6 Hal yang Dipersiapkan Termasuk Alat Kasir Android Sebelum UMKM Go Online

6 Hal yang Dipersiapkan Termasuk Alat Kasir Android Sebelum UMKM Go OnlineBeberapa kali mendapat informasi mengenai karib dan kerabat yang menawarkan jualan makanannya secara online, saya ikut senang. Setidaknya jadi lebih mudah menghubungi mereka dan mengatur bagaimana cara pengantarannya.

Sebenarnya memang di jaman now, sebaiknya memanfaatkan semaksimal mungkin internet dalam pemasaran. Mau apapun itu jenisnya, apakah usaha besar ataupun usaha kecil, rugi sekali kalau tak memanfaatkan internet. Lha memang sudah zamannya, kan.

Bukannya saya mau sok jadi ahli ya, ini kata para ahli yang sudah membagikan ilmunya di mana-mana. Saya pun pernah membantu menjadi fasilitator materi digital marketing karena merasa punya pengalaman dalam menggunakan media sosial sebagai influencer yang bisa saya share kepada para peserta yang kebanyakan pelaku UMKM.

Alat kasir Android


Pengalaman sebagai konsumen pun demikian, apalagi pada masa pandemi seperti sekarang ini. Inginnya lebih banyak di rumah dan mengurangi interaksi dengan orang lain maka belanja makanan online dengan pembayaran online merupakan solusi yang tepat menurut saya.

Sayangnya, kenyataan yang dibayangkan tidak seperti yang saya dapati. Maksudnya, sebagai konsumen makanan yang menerima makanan atau minuman yang dibeli, kan tentunya ada ekpektasi tertentu terhadap merchant atau pedagangnya. Kalau boleh menyarankan nih, saya ingin menyampaikan uneg-uneg berikut:


Siapkan Hal-hal Berikut Sebelum Go Online :

1. Kontrol kualitas produk.

Harap kontrol kualitas produk. Istilah kerennya quality control. Sangat disayangkan kalau beli gorengan misalnya, pertama kali enak terus beli ke sekian kalinya agak gosong. Saat beli ayam panggang, lalu di daging ayamnya masih ada warna merah darah, di beberapa bagian pula ... yeuw ... apakah mau beli lagi?

Hal ini saya sayangkan, masih banyak pelaku UMKM kuliner kita yang abai terhadap kualitas produk yang dihasilkannya. Padahal pembeli bisa tidak melakukan repeat order kalau tidak puas. Gampanglah, tinggal cari penjual lain yang sejenis.


2. Perhatikan pengemasan produk.

Saya pribadi bukan orang yang rewel terhadap kemasan namun masih banyak orang yang memperhatikan kualitas produk seperti  makanan melalui kemasannya. Banyak saya lihat produk yang dari segi rasa biasa-biasa saja tapi kemasannya keren. Nah, sayang sekali jika produk yang rasanya sangat lezat malah kemasannya biasa-biasa saja atau terkesan seadanya.

Sambusa
Berharap jualan guru si bungsu ini bisa
go online. Ini sambusa, makanan khas
Mandar, Sulawesi Selatan.


3. Perhitungkan tenaga kerja.

Sering kali saya temui ketika baru memulai, satu orang yang bertugas sebagai juru masak atau juru racik, sekaligus menjadi tukang kemas dan tukang antar. Kalau ada kerabatnya yang bisa berbagi tugas, lebih ringanlah.

Kalau mau serius membangun bisnis tentunya ini hal yang krusial mengingat bisnis tak bisa berjalan jika sang tokoh utama, pemegang kunci resep masakan tiba-tiba sakit. Sudah dia yang pergi berbelanja, dia pula yang masak dan mengemasnya.

Kalau usahanya hari ini buka, besok tutup, pekan berikutnya buka, lalu bulan depannya tutup lagi, konsumen bakal kecewa dan melupakan kalau yang bersangkutan punya usaha kuliner. Sayang kan?


4. Perhitungkan kurir.

Kurir atau pengantar barang menjadi penting dalam bisnis online dalam kota. Kalau  punya pekerja tetap, yang digaji tetap per bulannya bagus. Kalau tidak, sebaiknya memperhitungkan jasa yang memang sudah ada seperti ojek online.


