Blogger 24 Juta Rupiah Sebulan

Blogger berpenghasilan 24 juta rupiah sebulan itu ada tapi bukan saya. Kami berada dalam satu berita di Harian Fajar yang terbit pada tanggal 10 Februari lalu. Sebelum itu, tepatnya pada tanggal 9 sore saya diwawancarai dan difoto wartawan terkait aktivitas sebagai bloger.


Saya membawa kesan kepada blogger yang menjalani kegiatan ngeblognya karena memang senang menulis dan membawa misi tertentu dalam hal menebar kebaikan. Bukan semata-mata mencari uang. Bagi bloger seperti saya, penghasilan itu bonus.

Karena saya dan teman-teman blogger seperti saya berangkat dari kesenangan dan kebahagiaan  semata-mata yang muncul ketika berbagi melalui tulisan. Bahagia rasanya bisa menebar manfaat. Memang ada sesekali kami menerima job tapi bukan menjadi prioritas.


Berbeda halnya dengan jenis bloger lainnya. Oya, saya menyebut diri saya (dan blogger yang seperti saya) sebagai blogger konten. Sementara blogger yang lainnya itu sebagai blogger adsense. Sama-sama bloger tapi “mainannya” beda.

Bloger konten murni berangkat dari tulisan. Banyak yang tidak mengerti SEO (Search Engine Optimization) dan teknis blogging. Berbeda halnya dengan bloger adsense yang memang memproyeksikan blog-blog mereka untuk mendapatkan uang. Bagi bloger adsense, konten lebih berupa konten marketing dengan prinsip-prinsip SEO. Yaitu ketika dicari menggunakan peramban, dia bisa naik di halaman pertama.


Sementara kami yang bloger konten, harus belajar keras hal teknis tersebut. Bagi yang senang mempelajarinya, menguasai SEO menjadi bonus tersendiri ketika bisa mengaplikasikannya.

Bagi para bloger konten lain, aturan-aturan SEO justru menjadi kekangan atas kreativitas menulisnya. Menulis bagi kami mirip-mirip seni. Tak ada yang bisa memaksakan bentuknya. Akan menjadi kaku dan menjadi beban jika terlalu banyak diatur penempatan keyword.



Blogger konten tidak memiliki banyak blog, banyak bloger yang hanya memiliki satu atau dua. Sementara blogger adsense bisa memiliki beternak banyak blog dan mempekerjakan orang-orang lain untuk mengisi blognya.

Bagi bloger konten murni, prioritasnya adalah bentuk, kedalaman, dan pesan konten – bagi yang peduli ejaan juga memprioritaskan pemakaian ejaan yang benar dan kosa kata yang baku. Sementara bagi bloger adsense tidak begitu memprioritaskan hal-hal tersebut.



Malah dari kacamata saya, secara tidak langsung bloger itu mendidik masyarakat berbahasa. Makanya bloger harus belajar menulis dengan teknik yang baik dan tentunya sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Alangkah sayangnya jika dalam menulis salah dan itu ditiru oleh pembaca blog kita. Saya kira tidak demikian halnya bagi bloger adsense.

Namun demikian, ada juga bloger konten yang menguasai SEO dan memperhatikan penulisan yang bisa menjadi content marketing. Sungguh menjadi sebuah keuntungan besar jika bisa seperti mereka karena lebih mudah menarik brand untuk bekerja sama.



Nah, saat wawancara dengan wartawan Harian Fajar, saya menyampaikan perbedaan kedua jenis bloger di atas. Selain itu, khusus tentang saya, saya menyampaikan mengenai misi saya ngeblog. Di antaranya adalah untuk menyumbang konten positif mengenai Makassar dan Indonesia timur.

Dan membuka mata orang-orang di luar sana tentang kami agar isu yang pernah mengemuka bertahun lalu sirna. Isu yang saya maksud adalah yang mengidentikkan orang Makassar dan orang Indonesia timur dengan kekasaran dan kekerasan. Saya berani mengatakan hal ini karena pernah mengalaminya juga.

