Konsistensi dalam Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog

Konsistensi menulis adalah salah satu poin yang kerap saya masukkan ketika membawakan materi motivasi ngeblog pada beberapa kesempatan, termasuk ketika menjadi nara sumber dalam webinar kedua bertajukMengoptimalkan Peluang Dunia Blog” pada 30 Agustus lalu.

Sebanyak 25 webinar telah diselenggarakan oleh komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN). Komunitas di mana saya bergabung sejak 2011 ini telah menjadi tempat belajar menulis sebanyak 20-ribuan perempuan Indonesia di seluruh dunia.

Sejak digawangi oleh Mbak widyanti Yuliandari sebagai Ketua Umum IIDN, perhatian akan pengembangan kemampuan menulis di blog juga menjadi perhatian IIDN. Wajar saja, karena memang peluang menulis di dunia online terbuka lebar.


Konsistensi Mengoptimalkan Dunia Blog
Gambar dimodifikasi dari indosatooredoo.com.
 

25 Webinar Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog

 

Saya menyambut gembira ketika mendapatkan kabar IIDN berencana menyelenggarakan webinar (web seminar) sebanyak 25 kali, mengangkat topik yang berhubungan dengan dunia blog. Soalnya blog memang bukan sekadar menulis. Ternyata banyak hal yang perlu dipelajari selain mempelajari keterampilan menulis.

Saya yakin webinar yang didukung penuh oleh Indosat Ooredoo ini akan membuka mata banyak orang mengenai kesempatan berkarya melalui blog.

25 webinar Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog itu adalah:

1. Menulis Konten Blog untuk Pemula (29 Agustus).

2. Mendapatkan Traffic untuk Blogger Pemula (30 Agustus).

3. Membangun Semangat dan Konsistensi dengan Berkomunitas (4 September 2020).

4. Dasar-Dasar Smartphone Photography 1 (4 September 2020).

5. Dasar-Dasar Smartphone Photography 2 (5 September 2020).

6. SEO Untuk Pemula (5 September 2020).

7. Basic Desain Grafis Untuk Blogger (6 September 2020).

8. SEO Off-Page (6 September 2020).

9. Seluk-Beluk Review (11 September 2020).

10. Peluang Penghasilan dari Blog (11 September 2020).

11. Mendapatkan Peluang Job Blog (12 September 2020).

12. Menjadi Blogger yang Disukai Brand (12 September 2020).

13. Teknik Mengerjakan Job Blog (13 September 2020).

14. Peluang Penghasilan dari Adsense (13 September 2020).

15. Peluang Penghasilan Afiliasi (18 September 2020).

16. Canva for Blogger (18 September 2020).

17. Optimasi Instagram Untuk Mendukung Blog (25 September 2020).

18. Optimasi Twitter Untuk Mendukung Blog (25 September 2020).

19. Smartphone Videography (26 September 2020).

20. Youtube Untuk Pemula (26 September 2020).

21. Public Speaking for Blogger (27 September 2020).

22. Mengenal dan Mengoptimalkan Domain Authority (27 September 2020).

23. Menulis Konten Berkualitas (2 Oktober 2020).

24. Membuat Foto Travelling dengan Smartphone (2 Oktober 2020).

25. Memenangi Lomba Blog (3 Oktober 2020).


Konsistensi Berkomunitas

Sayangnya, dari 25 webinar, saya bisa menyimak materi 9 saja plus 1 materi yang saya bawakan. Saya melihat salah satu benang merah dari kesepuluh materi ini adalah KONSISTENSI.

Berikut ini catatan saya mengenai 10 materi webinar yang saya simak:

 

Menulis Konten Blog untuk Pemula (29 Agustus)

 

Mbak Widyanti Yuliandari – Ketua Umum IIDN menyampaikan mengenai 3 garis besar yang perlu diperhatikan bloger pemula dalam menulis konten. Ketiga hal tersebut adalah memilih tema, trik menulis untuk pemula, dan tentang pendukung tulisan.

Pembahasan bermula dari alasan mengapa perlu memperhatikan konten. Alasannya adalah karena konten merupakan daya tarik yang sangat kuat bagi blog. Konten yang baik terus memberikan dampak positif bagi bloger dan pembacanya. Namun di sisi lain, konten sering kali membuat bloger pemula tak percaya diri.

