Mengapa Mamak Blogger Butuh Smart Phone Gaming

Ada orang-orang yang tidak percaya kalau saya bisa galak. Kalau Anda termasuk yang tak percaya, coba tanya deh kepada anak-anak saya. 😌 Selain bisa galak, saya bisa tega juga. Misalnya, nih kalau ponsel saya diusik padahal sedang charging. Namanya anak-anak, ya. Sudah tahu kalau pake HP mamaknya harus seizin mamaknya, tetap saja sesekali suka menggunakannya secara sembunyi-sembunyi.


Suatu ketika, saya sedang menyelesaikan pekerjaan rumah biar bisa ke mal bareng dua anak terkecil. Begitu pekerjaan usai dan masuk kamar, saya mengecek HP … eh salah satu dari kedua anak ini sedang memelototi ponsel saya. Saya tengok layar, persentase pengisian baterenya menurun sejak semula saya charge padahal sudah di-charge cukup lama.

Mamak Tega Ketika Smart Phone Diganggu!

TIDAK JADI PERGI!” sontak saya memutuskan. Saya kesal karena untuk pergi dan pulang nanti kami harus memesan ojek online. Memesan ojek online dan terus online selama dalam perjalanan pergi dan pulang nanti pasti akan menguras batere. Bagaimana bisa lancar perjalanan kalau batere HP-nya minim? Bagaimana urusan pulangnya kalau di mal nanti HP tiba-tiba mati?

Anak-anak terlihat kecewa tapi saya tak goyah. Mereka harus tahu konsekuensi mengganggu HP mamaknya berakibat pada kesenangan mereka. Syukurlah mereka mau mengerti, kami tak ke mana-mana hari itu.


Bukan hanya sebagai mamak pengguna ojek online, dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sebagai blogger, saya butuh HP yang mumpuni. Kalau Anda biasa ke blog ini, Anda mungkin tahu kalau saya upload tulisan berkisar 9 – 15 tulisan per bulan. Kalau lagi rajin banget malah bisa lebih dari 20 tulisan per bulan.

Mamak Blogger dengan Aktivitas Padat Itu …

Untuk aktivitas ngeblog, seperti teman-teman yang lain, saya tak hanya menulis. Saya juga harus seoptimal mungkin nge-share tulisan ke media sosial. Kalau bisa setiap hari. Sehubungan aktivitas ngeblog pula, saya bergabung dengan banyak komunitas dan banyak grup di media sosial, termasuk grup Whatsapp. Bisa saja terjadi, hampir di setiap hari, ada perihal pekerjaan selaku blogger ataupun influencer di media sosial yang saya jalani.

Blogger Makassar berfoto bersama usai liput
Blogger Gathering ASUS. Foto: Abby Onety
(www.abbyonety.com)

Mungkin belum banyak yang tahu ya, kalau blogger-blogger seperti saya ini memonetisasi blog dan media sosial melalui konten yang kami hasilkan. Makanya sehari-harinya kami berurusan dengan yang namanya maintenance blog berikut akun-akun media sosial (kalau saya di Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Google Plus, serta sesekali di You Tube). Maintenance ini bukan hanya mengunggah postingan namun juga terkait optimasi dalam mengelolanya supaya kondisi statistik tetap bagus.

Maka multi tasking ketika menggunakan laptop dan telepon genggam adalah hal yang lazim bagi kami. Saat sedang buka WA misalnya, bisa tiba-tiba ada form untuk job yang harus diisi. Habis itu ada email masuk dari calon klien. Tidak berapa lama, ada notifikasi yang harus ditanggapi di Facebook. Ketika tergoda buka You Tube … eh nonton, deh. #Janganditiru 🙇

Bisa jadi, tak berapa lama kemudian masuk notifikasi kerja sama lain yang mengharuskan men-download file PDF. Sesekali, blog walking harus dilakukan, begitu pun membalas pesan di kotak komentar blog, atau mengoreksi postingan ataupun caption postingan media sosial. Maka tak heran memori dan batere smart phone kami pun cepat terkurasnya.

Blogger Makassar menyimak penjelasan para nara sumber
di Blogger Gathering ASUS 25 Oktober lalu.
Lalu ketika HP sedang nganggur karena si mamak lagi di area ruang makan – dapur, tiba-tiba saja godaan duniawi membuat salah seorang anak men-download game kesukaannya. Kagetnya saya melihat ada aplikasi HAGO[1] di HP saya.

