Belajar Tahfizh Harga Terjangkau di Pondok Tahfizh Darul 'Ulum

Mencari sekolah Islam, termasuk yang mengajarkan anak-anak menghafal al-Qur’an di zaman ini gampang-gampang sulit. Gampangnya, karena makin banyak orang atau kelompok yang menyelenggarakan sekolah tahfizh (menghafal) al-Qur’an. Sulitnya, karena mirip-mirip dengan sekolah swasta Islam yang sekarang banyak tumbuh, untuk belajar di beberapa sekolah tahfizh biayanya mahal. Untuk masuk saja, ada yang sampai harus membayar sebesar sepuluh juta rupiah. Yang bisa masuk dengan mulus hanyalah orang-orang berkantong tebal. Lantas, bagaimana dengan orang-orang yang keuangannya pas-pasan?

Inilah salah satu hal yang memicu terbentuknya Pondok Tahfizh al-Qur'an Putri Darul 'Ulum di jalan Sunu, kompleks Unhas Barayya blok P14 A. Pondok yang menempati bangunan 2 lantai dengan ukuran sekitar 300 meter persegi ini baru dibuka 4 bulan yang lalu. Jumlah santri yang baru masuk ada 10 orang. Total santri sekarang ada 16 orang.


“Alhamdulillah selama 4 bulan berjalan sudah ada 2 santri yang hafal 10 juz, yang paling minimal hafalannya 5 juz. Santri-santri lain hafalannya 5 – 10 juz. Insya Allah akan dibuka program untuk setingkat SD, SMP, dan SMA,” tutur ustadzah Zulkhaeryah Ka'bah – salah seorang pengajar di Pondok Tahfizh Darul 'Ulum kepada saya via inbox Facebook. Untuk yang setingkat SMP target hafalan 30 juz, dan setingkat SMA target hafalan 30 juz (SMP dan SMA diasramakan).

Lebih jauh, Zulkharyah menjelaskan bahwa pondok tahfizh ini menerapkan konsep pola asuh (didik) nabawi dengan program pendidikan informal setingkat SD (5 sampai dengan 12 tahun) dengan waktu belajar mulai pukul 8 - 12.30 (target 6 juz). Untuk SD Tahfizh, insya Allah tahun ini buka untuk anak usia 6 - 12 tahun, targetnya hafalan 8 juz selama 6 tahun, menerima siswa pindahan, berijazah, dan bersertifikat.

Kegiatan di Pondok Tahfizh Darul 'Ulum. Sumber foto: Zulkhaeryah
Saat saya menanyakan, apa keunggulan Pondok Tahfizh Darul ‘Ulum dibandingkan dengan pondok-pondok lainnya, Zulkhaeryah mengatakan:
  • Insya Allah sekira 2 tahun khatam hafal 30juz (SMP).
  • Ekstrakurikuler keputrian dan entrepreneur.
  • Biaya terjangkau dibandingkan yang lain.
  • Life skill akan bisa menjadi mandiri.

Selain itu, pendirian pondok ini terinspirasi pula oleh kemuliaan akhlak serta kecemerlangan para ilmuwan dan tokoh islam seperti Ibnu Sina, Ibnu Rusydi, Ibnu Khaldun, Ibnu Bathuthoh, Alfatih dan lain-lain. Mereka, di samping hafal al-Qur'an, juga merupakan ahli di bidang lain seperti ilmu tafsir, hadits, dan fiqh. Mereka pun memiliki prestasi gemilang dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi umum, seperti ahli kedokteran, astronomi, fisika, matematika, dan panglima di usia muda.


Zulkhaeryah dan H. Muslimin selaku pendiri pondok, juga Maipa Diapati dan Aisyah selaku pengajar, berharap kelak pondok ini melahirkan generasi Qur'ani, berakidah lurus, berilmu luas, dan berakhlak. Adapun tujuan penyelenggaraan Pondok Tahfizh Darul 'Ulum adalah untuk mengembangkan sekolah berbasis al-Qur’an, bahasa Inggris, dan bahasa Arab yang mengutamakan kualitas dengan biaya terjangkau. Proses belajar-mengajar diselenggarakan secara menyenangkan, kreatif, dan inovatif, termasuk bahasa Arab dan Inggris.

Umat Islam meyakini al-Qur’an sebagai  cahaya maka pendiri pondok ini mengharapkan insya Allah ilmu-ilmu lain akan menjadi mudah dipahami bila anak telah hafal Qur'an. “Kurikulum dari kami sendiri yang menyusunnya namun anak-anak tetap mempelajari kurikulum Diknas yang di-UAN-kan. Lulusannya akan berijazah Diknas informal. Program unggulan kami adalah pendidikan iman, tahfizh al quran, bahasa Arab, dan bahasa Inggris,” demikian paparan Zulkhaeryah, menjawab pertanyaan saya tentang kurikulum pondok tahfizh ini.