Ya, saya akui, dulu saya malu-malu nge-share tulisan. Takut dicela, takut diketawai orang. Sekarang saya sudah buang jauh-jauh rasa malu seperti itu. Yang penting saya tidak melakukan hal yang memalukan.


Widyanti Yuliandari

Oleh karenanya Mbak Wid menyampaikan trik mengenai apa saja yang perlu dilakukan. Tahapan paling awalnya adalah mulai dari menurunkan ekspektasi, cari ide dan kembangkan, serta buat kerangka tulisan. Sumber ide sangat banyak, di antaranya dengan mengadakan survei di media sosial. Kerangka tulisan untuk membantu agar tulisan bisa tetap fokus pada topik hingga selesai.

Mbak Wid memberikan contoh praktik sederhana dalam mengembangkan ide. Namun tentunya bukan hanya satu kali mengikuti webinar seorang bloger pemula bisa langsung melejit seperti bloger yang sudah 10 tahun ngeblog kan ya?


Widyanti Yuliandari IIDN

Setuju kan kalau saya katakan semua tips dan trik yang diberikan harus KONSISTEN diterapkan agar blogger berkembang kemampuannya dan juga memperoleh manfaat dalam pengembangan dirinya?

Mendapatkan Traffic untuk Bloger Pemula (30 Agustus)

 

Bermula dari mencari tahu tujuan mulia kita alam menulis di blog, saya menyampaikan 2 garis besar: mengapa bloger butuh traffic dan tips mendapatkan page views bagi bloger pemula. Kita butuh tahu tujuan dalam melakukan sesuatu. Dengan tujuan yang jelas maka apa yang dilakukan bisa lebih fokus dan konsisten.


Mugniar Marakarma

Mengenai materi yang saya sampaikan akan saya buat tulisannya secara terpisah. Secara singkat saja, dalam mendatangkan traffic, kita perlu membuat tampilan blog nyaman di mata pengunjung, juga kontennya enak dibaca, serta memperhatikan tampilan pendukung tulisan.

Seorang bloger harus open minded dalam mempelajari dunia blog, jangan merasa puas dan merasa paling baik atau benar sendiri. Media sosial harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dan bersikap positif. Jangan pelihara rasa malu dan mider yang berlebihan.


Konsistensi ngeblog

Tapi semuanya tidak ada gunanya jika tidak disertai dengan KONSISTENSI dalam ngeblog. Hingga bertahun-tahun pun, blogger-blogger “lawas” yang sudah teruji kemampuan ngeblognya tetap membutuhkan konsistensi dalam mendatangkan traffic pada blognya.

 

Dasar-Dasar Smartphone Photography 2 (5 September)

 

Cocok sekali jika Mbak Ety Abdoel diminta membawakan materi ini. Kemampuan fotografinya keren sekali. Mbak Ety menyampaikan mengenai cara-cara editing foto agar terlihat menarik. Tentu saja dengan menggunakan aplikasi edit foto yang bisa diperoleh secara gratis di Play Store, seperti Snapseed.

Teknik menggunakan fitur-fitur seperti White Balance, Exposure, Saturation, Vibrance, Texture, Clarity, Healing, Bluring, Cropping, dan sebagainya disampaikan oleh Mbak Ety. Ada juga praktik sederhana. Sayangnya saya tak bisa mengikutinya dengan baik karena bermasalah dengan gadget sehingga saya beberapa kali terpaksa harus keluar-masuk dari room aplikasi Zoom Cloud Meeting.


Ety Abdoel

Tapi satu hal yang saya percayai, Mbak Ety sampai ke titik ini, sampai diamanahkan membawa materi adalah berkah KONSISTENSInya dalam belajar memotret dan edit foto menggunakan ponsel. Saya kenal Mbak Ety di IIDN, sekira sejak 8 – 9 tahun lalu dan saya mengamati proses sajian foto di akun Instagramnya yang semakin berkembang.

 

SEO untuk Pemula (Off-Page, 6 September)

 

Mas Angga – nama kecil dari Priangga Otviapta mendapatkan 2 kali giliran membawakan kelas SEO (Search Engine Optimization). Sayangnya saya tak bisa mengikuti materi SEO On-Page yang berlangsung sehari sebelumnya.


MEngoptimalkan SEO Off-page

Mas Angga menyampaikan mengenai jenis-jenis back link yang perlu dibangun dalam tahap ini. Jenis-jenis back link yaitu profile back link, back link komentar, social bookmarking, dan back link kontekstual.

