Pentingnya Asuransi Kesehatan untuk Hidup yang Lebih Baik

Punya asuransi kesehatan bisa bikin hidup jadi lebih baik? Ah, masa? Cukup banyak orang masih meragukan hal ini. Mereka beranggapan memiliki asuransi malah menambah beban keuangan tiap bulan atau tiap tahun karena harus membayar premi.

Kebanyakan dari orang yang memiliki pemikiran seperti ini sebenarnya hanya belum tahu betapa pentingnya punya asuransi kesehatan untuk hidup yang lebih baik. Seperti kata pepatah “tak kenal maka tak saying” – tak tahu manfaatnya maka antipasti.


Bisakah Punya Asuransi Kesehatan Membuat Hidup Lebih Baik?

Oke, mari kita fokus pada bahasan ini dulu ya. Saya akan membagikan sedikit cerita tentang dua peristiwa berbeda dalam kasus yang sama.

Pak Andy dan Pak Harto tinggal di kompleks perumahan yang sama. Pak Andy bersama keluarganya, seorang istri dan dua anak, hidup begitu sederhana. Pekerjaannya hanya sebagai karyawan bagian administrasi yang pergi pagi, pulang malam, dan sesekali lembur di tempat kerja.

Sementara Pak Harto punya posisi lebih tinggi di kantornya, yaitu sebagai manager pemasaran di perusahaan properti. Penghasilan Pak Harto jelas jauh lebih berlimpah dibandingkan Pak Andy, apalagi istri Pak Harto juga bekerja. Pasangan suami istri hanya punya satu anak yang sudah menginjak remaja.

Kehidupan berjalan pada umumnya dan semuanya baik-baik saja, sampai akhirnya dapat kabar anak Pak Harto mengalami kecelakaan yang menyebabkan anak tersebut luka parah dan yang bertabrakan dengan anaknya itu juga meninggal.

Gambar oleh Arek Socha dari Pixabay

Mau tak mau Pak Harto harus mengeluarkan uang ganti rugi yang cukup besar untuk keluarga korban, ditambah untuk mengobati anaknya hingga sembuh. Pasangan itu harus menghabiskan uang yang tersedia, bahkan hingga tabungan ludes.

Di lain waktu, kejadian serupa menimpa keluarga Pak Andy. Ketika itu sedang ada wabah demam berdarah di kompleks perumahan yang mereka tinggali. Kedua anak Pak Andy tertular hingga harus masuk rumah sakit.

Untunglah Pak Andy punya asuransi kesehatan yang melindungi dirinya serta seluruh keluarganya hingga biaya perawatan kedua anaknya di rumah sakit tidak perlu menggunakan uang pribadi, apalagi sampai mengambil uang di tabungan.

Dan ketika di bulan berikutnya giliran Pak Andy yang sakit, biaya perawatan hingga sembuh telah tersedia dari asuransi yang dimilikinya. Istri Pak Andy yang hanya sebagai ibu rumah tangga tak perlu khawatir. Ibu dan dua anak tetap bisa hidup dengan baik walaupun untuk sementara Pak Andy tak bisa bekerja.

Dari dua kasus yang baru saja kita baca bersama, bisakah Anda menemukan betapa pentingnya punya asuransi kesehatan untuk hidup yang lebih baik?

Inilah Pentingnya Punya Asuransi Kesehatan untuk Hidup yang Lebih Baik

Dalam hidup, sebaik apa pun kita merencanakan setiap langkah, selalu saja ada kejadian tak terduga yang tidak bisa kita hindari. Itulah mengapa ada pepatah lama yang mengatakan, sedialah payung sebelum hujan.

Gambar oleh rawpixel dari Pixabay

Selalu bersiap sedia. Dalam hal ini bisa melakukan seperti yang Pak Andy lakukan, memiliki asuransi kesehatan sebagai perlindungan tambahan bagi keluarganya agar bisa memiliki hidup yang lebih baik.

