Cara Menggugah Kepedulian Anak Menuju Keberlanjutan dan Ekonomi Sirkular

Cara Menggugah Kepedulian Anak Menuju Keberlanjutan dan Ekonomi Sirkular – Dunia saat ini sedang riuh dengan isu “keberlanjutan” yang lazim disebut dengan suistanability dalam bahasa Inggris dan isu ekonomi sirkular. Terkait hal-hal urgent dalam kehidupan manusia, sudah mulai dipikirkan bagaimana kerbelanjutannya kelak, bukan sekadar “berakhir” pada kita, saat kita mati tetapi bagaimana anak-cucu kita bisa hidup dengan layak atau bahkan lebih baik. Bukankah keinginan semua orang adalah agar anaknya berkehidupan lebih baik daripada dirinya?

Keberlanjutan Lingkungan

Apa Itu Berkelanjutan?

 

Menurut Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan (UNCED) tahun 1992[1], definisi keberlanjutan adalah “pengembangan yang memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri, dengan memperhatikan aspek lingkungan, ekonomi, dan sosial secara seimbang“.

Bisa dilihat ya, definisinya menegaskan betapa pentingnya mencapai keseimbangan antara 3 aspek utama, yaitu lingkungan, ekonomi, dan sosial, dalam upaya mencapai keberlanjutan global. Lalu, apakah kita memikirkan 3 aspek dan keberlanjutan dalam mengupayakan anak kita lebih baik daripada kita?

 

Apa Itu Ekonomi Sirkular?

 

Masih nyambung dengan isu sustainability, ada pula isu ekonomi sirkular (circular economy). Ekonomi sirkular adalah konsep memaksimalkan nilai penggunaan suatu produk dan komponennya secara berulang, sehingga tidak ada sumber daya yang terbuang (resource efficiency)[2].

Dalam salah satu artikel di website bi.go.id[3] disebutkan bahwa suatu produk dapat dengan mudah diubah menjadi produk berbeda dengan manfaat berbeda, disesuaikan dengan keinginan konsumen. Pembeda antara konsep ekonomi konvensional atau linear dan ekonomi sirkular adalah bahwa ekonomi sirkular menargetkan hubungan yang seimbang antara pertumbuhan ekonomi yang berkualitas (termasuk well-being) dan batas toleransi regenerasi alam alias ramah lingkungan.

Sampai di sini, terlihat benang merahnya pada aspek lingkungan, kan?

Hal-hal ini membuat saya berpikir, seharusnya menjadi tantangan bersama bagi kita semua untuk mempersiapkan buah hati dalam mencintai lingkungan dan mampu menjadi orang yang bermanfaat bagi lingkungan, minimal untuk dirinya sendiri. Sesederhana membuang sampah pada tempatnya, mengupayakan semaksimal mungkin untuk meminimalkan penggunaan plastik atau menggunakan jasa bank sampah dalam “menyalurkan” sampahnya.

 

Mengajarkan Anak Peduli Lingkungan

 

Fimela.com pernah menayangkan artikel berjudul 8 Cara Mengajarkan Anak Peduli Lingkungan Hidup untuk Masa Depan yang Lebih Baik[4]. Ke-8 cara yang dimaksud adalah:

  1. Memberi contoh, misalnya buang sampah pada tempatnya, memilah sampah, atau bercocok tanam.
  2. Ajak jalan-jalan untuk mengenal alam lebih dekat sembari memberi pemahaman mengenai dampak buruk sampah yang dibuang sembarangan.
  3. Ajarkan melakukan reduce, reuse and recycle. Contohnya menggunakan wadah yang bisa didaur ulang dan menggunakan barang-barang yang bisa digunakan kembali.
  4. Beri tugas harian, semisal dengan mengklasifikasikan barang-barang daur ulang.
  5. Ajak bekerja sama dalam sebuah proyek, contohnya membuat kompos atau taman.
  6. Ajar memanfaatkan air sebaik-baiknya, misalnya menutup keran air segera setelah menyikat gigi.
  7. Ajarkan hemat listrik. Contohnya dengan mematikan lampu ketika berada di luar rumah.
  8. Menyumbangkan barang layak pakai yang sudah tidak terpakai. Ajak pula anak melakukannya sehingga menyadari pentingnya berbagi kepada orang lain yang lebih membutuhkan.

Nah, kedelapan hal ini jika dilakukan secara rutin akan membentuk kebiasaan baik anak terhadap lingkungan. Di samping itu, masih ada satu cara lagi yang bisa digunakan untuk mengenalkan anak pada lingkungan, yaitu bermain game.