Saya pun menyampaikan harapan saya agar kelak mendapatkan amal jariyah dari blog ini. Juga mengenai pentingnya menulis dari hati agar bisa diterima dengan baik oleh pembaca. Saya bahkan memperlihatkan kepada sang wartawan mengenai 20 manfaat menulis dan ngeblog yang saya rasakan pada sebuah file presentasi yang pernah saya buat.


Namun artikel yang terbit pada tanggal 10 Februari lalu menghubungkan saya dengan bloger yang berpenghasilan 24 juta rupiah sebulan. Tidak salah, sih tapi bisa jadi ada yang menganggap saya pun demikian padahal tidak.

“Orang yang baca fokusnya bisa ke dua puluh empat juta rupiah, Kak,” kata seorang teman.

Hm, bisa jadi, ya. Tapi mari bantu saya mengaminkannya, deh. Semoga saja bisa menyamai bloger 24 juta rupiah itu. Kalian mau kan mengaminkannya? 😊

Makassar, 28 Februari 2019

Baca juga tulisan yang lain tentang blogger konten yaa:





Share :

75 Komentar di "Blogger 24 Juta Rupiah Sebulan"

  1. Aamiin. Semoga penghasilan dari bunda ngeblog, semakin banyak. Anggap saja sebagai doa.

    ReplyDelete
  2. Wow langsung tergiur ama angka Rp 24 juta sebulan. Hihihi. Aamin aamin yang penting juga semoga kita selalu menginspirasi yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, aamiin .. hehe semoga selalu melakukan yang bermanfaat, menulisnya hal-hal yang bermanfaat, ya Mbak Alida.

      Delete
  3. Kebanyakan orang-orang yang kenal aku sebagai bloger dikira bloger adsense sih, Mbak. Tapi, setelah kujelaskan mereka paham. Malah ada yang minta dipromoin produknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bagus tuh ya Mbak Ika, jadi bisa bantu orang juga.

      Delete
  4. Hemmm... 24 Juta, angka-angka seperti itu yang buat blogger pemula jadi tergiur. saya sering ditanyai, "ngeblog itu menghasilkan uang banyak yah?" Padahal mah saya ngeblog karena suka saja tapi ke sini-kesini iseng juga pasang adsense, tapi sekedar iseng saja dan dibiarkan begitu saja. #eh kok curhat. Tapi benner banget sih kak, kalau ngeblog karena benar-benar ingin ngeblog itu akan lebih perhatian sama konten hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau jadi blogger adsense pun ndak apa ya asalkan memperhatikan soal literasinya juga :)

      Delete
  5. Waaah banyak banget ya penghasilan para blogger adsense Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak ... kalo pintar SEO-nya keren banget.

      Delete
  6. Deh,mauta mi itu sebesar itu penghasilan sebulan. Tapi sadar dirija, ka blogger konten suka-suka ja saya. Apa kusuka, itu kutulis. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama hehe. Dengan demikian, tercapai rasanya tujuan menulis sebagai ajang buat refreshing, ndak terikat aturan kecuali aturan literasi dan norma-norma yang berlaku :D

      Delete
  7. Aamiin semoga kita semua bisa juga seperti kak Mugniar, dan juga dapat mengenalkan Makassar khususnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita semua sudah melakukannya kalau sudah menuliskan hal-hal baik tentang Makassar, Icha :)

      Delete
  8. *berteriak paling kencang dengan AMIIIIIIN*

    Aku simpan loh edisi cetak korannya, pengen bikin tulisan sesuatu tentang judul dan isi beritanya *ihik*

    Tapi setuju dengan apa yang Kak Niar katakan bahwa memang sejatinya bloger itu harus memilih jalan ninjanya (?), karena kualitas tulisan tidak akan berbohong kok!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow Kak Iqko .... penasaran menunggu tulisannya. :)

      Terima kasih sudah mengaminkan :)

      Delete
  9. saya mengaminkan saja yah kak.. tapi sebagai bloger konten kita pun sebenarnya perlu belajar SEO agar apa yang kita tuliskan bisa terbaca banyak orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya pun belajar, Kak. Menerapkan sebatas kemampuan saya. Tapi kalo sudah dirasa mengekang kreativitas menulis, biasa saya abaikan mi :D

      Delete
  10. Penghasilan sebesar itu tentu butuh kerja keras dan waktu panjang ya.. karena semuanya gak instan. Da saya mah apa atuh, cuma remahan pinggiran tempe mendoan di pinggir jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, pastinya bukan instan. Mereka bekerja dan belajar terus juga.
      Seperti pun kita yang remahan pinggiran tempe mendoan ini, tidak instan :))

      Delete
  11. Amien..