Untuk memiliki blog yang bagus, perlu mengusahakan memperoleh back link dari website-website lain. Khusus tentang back link kontekstual, Mas Angga mengatakan, “Back link ini sangat membutuhkan biaya dan waktu untuk mendapatkannya karena sangat powerful dan spesial. Sulit diperoleh jika tak tahu caranya.”

Masih menurut Mas Angga, “Lebih baik mendapatkan satu back link kontekstual ketimbang mendapatkan 1000 back link komentar.”  


SEO Offpage

Lalu, bagaimana back link yang bagus? Nah, back link yang bagus itu menerapkan on-page yang baik, relevan, di situs populer, mendapatkan ranking, memiliki DA/PA 20 dilihat dari tools gratisan, atau UR/DR versi tools Ahrefs berbayar.

Nah, sekarang terlihat lagi bukan, di sini lagi-lagi KONSISTENSI dibutuhkan. Merujuk pada kata-kata Mas Angga “membutuhkan biaya dan waktu”, apa lagi yang bisa menaklukkan kalau bukan KONSISTENSI?

 

Menjadi Blogger yang Disukai Brand (12 September)

 

Nah, kali ini materinya dari sudut pandang brand. Bang Emmet yang juga Head of PR Asus Indonesia ini menyampaikan bagaimana menjadi disayangi oleh klien. Yang pertama hali harus diperhatikan menurut Bang Emmet adalah blog harus sudah TLD (top level domain). Mengapa? Karena leboh profesional. Isi blog tersebut merepresentasikan bidang yang diminati.


blogger kesayangan klien

Sebaiknya bloger pernah posting product/service review. Kalau belum pernah, coba diisi dulu dengan konten review produk atau jasa dari berbagai brand. Tulislah technical detail namun tidak perlu terlalu mendetail. Bisa menuliskan sisi experience-nya saja. Dan cara penulisan yang disukai adalah yang ala story telling.

Brand menyukai bloger yang aktif dalam komunitasnya. Selain itu, dalam menulis tetap harus menulis dengan cara yang baik, sesuai tata bahasa, nyambung antar paragraf, juga sesuai dengan gambar dan video. Jangan sampai cara menulisnya belepotan.

Hal yang saya garisbawahi dalam pemaparan Bang Emmet adalah poin blogpost update. Jadi, bloger itu harus rajin update blognya. Menurutnya, kurang update terlihat tidak positif karena terlihat blogger tidak terlalu kreatif. Tingkat kerajinannya diperhatikan. “Rajin update menunjukkan komitmennya sebagai blogger,” pungkas Bang Emmet.


Bang Emmet

Nah, lagi-lagi butuh KONSISTENSI bukan? Kalau tidak konsisten update, bagaimana bisa terlihat profesional?

 

Peluang Penghasilan dari Adsense (13 September)

 

Mas Afit Husni menjelaskan tentang peluang adsense bagi bloger. Bermula dari mitos seputar meraup rezeki melalui adsense Mas Afit belum apa-apa sudah menegaskan pentingnya KONSISTENSI dalam hal ini.

Mitos-mitos bahwa mendulang duit melalui adsense: gampang, kaya secara instan, effortless, dan modal 0 – semuanya dibantah oleh Mas Afit. Kenyataannya, pengajuan adsense bisa lama baru di-approve, paling cepat 3 bulan. Kenyataan lainnya adalah proses pendaftaran gampang-gampang susah dan banyak aturan dari sono-nya.

Kenyataan berikutnya adalah blog berbahasa Indonesia duitnya kecil, sudah begitu adblocker merajalela dan banyak user Indonesia malas melihat iklan.


Afit Husni

Saran Mas Afit, gunakan blog berbahasa Inggris. Kalau mau berbahasa Indonesia, traffic-nya harus tinggi, cari tema yang menarik bagi advertiser, riset, dan KONSISTEN. Ketika membahas mengenai konten, Mas Afit menyarankan untuk meriset konten yang disukai oleh banyak netizen. Di sini Mas Afit memasukkan KONSISTEN sebagai salah satu kuncinya.

Oke fix, jadi jika mau terjun menjadi bloger adsense, lagi-lagi konsistensi menjadi poin pentingnya.  

