Bagaimana Menjadi Blogger Produktif

Seberapa pentingkah berusaha menjadi blogger produktif dan konsisten bagi Anda?

Mencari tahu tentang nilai teknis blog dan berusaha mencapai nilai DA (domain authority), PA (page authority), DR (domain rating), atau nilai lain yang bagus dan kiat-kiatnya supaya mudah dapat job merupakan hal yang penting bagi banyak bloger.

Tapi di luar itu, ada baiknya mengusahakan supaya menjadi bloger produktif dulu karena akan banyak manfaat yang dirasakan. Pada tulisan sebelum ini: Berkah Ngeblog: Produktif Berbuah Manis saya membagikan mengenai apa yang saya ceritakan kepada teman-teman sehubungan dengan usaha saya untuk produktif menulis.


Saya sendiri tak menyebut diri saya produktif. Teman-teman pengurus di komunitas bloger Anging Mammiri meminta saya membawakan materi ini pada program Klinik Blog pekan ke-4, pada tanggal 22 Februari lalu.

Kalau mungkin saya terlihat produktif, itu karena sudah lama saya terinspirasi dengan perkataan Malcolm Gladwell bahwa 10,000 hours of practice can make you an expert – 10.000 jam latihan bisa menjadikan Anda seorang ahli. Aturan 10.000 jam ini dipopulerkan oleh Malcolm Gladwell dalam bukunya Outliers yang menjadi mega best seller.

Malcolm Gladwell adalah seorang wartawan New York Times yang juga menulis buku-buku bertema Psikologi Sosial. Bukunya yang bejudul Outliers diterbitkan oleh Penguin Psychology Books pada tahun 2008 dan berhasil meraih New York Times Bestseller.

Foto: pengurus AM.

Mulai ngeblog 2006, vakum 2009 lalu sejak tahun 2011 aktif hingga saat ini, salah satu yang saya inginkan adalah mencapai 10.000 jam itu. Hingga saat ini, saya yakin 10.000 jam itu sudah terpenuhi dengan > 2300 tulisan yang saya hasilkan.

Manfaat Menjadi Blogger Produktif


Sebelumnya, saya batasi dulu ya, konteks dalam tulisan ini adalah untuk mereka yang menggeluti dunia blogging sama seperti saya, menjadikan blog pribadi sebagai media untuk menuliskan konten-konten positif, bukan bagi yang berfokus pada adsense.

Nah, mari kita lanjut. 6 Manfaat menjadi bloger produktif bagi saya adalah:

1. Tidak mudah terpengaruh.

Biarpun banyak teori atau pendapat yang mengatakan jadi bloger harus melakukan A, B, dan C, saya tidak buru-buru mengikuti semuanya. Malahan sebagian cukup menjadi referensi saja, tidak perlu saya ikut terpengaruh. Toh saya sudah merasakan banyak berkah ngeblog tanpa perlu terikat dengan pendapat itu.

2. Lebih fokus dan terarah.

Kalau sudah terbiasa menulis dan update blog, tetap saja menulis, ada atau tidak ada tawaran job yang datang.

Foto: pengurus AM.

3. Nilai teknis blog meningkat signifikan.

Saya menyaksikannya sendiri, ini yang terjadi. Dilengkapi dengan pengelolaan blog yang baik juga tentunya maka nilai teknis blog secara perlahan bisa meningkat.

4. Punya pengunjung loyal.

Jika rajin update blog, pembaca yang sudah tertarik dengan gaya menulis kita akan kembali untuk membaca tulisan terbaru.

5. Mudah mendapatkan job.

Kalau blognya selalu terisi, lalu alamat emailnya ada di blog, nilai teknis blog meningkat, biasanya akan menjadi salah satu yang dicari oleh klien.

6. Mendapatkan pengalaman-pengalaman menarik.

Saya yakin, bukan saya saja yang punya pengalaman menarik, bloger-bloger lain pun. Beberapa pengalaman menarik yang pernah saya alami sudah saya share di blog ini. Salah satunya bisa dibaca di: Berkah Ngeblog dalam Diskusi Sejarah Sang Patriot


Lalu, bagaimana caranya agar bisa produktif yang nantinya bisa berkembang menjadi berdaya?