    Pengen juga dapat 24 juta perbulan..hehe



    Saya setuju kalau penghasilan blog itu adalah bonus..biar konten yang inspiratif ,informatif dan bermanfaat diutamakan terlebih dahulu.

    Biar jadi amal jariah..meninggalkan jejak digital di blog dengan pesan-pesan positif..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memperhatikan konten dan konsisten, in syaa Allah bisa terpelihara niat baik kita ya dan kita tidak akan menulis asal-asalan. Sebaiknya sih memang jangan menulis asal-asalan.

      Delete
  12. ((Aaaaaamiiiiinnnnn)). Setuju kan blogger AdSense mainannya beda sama personal blogger seperti kita2. Dan saya amat sangat setuju kalau dengan blogging kita bisa ikut andil untuk menyebar kebaikan, manfaat dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, mainannya beda, hehe. Terima kasih sudah mengaminkan, Teteh.

      Delete
  13. Entah harus bagaimana lagi ku mengungkapkan betapa ku ngefans dengan kak niarr, aaahhhh inspirate sekali kak... danmemang betaal kak, ketika kita melakukan hobi kita, tanpa sama sekali rasa tertekan, terbebani, maka kita pun akan enjoy dan soal penghasilannya adalah bonus. I love youuuuuuuu kak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Love you too Chintaa. Enjoy saja dan tetap melakukan kebaikan ya biar bisa terus asyik menulisnya. Toss.

      Delete
  14. Amiin. Keren mba bisa masuk surat kabar.
    Bener tuh, blogger konten seperti yang mba bilang bisa mengingatkan orang-orang soal pentingnya literasi, di saat media2 lain lebih ke konten video atau foto..
    Menurut saya sih yg blogger adsense itu tidak salah jg, balik ke tujuan masing-masing aja.. Blogger konten seperti kita pasti menganggap uang sebagai bonus saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, tidak ada yang salah, sama-sama ngeblog ini kan. BEda jalur saja kita sama blogger adsense. Jadinya yang ngertinya blogger adsense, mengira kita ini penghasilannya segitu. Yaa bisa sih kalo sudah ngetop amat :D
      Kalo blogger adsense tidak perlu ngetop, yang penting gigih belajar dan kerjanya mengasuh banyak blog :D

      Delete
  15. Pertama2 saya ucapkan selamat ya mbak udah bisa mejeng di salah satu harian... ini keren...

    saya ikut amiin juga, semoga bisa menjadi salah satu dari blogger yg 24 juta itu, hihi...

    kalau saya sendiri belum mengharapkan apa2, semuanya masih semata2 nulis karena konten, bukan blogger adsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Bang Sabda.
      Konten Bang Sabda saya kira sudah banyak yang tahu dan menunggu-nunggu. AKan sangat bermanfaat dan dicari banyak orang :)

      Delete
  16. Amin semoga nantinya blog mbak bisa menghasilkan. Saya sendiri rasanya berada dibarisan blog konten, lebih seru dan menyenangkan. Mencoba belajar SEO juga supaya nggak ketinggalan saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih, Mbak. Saya belajar SEO juga tapi tidak fokus. Asal bisa saya terapkan sedikit-sedikit. Semoga membantu kenaikan PV.

      Delete
  17. Jadi luar biasa sekali ya Mbak bagi bloger konten yang bisa merangkap pula sebagai bloger adsense. Nulis dari hati iya, menguasai SEO juga oke. Hemm... Kapan ya saya bisa seperti itu? Semoga kita bisa ya, Mbak. Mari saling meng-aamiin-kan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, ruarr biasa lagi, bukan sekadar luar biasa hihi.

      Aamiin ya Mbak Diah, semoga Mbak Diah pun bisa.