 

Canva for Blogger (18 September)

 

Mbak Mutiara Hidayati, seorang Canva Certified Creative membawakan materi mengenai penggunaan aplikasi Canva untuk bloger. Bloger memang butuh aplikasi seperti ini. Bukan semata untuk header, melainkan juga sebagai pendukung kontennya. Saya pribadi menggunakan Canva untuk membuat media kit yang di dalamnya tercantum rate card saya sebagai seorang profesional.


Canva for Bloggers

Namun saya tak rajin mengoprek aplikasi yang sebenarnya sangat user friendly ini.

Mbak Mutiara memberikan serangkaian tips. Di antaranya adalah memahami tujuan pembuatan desain. Konsepnya harus matang. Pahami target klien dalam color & font combination. Perhatikan pesan yang mau disampaikan, gunakan elemen seperlunya. Pelajari desain lainnya, jangan malu atau ragu mencoba, dan sering berlatih.

Nah, kata-kata “sering berlatih” ini merupakan bentuk KONSISTENSI. Jelas saja, kan, bagaimana bisa mahir menggunakan Canva kalau malas oprek-oprek aplikasi itu seperti saya?

 

YouTube Untuk Pemula (26 September)

 

Pemateri untuk topik ini adalah Mbak Primastuti Satrianto yang akrab disapa Manda. Manda menyampaikan dua syarat berpenghasilan dari YouTube, sebagai berikut: memiliki > 4000 jam waktu tonton publik yang valid dalam 12 bulan terakhir dan memiliki lebih dari 1000 subscriber.


YouTube

Dua hal yang disebutkan manda sebagai tips mengelola akun YouTube adalah KONSISTEN upload YouTube pada jam yang sama dan sering share link YouTube melalui media sosial. Manda juga share link-nya di status Whatsapp dan ternyata banyak pengunjung YouTube-nya dari status WA tersebut.

Pemilik channel yang namanya sama dengan nama lengkapnya ini menceritakan bagaimana konsistensinya dalam mengunggah video masak-memasak selama pandemi berbuah manis. Kini subscriber-nya sudah lebih 2000. Sekali lagi Manda menegaskan, “Konsisten adalah kunci. Practice makes perfect.”

 

Public Speaking for Blogger (27 September)

 

Mengapa bloger perlu belajar public speaking? Menurut Mbak Sara Neyrhiza, bloger perlu belajar ilmu ini karena sekarang sudah jamak terjadi bloger memberikan review dalam bentuk video yang mengharuskannya berbicara di depan kamera. Maka public speaking perlu dipelajari.

Mbak Sara ini selain berprofesi sebagai dosen Ilmu Komunikasi selain sebagai penyiar, bloger, podcaster, dan founder Speaking.id. Menyenangkan sekali caranya membawakan materi. Kami sekaligus praktik membaca naskah dan “membulatkan suara”.


sara Neyrhiza

Beberapa hambatan umum disebutkan oleh Mbak Sara adalah intonasi monoton, tempo terlalu cepat atau lambat, aksen medok, gangguang filler words, dan tidak ada kesan.

Tips mengatasinya adalah persiapan, latihan membaca bersuara, membaca dan berbicara di depan cermin, membaca dan berbicara di depan kamera, gunakan teknik smiling vocal, dan manfaatkan bahasa non verbal.

Mbak Sara menceritakan ketika baru menyiar, atasannya memintanya menghilangkan medoknya. Sebagai orang Solo, hal ini menjadi tantangan tersendiri baginya. Dalam waktu 3 bulan berlatih, aksen medok berhasil dihilangkannya saat menyiar. Tidak hilang sama sekali ya, tetap ada ketika Mbak Sara bercakap dengan bahasa Jawa.

Keunikan lainnya adalah Mbak Sara bisa mengubah-ubah suaranya tergantung konteks. Pastinya butuh waktu untuk berlatih menjadi seperti Mbak Sara. Sampai di sini, lagi-lagi butuh KONSISTENSI. Setuju?

 

Mengenal dan Mengoptimalkan Domain Authority (3 Oktober)

 

Suatu hal membuat jadwal materi yang dibawakan oleh Mas Irwin Andriyanto ini mundur ke tanggal 3 Oktober. Materi yang dibawakannya merupakan satu topik yang banyak diperbincangkan di kalangan bloger.

