Rekomendasi Skincare Wajah untuk Cuaca Panas

Rekomendasi Skincare Wajah untuk Cuaca Panas – Skincare adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, terlepas dari cuaca apapun itu namun cuaca panas dapat memberikan tantangan tambahan bagi kulit Anda, sehingga perawatan kulit yang tepat sangatlah penting dengan mencari cara merawat kulit wajah dalam cuaca panas.

Skincare Wajah untuk Cuaca Panas

Mengapa Butuh Skincare Saat Cuaca Panas

 

Cuaca panas yang ekstrem menurut dokter dr.Ismiralda Oke Putranti,Sp.KK. sebagaimana dilansir dari laman situs RRI[1] menyebabkan paparan sinar UV akan semakin tinggi dan lama. Efek langsungnya pada kulit adalah dehidrasi sehingga kulit menjadi kering, bersisik, gatal, bahkan pecah-pecah. Di samping itu, cuaca panas juga dapat menyebabkan meningkatkan produksi keringat serta minyak. Hal ini dapat menimbulkan sumbatan pada pori-pori sehingga menyebabkan biang keringat juga merangsang timbulnya jerawat.

Dalam artikel yang sama disebutkan pula bahwa paparan sinar matahari yang berkepanjangan dapat menaikkan risiko sunburn, penuaan dini, dan timbulnya keganasan pada kulit. Bukan hanya itu, banyak pula penyakit kulit lain yang dapat diperparah oleh panasnya cuaca dan paparan sinar matahari berlebihan, seperti rosasea, polymorphic light eruption (PMLE), psoriasis, dermatitis seboroik, beberapa bentuk dermatitis, dan penyakit autoimun seperi lupus eritematosus.

Penting banget ya mengetahui cara merawat wajah di daerah panas. Well, berikut ini ada beberapa alasan mengapa penting penggunaan skincare saat cuaca panas:

 

1. Dehidrasi Kulit

Cuaca panas dan terik dapat mengakibatkan dehidrasi kulit lebih cepat. Kulit yang kering dapat terasa kasar, kencang, dan mengelupas. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kulit terhidrasi dengan baik dengan menggunakan pelembap yang cocok untuk jenis kulit Anda. Gunakan skincare untuk pekerja lapangan yang tepat jika Anda seorang pekerja outdoor.

2. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari berlebihan dapat menyebabkan kerusakan kulit, termasuk penuaan dini, hiperpigmentasi, dan bahkan risiko kanker kulit. Menggunakan sunscreen untuk cuaca panas dengan SPF yang tepat sangatlah penting untuk melindungi kulit dari sinar UV berbahaya.

Mengurangi kemerahan pada kulit

3. Peningkatan Produksi Minyak

Cuaca panas bisa membuat kelenjar minyak di kulit Anda menjadi lebih aktif. Jika tidak diatasi dengan benar, ini dapat menyebabkan penumpukan minyak, pori-pori tersumbat, dan jerawat.

4. Iritasi Kulit

Suhu panas, kelembapan tinggi, dan keringat dapat menyebabkan iritasi kulit. Perawatan yang tepat dapat membantu mengurangi risiko iritasi dan mempertahankan keseimbangan kulit.

5. Pelembapan Tepat

Produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan seperti niacinamide, Centella asiatica, dan cica dapat membantu menjaga kulit tetap lembap dan sehat, bahkan dalam cuaca panas sekali pun.

6. Pemulihan Kulit Setelah Paparan Matahari

Setelah terpapar matahari, kulit perlu waktu untuk pulih. Produk perawatan yang mengandung bahan seperti Sodium hyaluronate atau Aloe barbadensis dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi.

7. Pelembap dengan Antioksidan

Kulit Anda juga dapat mendapatkan manfaat dari pelembap yang mengandung antioksidan, misalnya Licorice root. Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dihasilkan oleh paparan sinar matahari.