      Delete
  18. Amiin..mba saya pengen banget nih belajar mba biar tulisan saya bagus dan blog saya bsa bagus kayak mba ...

    ReplyDelete
  19. Penggasilan bukan yang utama tapi yang terpenting hehe. Bercanda Mbak, mupeng sih bisa berpengasilan segitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, penting sih tapi bukan yang utama :))

      Delete
  20. Mantaap Mbak. Memang menulis itu untuk mendidik masyarakat dapay uang itu bonus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bagi kita ya seperti itu. Bagi orang lain belum tentu sih hehe.

      Delete
  21. Weeh kalau saya sudah dapat penghasilan 24 juta/bulan melalui blog aiih langsungma minta pensiun dini.

    Tapi jujur na...tertipuka baca ini judulnya, bateku baca baik-baik ka mauka tau siapa itu orangnya. Ternyata oh ternyata apakah ini yang disebut gimik pada judul? Oh ku tak tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Petunjuknya ada, Kak di dalam tulisan yaitu bahwa ada di dalam koran yang saya maksud. Kaau pakai laptop, kita' bisa baca gambar-gambar di atas, bisa baca isi korannya :D

      Delete
  22. Wah kl sy blom kepikiran ke sana yah secara sy jg msh merangkak dan teetatih2 jlnnnya... Sy jg gak ngerti SEO.. Nulis ya nulis apa yg saya bisa dan rasa.. baru sebatas itu aja mba he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya lakukan apa yangbisa kita lakukan dulu, Mbak. Sudah tepat kalau menulis saja dulu, hehe.

      Delete
  23. Ahaaii, rupanya saya adalah bloger konten. Aseli, saya kesulitan memahami SEO hehehe ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp, kita pahami SEO sedikit demi sedikit, setahap demi setapak, Mbak. Kudu butuh waktu lama memang belajarnya :D
      (itu kata saya sih yang memang butuh waktu lamaaa buat belajar hahaha)

      Delete
  24. Percaya dan memang sangat mungkin. Karena bahkan yg jauh lebih dari itu juga sudah banyak. Haha ... makin semangat aja nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha Mbak Wid mah, tak diragukan lagi semangatnya :))

      Delete
  25. 24 juta.. wow banged ya Mba.. aku bantu Aamiin. semoga ya. Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin hehehe. Makasih ya Mbak.
      Salam kenal. Makasih dah mampir.

      Delete
  26. Semoga Kak Niar bisa 24 juta supaya bisa juga mengalir ke kita-kita. Saya sendiri belum pernah bermimpi seperti itu karena saya menulis untuk menulis saja kak. hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun sebenarnya lebih banyak menulis untuk menulis juga Kak Enal. Kalaupun ada peluang rezeki, ya disambut dengan senang hati ya karena senang menulis dan tidak mengesampingkan aturan menulis dan penyampaian pesannya :)

      Delete
  27. 24 juta rupiah itu lumayan lah mba, haha. Tapi betul juga sih, beberapa orang ngeblog memang hanya melihat pendapatan dari adsense itu hanya sebagai bonus saja. Meskipun memang terlihat menggiurkan terkadang haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa menggiurkan tapi tetap ada hal-hal yang tidak boleh dilupakan hehe.

      Delete
  28. Aamiin. Saya baru tahu dua jenis blog ini. Blog saya beradsense krn diterima sebagai publisher adsense tapi klu dari penjelasan di atas jenis blog saya lebih mengarah ke blog konten. Dan yah setuju banget, kalau dapat penghasilan dari blog itu hanya bonus karena niat dan tujuan saya ngeblog untuk berbagi bukan untuk mencari penghasilan.

    Btw thanks for sharingnya kak. Dapat pencerahan lagi setelah baca postingan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kita ini blogger konten karena tidak berburu AdSense hehe. Makasih ya sudah mampir.