Terjemahan Mas Irwin untuk DA atau domain authority adalah skor peringkat yang dikembangkan oleh Moz yang memprediksi seberapa baik peringkat domain blog. Skornya antara 1 – 100, semakin tinggi semakin baik.


mengoptimalkan domain authority

Sementara PA atau page authority adalah skor peringkat yang dikembangkan oleh Moz yang memprediksi seberapa baik peringkat halaman tertentu. Seperti DA, skornya berkisar 1 – 100, semakin tinggi semakin baik.

Skor spam/spam score (SS) menunjukkan presentase situs dengan fitur serupa yang menurut Moz telah dihukum atau dilarang oleh Google. Ada 27 faktor yang memengaruhi hal ini. SS berkisar 1 – 100, semakin rendah semakin baik.

Struktur on page dan optimasi off page dijelaskan oleh Mas Irwin. Materinya mirip-mirip dengan materi SEO. Menariknya dalam salah satu poin off page yang disampaikannya adalah KONSISTEN dan jangan terburu-buru.

 

Dukungan Internet Agar Konsisten Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog

 

Kawan, tentunya KONSISTENSI dalam ngeblog harus didukung dengan kemampuan jaringan internet yang mumpuni.

Indosat Ooredoo yang KONSISTEN mendukung IIDN dalam penyelenggaraan ke-25 webinar Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog ini. Indosat baru-baru ini menyediakan paket yang bahkan bisa dipergunakan secara berbagi kuota dengan anggota keluarga atau dengan karyawan UMKM yang dimiliki.

Adalah paket baru dari IM3, namanya IMPreneur yang memudahkan kita berbagi dengan orang-orang tersayang/baik di sekeliling kita. Tentunya sama-sama harus menggunakan nomor Indosat. Dengan catatan memakai nomor baru Indosat pra ataupun pasca bayar.


Kuota IMPreneur
Jenis-jenis kuota IMPreneur.

Paket IMPreuneur sebenarnya merupakan paket khusus yang didesain untuk pelaku UMKM Indonesia yang ingin memberikan kemudahan tunjangan komunikasi bagi karyawannya. Di dalam paket ini pemegang kuota utama bisa membagi kuotanya – kuota menelepon dan kupta bisnis kepada para karyawannya.

Nah, kepala keluarga juga bisa memanfaatkannya untuk keluarga selama masa pembelajaran daring. Dengan cara ini maka pengeluaran kuota bisa lebih terkontrol oleh kepala keluarga.

Demikian pula jika dipergunakan oleh pelaku UMKM maka iaya dapat terkontrol oleh pemilik bisnis untuk berbagai kegiatan marketing, penjualan, keuangan, distribusi, dan sebagainya. Seperti yang kita ketahui, dalam berbisnis dibutuhkan perencanaan dan startegi pemasaran agar mampu bersaing.

***

Singkat kata, konsistensi memegang peranan penting dalam mengoptimalkan peluang dunia blog, baik dalam urusan penulisan konten, teknis, pendukung konten, dan sebagainya. Belajar tanpa praktik dan konsisten tak ada guna. Dan memang tak ada pilihan lain selain mempraktikkan apa yang dipelajari dan berusaha KONSISTEN.

Makassar, 10 Oktober 2020

 

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog IM3 Ooredoo X IIDN Mengoptimalkan Peluang Dunia Blogging


Lomba Blog IIDN Indosat





Share :

42 Komentar di "Konsistensi dalam Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog"

  1. Masya Allah keren abis deh program IIDN, sayang tak sanggup ikutan lomba blognya badan lagi enggak fit. Semoga diperpanjang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga diperpanjang. Syafakillah ya Mbak Naqi.

      Delete
  2. MasyAllah, memang Konsisten sangat diperlukan ya. Dewi salut banget adanya kegiatan webinar dari IIDN ini, semoga ada lagi😍 mbak Mugniar keren jadi salah stu pembawa materi:)

    ReplyDelete
  3. Konsistensi itu koentji ya. Kadang lagi gak ada ide bingung mau ngisi dgn konten apa, salah satu solusinya bisa ikut lomba blog, karena tema sudah disediakan. Btw keren emang acara IIDN X im3oredoo kemarin

    ReplyDelete
  4. Sepakat mbak, konsistensi adalah kunci ya mbak...
    Btw webinar IIDN X IM3 Ooredoo emang kece banget ya mbak

    ReplyDelete
  5. Wowwwww.... super lengkap nih acara dan materi yang diadakan IIDN dan IM3Ooredo 😘😘 Bisa mengenal diri dan minat kita mau pilih kegiatan apa. Pastinya dapat ilmu dan wawasan dari para mastahnya.