5. Miliki alat kasir android.

Alat kasir android, perlukah? Menurut saya, sebagai konsumen sih perlu. Kadang-kadang kan perlu nota juga dalam membeli makanan atau minuman kan. Sebaiknya UMKM pun dilengkapi dengan “mesin kasir” sendiri. Tidak perlu membayangkan mesin kasir seperti di super market yang berukuran besar itu. Cukup yang portable saja, yang berukuran mungil.


Mesin kasir
GoBiz sebagai alat kasir Android.
Sumber https://gobiz.co.id/alat-kasir.


6. Menerima pembayaran nontunai atau cashless.

Sebagai konsumen, senang sekali saya jika pelaku UMKM menerima pembayaran nontunai terlebih jika usahanya belum terdaftar di aplikasi semisal Gojek. Akan sangat membantu jika bisa tranfer saja lalu tinggal dia yang mengantar dengan jasa kurir yang dia pilih.

Soalnya masih ada yang harus menerima uang cash, jadi dia sendiri yang harus datang mengambil uangnya padahal lebih praktis jika dia hanya mengirimkan saja produknya. Mengenai pembayaran cukup percayakan kepada sistem pembayaran nontunai.

©©©

Dari ke-6 point di atas, poin 1 – 3 hanya bisa dilakukan oleh pemilik usaha sendiri. Sedangkan poin 4 – 6 bisa didelegasikan kepada pihak ketiga. Jaman now, gitu loh, kita bisa lebih efektif dan efisien jika bisa “berbagi tugas” dengan pihak ketiga tetapi usaha tetap dimiliki sendiri. Asyik, kan?

Menariknya, pihak ketiga itu bisa diserahkan kepada perangkat multifungsi dari GoBiz. Dengan satu aplikasi saja maka poin 4 – 6 di atas akan bekerja untuk pemilik usaha.


Tentang GoBiz

GoBiz adalah aplikasi yang bertujuan membantu para pemilik bisnis mengelola usahanya secara praktis. Dengan GoBiz, siapapun bisa mengelola dan mengembangkan bisnis dengan cara praktis dan mudah.


Perangkat multifungsi dari GoBiz
Mengelola usaha dengan GoBiz.
Sumber https://gobiz.co.id/alat-kasir

Lewat aplikasi GoBiz, Anda sebagai merchant dapat memantau riwayat transaksi harian, mendapat laporan penjualan, serta mengintegrasikan sistem pembayaran elektronik GoPay ke dalam operasional bisnis tanpa hambatan.

Super app dari Gojek ini memudahkan para pebisnis di Indonesia untuk mengelola pesanan GoFood dan di toko, menggunakan alat kasir Android, memantau riwayat transaksi harian, menerima pembayaran GoPay dan nontunai lainnya, menganalisa laporan penjualan, hingga buat promo.


Perangkat Multifungsi dari GoBiz

Dengan menggunakan perangkat multifungsi dari GoBiz, pelaku usaha dapat melakukan cetak struk instan dengan mudah. Mengapa? Karena device sudah diperlengkapi dengan built-in printer yang sangat sesuai dengan aplikasi GoBiz. Tak perlu membeli mesin tambahan lagi untuk cetak struk, lho!

Siapa bilang mesin kasir hanya bisa digunakan oleh perusahaan besar? UMKM pun pantas memiliki mesin kasir sendiri. Utamanya jika memang peduli dengan keteraturan dalam menjalankan usahanya. Juga peduli pada pembeli yang membutuhkan struk.

Perangkat multifungsi dari GoBiz
Testimoni pengguna GoBiz.
Sumber https://gobiz.co.id/alat-kasir.

Dengan menggunakan perangkat multifungsi dari GoBiz ini, para pelaku usaha bisa menerima pembayaran nontunai. Yaitu melalui semua kartu debit yang diterbitkan di Indonesia dan semua pembayaran digital dengan kode QR berbasis QRIS (QR Code Indonesia Indonesian Standard).

Di samping itu, GoBiz juga sekaligus berfungsi menjadi alat kasir Android. Semua transaksi tersimpan, bisa dilacak historinya. Ah ya, menariknya lagi, sistem ini kan terintegrasi dengan Gojek jadi, para pelaku usaha pun sekaligus mendapatkan jasa pengantaran barang melalui pengendara motor.

Nah, apa lagi. Tinggal semaksimal mungkin berusaha untuk poin 1 – 3 terkait hal-hal yang perlu disiapkan sebelum go online yang saya paparkan di atas, sisanya serahkan pada GoBiz!