Semangat yang luar biasa dari para pendiri dan pengajar Pondok Tahfizh Darul ‘Ulum ini patut mendapatkan dukungan. Di zaman ini, penyelenggaraan pendidikan swasta membutuhkan biaya yang besar. Bagaimana supaya balik modal, bagaimana supaya penyelenggara mendapat keuntungan, dan guru mendapatkan gaji yang layak, merupakan pemikiran yang membuat penyelenggaraan pendidikan swasta, termasuk yang berbasis agama biayanya tak murah.

Namun Pondok Tahfizh Darul ‘Ulum ini berani melawan arus dengan mengusahakan biaya yang dikeluarkan orang tua santri tidak sebesar bila mereka memasukkan anaknya ke pondok-pondok tahfizh lainnya. Saat ini sebagian santri berasal dari keluarga kurang mampu, mereka membayar seadanya, di bawah standar yang ditetapkan Darul ‘Ulum. Kelak pun kalau ada siswa dari keluarga tak mampu atau anak yatim yang ingin mendaftar, akan diberikan diskon asal menyertakan surat keterangan tidak mampu. Dengan demikian, tentunya pondok tahfizh ini memerlukan tambahan biaya dari para donatur. Kalau Anda berminat menjadi donatur, silakan hubungi nomor ustadzah Zulkhaeryah ini: 082349592128.

Makassar, 15 Maret 2016


Fan page  Facebook Pondok Tahfizh Darul ‘Ulum, Makassar:  https://www.facebook.com/Pondok-Tahfidz-Darul-Ulum-Makassar-201750530186227/?fref=ts


Share :

21 Komentar di "Belajar Tahfizh Harga Terjangkau di Pondok Tahfizh Darul 'Ulum"

  1. Bagus ya, mba. Alhamdulillah anakku juga sekolah di sekolah Islam yang mendukung untuk hafal Al Quran.

    ReplyDelete
  2. betul mba, biasanya masuk pesantren semakin pesantren tsb banyak peminatnya semakin mahal. Semoga pesantren ini tdk demikian ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak Santi, semoga pondok ini bisa konsisten dan segenap pendiri, pengurus, dan pengajarnya diberikan kelapangan hati dan berkah untuk senantiasa ikhlas.

      Delete
  3. Setuju mbak Niar, sebenarnya banyak anak dari kalangan tidak mampu yang justru pandai, kalau mereka harus bayar mahal pasti tidak sanggup. Semoga Pondok Tahfizh Darul Ulum bisa memfasilitasi dan meringankan biaya mereka ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga, akan lahir generasi2 yang berilmu dari pondok ini, ya Mbak Anjar

      Delete
  4. Salut banget saya sama yang telah dilakukan Pondok Tahfizh Al-Qur'an Darul 'Ulum. Semoga semakin berkembang dan penuh keberkahan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin aamiin ya Rabb. Terima kasih Mas Azzet.

      Delete
  5. Senangnya kalau putra atau putri kita jadi penghafal quran ya mak :)

    ReplyDelete
  6. masyaAllah, semoga diberi kemudahan oleh Allah.

    ReplyDelete
  7. waah di sin sekolah2 yang begini mahal2 tarolah pesantren (boarding school kerennya).
    senengnya ya Pondok Tahfizh Al-Qur'an Darul 'Ulum, moga selalu diberikan kemudahan ya mak niar :D

    ReplyDelete
  8. DI daerah sy ada Rumah tahfidz yg lumayan ramai. Bahkan santrinya sampai indent gegara banyak peminat tapi ustadz-ustadzahnya terbatas. Sepertinya animo masyarakat buat membekali anak dgn hafalan Qur'an makin besar ya Mak.

    ReplyDelete
  9. Pesantren yg mahal biayanya itu kalau saya perhatikan karena fasilitasnya sih mbak, bukan karena sudah banyak peminatnya atau bukan. Damn memang kebetulan pesantren yg sudah mapan dg segala fasilitasnya banyak peminatnya maklum masyarakat kita terlalu takut anaknya terlantar di pondok jika fasilitasnya tidak lengkap. Jika pesantren itu menerapkan kehidupan santri yg mandiri seperti memasak, mecuci baju dan bersih bersih tentu biayanya tidak akan mahal.
    Dan Alhamdulillah saat ini memang bermunculan pesantren pesantren yg sederhana seperti ini.

    ReplyDelete
  10. Keren bgt, biayany jg sangat terjangkau... Sayang jauh... Lg galau nih nyari SD buat Jav...

    ReplyDelete
  11. pondok itu ada sekolah umumnya ndak ya?

    ReplyDelete
  12. Tawwa..bagusnya :)
    Kapan hari juga itu pernah baca ada di Telkomas, kalau tidak salah disana gratis. Pengajarnya si ibu yg memang anaknya pun hafidz quran

    ReplyDelete
  13. semoga dengan begini generasi indonesia mendatang jauh lebih baik dari hari ini

    ReplyDelete
  14. Senangnya melihat anak-anak yg shalih/shalihah, hafal qurán lagi... Bersyukur tiada henti.

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah sy bahagia ada ponpes yg biaya terjangkau buat ekonomi bawah,trimakasih buat yg berpartisipasi mendidik smoga konsisten dari segi biaya yg terjangkau bagi yg kurang mampu,Aamiin,Alloh yg membalas nya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^