    ReplyDelete
  6. Sungguh luar biasa, materinya sangat lengkap
    Saya sebagai pemula sangat tertarik sekali dan ingin ikut gabung
    Nah soal konten, saya sebagai blogger pemula malu dengan artikel
    Apakah bermanfaat bagi orang lain, menyebarkan hal positif.
    jangan-jangan artikel saya menjadi sambah di google

    ReplyDelete
  7. acara webinar kemarin menarik semua, sampe bingung mau ikut yang mana
    materi dan pematerinya luar biasa pokoknya, materinya berbobot semua
    melatih konsisten ini yang emang kudu dilatih

    ReplyDelete
  8. Sedihnya hanya bisa ikut tiga dari banyaknya webinar kemaren padahal semua materinya bergizi tinggi untuk blogger apalagi blogger harus selalu update dengan info-info terbaru. Tapi blogger-blogger baru sekarang keren-keren dan aku suka kreativitasnya dalam membuat konten tulisan dan visualnya juga bagus...minder deh hahaha

    ReplyDelete
  9. Dari 25 webinar di atas sayangnya saya cuma sempet ikut yg Mbak Sara.. public speaking. Waktunya suka gak pas huhuuu....btw kl bs menerapkan poin2 penting dari semua webinar di atas, wow pasti ngeblognya optimal banget ya Mbak

    ReplyDelete
  10. Bener banget mbak, semakin kenal banyak orang terutama didunia blogging boro2 saya merasa paling benar malah merasa nggak ada apa2nya hehhehe. Thanks sharingnya :)

    ReplyDelete
  11. Topiknya keren keren, ya. Aku sempat ikutan nih. Jadi merasa cupu sebagai blogger hahaha

    ReplyDelete
  12. Kak Niar...aku mau tanya terkait konsistensi menulis ini...apakah juga berkaitan dengan hari dan jam nge-blog yang sudah di setting akan memengaruhi SEO?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak sabar menanti kak Niar memberikan materi mengenai blogging di Ijoeks..
      Terimakasih IIDN.
      Karena materinya selalu menarik dan mencerahkan.

      Delete
  13. Beneran, ngeblog tu ngebuka banyak banget peluang buat aku. Rejeki, teman, koneksi, produk, dll.
    Cuma aku belum terlalu pintar mikir soal SEO, dll. Kudu semangat belajar nih

    ReplyDelete
  14. Masya Allah sekali yaa kalau sempat ikutan semua (25 materi) webinarnya itu. Jadi bisa mengoptimalkan blog yang sudah ada. Biar bisa naik kelas :)

    ReplyDelete
  15. Konsistensi adalah koentji!
    Ini yg membuat kita selalu semangaaatt untuk berbagi kebermanfaatan ya Kak.
    Makasii ilmunyaaa

    ReplyDelete
  16. Wah itu 25 tema webinarnya bagus-bagus banget dengan mengoptimalkan blog yang kita miliki agar lebih enak juga bacanya dan mudah dicari di mesin pencarian ya. Tapi emang yang paling penting itu adalah konsisten menulis.

    ReplyDelete
  17. keren banget IIDn kemarin menyelengarakan begitu banyak webinar yang tentu saja ilmunya bermanfaat utk upgrade pengetahuan buat bloger ya mbak.
    Krn dunia bloging skrng berkembang sekali gak melulu hanya menulis :D

    ReplyDelete
  18. Semua materi webinarnya keren! Sampai bingung saya milihnya. Semoga aja akan terus ada webinar dengan tema ini, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, rasanya pengen ikut semuanya...
      Hehehe..
      Krn smua materinya sangat dibutuhkan

      Delete
  19. Mantab banget mbak semua materi webinar yang disampaikan beneran penuh manfaat deh! Ternyata benang merahnya adalah konsistensi yah mbaak, kita harus gigih dan maju terus mengalahkan semua rasa males yaaah!

    Semoga kita semua bisa semangat terus yaaah

    ReplyDelete
  20. aku nggak sempet ikutaan huhu kemarin2 rempong bangeet mbak rewang pas resign jugaa. temanya seru2 sih mbak, berhubungan ama dunia blog yaa

    ReplyDelete
  21. Udah lama bergabung di grup facebook IIDN tapi karena jarang aktif jadi notifikasi dan informasi-informasinya tenggelam oleh yang lainnya dan bahkan tidak muncul lagi.