Dua anak saya yang terkecil – Athifah dan Afyad (12 dan 9 tahun) tahu Hago dari sepupunya. Sesekali mereka memainkannya di HP Athifah. Entah kenapa, ponsel saya juga dilirik. Di ponsel saya mereka pun suka nonton YouTube offline atau memainkan aplikasi video dan foto yang mana membuat HP saya panas saat saya mengambilalihnya.

Itu baru dua anak terkecil. Belum si sulung yang berusia 17 tahun. Berdalih hendak mengerjakan pekerjaan rumah, dia menggunakan internet dari HP saya dengan cara tethering. Ada modem, sih di rumah kami – mobile wifi tapi karena lambat loading-nya, si anak muda lebih memilih internetan dengan HP saya.

Kids jaman now

Dasar anak muda, bukan hanya digunakan untuk browsing, dia menggunakannya juga untuk membuka Line dan Instagram yang penuh dengan animasi dan video. Sering kali dia baru berhenti saat HP saya offline-kan paksa. Lha saya saja kalau pakai media sosial masih sayang-sayang kuota. Memilih apa yang hendak dibuka, tidak berkelana berlama-lama di dalam dunia media sosial. Bisa cepat habis kuota saya kalau dia yang pakai internet.

Nah, bayangkan kerempongan saya tak habis-habis untuk urusan HP saja. Belum lagi kalau lagi ada undangan meliput. Saat meliput, saya harus menyimak materi. Biasanya saya merekam suara biar nanti bisa menuliskannya kembali dengan mudah. Selain itu saya harus mengambil foto. Sesekali juga memvideokan apa yang sedang berlangsung. Di sela-sela acara saya biasanya upload ke media sosial sembari sesekali mengecek email, membalas email, atau membalas komentar media sosial. Sok sibuk banget, yak? 😆

Kalau sedang ada schedule tugas (dari job lain) yang harus dikerjakan di hari yang sama dengan saat menghadiri undangan meliput, mau tak mau konsentrasi terpecah ke sana juga. Maka apa kabar HP yang hanya satu dan dipakai untuk melakukan semuanya? 😱 Begitu, deh. Masalah utama HP saya itu mudah low batt, cepat panas, freeze, melambat, dan memorinya cepat penuh.

Ketika Mamak Kepincut Smart Phone Gaming Keren

Maka jangan heran kalau saya memimpikan HP gaming mumpuni seperti ZenFone Max Pro M1. Saya “bertemu” pertama kali dengan HP jenis ini pada tanggal 25 Oktober lalu di Hotel Swiss Bellin pada sebuah acara bertajuk Blogger Gathering ASUS.


Kasihan ya HP saya kalau dipakai main anak, saya pakai
pula beraktivitas. Semacam menzalimi si HP saja 😥
Oya, AnTuTu score itu menunjukkan kinerja gadget.

Dengan ponsel berjuluk limitless gaming ini, saya koq yakin ya kalau segala masalah yang saya ceritakan di atas lebih mudah teratasi. Para mamak blogger beranak yang punya permasalahan mirip saya, coba simak, ya. Saya mau kupas di sini mengapa ZenFone Max Pro M1 cocok buat kita. Pst, saya suka dengan spesifikasinya yang ini:

1. Prosesor dan Memorinya Andal

Di dalam ZenFone Max Pro terdapat prosesor Qualcomm Snapdragon 636 terbaru. Prosesor ini menggabungkan performa yang responsif dan lancar dengan daya tahan batere yang luar biasa. Performa prosesor Snapdragon 636 tercatat 1,54x lebih cepat dibandingkan Snapdragon 625,1.

“Prosesor ini sangat cepat dan hemat dalam penggunaan energi. Panas yang dihasilkan lebih rendah,” papar Mas Firmanhead of Public Relation ASUS.



“Prosesor Snapdragon paling optimal karena performanya oke. Pilihan RAM-nya banyak – 3, 4, dan 6 GB. Storage-nya ada 32 dan 64 GB dan ada slot tambahan,” ujar Mas Romi Hidayat – founder Droidlime.com yang sudah pernah me-review smart phone ini di website dan media sosialnya. Selain itu ada tambahan slot microSD pada ZenFone jenis ini. yang memudahkan kita menambah storage hingga 2 TB

Dengan demikian,
menggunakan ZenFone Max Pro M1
dalam aktivitas blogging akan menghasilkan
kecepatan ngeblog yang mantap dan
tidak mudah freeze or nge-lag, wuih.

