Cara Cepat dan Cara Sehat Masak Nasi di Rice Cooker

Cara Cepat dan Cara Sehat Masak Nasi di Rice Cooker – Masak nasi di rice cooker menjadi andalan dalam memasak makanan pokok masa kini. Saya tahu sekali betapa lamanya memasak nasi dengan dandang zaman dulu. Harus sebentar-sebentar ditengok, cukup menyita waktu. Beda dengan rice cooker yang bisa ditinggal.

Cara Cepat Masak Nasi di Rice Cooker

Cukup masukkan beras, air, tekan tombol – sat set sat set, beres. Saat mau makan, nasi sudah bisa disendok dari rice cooker. Yang penting perangkat ini masih berfungsi bagus dan jangan lupa menjalankan salah satu prosedur, khususnya part akhir. Misalnya, kalau lupa tekan tombol on, niscaya beras akan terendam membisu sampai pelaku menyadari keberadaannya belum mewujud menjadi nasi. 😂

Setelah sekian tahun masak nasi menggunakan rice cooker, suami saya menemukan cara cepat masak nasi di rice cooker. Usai mendapatkan informasi di internet, dia menceritakan kepada saya, langsung saya praktikkan deh. Caranya adalah dengan menggunakan AIR PANAS atau AIR MENDIDIH.

 

Cara Cepat Masak Nasi di Rice Cooker

 

Memasak nasi di rice cooker dengan menggunakan air mendidih atau air panas memiliki beberapa manfaat potensial, antara lain:

1. Mempercepat Proses Memasak

Menggunakan air mendidih untuk memasak nasi bisa mempercepat waktu memasak karena nasi akan langsung terkena panas yang tinggi saat dimasukkan ke dalam rice cooker. Ini dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk memasak nasi, berguna terutama dalam situasi di mana kita membutuhkan nasi dalam waktu singkat.

2. Memastikan Suhu yang Tepat

Air mendidih memiliki suhu yang lebih tinggi daripada air biasa atau air suhu ruangan. Ini dapat membantu rice cooker mencapai suhu yang tepat lebih cepat dan memasak nasi secara merata.

3. Menghasilkan Tekstur Nasi yang Lebih Baik

Proses memasak nasi dengan air mendidih bisa memberikan hasil akhir yang lebih baik dalam hal tekstur. Nasi mungkin lebih lembut dan lebih berasa karena proses memasak yang lebih efisien dan cepat.

4. Mengurangi Risiko Kontaminasi

Air mendidih memiliki sifat sterilisasi alami yang bisa membantu mengurangi risiko kontaminasi mikroba dalam nasi. Meskipun nasi akan dimasak pada suhu yang tinggi dalam rice cooker, menggunakan air mendidih dari awal dapat menambah lapisan perlindungan tambahan terhadap kontaminasi.

Namun demikian, perlu diingat bahwa meskipun ada beberapa manfaat menggunakan air mendidih untuk memasak nasi di rice cooker, cara ini mungkin tidak berbeda secara signifikan dari menggunakan air biasa dalam hal hasil akhir. Selalu pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan rice cooker dan memasak nasi dengan benar untuk hasil terbaik.

 

Cara Sehat Masak Nasi di Rice Cooker

 

Rice cooker pada umumnya sama, terkecuali ada yang membedakan pada salah satu fungsi kerjanya yang menyebabkan nasi yang dihasilkan menjadi lebih sehat. Mengapa sekarang banyak orang peduli pada hubungan antara alat masak nasi canggih ini dengan kesehatan?

Penyebabnya adalah nasi memiliki indeks glikemik tinggi, hal ini berarti dapat mengakibatkan cepatnya peningkatan kadar gula darah. Salah satu fakta kesehatan menyebutkan bahwa Indonesia menjadi salah satu dari 10 negara yang memiliki pengidap diabetes di dunia.

Salah satu faktor risiko utama diabetes melitus adalah pola konsumsi nasi putih secara berlebihan. Nasi putih memiliki tingkat gula yang tinggi, yang berpotensi meningkatkan kadar gula dalam darah. Angka indeks glikemik nasi putih adalah 73, bandingkan dengan nasi dari beras merah yang memiliki angka indeks glikemik 55.

Sekai CMW 522 Serela
CMW 522 Serela

Tentunya, jika ada rice cooker yang mampu mengurangi kadar gula hingga 50%, semua orang pasti mau, bukan karena bisa menjalankan gayahidup sehat? Kabar baiknya, rice cooker demikian sudah ada!

Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela (family size) dan CMW 720 LS Serela (personal size) merupakan produk terbaru dari SEKAI yang dilengkapi dengan teknologi low sugar yang revolusioner. Teknologi ini mampu mengurangi kadar gula yang terbentuk pada nasi hingga 50%. Caranya adalah dengan memisahkan air tajin yang mengandung kadar gula tinggi dari nasi.