    ReplyDelete
  22. Waaah ilmunyaaa!

    Ini berasa masuk workshop 3 hari ya, karena pematerinya banyak dan semua pastinya para ahli!

    ReplyDelete
  23. Apapun itu memang perlu konsistensi, ya. Termasuk dunia blog. Kita wajib banget konsisten menulis dan terus belajar tentang dunia bloging.

    Rasa minder sharing tulisan di medsos itu ada, Mbak. Rasanya tuh, kayaknya cuma saya aja nih yang blognya masih biasa banget. Yang lainnya udah keren-keren banget.

    ReplyDelete
  24. Webinarnya keren-keren. Benar-benar mendapatkan ilmu tentang mengoptimalkan blog. Konten dan konsisten itu memang penting.

    ReplyDelete
  25. Saya nyesel banget setiap kali nyimak nggak bisa powerfull, karena sinyal yang buruk. Tapi alhamdulillah banyak blogger yang mengulasnya, cukup mengobatiku. Lengkap banget bun kamu nulisnya.

    ReplyDelete
  26. Setuju sama Mbak Niar. Dari hampir 20 webinar yang aku ikuti itu benang merahnya di konsistensi dan konten yang berkualitas.

    ReplyDelete
  27. Setuju sama Mbak Niar. Dari hampir 20 webinar yang aku ikuti itu benang merahnya di konsistensi dan konten yang berkualitas.

    ReplyDelete
  28. wah harus 1000 subcriber ya aku harus ngejar banyak ini sih mbak kalau youtube. Tapi sekarang dalam ngeblog perlu juga sih dukungan video ya

    ReplyDelete
  29. Materi yang ada di webinar keren-keren semua. Penting sekali untuk mengoptimalkan peluang dunia blog, ya. Dari seluruh rangkaian webinar,saya hanya sempat ikut 9 webinar saja. Padahal ingin ikutan semuanya.

    ReplyDelete
  30. Nggak nyesel ikut webinarnya IIDN. Materi dan pematetinya keten semua. Banyak banget ilmu yang saya dapat, salah satunya dari mbk Niar.

    ReplyDelete
  31. Ini webinar kereen bangett dan aku ngga ada yang ikut satupun. Ampunn...kuranb update banget, Mbak. Makasih rekapannya yaa. Pingin bangett menjadi Blogger kesayangan Klien. Hahaha

    ReplyDelete
  32. Keren memang webinarnya, Alhamdulillah ikut beberapa kelas dan mendapat pencerahan dari mereka..makin semangat menulis lagi...

    ReplyDelete

  33. if you add 5 more, at least it's already a month's content, right? but for 15 titles per month, it could be two months. steady title

    ReplyDelete
  34. Memang apapuntapapun yang dilakukan secara konsisten hasilnya terasa dan bermanfaat

    ReplyDelete
  35. Seru banget rangkaian acara webinarnya ya mbak, apalagi temanya memanfaatkan peluang dunia blog.

    ReplyDelete
  36. Suka sekali baca artikelnya mba, dan ternyata pr ku sebagai blogger masih buanyaaaak πŸ˜… paling susah sih kalau konsisten, huhu, padahal itu yang menjadi kuncinya yaa mba. Minta doanya ya mba semoga aku bisa belajar lebih baik lagi. Btw makasih sharingnya mba, insightful sekali πŸ₯°

    ReplyDelete
  37. Wooww ini materinya keren banget dan bermanfaat deh. Pandemi ga menghalangi untuk terus menambah skill ya.

    ReplyDelete
  38. Mbak Mugniar! Sejak gabung ke SEO Moms, aku jadi ngefans sama mbak karena masya Allah, luar biasa kegigihannya untuk ngeblog! Acara yang Indosat kemarin ini pembicaranya kece-kece banget emang.

    ReplyDelete
  39. Rangkaian webinar ini paling keren sih menurutku ya, bunda. IIDN memang gokil! Bisa menghadirkan 25 webinar ini untuk meningkatkan kemampuan para bloggernya. Sayang banget sih kalo gak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh teman-teman blogger. Dan ya, konsisten itu adalah kuncinya. Semangat bunda

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^