 

Makassar, 4 Agustus 2020





Share :

74 Komentar di " 6 Hal yang Dipersiapkan Termasuk Alat Kasir Android Sebelum UMKM Go Online"

  1. Wah hebat aplikasi pasti buat yang berdagang ya cocok pakai aplikasi ini

    ReplyDelete
  2. wah memang perlu perisapan yang matang ya

    ReplyDelete
  3. tipsnya sangat bermanfaat untuk ngeremind saya mba, kebetulan lagi merintis usaha sama adek dan pengen go online, ini bisa jadi panduan kami niy mba sebelum launching. terutama yang berkaitan dengan pembayaran online ya, apalagi kalau sasarannya kaum milenial wah konsep cashless ini udah wajib banget dna ternyata gobiz bisa memfasilitasi ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa menerapkan konsep cashless untuk memudahkan pelanggan ya Mbak

      Delete
  4. Seperti ini alat yang saya tunggu tunggu. Aplikasi kasir yang mudah dan terintegrasi ke beberapa layanan jasa kurir. Terima kasih sudah menuliskan.

    ReplyDelete
  5. Setuju banget dengan tulisan, Niar. Sebelum lancar bisnisnya karena dibantu alat kasir online, produknya sendiri perlu manajemen sendiri agar terus terjadi repeat order ya. Pelanggan gak hanya puas dengan service tapi produknya sendiri yang utama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btul juga nih kak.. semoga banyak pelaku bisnis yang terbantu dengan fsilitas ini ya..

      Delete
  6. jaman sekarang enak ya mbak, ada banyak aplikasi yang membantu kita dalam mengelola administrasi :)

    ReplyDelete
  7. Sekarang gerai2 kecilpun mulai banyak pakai mesin ini ya. Pasti lebih memudahkan pengelolaan keuangan usaha juga.

    ReplyDelete
  8. enaknya ya jaman sekarang.. dengan adanya Go Biz jadi memudahkan para UMKM..

    ReplyDelete
  9. Keren banget nih aplikasi Gobiz, bermanfaat buat kondisi seperti sekarang ya, semua terintegrasi jadi satu. Aku kalau punya usaha, juga pengen pakai alat kasir ini

    ReplyDelete
  10. Membantu sekali aplikasi GoBiz buat para pelaku UMKM ya. Memang banyak hal yang harus diperhatikan saat akan menjalankan bisnis. Nah soal kemasan itu, di bisnis kuliner, memang banyak makanan enak tapi kemasan biasa, sebaliknya kemasan bagus tapi rasa biasa saja. Padahal tampilan kemasan penting juga untuk menarik pembeli ya.

    ReplyDelete
  11. Kalau alat kasirnya sudah canggih, UMKM pun makin terlihat profesional yaa kak. Pekerjaannya juga jadi lebih terbantu, hemat waktu, plus hemat tenaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini banget. Alat kasir makin canggih dan praktis, bikin UMKM terlihat profesional 😅

      Delete
  12. Iya, Mbak, benar sekali. Penjual makanan online sekarang tuh banyak banget, njamur. Malah status di sosmed tuh kebanyakan pada jualan semua. Kita tinggal pilih deh kira-kira mau order sama siapa. Sayangnya, yaitu tadi, kualitas produknya tuh sering diabaikan. Aku pernah beli bakso sam amie ayam online, duh, rasanya, pokoknya nggak mau lah beli lagi di situ. Kalau mau me-review juga agak sungkan juga, tapi, memang nggak enak. Mereka sendiri kan yang rugi karena tidak memperhatikan kualitas makanan yang dijual.

    ReplyDelete
  13. GoBiz ini bener2 berjasa bangeeettt buat para pengusaha UMKM
    Bikin memudahkan proses admin/pembukuan/rekap transaksi ya Mba
    Kecee!

    ReplyDelete
  14. ukm harus baca tips ini nih ...bagus banget untuk mengembangkan usaha

    ReplyDelete
  15. Wow, makin modern deh UMKM kalau usahanya dirintis berkesinambungan pakai GoBiz. Semua lengkap dan praktis dan pelayanan kepada konsumen jadi makin ciamik. Zaman sekarang ga bisa gaa ya untuk segala usaha termasuk bisnis kuliner, kudu mau belajar online juga.