8. Membersihkan Kotoran dan Polusi

Cuaca panas sering kali berarti lebih banyak keringat dan paparan polusi. Membersihkan kulit secara teratur membantu menghilangkan kotoran dan debu yang dapat menyumbat pori-pori. Cari tahu mengenai sabun muka yang cocok untuk daerah panas

×××

Nyata adanya bahwa skincare adalah penting sepanjang tahun, terlebih selama cuaca panas seperti ini, ada tantangan tersendiri yang harus diatasi untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi dari bahaya paparan sinar matahari dan lingkungan eksternal lainnya. Jauh lebih baik mencari skincare yang menyehatkan ketimbang mencari cara memutihkan wajah di daerah panas.

 

Rekomendasi Skincare untuk Wajah Perempuan Indonesia dalam Cuaca Panas Indonesia

 

Perkenalkan Saviosa Hydra Glow Brightening Series. Skincare ini direkomendasikan untuk perempuan Indonesia. Saviosa Hydra Glow Brightening Series merupakan rangkaian produk skincare yang diformulasikan khusus untuk menjadi solusi bagi kulit kusam dan tidak merata, membantu mencerahkan, menyamarkan noda hitam serta menyamarkan bekas jerawat, juga untuk melembabkan kulit secara keseluruhan. Rangkaian ini menggunakan formula yang aman dan efektif, terdiri dari bahan-bahan alami dan teknologi canggih untuk mencapai hasil yang optimal.


Daftar Produk Saviosa Hydra Glow Brightening Series

Saviosa tidak hanya merupakan skincare untuk cuaca panas. Untuk cuaca panas tidak seekstrem ini pun bisa digunakan karena concern untuk membantu mengatasi masalah kulit kering, kulit kemerahan, warna kulit tidak merata, tekstur kulit kasar, dan kulit sensitif – yang menjadi problem yang mudah muncul ketika cuaca panas terik.

Mengapa cocok untuk daerah panas dalam iklim tropis Indonesia adalah karena beberapa manfaatnya bagi kulit adalah menenangkan kulit kemerahan, mengunci kelembapan,  serta mencerahkan kulit. Sebagaimana yang kita ketahui, cuaca panas membuat kulit kemerahan dan sangat membutuhkan kelembapan.

Bisa dipergunakan oleh remaja dan orang dewasa, perlu diketahui rangkaian produk Saviosa ini sudah memiliki sertifikasi BPOM, tidak mengandung alkohol, penggunaan untuk pagi dan malam hari, fragrance free, dan aman untuk semua tipe/jenis kulit.

Berikut ini rangkaian skincare routine dari Saviosa Hydra Glow Brightening Series:

1. Hydra Glow Toner Niacinamide + Licorice (80 ml)

Hydra Glow Toner Niacinamide + Licorice

Hydra Glow Toner Niacinamide + Licorice merupakan toner yang dapat menyeimbangkan pH kulit wajah. Bermanfaat untuk mengurangi tampilan pori-pori, menenangkan kulit kemerahan, mengunci kelembapan, membantu mengatasi warna kulit yang tidak merata, membantu mengatasi kulit kering, menyamarkan noda hitam, dan bekas jerawat, dan mencerahkan kulit.

A. Saran Penggunaan

  • Bersihkan wajah, lalu keringkan.
  • Tuang 2-3 tetes toner ke kapas (bagi pemilik kulit berminyak) atau ke telapak tangan (bagi yang jenis kulitnya kering).
  • Usapkan dengan lembut ke seluruh area wajah dan leher.
  • Dapat digunakan setiap hari (pagi dan malam).

B. Bahan-bahan (Ingridients)

Aqua, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Niacinamide, Butylene Glycol, Glycyrrhiza Uralensis Root Extract, Propylene Glycol, Trehalose, Glycerin, 2-Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Hydroxyethyl Acrylate/ Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Allantoin, Disodium EDTA, Panthenol, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, Ceratonia Siliqua Seed Extract, Sodium Benzoate.

C. Bahan-bahan Unggulan (Star Ingredients)
Niacinamide

Niacinamide/vitamin B3 merupakan antioksidan yang membantu proses regenerasi atau perbaikan sel dan mampu memberikan efek mencerahkan kulit.