 

Permainan Lingkungan (Enviromental Games) di MortgageCalculator.org

 

Akan sangat mudah bagi setiap orang untuk memahami pengetahuan baru jika cara atau metodenya menyenangkan. Bagi anak-anak, mereka sesungguhnya belajar dengan cara bermain, termasuk game elektronik atau video game.

Mortgage Calculator menyediakan banyak online video game wirausaha, bisnis, dan manajemen uang gratis untuk anak-anak, lho. Enviromental game yang bisa mengajarkan anak untuk menjaga lingkungan menjadi salah satu concern-nya juga. Alasannya adalah bahwa lingkungan kerja adalah bagian dari lingkungan alam. Sebagian besar bisnis bergantung pada sumber daya alam untuk sebagian rantai pasokan atau distribusi mereka.

 

Contoh Enviromental Game di Website Mortgage Calculator

 

Ada 5 game online lingkungan yang disediakan Mortgage Calculator saat ini, yaitu: Wind and Solar, Lumberjack Master, Idle Forest, Sort The Trash, dan Twin The Bin. Mari kita lihat 3 di antaranya:

Enviromental Game

1. Wind and Solar

Dalam permainan Wind and Solar, user memainkan bilah kincir dan panel surya (solar panel) dengan tujuan memaksimalkan tangkapan sinar matahari di panel surya dan meminimalkan keberadaan panel surya di bawah awan. Hasil akhirnya menunjukkan berapa besar energi listrik yang dihasilkan. Melalui permainan ini anak dapat belajar mengenai pembangkit listrik tenaga surya.

 

2. Sort The Trash

Cara bermain Sort The Trash adalah dengan menggerakkan tempat sampah dari satu sisi ke sisi lain untuk mengumpulkan barang daur ulang seperti botol, karton, dan kaleng. Gerakkan pula untuk menghindari masuknya baterai, sedotan, kantong plastik, dan barang kompos seperti apel, telur, pisang, atau cangkir kopi dari kertas bekas ke dalam tempat sampah. Jangan sampai luput dalam memasukkan barang daur ulang ke dalam tempat sampah. Jangan pula mengumpulkan barang yang tidak dapat didaur ulang. Melalui permainan ini anak bisa mempelajari jenis-jenis sampah non organik yang bisa didaur ulang dan jenis sampah organik.

Mortgage Calculator

3. Twin The Bin

Twin The Bin mengajak pemainnya untuk memindahkan tempat sampah daur ulang melintasi layar untuk mengumpulkan jenis sampah tertentu yang dapat didaur ulang. Di awal setiap putaran, ada petunjuk tentang jenis sampah apa yang harus dikumpulkan. Dalam  setiap putaran gamer diperintahkan untuk mengumpulkan barang-barang plastik, kaca, kertas, atau organik. Sampah bergerak melintasi bagian atas layar pada sabuk konveyor, di mana 4 perosotan secara berkala mendorong sampah jatuh ke bawah. Pindahkan tempat sampah dari satu sisi ke sisi lain sembari mengumpulkan jenis khusus yang disebutkan pada awal putaran permainan. Hindari memasukkan benda yang tidak disebutkan ke tempat sampah karena akan menyebabkan pengurangan poin. Game ini mengajarkan anak untuk mengenali dan memilah-milah jenis-jenis sampah daur ulang dan mengasah kejelian.

Enviromental Game at Mortgage


Saat ini isu lingkungan memang sudah menjadi bagian dari topik pendidikan di jenjang sekolah dasar namun tak ada salahnya memperkenalkan anak mengenai isu lingkungan ini melalui permainan. Anak-anak yang sudah memahami mengenai pentingnya menjaga lingkungan dan segala aspek terkait lingkungan akan tumbuh menjadi orang dewasa yang peduli terhadap lingkungan.

Tentunya besar peran orang tua dan guru dalam mendukung mereka untuk menjadi orang-orang yang aware dan care terhadap lingkungan. Harapannya, jika sudah menjadi karakter, anak-anak kita akan meneruskan isu keberlanjutan dan ekonomi sirkular yang digaungkan saat ini dan menjadi penjaga bumi dari bencana yang lebih besar. Setuju?

Makassar, 2 Juli 2023


Catatan Kaki

[1] https://palmoilina.asia/sawit-hub/konsep-dan-definisi-sustainable/, diakses 1 Juli, pukul 19:55 WITA.

[2] https://www.bi.go.id/id/bi-institute/BI-Epsilon/Pages/Ekonomi-Sirkular-dan-Anti-Hedonism-Tak-Sekadar-Mimpi.aspx, diakses 1 Juli, pukul 20:00 WITA.

[3] Idem.

