digunakan, dasar putih dan tulisan hitam.

Rutin diisi.

Kalau mau memikat pembaca untuk menjadi pembaca loyal, perlu merutinkan diri mengisi blog. Tentukan target.

 

2. Konten dan Pendukung Konten

 

Menulislah dari hati karena ngeblog itu “pekerjaan hati”. Banyak belajar dari berbagai sumber. Terbukalah untuk belajar meningkatkan skill menulis jangan cepat merasa sudah jago karena bahasa Indonesia berkembang terus. Contohnya KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) selalu bertambah isinya dan Ejaan yang dipergunakan sekarang namanya EBI, bukan lagi EYD.

Kita memang ngeblog dengan cara yang lebih santai atau gaul dibandingkan menulis jurnal atau opini di surat kabar namun tentunya tetap tak boleh menyalahi aturan bahasa Indonesia.


Meningkatkan traffic blog

Jika perlu, gunakanlah data. Menulis opini pun tak boleh ngasal, harus ada dasar logika dan faktanya. Memang penting menjadi diri sendiri tanpa mengabaikan hal-hal di atas. Konsisten menulis dengan target yang nyaman untuk kita ikuti.

Seorang bloger perlu terbuka untuk belajar menggunakan pendukung konten, seperti gambar, foto, infografis, video, ataupun podcast. Karena tak bisa dipungkiri, pembaca yang mementingkan tampilan visual juga banyak.

Namun tentunya ada hal-hal yang tak boleh diabaikan juga terkait pendukung konten seperti etika dalam menggunakan gambar dan lain-lain.

 

3. Aktif Bermedia Sosial

 

Seorang bloger aktif perlu senantiasa terhubung dengan media sosial. Media sosial juga berperan dalam menguatkan branding sebagai bloger dan dalam membagikan tulisan. Usahakan menulis teaser/caption yang menarik, jangan hanya membagikan link tanpa penjelasan apa-apa karena tidak menarik.

Sesekali mention/tag teman atau orang-orang yang terkait dengan tulisan kita boleh juga asalkan jangan spam atau nyampah. Misalnya jangan suka-suka nebeng di thread/utas milik orang lain dengan menyelipkan link blog padahal utas tersebut sama sekali tak ada hubungannya dengan postingan blog kita.

Perlu mengupayakan aktif dalam media sosial komunitas menulis/blogger. Banyak yang membenarkan perihal keaktifan ini, seperti Bang Emmet, salah satu nara sumber webinar IIDN yang bekerja di sebuah perusahaan penghasil laptop dan ponsel.

 

4. Bersikap Positif

 

Bersikap Positif dalam ngeblog
Foto saat webinar dari Kaka Dawiah.

Jangan malu untuk alasan yang tak jelas ya. Malu share tulisan karena takut dicela bukan alasan bagus. Pastikan saja apa yang kita tulis tak menyinggung SARA ataupun eksistensi orang/lembaga tertentu yang bisa membuat kita dihujat ataupun masuk bui.

Jangan minder hanya karena merasa diri masi newbie. Mau itu pemula ataupun yang sudah lama menulis, sama-sama berpeluang melakukan kesalahan ataupun menulis dengan jelek. Mereka yang sudah menulis bertahun-tahun atau puluhan tahun belum tentu selalu menulis dengan bagus dan bisa saja melakukan kesalahan.

Aturan di dunia maya sebenarnya sama saja dengan di dunia nyata. Jaga kepercayaan orang lain. Norma-norma yang berlaku di dunia nyata bisa diterapkan dalam bergaul dan menulis di dunia maya.

Memperluas jejaring pertemanan dengan komunitas lain atau dengan lembaga lain membuka banyak hal dan peluang positif. Hal ini berpeluang mendatangkan traffic bagi blog. Saya mengalami, beberapa kali menuliskan aktivitas komunitas dan lembaga lain membuat saya mendapatkan banyak teman dan mereka jadi tahu aktivitas ngeblog saya.

 

5. Belajar SEO

 

Nah, mau tak mau SEO (Search Engine Optimization) perlu dipelajari jika ingin banyak orang yang medapatkan manfaat dari tulisan kita. Mengapa? Karena pengunjung blog yang sudah eksis kebanyakan berasal dari mesin pencari Google!


Belajar SEO

Awalnya saya tak percaya kalau pengunjung terbanyak itu dari mesin pencari tapi sekarang saya harus percaya. Beberapa tulisan lama saya masih kedatangan pengunjung dari googling, contohnya adalah  Maskumambang: Karya Rendra yang Masih Relevan Setelah 7 Tahun dan Pembelajaran Daring: Solusi Atau Masalah.

