Tips Memilih Obat Sakit Gigi Anak

Tips Memilih Obat Sakit Gigi AnakSemua dokter gigi dan artikel kesehatan pasti mengatakan bahwa anak-anak seharusnya dibiasakan untuk tetap menjaga kebersihan gigi sejak kecil agar kesehatan giginya terlindungi. Kebiasaan baik ini bisa orang tua, utamanya ibu lakukan pada saat gigi pertama sang buah hati mulai tumbuh. Hal semikian sangat bisa membantu anak terhindar dari sakit gigi. Sebagaimana yang dikatakan para dokter gigi anak, sakit gigi bisa berawal dari cara membersihkan gigi yang salah.

Sakit Gigi pada Anak

Kalau anak sudah terlanjur sakit gigi, orang tua akan kesulitan mengatasinya. Jika terjadi maka obat sakit gigi anak harus dicermati dan dicek dengan seksama sebelum diberikan kepada anak, sebagaimana dalam meilih obat lain seperti memilih obat demam yang sesuai untuk anak.

 

Tips Memilih Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Anak

 

Memilih obat yang tepat untuk meredakan sakit gigi pada anak memerlukan perhatian khusus. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih obat sakit gigi yang aman dan efektif untuk anak:

1. Konsultasikan dengan Dokter

Tips memilih obat sakit gigi anak yang pertama yaitu konsultasikan dengan dokter anak atau apoteker Anda sebelum memberikan obat apa pun. Dengan konsultasi Anda akan diberikan panduan berdasarkan kondisi kesehatan anak dan jenis obat yang sesuai. Sehingga Anda tidak perlu khawatir saat memberikan anak obat.

2. Pilih Obat yang Dikhususkan untuk Anak

Pilih obat sakit gigi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Pastikan membaca label dengan teliti untuk memastikan bahwa dosis dan bahan aktifnya sesuai dengan kebutuhan anak. Jangan pernah mencoba-coba obat yang tidak disarankan untuk anak atau obat dengan dosis tinggi. Selain bisa berbahaya untuk anak, hal ini juga bisa jadi tidak bisa menyembuhkan sakit gigi anak.

3. Perhatikan Kandungan Bahan Aktif pada Obat

Pastikan bahan aktif dalam obat tersebut sesuai dengan usia anak. Selain itu baca juga keterangan efek samping yang ditimbulkan pada obat. Apakah berbahaya atau tidak. kalau bisa hindari obat yang mengandung aspirin pada anak di bawah 12 tahun.

4. Perhatikan Bentuk dan Rasa Obat

Tips memilih obat sakit gigi anak berikutnya yaitu perhatikan bentuk dan rasa pada obat. Pilih obat yang memiliki bentuk dan rasa yang disukai anak. Obat dalam bentuk sirup atau tablet kunyah dengan rasa yang disukai anak dapat membuat proses pemberian obat menjadi lebih mudah.

5. Pentingnya Obat Topikal

Usahakan memberikan anak obat sakit gigi topikal, seperti salep atau gel. Hal ini dapat memberikan bantuan langsung pada area yang sedang sakit, sehingga lebih mudah meredakan sakit. Sebelum menggunakan obat pastikan juga untuk mengikuti petunjuk pemakaian dengan cermat.

6. Hindari Obat dengan Kandungan Gula Tinggi

Beberapa obat untuk anak mengandung gula, hal ini supaya anak bisa meminum obat tersebut dengan baik. Namun ada juga beberapa yang mengandung gula yang tinggi, Diman kandungan gula yang tinggi dapat berdampak buruk pada kesehatan gigi anak. Sehingga jika perlu carilah obat dengan kadar gula yang rendah atau bebas gula.

7. Perhatikan Alergi atau Reaksi Aneh

Jika anak memiliki riwayat alergi terhadap suatu bahan, pastikan untuk membaca label obat dengan seksama. Jika ada reaksi yang tidak biasa, hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter anak Anda.

8. Ikuti Petunjuk Penggunaan

Tips berikutnya yang paling penting yaitu selalu ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat. Jangan memberikan dosis lebih dari yang dianjurkan, dan pastikan anak mengonsumsinya sesuai jadwal. Buatkan jam minum obat yang sesuai pada saat yang sama.

Jika Anak Sakit Gigi

9. Gunakan Obat Tradisional

Jika memilih obat sakit gigi berbahan herbal atau tradisional, pastikan untuk memahami efek samping potensial dan dosis yang aman untuk anak.

Jika sakit gigi anak tidak mereda setelah penggunaan obat, segera konsultasikan dengan dokter gigi anak Anda untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, orang tua dapat memilih obat sakit gigi anak dengan bijak, memastikan kesehatan dan kenyamanan si kecil.

 

 

Referensi:

  • https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-anak/memilih-pasta-gigi-untuk-anak
  • https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/gizi-anak/cara-agar-anak-mau-minum-obat/



Share :

0 Response to "Tips Memilih Obat Sakit Gigi Anak"

Post a Comment

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^