[4] https://www.fimela.com/parenting/read/4857313/8-cara-mengajarkan-anak-peduli-lingkungan-hidup-untuk-masa-depan-yang-lebih-baik, diakses 1 Juli, pukul 23:00 WITA.



Share :

17 Komentar di "Cara Menggugah Kepedulian Anak Menuju Keberlanjutan dan Ekonomi Sirkular"

  1. Menyenangkan sekali jika kita mengenalkan pada anak-anak tentang pentingnya menjaga lingkungan dan segala aspek terkait lingkungan melalui aneka game yang fun seperti koleksi game mortgage calculator ini. Semoga anak akan tumbuh menjadi orang dewasa yang peduli terhadap lingkungannya.

    ReplyDelete
  2. Wah menarik ya. Kebetulan aku memang ingin ajarkan anakku agar lebih peduli lingkungan dan agar bisa merawat bumi. Alhamdulillah ketemu tulisan ini

    ReplyDelete
  3. Menarik banget yah, kita jadi bisa mengenalkan dan mengajarkan anak tentang peduli lingkungan melalui kegiatan sederhana dan games2 keren.

    ReplyDelete
  4. Games merupakan cara efektif untuk memberikan suatu pemahaman pada anak dengan menyenangkan. Menarik sekali permainannya, apalagi yang menyortir sampah. Anak jadi tahu macam-macamnya, apakah organik atau anorganik.

    ReplyDelete
  5. Jadi paham sekarang mengenai ekonomi sirkular yang sebenernya adalah demi kebaikan diri kita sendiri dan bumi yang kita tinggali. Untuk memahami literasi keuangan sejak dini, ada baiknya mengenal melalui MortgageCalculator.org.
    Seru dan edukatif.

    ReplyDelete
  6. Bagus banget game nya.. Nanti aku bilang ke anakku kalau dia mau main game. Tapi sebulan ini lagi diskors nggak boleh main hp

    ReplyDelete
  7. wah menyenangkan ya kak ada games edukasi seperti mortgage calculator. org dewasa jg kyknya seru nih mainin gamesnya

    ReplyDelete
  8. Jadi penasaran banget sama game di mortage calculator 😍 kok seru-seru banget gamesnya ya, apalagi ada games tentang peduli lingkungan.. Kudu segera main inih

    ReplyDelete
  9. Penting sekali mengajarkan anak akan kepedulian kepada lingkungan sejak dini..betapa dampaknya besar banget bagi kehidupan

    ReplyDelete
  10. Terima kasih artikelnya mbak, sangat bermanfaat, setuju sekali, pembelajaran mengenai sustainability harus diajarkan pada anak, minimal dari kebiasaan di rumah, bisa dimulai dari mengajarkan pilah sampah dan ternyata banyak ya game2 tentang pelestarian lingkungan, bagus sekali

    ReplyDelete
  11. Setuju sekali, pembelajaran tentang sustainability harus dikenalkan pada anak ya, bisa mulai dengan cara-cara sederhana dari rumah seperti belajar memilah sampah, dll yang disebutkan di atas, ternyata ada game nya juga ya, keren

    ReplyDelete
  12. Pentingnya mengenalkan pada anak menjaga lingkungan sejak dini yaa mbak. Ternyata ajak anak jalan-jalan pun bisa salah satu caranya.
    Buat anak-anak yang sudah bisa bermain gadget, boleh juga pilihan permainan yang bisa menjadi edukasi. Nice info mba

    ReplyDelete
  13. banyak cara dan metode yg bs dilakukan

    agar anak juga peduli dgn kondisi bumi.

    makasiii sharing nya kakaaa

    ReplyDelete
  14. wah game yang sangat bermanfaat ya ini mbak untuk mengenalkan anak-anak kita konsep memilah sampah dan usaha menjaga lingkungan

    ReplyDelete
  15. Anak anak bisa mulai diajak untuk lebih aware tentang lingkungan ya mbak
    Berkenalan juga dengan ekonomi sirkular

    ReplyDelete
  16. Pengetahuan baru buat saya tentang ekonomi sirkular yang ternyata bertemen akrab dengan lingkungan, ya, Mba. Saya juga udah nyobain game Wind and Solar. Keren, ya dari ngegame di sini,. Pengguna juga bisa sekaligus belajar tentang lingkungan. Salut, deh, buat developer-nya.

    ReplyDelete
  17. baru kenal aku dengan istilah ekonomi sirkular. konsep ini bagus banget, gimana caranya kita bisa memaksimalkan nilai penggunaan suatu produk. kan kadang apa2 beli, rusak sedikit ga diperbaiki, malah beli yang baru xD hehe

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^