Licorice Root

Tanaman akar manis yang mampu melindungi wajah dari bahaya sinar ultraviolet ini manfaatnya antara lain dapat mencerahkan kulit, sebagai antioksidan, dan dapat membantu mengatasi peradangan kulit.

Aloe Barbadensis

Aloe Barbadensis antara lain bermanfaat untuk memperkuat skin barrier, menenangkan kulit kemerahan, melembapkan kulit, menghaluskan permukaan kulit, mengandung antioksidan dan menutrisi kulit.

Sodium Hyaluronate

Sodium hyaluronate adalah emolien yang berfungsi untuk menghidrasi dan melindungi kulit. Manfaat Sodium hyaluronate antara lain adalah menghidrasi, mengurangi peradangan kulit, dan mengurangi kerutan.

2. Hydra Glow Serum Niacinamide + Cica (20 ml)

Hydra Glow Serum Niacinamide + Cica

Hydra Glow Serum Niacinamide + Cica ini merupakan serum dengan formula Niacinamide dan Cica. Produk ini efektif mencerahkan dan merawat warna kulit hingga 96%, menenangkan kulit kemerahan, menghidrasi secara maksimal, menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat, juga menguatkan dan memperbaiki kondisi skin barrier.

A. Saran Penggunaan

  • Tuangkan 3-5 tetes serum di telapak tangan Anda.
  • Usap dengan lembut ke wajah dan leher.
  • Tunggulah selama 1 – 3 menit sampai serum meresap.
  • Dapat digunakan setiap hari, baik di waktu pagi maupun malam.

B. Bahan-bahan (Ingridients)

Aqua, Butylene Glycol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Niacinamide, Propanediol, Dicaprylyl Carbonate, Centella Asiatica Leaf Water, Diethylhexyl Carbonate, Trehalose, Phenoxyethanol, Sodium Polyacrylate, Xanthan Gum, Sodium Stearoyl Glutamate, Glycerin, Allantoin, Inositol, BHT, Disodium EDTA, Sodium Hyaluronate, 1,2-Hexanediol, Ceratonia Siliqua Seed Extract, Sodium Benzoate.

C. Bahan-bahan Unggulan (Star Ingredients)
Niacinamide

Niacinamide/vitamin B3 merupakan antioksidan yang dapat membantu regenerasi sel dan memiliki efek mencerahkan kulit.

Centella Asiatica

Centella Asiatica bermanfaat di antaranya untuk melembapkan, menenangkan kulit, mencegah penuaan, mempercepat penyembuhan luka, dan aneka masalah kulit lainnya.

Aloe Barbadensis

Manfaat dari Aloe barbadensis di antaranya adalah untuk memperkuat skin barrier, menenangkan kulit kemerahan, melembapkan kulit, menghaluskan permukaan kulit, mengandung antioksidan dan menutrisi kulit.

Sodium Hyaluronate

Sodium hyaluronate merupakan emolien yang berfungsi menghidrasi serta melindungi kulit. Manfaatnya antara lain adalah untuk menghidrasi, mengurangi peradangan kulit, dan mengurangi kerutan.

3. Hydra Glow Cream Niacinamide + Ceramide (30 gr)

Hydra Glow Cream Niacinamide + Ceramide

Hydra Glow Cream Niacinamide + Ceramide adalah pelembab berupa moisturizer cream dengan 7X Active Glow yang berfungsi untuk menguatkan dan memperbaiki kondisi skin barrier, mengunci kelembapan, mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat, juga untuk menjaga elastisitas kulit.

A. Saran Penggunaan

  • Ambil krim secukupnya.
  • Oleskan ke wajah dan leher secara perlahan-lahan sehingga produk meresap semua.
  • Tunggu sampai krim meresap dengan baik.
  • Cocok untuk penggunaan setiap hari, di saat pagi ataupun malam.