Bagaimana Menjadi Blogger Produktif


Dalam versi saya, ada 8 hal yang mendukung untuk menjadi blogger produktif, yaitu:

1. Jaga konsistensi.


Konsistensi harus senantiasa terjaga. Jika mengusahakannya, tak ada alasan “tidak mood” menulis. Jadilah pengendali mood, jangan mau dikendalikan olehnya.

2. Punya tujuan yang jelas.


Pastikan aktivitas menulis yang kita lakukan punya tujuan. Tujuan mulia untuk berbagi kepada sesama, untuk menanam amal jariyah, untuk mendapatkan wawasan, misalnya. Temukan tujuan terdalam atau termulia yang bisa kita pegang. Kalau ada tujuan “untuk cari duit”, taruh dulu di urutan kesekian,  bukan sebagai priotitas.

3. Tentukan target.


Tetapkan target dalam sebulan atau sepekan posting berapa tulisan. Misalnya 15 tulisan per bulan atau 3 tulisan per pekan.

4. Lakukan dengan cinta.


Menulis adalah pekerjaan hati. Rupiah atau materi lebih merupakan bonus ketimbang mesin penghasil materi. Lagi pula sudah selayaknya tulisan memperkaya khazanah dunia internet agar dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan manusia.


Pernahkah mengalami, ketika sedang butuh informasi lalu menemukan tulisan yang hanya ditulis asal-asalan padahal posisinya di atas dalam mesin pencari? Menyebalkan bukan?

5. Temukan cara yang pas.


Temukan cara Anda sendiri. Apakah mau bikin tema dalam beberapa hari selama sepekan, apakah mau menggunakan ponsel atau laptop, terserah, senyamannya.

6. Menantang diri sendiri.


Jangan lupa untuk berkomunitas. Teman-teman di komunitas jadikan acuan untuk menantang diri.
Mengapa dia bisa sedangkan saya tak bisa padahal kami sama-sama sibuk?
Mengapa dia bisa sementara saya tak bisa padahal dia sudah punya anak dan saya belum?
Mengapa dia bisa sementara saya tak bisa padahal anaknya banyak, bekerja pula?

Bisa juga menantang diri untuk menyelesaikan tulisan dalam sepuluh menit. Atau menyelesaikan 2 tulisan dalam sehari. Kalau sudah bisa, naikkan menjadi 3 tulisan dalam sehari, begitu seterusnya. Akan ada manfaatnya nanti, trust me.

7. Belajar menulis.


Jangan lupakan kalau core kita sebagai blogger adalah tulisan maka jangan malas memperkaya diri dengan pengetahuan seputar keterampilan menulis. Jangan sungkan membuka KBBI atau PUEBI untuk memastikan diksi yang kita pilih sudah tepat.


Usahakan menghadiri topik peningkatan kualitas tulisan, seperti yang dibawakan oleh Bunda Dawiah pada tanggal 8 Februari lalu. Beliau membawakan materi 10 Rahasia Menulis di Blog. Sadarilah kalau pembaca juga belajar dari cara kita menulis. Sayang sekali kalau yang dicontoh adalah cara berbahasa yang tidak tepat. 

8. Pelajari hal-hal lain yang mendukung.


Nah selain hal-hal tersebut di atas, perlu juga mempelajari hal-hal lain yang mendukung tampilan atau kualitas tulisan seperti belajar SEO, fotografi, foto produk, foto makanan, sinematografi smarthphone, cara membuat dan mengedit video, optimasi media sosial, dan sebagainya.

***

In syaa Allah, kalau kedelapan hal tersebut diterapkan, secara perlahan kita akan menjadi blogger produktif dan memperoleh banyak manfaat juga berkah ngeblog. Harap dilakukan dengan sabar karena semuanya perlu proses dan proses tak bisa dijalankan hanya dalam semalam.

Makassar, 8 Maret 2020

Baca juga:



Share :

21 Komentar di "Bagaimana Menjadi Blogger Produktif"

  1. Ulasan yang menarik. Sayang sekali saya tidak sempat ikut waktu materi yang ini lalu.

    Tapi dari ulasan ini, saya bisa mengetahui materi yang saya tidak sempat ikuti.

    Sangat bagus, dan akan saya coba caranya.😆👍

    ReplyDelete
  2. Aku setuju mbak kalau konsisten jd enak nulisnya lebih lancar. Kalau sudah lama vacum memulai kembalinya agak sulit.