    ReplyDelete
  16. Dulu 2014-2016 aku sempat jualan kue gitu kan Mba, saking kepepetnya karena ekonomi lagi sulit. Mana aku dulu pendatang, jadi usahanya ga begitu jalan tapi tetap dilakoni demi tetap ngebul. Sering berandai-andai kalo dulu sudah ada gojek pasti lebih mudah ya, apalagi pakai alat kasirnya dari gobiz

    ReplyDelete
  17. Ya ampun, punya usaha kuliner kini makin dimanjakan sama pengembang gojek ya. Banyak aplikasi baru dibuat untuk mendukung usaha kuliner. Tinggal point 1-3 nih yang harus ditingkatkan

    ReplyDelete
  18. Rugi sekali kalau usaha gak mengandalkan internet, ya, Mbak. kalau go online, jangkauan pemasaran usaha bisa lebih luas. Apalagi kalau didukung juga dengan pembayaran cashless dari GoBiz.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, sekarang ini, penting banget internet, buat promosi jualan agar makin berkembang karena jangkauan bisa lebih luas kalau online ya mbak.

      Delete
  19. Memang untuk usaha seperti saat ini berjualan online adalah pilihan yang tepat. Dapat menjangkau pembeli lebih luas dan tentunya ya Mba harus memperhatikan kualitas juga.

    ReplyDelete
  20. Wuii... ngeri ya si Gojek.
    Bisnisnya semakin menggurita, bahkan sampe ke alat/tools kasir kayak gini.
    keren banget si...

    ReplyDelete
  21. Aku pun setuju dengan ini nih, setiap pelaku umkm minimal harus memilik alat kasir Android untuk mempermudah transaksi juga ya mbak.

    ReplyDelete
  22. Jadi terkenang...
    Dulu kalau istirahat kuliah, aku mampir ke rumah temen aku yang orang Arab. Suguhannya Sambosa.
    Enaak dan mantap di perut yaa, kak Niar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zaman sekarang, memiliki usaha kuliner dan sukses ini memang bukanlah sekedar mimpi lagi.
      Ada GoBiz yang membantu dengan baik untuk masalah keuangan dan piranti sistemnya.

      Delete
  23. Teknologi semakin canggih aja ya. Sesuatu yang sebelomnya ribet, seperti pencatatan perkasiran, kini jadi lebih praktis. Berkat aplikasi dan mesin kasir ini. Mana memudahkan pembeli juga. Aku nih, suka yang begini. Bikin bayar cashless jadi semakin banyak. Gak cuma di toko-toko, bahkan di jajanan pinggir jalanan kini bisa bayar cashless

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw, aku kepengen rekomendasikan ini ke temenku. Berarti dia kudu jadi merchant GoFood dulu ya?

      Delete
  24. Aku udah sering nih transaksi dengan GoBiz, termasuk saat bayar beli masker dengan mitif khas Lampung

    ReplyDelete
  25. Pemaparan yang sangat lengkap. Memang di era digitla ini sudah seharusnya para pelaku usaha khususnya usaha kuliner upgrade kke alat kasir berbasis android dari GoBiz.

    ReplyDelete
  26. Benar ya, tinggal maksimalkan untuk kontrol kualitas, pengemasan dan persiapan tenaga kerja sebelum go online, sisanya serahkan pada GoBiz saja! Keren memang, GoBiz sangat membantu pengembangan UMKM untuk go online

    ReplyDelete
  27. GoBiz banyak manfaatnya ya. Bagi penjual bisa membantu pencatatan keuangan dengan lebih rapi dan bagi pembeli keberadaan GoBiz bisa memudahkan metode pembayaran, praktis karena cashless

    ReplyDelete
  28. wah bisa keren juga ya meski skala usahanya belum besar.. Sambusanya menggoda kak.. pengen cobain rasanya gemana..

    ReplyDelete
  29. Bener nih.. Zaman now UMKM bs banget go online untuk maksimalkan usaha. Alhamdulillah terbantu sekali ya zaman now dg go biz ini. Aku jd pengen coba jg

    ReplyDelete
  30. Berarti aplikasinya terpisah saat daftar go food ga mb?
    Aku ada rencana jualan makanan ini insyaallha

    ReplyDelete
  31. Salut utk gojek, featurenya sudah merambah kemana2 :). Sangat membantu pula utk pelaku UMKM. Seharusnya UMKM walopun msh skala kecil tp sudah harus diperhitungkan utk segala hal nya, termasuk perhitungan cashflow dan transaksi. Jgn mentang2 masih kecil skalanya, trus cuek, dan ujung2nya malah ga ketahuan cost yg terpakai dan profit yg dihasilkan :).