B. Bahan-bahan (Ingridients)

Aqua, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Niacinamide, Butylene Glycol, Glycerin, Dimethicone, Diethylexyl Carbonate, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Glycyrrhiza Uralensis Root Extract, Tocopheryl Acetat, 2-Phenoxyethanol, Squalane, Bisabolol, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Ethylhexylglycerin, Polysorbate 60, Allantoin, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Pentylene Glycol, Sodium Hyaluronate, Carbomer, Phenoxyethanol, Amodimethicone, Disodium EDTA, Sodium Hydroxide, Sorbitan Isostearate, Triethanolamine, Ceramide NP, Ceratonia Siliqua Seed Extract, Sodium Benzoate.

C. Bahan-bahan Unggulan (Star Ingredients)
Niacinamide

Merupakan jenis antioksidan yang dapat membantu proses regenerasi sel juga berefek mencerahkan kulit.

Ceramide

Ceramide mengisi lapisan terluar kulit sehingga dapat melembapkan, memperkuat lapisan pelindung kulit dari radikal bebas, melembapkan kulit, meningkatkan fungsi skin barrier, dan mengurangi tanda penuaan.

Sodium Hyaluronate

Berfungsi menghidrasi dan melindungi kulit. Sodium hyaluronate bermanfaat antara lain untuk menghidrasi, mengurangi peradangan kulit, dan mengurangi kerutan.

Licorice Root

Tanaman akar manis ini mampu melindungi wajah dari efek negatif sinar ultraviolet. Manfaat licorice untuk kulit di antaranya dapat mencerahkan kulit, sebagai antioksidan, dan mengatasi peradangan kulit.

Tocopheryl Acetate

Tocopheryl acetate terbentuk dari vitamin E dan memiliki kandungan antioksidan tinggi. Manfaatnya adalah untuk mengurangi kerusakan kulit akibat radikal bebas, membantu menjaga elastisitas kulit, dan mempercepat proses regenerasi sel kulit.

Aloe Barbadensis

Aloe Barbadensis bermanfaat antara lain untuk memperkuat skin barrier, menenangkan kulit kemerahan, melembapkan kulit, membantu menghaluskan permukaan kulit, mengandung antioksidan, dan menjadi nutrisi kulit.

Bisabolol

Bisabolol bermanfaat antara lain membantu mencegah terjadinya hiperpigmentasi, menenangkan kulit kemerahan, mencegah jerawat karena memiliki sifat antimikroba. Baik untuk semua jenis kulit bahkan kulit sensitif sekali pun.

Apa yang harus dilakukan pada saat cuaca panas menjadi concern tersendiri saat ini karena cuaca yang sangat ekstrem, berbeda dari tahun lalu. Saking ekstremnya, di beberapa tempat sudah mengalami kekurangan air. Hari ini salah satu mal di Kota Makasasar tutup karena tidak adanya air.

Olehnya itu, penting untuk menggunakan cream yang cocok untuk daerah panas atau skincare untuk cuaca panas. Cuaca panas yang telah berlangsung sekian bulan ini berisiko menimbulkan efek tidak baik bagi kulit kita dan perlu mendapat perhatian sebelum datangnya musim hujan. Untuk melihat informasi di mana mendapatkan Saviosa, klik tombol di bawah ini ya.

Makassar, 20 Oktober 2023



[1] https://www.rri.co.id/purwokerto/daerah/225121/cuaca-panas-yang-ekstrem-dan-dampak-bagi-kesehatan-kulit, diakses 19 Oktober 2023 pukul 21:35 WITA.



Share :

16 Komentar di "Rekomendasi Skincare Wajah untuk Cuaca Panas"

  1. Mantap nih skincare yang cocok buat iklim Indonesia. Mana belakangan panasnya makin ekstrem lagi

    ReplyDelete
  2. Benar banget nih, memang sangat cocok untuk digunakan pada wajah

    ReplyDelete
  3. brand barukah ini mba? karena aku baru dengar, tapi aku kalau cuaca lagi panas2nya gini ya, selalu sedia toner yang aku masukan ke semprotan biar bisa aku semprot kapan aja di mana aja, jadi semacam face mist gitu heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw niacinamide tuh ingredient andalan aku buat kulit panas atau kering, ngebantu banget buat aku

      Delete
  4. Ini yang dicari-cari nih, Cuaca panas begini menggunakan skincare seperti berkejaran dengan munculnya keringat. Penasaran ingin mencoba produk Saviosa yang bahannya Hydra ini.