2. Batere dengan Stamina Mantap

Janis baterenya adalah li-polimer 5000 mAh yang kuat dan didesain untuk performa yang maksimum. Dengan kapsitas baterenya, ZenFone Max Pro M1 dapat melakukan banyak hal dengan lebih lama, tanpa harus khawatir cepat low batt. HP jenis ini bisa digunakan hingga selama 28 jam browsing menggunakan WiFi dan 12 jam gaming, hingga 20 jam nonton YouTube.

Uniknya pula, ZenFone Max Pro M1 ini body batere-nya ramping, tidak besar jadi tampilannya tetap stylish meskipun kapasitasnya jauh lebih besar dibandingkan smart phone Android kebanyakan.



“Untuk main game standard – sesekali, bisa tahan 2 hari. Kalau dipakai main game nonstop, tahan 5 jam, kita tidak perlu bawa power bank,” ucap Mas Romi.

Nah, terbayangkan ya kalau dipakai meliput?
Tidak perlu cari colokan listrik untuk charging
atau tidak perlu menggunakan power bank
setelah berjam-jam acara berlangsung.
Satu smart phone ini saja digunakan,
tugas bisa tuntas dengan manis! 😍

3. Dual Bokeh Camera!

Ho ho ho, namanya smart phone gaming tapi kapasitas kameranya luar biasa. Kamera depan dan belakang 16 MP (untuk RAM 6 GB), Mak! Hasil foto dan videonya pasti keren saat meliput kegiatan. Selain itu ukuran layarnya full view 6 inci, lho.

“Ukuran layarnya 6 inci, lega banget. Enaknya, bezelnya lebih tipis. Dengan layar yang gede, bezelnya nggak gede. Jadi tetap berasa compact,” ungkap Mas Romi Hidayat.



“Resolusi layarnya tinggi, full HD dan panelnya pakai panel IPS jadi kalau kita ngeliat atau main game dengan sudut yang miring sekali pun, gambarnya tetap kelihatan jelas,” imbuh Mas Romi. Selain itu kemampuan grafisnya juga mumpuni, ya namanya smart phone gaming, ya. Jadi kalau kita pakai untuk mengedit video di ponsel pasti lancar.

Ulala, buat mamak blogger, smart phone ini elegan
dan kemampuan menghasilkan foto dan videonya mantap.
Hasil foto dan video di blog dan media sosial
akan terlihat bagus dan bokeh. Selain itu,
saat meliput sembari mengejar informasi/nara sumber,
kemampuan mengeker obyek tetap oke
mau dimiring-miringkan bagaimana pun ponselnya.


Nah, sampai di sini, saya pikir para mamak blogger setuju dengan apa yang saya paparkan. Kita juga butuh smart phone gaming karena kemampuan ZenFone Max Pro M1 ini mampu mengimbangi kegiatan sebagai blogger yang aktif menulis dan meliput serta “tahan banting” jika anak-anak kita menggunakannya untuk nge-game juga. Apalagi kalau si mamak itu sendiri seorang gamer, kan … cucok! Setuju? 😊

Makassar, 11 November 2018

Tulisan ini diikutkan lomba blog ASUS



[1] Catatan ya buat para mamak dan bapak, HAGO ini untuk usia 12 tahun ke atas. Awasi putra-putri Anda jika menggunakannya. Putra saya yang berusia 9 tahun belum menggunakannya sendiri, dia nebeng sama kakaknya or ngintip kakaknya main.



Share :

115 Komentar di "Mengapa Mamak Blogger Butuh Smart Phone Gaming"

  1. Saya bertahun-tahun ngeblog hanya menggunakan PC, belum terbeli itu yang namanya hape smartphone. Sesekali beli hape, eh tatap saja ketemu yang jadul, hanya bisa untuk memotret.
    Tidak bisa berselancar dimedia sosial ,apalagi main game. Tapi ada keinginan untuk membeli hape keluaran baru, biar terpuaskan hati ini.

    ReplyDelete
  2. Ah mak kujuga penget smartphone baru nih, yang ini overload hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kan, yang ini kece, bikin kepincut hihi

      Delete
  3. Tahun lalu aku pake asus zenfone dan bagus banget kualitasnya kalo kebanting ga langsung eror

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, salah satu kelebihan HP Asus itu tahan banting beneran.