      Delete
  29. Sama ya saya juga mengutamakan kualitas tulisan. saya mengasah cara menulis saya hingga punya gaya dan ciri khas sendiri alias gak lagi nyontek gaya kepenulisan orang lain. Kalau pas bisa dapat job ya saya pun bersyukur juga. Cuma karena saya pakai platform baru jd belum berani terima job menulis. Karena masih sedikit dan nggak sebanyak pembaca di platform blog lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, menulis saja dulu dan terus menulis. In syaa Allah kalo ada rezeki, takkan ke mana :)

      Delete
  30. blogger adsense banyak yang berawal mencari receh lalu karena sulitnya mnulis mereka jadi kopaser

    ReplyDelete
  31. Allahumma amiin. Semoga dikabulkan lebih dari jumlah di atas, kak Niar.

    Setali tiga uang dengan maksud kak Niar, di awal-awal nama blog sy mahasiswaunmmakassar.blablabla. Hehe. tujuan kecilnya dulu bisa mengatasi banyaknya hasil pencarian negatif tentang mahasiswa di Makassar, selain tawuran dll. Lalu menyerah sendiri karena yang punya blog malas menulis. Hehe.

    Tetap konsisten berbagi, kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.
      Yuk, rajin-rajin lagi diisi blognya, supaya orang tahu yang baik-baik tentang Makassar :)

      Delete
  32. Hai Kak...
    Ya ampun, serius ada 24 juta per bulan?
    Tapi, itu untuk yang mengerti blog banget ya.
    Kalau aku murni suka nulis saja, nggak kepikir Adsense apalagi SEO. Nggak tahu.
    Bingung.
    Hehe...
    Semangat dan tetap konsisten ya Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak. Makasih ya sudah berkunjung.
      Wih yang sampai 24 juta rupiah itu yang paham banget SEO dan bisa memainkan banyak blog hehe.
      Yuk tetap semangat menulis saja kita yaa.

      Delete
  33. Menggiurkan sih ... tapi aku cukup jadi blogger konten aja hehehee soale tahun ini lagi pengin menulis lagi di koran dan fokus punya buku baru lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss deh, kita jadi blogger konten saja ya :)

      Delete
  34. Wahhh jadi blogger emang keren, jadi blogger saya bisa megang uang ratusan juta, keren lah

    ReplyDelete
  35. Tahan napas aku mba, secara bikin blog seo itu kayak perempuan bebas tp dipakein kebaya, kudu anggun dan cantik trus tertata. Biarinlah aku g dpt duit banyak yg pnting bsa berekspresi sesuai kemauan wkwk

    ReplyDelete
  36. Aamiin..semoga blogger bisa srjahtera kedepannya termasuk saya plus dapat amal jariah yang bisa jadi penyelamat amal di akhirat kelak kak. Saya pun demikian, biarlah menjadi bloger dengan gaya bahasa sendiri, penghasilan bonus, tapi tetap bahagia menulis tanpa harus terkekang oleh aturan yang bisa jadi kurang sejalan. Namun bukan berarti tidak ingin belajar SEO, karena siapa tahu ternyata bisa menebar manfaat dan hal-hal positif ke semakin banyak orang atau lebih luas lagi jangkauannya

    ReplyDelete
  37. wow 24jt rupiah, mending resign dong kalo gitu hahahhaa

    ReplyDelete
  38. Awww jadi pingiinn.... Apa yg harus dilakukan seorang blogger supaya bisa dapat 24 juta sebulan?����

    ReplyDelete
  39. Aamiin.. Terhatuku dengan niat ngeblogta kak, "Semoga bisa jadi amal jariyah" dehh trus apa yang saya tulis di blogku dii, hehee belumpi kayaknya ada yang bisa jadi amal jariyah.
    Masih sebatas iri dengan produktifta kak, cemburuta mi hikss.

    ReplyDelete
  40. Assalamu'alaikum. Makasih sudah ke blog saya. Saya juga bingung kok lama kita nggak saling bw. Saking banyaknya blogger sekarang jadi pasti ada yg terlewat. Sepertinya blogger merangkap buzzer baru bisa segitu ya atau yang sudah selebblog. Yuk aminkan kita semua bisa kayak gitu ya. Hehehee

    ReplyDelete
  41. Amin. Wah keren kak. Memang ngeblog itu seru ya kak :D

    ReplyDelete
  42. Duh mau juga dong 24 juta sebulan biar bisa ajak mama dan keluarga umroh bareng, salaam kenal mba

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^