    ReplyDelete
  5. Waduh cuaca panas berpeluang bikin penuaan dini donk ternyata. Karena aku mau kulit tetap sehat terutama saat cuaca panas yg membahana ini, aku jadi tertarik pakai produk skincare saviosa ini. Makasih review-nya ya mbak Niar.

    ReplyDelete
  6. Cuaca sekarang lagi ekstrim ya, Mbak. Di tempatku perubahannya signifikan sekali. Dari yang maksimal di 25° sekarang bisa tembus ke 34-35°. Bikin mati gaya dan bawaannya mending ngadem di rumah. Itu pun masih mager. Baru ngeh kakau cuaca panas ini bisa menimbulkan penyakit autoimun. Serem

    ReplyDelete
  7. Cuaca sekarang lagi ekstrim ya, Mbak. Di tempatku perubahannya signifikan sekali. Dari yang maksimal di 25° sekarang bisa tembus ke 34-35°. Bikin mati gaya dan bawaannya mending ngadem di rumah. Itu pun masih mager. Baru ngeh kakau cuaca panas ini bisa menimbulkan penyakit autoimun. Serem

    ReplyDelete
  8. Wah saking keringnya sampai mal tutup ya mbak? Di rumahku juga lagi kekeringan air nih mbak.
    Memang kudu pakai skincare yang bisa menghidrasi kulit ya, kalau gak kasihan juga kulitnya jd kering. Sama kalau bisa perbanyak asupan minum air putih.
    BTW di antara produk di atas, aku paling pengen nyobain Hydra Glow Cream Niacinamide + Ceramide kyknya bagus ya buat melembabkan wajah? TFS

    ReplyDelete
  9. Baru tahu kalau ada skincare brand SAVIOSA setelah baca postingan ini. Langsung meluncur ke aplikasi Shopee nih aku untuk cari info promo dari brand skincare SAVIOSA.

    ReplyDelete
  10. Cuaca panas banget, apalagi di lingkungan yang tinggi polusi karena dekat penambangan batu dan pasir bikin kulit kering sampai terkelupas-terkelupas nih aku. Butuh banget skincare yang bisa menenangkan kulit sekaligus melembabkan.

    ReplyDelete
  11. wuah daku membayangkan kesegaran dan bisa lembab deh ya kulitnya pakai tonernya karena punya kandungan Niacinamide + Licorice itu. Dengan begitu kala cuaca panas kulit pun tetap terjaga kelembabannya

    ReplyDelete
  12. cuaca panas dan terik di Indonesia, bisa membuat flek dan noda hitam. Nah skin care dari Saviosa Hydra Glow Brightening Series dapat menjawab masalah-masalah kulit tsb.

    ReplyDelete
  13. Cuaca panas memang luar biasa ya mbak akhir-akhir ini. Untuk merawat kulit wajah memang butuh yang bisa membantu kita untuk tetap melembabkan kulit sekaligus menjaganya dari flek hitam.

    ReplyDelete
  14. iya mba, makin panas dan gerah aja ya sekarang :( kemaraunya ya ampun, merindukan hujan aku, huhu.. daily aku pake sunscreen dan pelembab, tapi pengen cari pelembab sih, kya nya masih terasa kering aja nih wajahku

    ReplyDelete
  15. Cuaca panas ekstrim gini juga menimbulkan banyak masalah kulit jadi wajib banget emang gunakan skincare yang cocok dengan kulit kita. Oh ya baru tahu produk skincare dari Saviosa Hydra Glow ini , seriesnya buat yang varian brightening juga lengkap ya. Bisa jadi pilihan nih

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^