5 Tips Belajar Online pada Masa Pandemi

5 Tips Belajar Online pada Masa Pandemi – Wabah virus Corona atau Covid-19 sampai saat ini masih belum juga teratasi. Ini membuat banyak kegiatan di luar ruangan yang terhambat, salah satunya belajar di sekolah. Mau tidak mau, kita pun harus beradaptasi untuk lebih sering melakukan pembelajaran daring.

 Tidak dipungkiri kalau belajar online juga cukup menjemukan dan membuat banyak anak susah konsentrasi, orang tua pun kewalahan. Nah, untuk menghilangkan kebosanan kita saat belajar daring, kita bisa simak tips belajar online berikut ya.

 

1. Siapkan Alat untuk Belajar Online

 

Tips belajar online
Sumber Pixabay.com

 

Sama seperti belajar pada umumnya, kita juga butuh peralatan tertentu yang bisa membantu kita dalam belajar. Misalnya saja, buku dan pena untuk mencatat materi penting. Tetapi, dikarenakan pembelajarannya berlangsung secara daring, maka kita juga butuh perangkat khusus berupa gadget seperti smartphone, laptop, ataupun komputer desktop.

Selain itu, hal yang harus kita persiapkan juga adalah jaringan internet. Bisa dibilang kalau internet adalah kunci untuk kita bisa mengakses berbagai materi yang ada secara online. Jangan sampai  pas waktunya belajar daring kuota kita tiba-tiba habis ya.

 

2. Pilih Tempat yang Nyaman

 

Belajar memang bisa di mana saja, mulai di ruang tamu, meja makan, atau di kamar sambil rebahan. Tentu kita bisa memilih dan menentukan di mana tempat belajar yang dirasa paling nyaman. Setidaknya, kita harus memilih tempat yang punya pencahayaan yang bagus supaya kesehatan mata tetap terjaga. By the way, ingat untuk memerhatikan kesehatan mata, ya.

Lalu, kita juga bisa memilih tempat yang tidak terlalu bising sehingga konsentrasi belajar bisa tetap terjaga. Nah, kira-kira buah hati ayah dan bunda punya satu tempat belajar yang jadi favorit?

 

Sumber Pixabay.com.

3. Siapkan Camilan Ringan

 

Belajar memang bisa membuat lelah dan penat. Apalagi kalau materi yang dipelajari bikin mumet. Tentunya tenaga buah hati kita akan cepat terkuras karena harus berpikir lebih keras. Tidak terkecuali saat belajar online.

Oleh karena itu, baik anak maupun orang tuanya butuh camilan ringan untuk membantu tetap semangat dalam belajar daring. Camilannya bisa berupa buah-buahan atau snack favorit. Tapi, jangan terlalu banyak juga saat menyiapkan camilannya apalagi yang banyak mengandung kalori ya Ayah, Bunda.

Bisa-bisa si buah hati bukannya malah fokus belajar, nanti malah fokus untuk ngemil dan kita pun asyik mengunyah hehe.

 

4. Jauhkan Berbagai Distraksi Saat Belajar Online

 

Saat belajar online, usahakan agar kita tidak terlalu sering terdistraksi oleh adanya banyak gangguan. Seperti, notifikasi dari media sosial, suara-suara bising, ataupun gangguan dari anggota keluarga lainnya.

Untuk itu, sebelum memulai belajar daring, kita perlu memberitahu ke seluruh anggota keluarga dan meminta mereka tidak mengganggu selagi sedang fokus belajar. Bisa juga sembari memasang earphone jika saja materi yang disampaikan itu melalui video atau audio. Anak sulung saya begini nih saat kuliah.

Dengan begitu, dia bisa lebih jelas dalam mendengarkan materi tanpa adanya distraksi sampai-sampai dipanggil berkali-kali dia tidak mendengar, harus ditepuk dulu bahunya wkwkwk.

Tak lupa juga, jika perlu, usahakanlah untuk menonaktifkan segala notifikasi dari media sosial. Ini penting banget untuk kita lakukan karena medsos sekarang ini lebih mudah mengalihkan konsentrasi saat belajar online.

 

5. Manfaatkan Website untuk Belajar Daring

 

Kemudahan mengakses materi online tentu mengharuskan efektivitas dalam belajar secara online. Ada satu website penunjang belajar daring yang saat ini mulai digemari oleh para siswa karena lengkapnya materi yang disampaikan yaitu TambahPinter.


Sumber TambahPinter.com.


Terlebih untuk siswa SMA yang saat ini butuh materi lebih mulai dari kelas X sampai kelas XII, semuanya bisa didapatkan di TambahPinter.

Apalagi, di TambahPinter ini akses yang diberikan gratis, sehingga buah hati kita pun bisa sepuasnya belajar online tanpa memikirkan biaya, cukup menyiapkan kuota. Dengan berbagai keunggulan dari TambahPinter, website penunjang belajar online ini patut untuk jadi teman belajar putra-putri kita.

Sekian dulu ya tips belajar online yang bisa kita pakai selama belajar online di rumah. Semoga putra-putri kita tetap bisa memanfaatkan waktu belajar dengan baik selama pembelajaran online. Apalagi, ada TambahPinter yang bisa buat mereka tambah pinter dengan belajar online, kan.  

 

Makassar, 8 Agustus 2020



Share :

22 Komentar di "5 Tips Belajar Online pada Masa Pandemi"

  1. Aku lama2 terbiasa dengan belajar onlinenya anak2 ini :D. Memang tantangannya banyak, trutama dlm hal kesabaranku hahahaha.