      Delete
  4. Kak Niar

    Ini HP nya emang keren buanget! Layak dimiliki emak bloger full aktivitas kayak kak Niar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga bisa segera kudapatkan ya Mbak Nurul :D

      Delete
  5. Duh...mba...aku jadi mupeng nih sama Zenfone Max Pro M1 ini, jadi pengen nabung buat ganti handphone yang keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Ketahanannya itu lho. Asyik kalo kita pake HP gaming.

      Delete
  6. Wah keren bgt nh Asus jd pengen punya secara hpku udah sk error nih, byk bgt manfaatnya ya cucok bgt buat kita yg multitasking ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, Mbak. Apalagi kalo dibawa meliput event, ya.

      Delete
  7. Mamak Blogger memang butuh banget yang namanya hape berspesifikasi mumpuni.. soalnya kita gak selamanya bisa bawa laptop kemana2 ya kak.. :)

    ReplyDelete
  8. Aku kok jadi geregetan lihat Zenfone satu ini. Semua keunggulannya ini pas banget buat aktivitas blogger.

    ReplyDelete
  9. bisa dibilang ini hape bandel mba, selain awet baterainya, spek lainnya juga bagus, pas buat dibawa seharian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ... apalagi buat dibawa meliput, ya Mbak?

      Delete
  10. ini smartphone idaman ya aku pengen tuh yang nyobain yang ram-nya 6 giga dan memorinya 64 giga itu keren banget pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih pasti bakal whoosh whoosh kita berselancar di dunia maya ya Mbak

      Delete
  11. Waah... keren nih HP bisa tahan batrai sampai 2 hari...

    ReplyDelete
  12. Biasnaya smartphone gaming tu emang lbh kuat dr segi power dan juga gambar. Kalau blogger ya butuhnya buat video, foto, juga buat bikin infografis kali ya. Bahkan mengetik jg :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, ketahanan baterenya kita perlukan banget saat meliput, Mbak biar tidak perlu cari colokan atau menggunakan power bank :)

      Delete
  13. Hp aku hampir gak pernah disentuh anak-anak mbak, karnea memang gak ada gamesnya :)
    Blogger memang butuh ponsle yang mumpuni ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. HP saya pun tidak ada game-nya, Mbak. Anak-anak suka mainkan aplikasi foto dan video buat mengedit hehe

      Delete
  14. Kalau di keluarga saya kayaknya semuanya butuh. Semuanya penggemar game. Jadi bakalan suka banget kalau punya ho yang performanya bagus buat nge-game

    ReplyDelete
  15. Henpon gaming memang biasanya unya storage yang gede, dapur pacu yang mumpuni soalnya khan dipake main game biar lancar dan batre yang tahan lama, dan cock juga dipake buat mamak blogger kerja ya hehehe

    ReplyDelete
  16. Hahaha..kalo ditanya sama anak masing-masing pasti mamaknya dibilang paling galak xD Btw mamak ini juga butuh smartphone gaming walo gak terlalu suka gaming, soalnya speknya biasanya gahar, hehe

    ReplyDelete
  17. Aku punya nih mak Zenfone Max Pro M1, sekarang dipake anakku untuk YouTube. Daya tahan batrenya aweeeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih asyiknya Itu dia baterenya bikin mupeng ya

      Delete
  18. Dulu pas aku pake Zenfone Max Pro M1, anakku mau pinjem mulu buat main kalo mereka udh merasa menyelesaikan tugas belajar atau PR, lama2 aku kesel, kukasihin aja lah. Anak jaman naw mainannya berat, Mobile Legend. Heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih maujuga dong dikasih sama Mama Karla hihi

      Delete
  19. kalau ngambek ke anak-anak persis aku mak, suka pundung ngga jadi pergi huahahaa..
    btw, aku juga naksir si asus ini, perofrmanya oke banget :)

    ReplyDelete
  20. Kalau buat gaming emang Asus ya kak yang terdepan. Kenapa blogger butuh HP gaming juga? Soale bisa on 24 jam dan uplek uplek sosmed berlama-lama jadi butuh gadget yang memumpuni biar ga gampang ngelag.