Hal ini menghasilkan nasi yang lebih pulen, lebih enak, dan lebih sehat – menjadikannya pilihan yang optimal bagi individu yang peduli dengan kesehatan dan ingin mengurangi risiko diabetes.

 

Produk Terbaru Sekai Rice Cooker

 

Belum lama ini, Sekai memperkenalkan produk rice cooker terbaru yang dilengkapi dengan teknologi rendah gula. Teknologi ini diklaim sebagai yang pertama di Indonesia.

Rice cooker Serela CMW 522 LS memiliki dimensi yang besar, sesuai untuk penggunaan keluarga, sedangkan Serela CMW 720 LS yang lebih kecil cocok untuk penggunaan pribadi. Kedua model ini dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan pemisahan air tajin yang kaya gula dari nasi.

Deskripsi Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela

Merupakan low sugar rice cooker yang baik untuk kesehatan yang dilengkapi sekring pengaman. Diperlengkapi dengan tombol digital. Memiliki 8 fungsi memasak, yaitu: memasak nasi, nasi rendah gula, bubur, kue, yoghurt, sup, bubur bayi, dan menghangatkan makanan. Rice cooker jenis ini juga dilengkapi dengan pengukus berbahan stainless food grade yang  tahan lama. Pancinya berkualitas, anti lengket, dan tahan gores. Tersedia dalam 3 pilihan warna (hitam, merah, dan kuning).

Deskripsi Sekai Rice Cooker CMW 720 LS

Merupakan low sugar rice cooker yang baik untuk kesehatan, dilengkapi dengan sekring pengaman. Memiliki banyak fitur memasak, yaitu: memasak nasi, nasi rendah gula, bubur, sup, kue, dan menghangatkan makanan. Rice cooker jenis ini juga diperlengkapi dengan pengukus berbahan stainless yang food grade nan tahan lama. Pancinya dilengkapi dengan lapisan anti lengket. Tersedia dalam 4 pilihan warna: hitam, pink, hijau, ungu.

CMW 720 LS Serela
CMW 720 LS Serela 

Fitur Canggih Rice Cooker Sekai Terbaru

Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela dan CMW 720 LS Serela ini memiliki fitur-fitur nan canggih yang memudahkan dalam memasak. Berikut fitur-fiturnya:

  • Pengukus Stainless Steel: memasak makanan dengan cara yang lebih sehat.
  • Sekring Pengaman: melindungi rice cooker dari kerusakan akibat arus pendek yang berbahaya bagi perangkat elektronik.
  • Panci  Nanotech Anti Lengket: mencegah nasi menempel dan food grade (bebas PFOA & PFOS).
  • Anti Basi: tidak perlu khawatir selama 24 jam nasi berada di dalam rice cooker, garansi ganti unit baru.
  • Smart Auto Cook: pengatur waktu saat mulai memasak, penundaan hingga 6 jam (tipe CMW 522 LS Serela).

Harga Rice Cooker Sekai Terbaru

#SekaiRiceCookerLowSugar terbaru tersedia dalam varian-varian yang memiliki kapasitas dan harga yang berbeda-beda. Kedua produk ini dapat dibeli melalui online dan offline shop terpercaya di seluruh Indonesia.

  • CMW 522 LS Serela: Kapasitas 2 liter, harga Rp 550.000
  • CMW 720 LS:Serela Kapasitas 1 liter, harga Rp 450.000

Kedua produk ini bisa dibeli di official online shop di sejumlah marketplace, salah satunya di https://bit.ly/43F7JsF. Untuk lebih jelasnya mengenai varian-varian rice cooker dari Sekai dan aneka produk lainnya bisa dibaca di website sekaihome.co.id.

Makassar, 3 April 2024




Share :

6 Komentar di "Cara Cepat dan Cara Sehat Masak Nasi di Rice Cooker "

  1. Belum pernah coba rice cooker sekai ini, namun pernah mengulasnya di blog. Memilih rice cooker emang patut mempertimbangkan banyak hal seperti kesehatan, review, dan validasi klaimnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan ternyata sekarang ada rice cooker yang memperhatikan unsur kesehatan ya, Ella.

      Delete
  2. Ibu saya juga kena diabetes. Sekarang beliau makan nasi dari yg dimasak tradisional lho, bukan dari hasil memasak rice cooker.
    Buat praktis dan sehat rice cooker nya produk Sekai ini ya

    ReplyDelete
  3. Wah keren Sekai rice cooker kak. Ada garansi anti basi ya. Bahkan langsung tukar unit baru kalo sempat dalam 24 jam nasi basi.

    ReplyDelete
  4. Saya suka tampilan rice cooker sekai ini.
    Paling keren warna biru, eh tosca?
    Apalagi bikin low sugar ya jadinya nasinya.
    Cocok buat orang yg kemungkinan ada DM, dan juga yang mau diet

    ReplyDelete
  5. Rice cooker sekarang canggih ya, bisa untuk menjaga kesehatan

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^