    Tp mungkin Krn skr toh aku udah ga kerja, aku jd punya banyak waktu luang utk ngawasin anak2. Anggab aja kegiatan skr ini job desk baru yg nantinya harus aku pertanggungjawaban ke suami :D. Tantangan baru lah buatku. So lama2 bisa dibuat enjoy.

    Toh slama kurva masih tinggi, aku toh ga akan mau ngelepas anak2 utk DTG ke sekolah mba. Ngeriii. Lebih rela belajar gini deh,plus pake bantuan aplikasi belajar online juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdillah, banyak yang sudah gak betah soalnya, Mbak hehe

      Delete
  2. Kalau aku belajar sambil nyamil, pasti fokusnya ke camilan aja Niar hehehehe...

    Yah semoga tips yang dibagikan Niar berguna bagi-bapak ibu yang membimbing anak-anak atau yang sedang dan mau belajar daring ya

    ReplyDelete
  3. Meskipun pelajaran anak saya masih pelajaran TK, saya juga melakukan tips-tips di atas lho, Kak. Kalau sekolah anak saya sedang berjalan, seluruh rumah harus diam, tidak ada yang boleh terima telepon di ruang tengah (karena anak saya melakukan belajar daringnya di ruang tengah). Sebelum sekolah dimulai, buku-buku dan alat tulisnya sudah disiapkan di sebelah laptop. Dan dia melakukannya sendiri.

    Eh tapi saya tidak siapkan camilan ding. Karena mungkin camilannya mengganggu konsentrasi. Kebetulan anak saya memang hanya sebentar sekolahnya, hanya sekitar 90 menitan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya, kalau cuma sebentar, camilannya nanti saja selesai sekolah ya Mbak. 😁

      Delete
  4. adik aku SMA, kayaknya boleh juga website tambahpinter ini aku infokan ke dia
    belajar daring untuk adikku malah dibuat santai, dasar anaknya yang memang agak malas juga sebenernya

    ReplyDelete
  5. Aku juga selalu cari pojok or tempat yang nyaman karena mostly meeting aku lumayan panjang durasinya

    ReplyDelete
  6. Iya belajar online itu banyak gangguan karena bebas ga ada yg perhatiin, jadinya harus dibuat senyaman mungkin untuk bisa fokus dalam waktu lama. Tips nya ok nih..cemilan work for my children tapi utk ku agak mengganggu tapi memang jadi lebih asyik hehe

    ReplyDelete
  7. Aku paling suka ni tips nomor 3. Siapkan cemilan..hahahah asli memang mau beljar , nonton , kalo ada cemilan bisa mengurangi kebosanan loh... Ya cemilannya paling kacang kacangan gitulah...

    ReplyDelete
  8. Aku juga kurang lebih samaa mba .. di rumah pokoknya sudah sibuat 2 pojok khusus untuk Bo dan Obi.. termasuk cemilannya hehe

    ReplyDelete
  9. Yang paling susah kayaknya menjauhi distraksi deh ya. Kebayang bukan cuma belajar online aja, WFH pun susah karena banyak distraksi apalagi buat yang di rumah dan punya keluarga.

    ReplyDelete
  10. Mantap tipsnya. Belajar daring itu memang sinyal WiFi harus kenceng dan stabil, jangan mengandalkan HP, tapi perlu laptop atau tablet

    ReplyDelete
  11. Susah jadi admin media sosial ketika anak sedang belajar daring ada rentetan notifikasi yang harus diperiksa juga.

    Semoga nanti ada rezeki untuk beli tablet agar memudahkan anak belajar daring. Soalnya ada hal tertentu yang harus lewat ponsel.

    Senang bisa tahu situs Tambah Pintar. Membantu banget jika Palung remaja.
    Saya menyerah pada angka. 😀😀

    ReplyDelete
  12. Terima kasih atas informasinya soal situs penunjang belajar daring. Ini bisa dipakai buat keponakan-keponakan saya yang sekolah di rumah.

    Dari semua tips ini, keponakan saya paling demen kalau belajar sambil nyamil. Ahahaha. Jadi camilannya banyak banget berjejer di mejanya. Wkwkwk.

    ReplyDelete
  13. Makasih yaa tipsnya. Masalahnya adalah kuota nih, jadi boros. Seandainya operator berbaik hati memurahkan harga peket data di masa pandemi ini. Xixixi..

    ReplyDelete
  14. Iya, memang perlu belajar lagi ya karena bagaimanapun belajar tatap muka dan belajar on line jauh berbeda baik bagi guru dan muridnya. Ada biaya tambahan utnuk belajar daring seperti harus punya hp, dan juga pulsa. mungkin nanti dada sewa hp kah? tapi kan pandemi, jadi susah juga ya

    ReplyDelete
  15. Dari belajar online, ada yang menikmati dan ada yang tidak

    ReplyDelete
  16. Perlu terus menerus belajar nih ya kak supaya update dan sy jg skrg rajin ikut webinar hehe

    ReplyDelete
  17. nomor 4 ini kak saya besar banget distraksinya, padahal dari internal sendiri loh, yang harusnya bisa dikontrol, kayak hp itu, duuh kalau udah buka, udah bisa berjam jam main sosmed, akhirnya kedistraksinya parah deh. ga jadi-jadi belajar deh hehehhe

    ReplyDelete
  18. Terima Kasih kak atas tips yang diberikan semoga saja bermanfaat

    Saya Rana Sari dari ISB Atmaluhur

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^