Perlindungan tambahan juga bisa diberikan kepada anak melalui asuransi kesehatan, bukan hanya untuk ayah sebagai kepala keluarga. Dengan demikian pemenuhan hak anak bisa lebih maksimal diberikan.

Kenapa perlu punya asuransi kesehatan? Mungkin inilah pertanyaan yang saat ini terbersit dalam pikiran Anda. Nah, berikut ini ada beberapa alasannya:

Menyisihkan sebagian penghasilan secara konsisten

Ketika memutuskan memiliki asuransi kesehatan, maka ada “kewajiban” menyisihkan penghasilan setiap bulan atau setiap tahun (sesuai kesepakatan) untuk membayar premi. Dengan kata lain, mau tak mau kita menabung secara rutin dan konsisten, serta tak bisa mengambil tabungan tersebut secara sembarangan.

Manfaat Bisa Didapat Ketika Dibutuhkan

Memang, “menabung” di asuransi tidak bisa diambil secara sembarangan, namun manfaat asuransi tersebut bisa dinikmati ketika benar-benar dibutuhkan. Bahkan kadang disertai dengan benefit tambahan.

Benefit tambahan yang dimaksud misalnya mendapatkan biaya perawatan penuh, operasi, ambulans, obat, dan sebagainya. Jadi tak ada cerita lagi saat kejadian tak terduga terjadi, kita malah kebingungan gara-gara tabungan kosong dan uang tunai tak tersedia di dompet.

Bisa Digunakan Sebagai Tabungan Sekaligus Investasi

Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay 

Ada cukup banyak produk asuransi, seperti yang tersedia di website Lifepal yang menyediakan manfaat lebih. Maksud manfaat lebih di sini, pemegang asuransi kesehatan selain mendapatkan biaya perawatan, baik rawat inap maupun rawat jalan, juga bisa mendapatkan manfaat dalam bentuk uang tunai.

Jadi selama kita sakit maka perusahaan asuransi akan memberi penghasilan kita yang hilang karena belum bisa bekerja.

Semoga artikel Pentingnya Punya Asuransi Kesehatan untuk Hidup yang Lebih Baik ini memberi pandangan dan gambaran positif mengenai manfaat dan cara menabung atau berinvestasi melalui asuransi. Tetapi keputusan tetap di tangan masing-masing. Pilihlah yang terbaik untuk masa depan, ya.

Makassar, 6 Agustus 2019


Share :

7 Komentar di "Pentingnya Asuransi Kesehatan untuk Hidup yang Lebih Baik"

  1. Asuransi kesehatan itu memang sangat penting memang ya Mbak

    ReplyDelete
  2. Asuansi kesehatan itu memang bisa membuat kita menjadi lebih tenang ya Mbak

    ReplyDelete
  3. Wah bermanfaat banget nih Mbak informasinya. Saya jadi pingin punya asuransi juga nih

    ReplyDelete
  4. Asuransi Kesehatan itu penting. Dan masyarakat juga mulai sadar. Aduh kalau ingat jaman dulu, jangankan kecelakaan ,sakit biasa saja bisa menghabiskan harta.

    ReplyDelete
  5. Ga bisa bohong juga, setiap kali berobat dengan kartu asuransi. Lebih mudah. Apalagi kalau harus rawat inap. Pernah juga aku ngalamin cuma bayar 5000 untuk item yang ga dicover asuransi. Trus transparan juga

    ReplyDelete
  6. sepakat banget sih, emg asuransi kesehatan penting bgt karena kita nggak bisa memprediksi kapan sakit, kl dah punya asuransi kesehatan kan hidup agak tenang, hhh

    ReplyDelete
  7. Memiliki asuransi kesehatan itu memang penting sekali karena biaya untuk berobat makin hari makin mahal. Saya tidak pernah mendengar ada orang yang bangkrut karena membeli asuransi. Tapi yang bangkrut karena tidak punya asuransi, banyak, karena bayar biaya pengobatan yang harganya selangit.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^