Here She is ... Indonesian Beauty Blogger ...

Punya niche blog (kekhususan) tersendiri, yang main stream, sungguh ... belum bisa saya lakukan untuk blog ini. Saya punya satu blog buku terpisah dari blog ini tapi untuk blog utama saya ini, saya belum mau memisahkannya seperti kebanyaan blogger memilih genre (untuk niche-nya). Namun blog saya ini bukannya tanpa niche sama sekali juga, sih sebenarnya karena apa yang saya tulis di blog ini adalah hasil olah pikiran dan perasaan yang unik. Khas saya. Tak ada orang lain yang memilikinya selain saya.

Kalau kata orang, tarik benang merah dari semua tulisan untuk menentukan niche blog maka saya mengatakan benang merah dari semua tulisan di blog saya adalah SAYA, sebagai perempuan, ibu, dan orang Sulawesi yang pernah menjalani kuliah di fakultas yang didominasi oleh laki-laki tapi ternyata kemudian bukannya meminati bidang studinya, malah meminati psikologi populer, pendidikan praktis, dan pengembangan diri. Fiyuh, sungguh nama niche yang panjang yah? Hm, tak ada satu atau dua kata yang bisa mewakili niche saya.


Dengan menjadi blogger dengan niche SAYA, saya merasa nyaman dan bisa menulis apa adanya yang benar-benar mewakili diri saya sendiri. Kalau saya memaksa diri memilih niche tertentu maka saya tidak bisa merasa nyaman dan sulit menjadi diri saya sendiri.

Makanya saya selalu salut dengan para blogger yang dengan mantap memilih niche blognya sebagai TRAVELER BLOGGER misalnya. Atau sebagai FOOD BLOGGER. Atau TECHNO BLOGGER. Mereka dengan totalitasnya, bisa menjaga ritme blognya untuk terus membuat tulisan yang temanya senada. Alhasil, mereka bisa mendulang rupiah jika bisa menjaga konsistensi dan semangat ngeblognya.

Satu contoh blogger dengan totalitas dan komitmen mantap dengan niche yang dipilihnya adalah Atisatya Arifin. Blogger yang disapa Tya ini memilih BEAUTY BLOGGER sebagai niche blognya. Di blog Tya ada 6 kategori besar yang menggambarkan niche-nya: Beauty 101, Blogging 101, DIY (Do It Yourself), Event Report, Review, dan Tutorial.

Saya sudah melihat beberapa tulisannya. Untuk kategori Beauty 101, DIY, Review, dan Tutorial, kebanyakan memang diisi oleh tulisan-tulisan seputar kecantikan atau perlengkapan kecantikan/make up. Totalitasnya terilhat sekali dari tulisan-tulisannya. Terlihat pula kalau BEAUTY adalah passion dari beauty blogger satu ini. Kelebihan Tya, setiap tulisan dibuatnya secara mendalam, disertai dengan foto-foto artistik yang dibat sendiri.

Salah satu foto di blog Mbak Tya.
Satu hal menarik yang saya dapatkan di blog Tya adalah bahwa ternyata face mist (salah satu jenis perlengkapan kecantikan khusus untuk wajah) bisa juga dibuat sendiri. Kudet benar saya ini. Selama ini saya kira yang seperti itu hanya didapatkan dari penjual-penjual kosmetik saja. Padahal tidak demikian, teman-teman!

Tya, di postingan berjudul [DIY] Acne Green Tea Face Mist memaparkan proses pembuatan face mist berbahan dasar teh hijau. Face mist ini disemprotkan ke wajah. Fungsinya untuk mengatasi kulit berjerawat, pori-pori besar, berminyak, dan komedoan. Komposisinya dijelaskan dengan lengkap. Bagaimana hasil percobaan Tya terhadap kulitnya pun diceritakan, berikut saran-saran agar mereka yang berniat membuatnya bisa berhasil melaksanakan percobaan membuat face mist.

Satu keunggulan blogger yang memiliki niche tertentu seperti Tya ini adalah kemampuan membuat tulisan yang akan selalu dicari orang terasah terus dari waktu ke waktu. Lebih mudah pula membuatnya ditemukan di mesin pencari karena kata kunci yang sama senantiasa berulang.

Melihat-lihat blog Tya ini sedikit menggoyahkan keyakinan diri saya. Untungnya cuma sedikit. Kalau banyak, mungkin saya sudah berubah haluan menjadi Indonesian beauty blogger. Beauty blogger? Tak mungkinlah ... Beauty blogger is really not me. Walau salut pada totalitas ngeblognya Tya, saya kembali ke pendirian semula. Akan tetap menjadi blogger seperti apa adanya saya sekarang ini. Saya ingin bisa menikmati ngeblog dan beginilah saya menikmatinya, seperti selama ini yang saya lakukan.