    Dan semoga semua UMKM udah mulai memakai pembayaran non tunai, Krn sebagai konsumen pun, aku LBH memilih tempat yg ada pilihan non cash utk pembayaran mba. Hari gini jujur aja aku ga suka pegang cash kemana2. Kalo semua bisa online dan non tunai, aku LBH suka begitu

    ReplyDelete
  32. UMKM makin naik kelas dgn upgrade kemampuan salah satunya gunakan aplikasi kasir android. Memudahkan banget ya dan membuat UMKM makin berkelas

    ReplyDelete
  33. I have the Gobiz can help UMKM YO BE SMART selling and easy manage they bussiness.

    ReplyDelete
  34. jika UMKM bisa menerima pembayaran nontunai, keren banget ya kak. Bisa ngikuti perkembangan apalagi pandemi gini, megagng uang tunai sedikit sanksi pertukaran penyakit juga.

    ReplyDelete
  35. sepakat kak, sekarang jika UMKM ingin go online mesti familiar dengan teknologi digital

    ReplyDelete
  36. UMKM sekarang keche2 euy hehe. Dengan adanya mesin kasir ini jadi semakin mempermudah penjual dan pembeli. Terlebih saat ini kita sebisa mungkin mengurangi penggunan uang cash ;)

    ReplyDelete
  37. Masyaa Allah betapa canggih dan inovatifnya aplikasi kasir ini, kemajuan teknologi membuat segalanya mudah.Pelaku usaha bakalan terukur pasti kegiatannya kalau menggunakan aplikasi kasir umkm ini.

    ReplyDelete
  38. Alhamdulillah sekarang serba canggih ya bun, temen-temen UMKM bisa terbantukan jadinya dengan teknologi saat ini.

    ReplyDelete
  39. aku jadi mau coba deh buat usaha kecil-kecilan aku. siapa tau jadi lebih terorganize dengan baik kalo pake ini hehe

    ReplyDelete
  40. Pengemasan memang satu hal penting terutama kalau produknya makanan, ya. Kalau alat kasir android ini jelas membantu yang mobile.

    ReplyDelete
  41. Kalau soal kemasan makanan, Jepang paling jago. Kue beras saja bisa dijual dengan harga mahal gara-gara kemasannya yang cantik. Memang perlu banget bagi pengusaha makanan untuk memperhatikan kemasan. Kalau makanan panas jangan sesekali pakai stereofoam. Akan membuat pelanggan "tententu" fell ill, karena mereka sudah sadar bahwa itu berbahaya bagi kesehatan

    ReplyDelete
  42. Sambusa itu mirip martabak asin ya Mak?
    Bener banget niiih. UMKM harus memperhatikan kualitas produk, packaging dllnya.

    ReplyDelete
  43. Nah, setuju banget Mak.Alat kasir ini menjadi yang utama buat UMKM yang mau go online. Apalagi jamannya cashless, bakalan mempermudah transaksi ya. Semoga mereka penuh keasadaran betapa pentingnya alat satu ini.

    Huhuu, aku ngiler lihat sambusa, kriyuk2 keknya. Semoga Sambusanya bisa go onlen juga. Smangat go go online.

    ReplyDelete
  44. Setuju dengan semua poin diatas, penting diaplikasi Para UMKM terutama di "zaman now" yang semua harus serba praktis terutama dalam hal pembayaran, selain lebih aman, lebih cepat juga ya.

    ReplyDelete
  45. Kalau pemilik usaha miliki alat kasir android, memudahkan sekali baik untuk pembeli ataupun penjual. Pernah ke tempat laundry sudah menggunakan Go Biz juga, proses transaksinya jadi cepat

    ReplyDelete
  46. Gojek emang tak pernah kehabisan ide ya mba untuk mengembangkan bisnisnya apalagi yang dibutuhkan utk mesyarakat umum. apalagi kalau dikaitkan pandemi maka bisa jadi hampir semua orang ingin membuka usaha sendiri

    ReplyDelete
  47. Pengemasan itu penting banget mbak, kalau dua usaha punya menu sama, tapi kalau pengemasannya beda, pasti aku pilih pengemasan yang baik dan sesuai sama menu tsb.
    Trus buat pembayaran non tunai harusnya sudah diterapkan juga, selain di kota. supaya lebih praktis ketika membayar pesanan tinggal scan gitu, tanpa bersentuhan