    ReplyDelete
    Replies
    1. BEnar banget. Dan kita tidak perlu selalu cari colokan atau power bank kan yaa

      Delete
  21. Yessss bangeeett ini maaaaahh, mamak2 butuh ZenFone Max Pro M1. Performanya selain buat gaming, juga cocok buat multitasking ala mamak2 ^_^

    ReplyDelete
  22. Ngebayangin gimana galaknya. Mamak yg komen inipun (nunjuk diri sendiri) butuh hape yg galak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, mamak dan HP harus sama galaknya ya Mbak Lid

      Delete
  23. aku juga butuh smartphone gaming ini, karena kalo nggak bisa piknik, ngegame juga udah bisa bikin asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok banget buat mamak blogger yang sekaligus gamer :D

      Delete
  24. zenfone max pro emang keren, selain harganya cukup terjangkau spesifikasinya juga lumayan ok, dan baterai mantaaap hihihihi

    ReplyDelete
  25. Banyak yang rekomen Zenfone Max Pro M1 ini memang Mbak, semoga terwujud ya Mbak Niar.

    ReplyDelete
  26. Kita memang butuh HP yang mumpuni yaaa mba...kalua hpnya ngga juara, terutama untuk fiteur foto, video, dan sosmed susaaah yaaa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak kerjanya harus lebih keras ketimbang kalo HPnya memang mumpuni.

      Delete
  27. Wish list top ku ini, batreinya menggoda banget, kesel kalau punya hape tp cpt lobet kak, spek Max Pro M1 ini menurutku gak hanya sekedar gaming tp bisa jug bwt blogging dn vlogging

    ReplyDelete
  28. Sama banget deh kita kak, sok sibuk dengan HP hahaah.. Ya mau gimana lagi, kerjaan di sosial media berarti harus banyak bersentuhan dengan gadget. Makanyanya batrenya harus yang bisa ON sepanjang masa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maunya malah ndak perlu nge-charge ya, sekali saja nge-charge-nya seumur hidup. Tapi mana ada hahaha

      Delete
  29. Mantap Mak hapenya. Aku juga mupeng sama Zenfone Max Pro M1 ini setelah baca ulasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kan ... menggoda banget buat mamak blogger

      Delete
  30. Baru menyadari setelah baca tulisan mbak Niar, kalau ternyata jadi blogger itu ribet banget ya. Tapi kenapa aku kok menyukainya hihihi
    Aku termasuk yng nggak percaya kalau mbak Mugniar bisa galak, kalau tegas sih mungkin iya (padahal belum pernah ketemu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koq gak percaya sih Mbak Retno? Wkwkwk ... kita baru teleponan sekali ya, belum pernah ketemu :)

      Delete
  31. Ulalaaa...ku langsung jatuh cinta niih.. Karena persoalan dg HPku saat ini adalah cepet panas & boros batere. Hehe..

    ReplyDelete
  32. Kujuga ngiler buat ganti hp. Ponakanku sih sekarang udah minjem HP. Tapi kadang buat nonton2 gitu sementara aku mau pergi. Walhasil batere habis deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih, kzl ndak Jiah?
      Kalo kasusnya begitu ndak mungkin ya batal pergi wong yang mau pergi Jiah doang hihihi

      Delete
  33. Ini mudah panas nggak mba?? Karna hp zenfon 2 aku gampang banget panas. Kalo soal puas sanagat puas. . Dan hadil foto ok banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kata Mas Romi di acara gathering itu, pada dasarnya kalo dipake nge-game semua HP cepat panas. Tapi secara umum, HP dari Asus ini yang paling kurang panasnya, gitu. Mungkin juga Hpnya sudah harus ganti batere, Mbak?

      Delete
  34. Anakku suka game, tapi udah besar semua dan punya hape sendiri. Tapi tetep sih masih pengen Zenfone Max Pro ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti lebih adem ya kalo anak sudah besar semua dan punya HP sendiri tapi Zenfone yang ini memang mnggoda karena baterenya tahaan

      Delete
  35. Aduh Kakaaak, kubayangkan kalau jadi HP ta, tersiksa sekali sepertinya. Andaikan dia bisa bicara, mungkin dia bilang, lelah akutuuu. HAHAHAHA.
    Bismillah, semoga bisa dapat HP baru ya Kak, biar HP lama bisa istirahat dan ada partner berbagi tugas. Hihi. Salam buat Athifah dan Afyad :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Andai dia ngomong begitu, kuhukum dia :D
      Aamiin. Makasih ya Nyaak.

      Delete
  36. Aku pengen henpon ini juga. Batrrnya itu lo tahan lama.

    ReplyDelete
  37. Setujuu..mamak blogger memang butuh zenfone max pro. Fitur-fiturnya mendukung banget untuk kegiatan kita, ya ...