Makassar, 12 Maret 2016


Dengan dipostingnya tulisan ini, tuntas pula tugas yang harus saya setor di Arisan Link Blogger Perempuan Kelompok 4, putaran pertama. Sukses buat Mbak Tya. 







Share :

35 Komentar di "Here She is ... Indonesian Beauty Blogger ..."

  1. Kagum sama beauty blogger bisa menempatkan produk dengan hasil foto yang cantik2, pasti membutuhkan kreatifitas

    ReplyDelete
  2. sementara niche blog saya adalah curhat blogger, blog saya yang berniche tekno saat ini malah jadi jarang update. padahal dulu itu merupakan pendulang trafik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah sayang, diaktifkan lagi blog teknonya, Mas

      Delete
  3. Kalau saya sekarang sih lebih minat sama Food Blogger.

    ReplyDelete
  4. Kalau bicara soal niche blog, saya hanya bisa nopang dagu *sambil lirik blog sendiri ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi sudahlah, ngeblog apa adanya diri sendiri :)

      Delete
  5. saya juga salut pada teman2 blogger punya niche blog.. Mereka konsisten, hebat :)

    ReplyDelete
  6. Mbak Niar udah punya brand sendiri blognya ngga perlu nici-nici itu deh mbak :)

    Kalau nici saya : kapal kebalik terus pecah hehe

    eniwe, saya salut pada para blogger yang punya nici khusus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha nici kita sama2 gado2, Mbak ... ya sudahlah menjadi diri sendiri saja :)

      Delete
  7. iya bener salut sama blogger yang punya tema tersendiri, saya ngeblog banyakan nyeracaunya hihihi

    ReplyDelete
  8. WAlaupun belum bisa update secara berkala namun tetap dalam satu niche :D Hehehe. Semoga bisa menjadi lebih baik lagi..

    ReplyDelete
  9. Blog saya masih mencari jati diri, masih suka nulis blog kayak nulis diary.... ckkkcc

    ReplyDelete
  10. Klo sy yg ditanya nici2 blognya apa? Ampuuuunn, betapa randomnya sya. Hahahha

    ReplyDelete
  11. Wkwkwk, niche ku juga embuh opo mba.

    ReplyDelete
  12. uwuwuwu blogger beauty kece :3 udah punya tema sendiri buat ngeblog :D aku mah masih diary asal-asalan aja :D wkwkkw

    ReplyDelete
  13. kalau kebanyakan GA boleh gak ya disebut berniche GA...iya lho saya salut sama mereka yang blognya berniche.

    ReplyDelete
  14. Waaah aku juga kurang konsisten kalau soal ngeblog, malah jadi gado-gado sih blognya :D

    ReplyDelete
  15. jadi ikut bertanya mak, niche blog saya apa ya? karena meskipun blog petualangan Za & Ra cerita tentang anak, tp jarang sekali ngangkat teori2 tumbuh kemabgn pure cerita2 narsis sama anak :D

    ReplyDelete
  16. Blogger beauty.. hiiii asik juga ya.. sukses buat blogger beauty

    ReplyDelete
  17. Blog dengan nama domain nama sendiri, lebih cenderung ke personal blog Bu. Jika ingin niche biasanya domainnya sesuai dengan nichenya. Saya lihat beberapa blog dari luar memerka memiliki personal blog juga memiliki niche blog.

    Blognya Mugniar.Com saya pikir lebih cocok dijadikan personal blog. Jika ingin membuat niche blog nanti buat aja lagi Bu.

    ReplyDelete
  18. Semangat Mba, apapun niche blog nya, tulisan mu pasti tetep dibutuhkan banyak orang diluar sana kok :)

    ReplyDelete
  19. Niche blog saya apa ya? wkwkwkwk.. niche gado-gado sepertinya :D

    ReplyDelete
  20. mbak Tya emang top, aku suka banget mampir ke blognya sekarang :)

    ReplyDelete
  21. Aku juga masih blom bisa menentukan niche nih. Masih galau kuadrat.

    ReplyDelete
  22. Sama niyh mba, saya sendiri blognya ga punya niche seperti mba Tya. Apa aja sepanjang saya senang dan tertarik ya saya tulis. hehehehe.

    ReplyDelete
  23. haturnuhun teh...
    Ilmu baru untuk saya.

    *masalah niche

    ReplyDelete
  24. Apapun niche blog-nya mbak, yang penting jangan sampai sisi fun-nya hilang. Itu yang paling penting....

    Terima kasih banyak atas tulisannya ya. ^.^

    ReplyDelete
  25. Hahahaa..aku ngakak baca niche blognya Kak Niar, panjangnya ngalahin kereta ya Kak :D. Aku juga huhu..nggak tau niche blognya apa. Gado-gado pokoknya lah. Semoga bisa mencontoh Kak Niar untuk 'keep blogging and keep sharing' ya Kak :)

    ReplyDelete
  26. semoga barokah :D dan ttp istikhomah

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^