Saya beruntung masih ada yang membaca kedua tulisan ini karena saya membuatnya dengan pengetahuan SEO yang pas-pasan bahkan minim. Saya tidak pakai riset-meriset keywords, hanya menduga-duga saja. Bahkan tulisan tentang Rendra itu, sama sekali tidak memikirkan kata kunci saat membuatnya 😊.

***

Nah, teman-teman, di atas itu serangkaian upaya yang masih saya jalankan hingga saat ini. Saya baru sadar, lupa memasukkan blog walking dalam ulasan tersebut padahal blog walking juga cukup membantu.

Semuanya bisa dijalankan secara gratis dan perlu proses ya. Menjalankannya butuh ketelatenan dan kesabaran. Ada cara yang lebih cepat, sih tapi berbayar. Caranya: bayar orang mengelola blog, selenggarakan giveaway atau lomba, dan beriklan di Google dan media-media sosial.

Tinggal dipilih saja, mau menjalankan yang mana, cara gratis atau berbayar, atau mengombinasikan keduanya. Teman-teman punya cerita mengenai meningkatkan traffic blog? Share, yuk.

Makassar, 8 November 2020

Baca juga:



Share :

36 Komentar di "Cara Meningkatkan Traffic Blog untuk Pemula"

  1. SEO emang perlu banget kalau mau trafik blognya rame terus. Saya kalau ngeblog tiap tulisan musti nargetin keyword tertentu. Hasilnya beda banget dengan kalau saya nulis tanpa mikirin keyword.

    Btw blognya nerima guest post nggak mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia. Bagi penulis, SEO bisa menghalanginya menulis dengan hati dan berkreasi dengan bebas tapi mau tak mau ya perlu juga. 🤭

      Untuk paragraf akhir, boleh japri hehe.

      Delete
    2. Terima kasih mbak nanti saya japri untuk guest post nya.

      Bagi saya sih SEO bisa menghalangi penulisan tapi di awalnya aja. Kalau udah pengalaman nanti bisa nulis bebas sekaligus nerapin SEO.

      Saya waktu nulis 'lupain' SEO, pas kelar nulis baru diimplementasikan SEO ke tulisan. Sering aspek SEO saya korbanin agar kualitas tulisan nggak terganggu. Karena SEO sekarang udah nggak kaya jaman dulu, sekarang kualitas penting banget buat SEO.

      Delete
    3. Iya sih, lebih luwes sekarang. Konten berkualitas lebih diperhatikan sama Google, tidak boleh asal pasang keywords juga. 😊

      Delete
  2. Sukses untuk mbak Niar, semoga terus bisa menginspirasi perempuan-perempuan Indonesia 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Mbak Elin juga, ya, semoga sukses dan terus menginspirasi. 💖

      Delete
  3. waktu itu tidak ikut acaranya. bersyukur bisa baca sharingnya di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak, untung aja mbak Mugniar menuliskannya di sini jadi bisa tetap dapat ilmunya walau ga ikutan acaranya :)

      Delete
    2. Saya menulis biar tidak lupa jiga, Mbak. Blog kan tempat mendokumentasikan kisah. 🤭

      Delete
  4. Untuk menjadikan blog memiliki banyak traffic emang butuh effort ya Mbak, dan saya bersyukur menemukan artikelnya disini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena bukan artis, bukan anak/istri sultan, kita butuh effort yang tidak sedikit. 😁

      Delete
  5. Rutin diisi, haduh aku malu sama mbak Niar yang rajin menulis. Baiklah aku akan mulai semangat nulis lagi, tolongbantu aku ya mbak biar traficnya banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ish, Mbak Lidya kan rajin menulis. Traffic-nya oke. Saya bukan ahli kok Mbak, kita sama-sama saling menyemangati.😅

      Delete
  6. Aku yg ga pemula aja masih suka miss mengaplikasikan teknik seo dalam blog Mbaa hihi mesti banyak belajar juga nih aku. Makasih udah ngingetin ya Mbaa

    ReplyDelete
  7. Wah, berguna sekali ni artikelnya bagi pemula seperti saya, yang masih sering resah dengan trafik. Well done mba. N terimakasih.