    ReplyDelete
  38. Sebagai pecinta asus dan sdh tahunan pakai hp asus asli aku mupeng banget dgn m1 ini mba. Krn aku termasuk malas ngecas haha

    ReplyDelete
  39. Saya juga butuh ini Bunda.
    Soalnya spesifikasinya mengindikasi kalau saya harus punya, haha.
    Jual ga ya hape yang sekarang trus ganti ini?! #dilema

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gantii, yang sekarang kirim ke Makassar saja hahaha.

      Delete
  40. main game nonstop 5 jam? wow... tapi di sisi lain mata lelah, hihih. Hebat nih Asus

    ReplyDelete
  41. Baterai smartphone ini oke banget ya. Nggak cuma mamak blogger aja nih yang butuh smartphone keren ini. Aku pun yang masih baru banget di dunia ngeblog juga butuh banget smartphone keren ini.

    ReplyDelete
  42. Wah, baca reviewnya langsung mupeng nih.
    Tahan bantingnya dan hasil fotonya itu loh, cocok banget buat blogger yang juga mamak2

    ReplyDelete
  43. Gpp sih menurut saya butuh kalau emang ada dana buat belinya. Soalnya smartphone gaming tu awet batereinya dan daya penyimpanan besar. Buat blogger itu bisa buat ngetik, buat desain pakai hape, video dll :D

    ReplyDelete
  44. Iya juga ya Mbak, kalau logika awamnya si hape gaming biasanya prosesor dan grafisnya oke, jadi ya cucok banget buat penggiat medsos dan bloger :)

    ReplyDelete
  45. Ponsel idaman setiap mamak nih kayaknya BUnd hahaha aku langsung kepincut. Pengen punya, karena hapeku juga banyak bermasalah nih. Gemes.

    ReplyDelete
  46. enak juga kayanya hp gaming kalo buat kerja karena seperti yang kamu bilang mba, kita jadi ngga perlu bawa2 powerbank karena baterainya tahan lama yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa, enak banget kan. Karena kalo lagi meliput, rasanya koq repot kalo terpaksa pake power bank atau nge-charge, kan ya?

      Delete
  47. Huaaaa jadi makin mupeng saya mau punya HP ini juga. Kereenn sekaliii, huhuhuh *semangat nabungnyaaaa biar bisa dapat HP kece ini :D

    ReplyDelete
  48. Wah jadi kalau mamak pakai hp ini nggak masalah lagi kalau anak-anak ganggu hp mamak ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm, tetap akan ada masalah sih hihi tapi mamaknya tidak akan mudah ngambek dan membatalkan kepergian hihi.

      Delete
  49. Iya sih bener. Kalo butuh ojol berarti hape harus ada baterenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget Mba Ade. Ribet pake power bank. Mana HP bermasalah, tidak selalu mau di-charge pake power bank pula

      Delete
  50. Handphone aku yang dulu ASUS...tapi sudah lama aku kasih ke orang yang membutuhkan untuk bekerja di kantor.
    Semoga ia lebih bermanfaat di tangan orang yang lebih membutuhkan.

    Kalau diingat-ingat, aku gak pernah sekalipun mengeluh saat menggunakan ASUS.
    Lancar dan very fast responses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah moga bermanfaat dan jadi amal jariyah ya Mbak.

      Delete
  51. Alhamdulillah, sebagai pengguna Max Pro M1 ini aku pun puas, Mba. Kalau pas ada event blogger, jika semalam sudah dicharge penuh, ayem deh. Sampai besok malamnya baterai masih sisa2. Menyenangkan sekaliiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow. Testimoni Mbak Uniek bikin saya makin mupeng deh

      Delete
  52. betul kakkk
    prosesor yang ada di smartphone gaming ini kebutuhan mamak bloggewr juga hahay pengen deh punya semoga juara kak ,

    ReplyDelete
  53. Perasaan tadi dah komen deh. Apa gak kerrecord ya?

    ReplyDelete
  54. Hapeku juga sering dipake main game sama anak-anak. Kalau aku sendiri sih gak pernah main game karena udah sibuk dengan ngeblog dan ngesosmed hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, saya juga tidak main game. Butuhnya saat meliput .... dan ngeblog di rumah juga sih butuh.

      Delete
  55. HP saya masih jadul , peengen banget ya Allah punya HP kece begini. OTW nabung

    ReplyDelete
  56. Sebagai mamak blogger yg hobi main game jg, saya setuju banget :D

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^