    ReplyDelete
  48. Keren ya Mbak..setidaknya ada bayangan kalau suatu hari punya usaha. Pas di Medan sempat mau rutin jualan salah satu produk makanan dengan jual online. Tapi maju mundur sampai kemudian pindah ke Makasar hahaha. Btw, pengen cobain sambusanya euy :)

    ReplyDelete
  49. Sekarang juga aku sukanya belanja di tempat yang menyediakan pembayaran non tunai. Biar nggak usah pegang uang beneran gitu. tinggal scan QR Code trus beres. Lebih cepet

    ReplyDelete
  50. Beneran lho masih banyak pelaku UMKM kuliner yang abai terhadap kualitas produk yang dihasilkannya. Padahal pembeli bisa tidak melakukan repeat order kalau tidak puas. Seperti saya pesan makanan dari IG (adminnya teman saya) keren banget tampilannya, promo medsos jalan, bisa lewat Go Food dan marketplace belinya, fast respon...sayang pas makanannya datang zonk, jauh dari harapan. Seharusnya ada hal-hal yang mesti diperhatikan sebelum go online

    ReplyDelete
  51. Tipsnya bagus buat mengembankan usaha nih Mba... Asyiknya zaman now itu kita dimudahkan dengan aplikasi yg sangat membantu pekerjaan kita menjadilebih praktis :D

    ReplyDelete
  52. UMKM juga harus go online biar usahanya makin berkembang. Apalagi di dukung teknologi yang dikembangkan gojek, pakai goBiz makin memudahkan pengelolaannya

    ReplyDelete
  53. Semua pelaku usaha, khususnya kuliner nampaknya memang harus shifting ya untuk punya alat kasir android ini

    ReplyDelete
  54. Pengemasan penting ya dalam berjualan secara online...Kalau pengemasan baik, pembeli juga bakal senang..Dengan pakai kasir android, pencatatan transaksi juga lebih rapi nantinya

    ReplyDelete
  55. Quality control produk, terutama kalo itu makanan harus diperhatikan banget ya mbak. Dan sekarang makin enak bagi UMKM yang udah menggunakan alat kasir yang terintegrasi dengan GoPay. Mempermudah transaksi dan pencatatan yang otomatis, pembeli juga seneng bisa bayar secara cashless

    ReplyDelete
  56. Tanteku tu kan usaha jual gado-gado, sekarang dia daftar di go-food lalu aku saranin juga buat punya alat perangkat gobis ini 😊

    ReplyDelete
  57. GoBiz ini bantu banget ya mba para pengusaha kecil agar tak terlalu ribet ngurusi soal pencatatan transaksi. Kapan hari aku sempat ngobrol juga dengan temanku yang punya usaha kopi gitu. Pake GoBiz jadi lebih praktis, dia bisa mengawasi juga dari jauh ketika tidak datang ke outlet.

    ReplyDelete
  58. Alat kasir online seperti ini sangat efisien sehingga dapat menghemat waktu dan biaya operasional ya Mbak.

    ReplyDelete
  59. UMKM sekarang tuh kece deh udah pada pakai alat kasir buat bayar-bayar pakai dompet elektronik. Udah praktis, hemat tenaga, dan sebagai generasi cashless aku sih kebantu banget.

    ReplyDelete
  60. di tengah pandemi begini kayaknya kalau mau bisnis yang online misal online food gini emang kayaknya ada peluang ya mba, apalagi ditunjang dengan alat kasir yang canggih dan mendukung cashless. ah, tinggal maju aja ini mah

    ReplyDelete
  61. Waah alat kasir ini sangat membantu sekali ya buat UMKM

    ReplyDelete
  62. cocok banget bagi yang punya usaha online kuliner ya mba. Biasa termanage pengeluaran dengan baik dan pemasukan juga jelas.

    ReplyDelete
  63. Kelebihan kasir go biz ini terhubung langsung dengan pesanan gofood ya jd paraktis dan ada pembukuan otomatis

    ReplyDelete
  64. Makin canggih aja nih, pengalaman selama pesan go food sih selalu ada struk walaupun kadang hanya tulisan tangan, tapi sekarang ada GoBiz jadi lebih terpantau bagi mitra usaha

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^