    ReplyDelete
  8. Nice info, mba 😊 Barokallaaah mba Niar

    ReplyDelete
  9. Iya mbak, paham SEO ini membantu banget meningkatkan trafic ke blog kita. alhamdulillah saya sudah mempraktikan sendiri dan memang berhasil. senang banget ketika mengetahui tulisan kita banyak dicari dan dibaca orang

    ReplyDelete
  10. Artikelku yang organik jaman dulu tanpa sengaja seo dan artikel yang dicari, padahal waktu itu nulis karena banyak yang minta resep mpasi, tips dll. Kalau sekarang blog banyak isi promo harus jago seo juga ya. Makasih tipsnya mba Niar

    ReplyDelete
  11. Ngeblog Itu panggilan hati yaa, kak Niar.
    Senangnya bisa terus menulis dan semoga bermanfaat untuk banyak orang.

    ReplyDelete
  12. Sejauh ini aku menggunakan blog untuk media mencurahkan isi hati sama ikut lomba aja mbak. Mungkin udah saatnya belajar SEO dengan serius yaa

    ReplyDelete
  13. Duh, bagian rajin postingnya nih aku masih moody. Gak bagus ya buat traffic. Kudu mulai rajin banget. PR besar. Plus kudu belajar SEO juga.

    ReplyDelete
  14. Saya masih percaya konten blog adalah nomor satu yang bawa org datang, tapi kalau bisa ilmu SEO lbh baik lg.
    Tapi tetep menulis buat manusia emang yg utama ya mbak, insyaAllah tulisn akan ada jalannya :D
    Biasanya ya dibantu share link jg sih hehe

    ReplyDelete
  15. Meskipun aku juga bukan pemula, tapi ilmu-ilmu di atas penting banget lho mba. Soalnya sampai sekarang pun, pola ngeblogku masih sama, asal nulis saja. Urusan riset kata kunci dan lain sebagainya masih jauuuuh banget ketinggalan. Terima kasih untuk sharingnya ya Mba Niar.

    ReplyDelete
  16. Kalah dulu ngeblog cuma buat curhat sekarang mikir bagaimana supaya traffic nya meningkat, walau bingung belajar SEO tapi harus upgrade diri juga, makasih banyak tipsnya kak 😊

    ReplyDelete
  17. Rutin mengisi blog, wah ini jadi PR aku banget nih. Selain itu sekarang memang penting ya mempelajari banyak hal terkait kegiatan ngeblog. Tidak bisa lagi pakai prinsip asal nulis saja bagus saja. Salah satunya kalau aku pribadi sih belajar SEO dan mengejar posisi halaman muda biar tulisan makin banyak yang baca

    ReplyDelete
  18. aku rasain sih mba kalau aktif di medsos bagikan tulisan lumayanlah trafficnya dibandingkan ga dishare sama sekali hehehe sapalag daku tanpa dishare ini wkwk

    ReplyDelete
  19. Thanks banget untuk tipsnya yang sangat bermanfaat...

    Pengen banget belajar SEO...

    ReplyDelete
  20. akubersyukur sih mbak, sekarang ga nulis rutin tapi blog tetap rame dikunjungi karena ada beberapa artikel yang jadi penyumbang visitor utama.

    kalau udah diatas level pemula, tambahannya adalah mengecek broken link, research keyword dan selalu update artikel lama

    ReplyDelete
  21. Saya selalu kagum dengan mbak mugniar, update terus blog nya. Pantas didaulat mengisi acaranya iidn. Ilmunya bermanfaat banget, saya juga merasa harus belajar lagi agar tulisan saya banyak dibaca dan bermanfaat bagi yang mencarinya di Google

    ReplyDelete
  22. Kalau soal konten dan Soe saya malu banget
    Bahasa yang saya gunakan snagat acakadul
    Terimakasih atas artikel nya
    Saya jadi tercerahkan.

    ReplyDelete
  23. Samaaa kok mba, akupun ngelakuin bbrp cara yg mba tulis di atas :). Konsisten nulis, ttp mau belajar, sharing di medsos dan BW. BW itu ngaruh bangetttt sih. Makanya sebisa mungkin aku ga mau lupa utk BW ke blog temen2 yg udh baca tulisanku. Dengan rutin BW aku ngerasa bgt traffic naik :).

    ReplyDelete
  24. Keren mb, uda jadi narsum dunia blogging. Trims sharenya juga di blog ini

    ReplyDelete
  25. btw bu, kenapa ya url blog ibu diblokir ma avast anti virus saya. Jadi klo pengen buka blog ini, saya nonaktifkan dulu anti virusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak mengerti Bang, saya tanyakan dulu sama.yang mengerti. Terima kasih infonya.

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^