    ReplyDelete
  3. Konsisten untuk ngeblog kayaknya jadi PR aku deh mbak 😅 soalnya selama ini sering nggak konsisten. Apalagi kalau sedang ada beberapa hal yang menganggu, sering bikin konsistensinya bubar ambyar. Btw terima kasih ya mbak sudah dijelaskan tentang ngeblog, jadi saya bisa semangat dan menjaga konsistensi ngeblog nih. 😁

    ReplyDelete
  4. Aku masih belum produktif mba hehehe masih ngeblog sesuai dengan mood dan job huakakak..duh malunya eee aku padahal cita-cita menjadi penulis tapi konsisten nulis blog aja susah :p

    ReplyDelete
  5. Mak Niaaarr, aku padamuuu!
    Konsisten dan senantiasa menginsipirasi
    sungguh cethaarrr

    ReplyDelete
  6. Konsisten susah rasanya..., Kadang memunculkan ide nulis masih bingung..kalo ada job baru deh ..ada ide soalnya tau apa yg mau ditulis.. #malu wkwkwk

    ReplyDelete
  7. Memang ya namanya konsistensi itu emang tidak mudah ya harus dilakukannya dengan cinta pokoknya kalau nulis itu

    ReplyDelete
  8. Dulu pS mSih single ngeblog rasanya fine fine aja mbak sampe everyday buka blog. Tapi smeenjak punyak anak, rutinitas ngeblog jadi menurun.

    ReplyDelete
  9. Masya Alloh, udah 23.000 tulisan. Ckckckc, persisten! Tahun kemarin aku sempat baca buku ust Felix Siaw, tentang Master Your Habit, dan dibahas berapa lama waktu yg diperlukan utk menguasai suatu skill. Tapi masih ada beberapa konsep yang dilemparkan ke pembaca. Dan hari ini terjawab sudah, 10.000 jam ternyata! Tfs Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2300, Mbak bukan 23.000 hehehe. Iya konsep 10.000 jam kalau googling akan ketemu banyak yang bahas.

      Delete
  10. makasi banyak sharingnya mak Mugniar, aku berada tersentil nih.. huhu. bnr bnr jadi reminder bgt buat aku. makasi maaaak

    ReplyDelete
  11. Setuju mba, segala sesuatu kalau konsisiten pasti akan bisa. Bisa karena terbiasa. Nah itu aku yang belum bisa mengendalikan mood nih, harus belajar banyak sama mba Mugniar..keren .. :)

    ReplyDelete
  12. PR banget nih Mak buat produktif. Saya pribadi bakal sering ngeblog kalau ada job aja sekarang. Tapi saya bakal ngusahain bikin postingan yang organic juga biar bisa selang seling variasi kontennya :D

    ReplyDelete
  13. Duh, kebanyakan hibernasi, baru tahu tentang konsep 10.000 jam.
    Jadi tambah kepo mi, mau ketemu Mak Niar

    ReplyDelete
  14. Nilai teknis itu maksudnya statistik mungkin ya mbak.. betul banget mbak. Sejak aktif ngeblog, banyak kesempatan yang diperoleh melebihi profesi lainnya

    ReplyDelete
  15. Aku sedang dalam tahap melatih diri sendiri untuk aktif menulis blog minimal dua kali seminggu. Baca postingan ini jadi mendapat semangat untuk tetap menulis di blog.

    ReplyDelete
  16. Kagum dengan para senior blogger yang konsisten menulis di blog. Banyak juga blogger senior yang one day one post di blog. Tapi kalau aku masih merasa berat kalau harus one day one post.

    ReplyDelete
  17. Kagum dengan para blogger yang produktif menulis di blog dan akhirnya menjadi penulis buku. Kalau aku kadang rajin banget nulis di blog tapi kalau ada kesibukan lain ya aku jarang sekali menulis di blog.

    ReplyDelete
  18. Terkadang saya ingin menyerah ditengah, padahal target masih belum tercapai

    ReplyDelete
  19. Kalau saya ini, satu ji masalahku Bu. kadang sudah buka draft eh malah beralih ke Youtube, jadi kadang gak menulis sama sekali. Padahal niatan tahun lalu mau konsisten ngeblog. Semoga tahun ini bisa balik lagi ngeblog kayak biasanya.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^