4 Hal yang Bisa Dilakukan di CFD Boulevard

4 Hal yang Bisa Dilakukan di CFD BoulevardSetelah beberapa kali menyaksikan secara langsung apa saja yang bisa dilakukan di CFD Boulevard, Panakukang Mas, saya rasanya ingin selalu kembali ke sana. Inilah ajang car free day terdekat dari rumah kami. Paling mudah dijangkau, tidak memakan waktu lama dalam perjalanan pergi hingga pulang. CFD Boulevard Makassar selalu saja ramai. Ribuan orang tumpah di sana dengan berbagai tujuan.

Apa yang Bisa Dilakukan di CFD

Berikut hal yang bisa dilakukan di CFD Boulevard:

1. Olahraga

Olahraga, khususnya jalan atau lari bisa dilakukan di CFD Boulevard sebab kendaraan dilarang melintas di area sepanjang kira-kira 2 km. Lumayanlah bisa jalan atau lari berkilo-kilometer asalkan tidak terdistraksi dengan aneka jenis jualan di area CFD. 😆

2. Jalan-jalan Bersama Keluarga

Banyak juga orang membawa anak bayi di stroller (kereta bayi) dan orang tua di kursi roda berjalan-jalan mengitari CFD. Menarik juga. CFD kan hanya sekali sepekan, tidak bisa dilihat tiap hari dan belum tentu bisa didatangi setiap pekan juga. Lebih menarik lagi jika bisa menjadwalkan mendatangi CFD-CFD lain di Kota Makassar ini secara bergilir karena setiap pekan bisa melihat suasana berbeda yang vibes-nya positif.

CFD Boulevard

3. Sarana Bagi UMKM untuk Berjualan

Aneka produk dijajakan di CFD. Mulai dari yang hanya menggelar barang jualan di atas alas seadanya, meletakkan jualan di atas meja kecil, menjajakan sembari keliling, membawa etalase khusus, menggunakan tenda kecil, tenda khusus, membawa sepeda, motor, gerobak, hingga booth yang harus dipasang-bongkar. Bukan hanya aneka makanan dan minuman, aneka jenis pakaian juga dijual, bahkan pakaian dalam. Ada juga sepatu, aneka aksesoris, hiasan dinding, ikan hias, dan mainan anak.

4. Sarana Edukasi

Jika sedang dalam gerakan untuk menyosialisasikan kebaikan, car free day cukup efektif untuk menjadi tempat broadcast edukasi, apapun itu. Menggunakan toa, akan banyak yang mendengarkan. Menggunakan infografis yang dicetak besar, bisa membuat orang-orang lebih aware dan mampir untuk membaca. Membagikan flyer juga bisa dilakukan.

Saya pernah membagikan flyer literasi digital mengatasi hoaks di CFD Boulevard sebanyak ratusan lembar. Andai bawa flyer 1000 lebih dan kuat membagikannya sampai habis, saya kira sebenarnya bisa juga. Cuma harus banyak bersabar jika banyak orang menepis tangan kita ketika tangan terulur hendak memberikan flyer gratis. Nyatanya, tak banyak orang yang rela menerima edukasi topik penting secara gratis! 😅

Terakhir kali ke sana ada sekelompok dokter gigi menggelar sejumlah infografis mengenai kesehatan gigi. Sepertinya cukup efektif karena ada saja pengunjung yang membaca infografis-infografisnya dan bertanya-tanya pada dokter gigi yang ada di sana.

CFD Makassar


Hanya satu yang saya sayangkan: masih banyak orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Ada beberapa kantong kresek besar disebar sebagai tempat sampah darurat namun sampah bertebaran di dekat tempat sampah.

Sayang sekali, di kota ini, di mana-mana masih nemu orang yang membuang sampah sembarangan. Entah kapan kesadaran akan membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan berkembang pada seluruh masyarakat kota ini.

Aktivitas yang ada di CFD memang menarik sekali. Saya jadi tahu banyak produk yang dijual di kota ini. Andai dibarengi dengan kesadaran semua orang untuk menjaga kebersihan, pasti lebih mantap lagi.

Makassar, 29 Mei 2024



Share :

0 Response to "4 Hal yang Bisa Dilakukan di CFD Boulevard"

Post a Comment

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^