Petualangan Sherina 2: Geregetnya Petualangan Rimba Setelah 23 Tahun

Petualangan Sherina 2: Geregetnya Petualangan Rimba Setelah 23 Tahun – Awalnya berat. Peluang ke Davos, Swiss untuk menghadiri World Economic Forum digantikan dengan perjalanan ke rimba Kalimantan untuk meliput orang utan? Mengomel takkan berarti apa-apa, Sherina tahu itu. Protesnya kepada atasannya di NexTV pun tidak berpengaruh apa-apa.

Petualangan Sherina

Ayah Sherina membongkar barang-barang lama milik Sherina. Ada ransel yang dulu pernah digunakannya berpetualang di hutan bersama Sadam sahabatnya (film Petualangan Sherina 1). Senyum Sherina mengembang melihat barang-barang lawasnya. Dia siap berpetualang ke rimba belantara Borneo.

 

Berpetualang di Belantara Kalimantan

 

Bersama Aryo – rekan kameramannya, Sherina menjalankan tugas sebagai reporter profesional. Perjalanan dimulai di sekretariat OUKAL, sebuah NGO yang bergerak dalam bidang konservasi orang utan Kalimantan.

Orang utan Kalimantan (Pongo pygmaeus) merupakan satwa langka Kalimantan yang terancam punah karena terdesak di hutan habitatnya sendiri. Konservasi orang utan meliputi penyelamatan, rehabilitasi, pelepasliaran orangutan, dan penyadartahuan masyarakat.

Sherina sedang mengamati tulisan-tulisan yang ditempel di dinding sekretariat OUKAL sembari menunggu program manager OUKAL datang. Kue donat bertabur gula halus meninggalkan jejak titik-titik putih di sekitar bibirnya. Agak konyol ketika bertatapan dengan program manager, mulutnya belepotan begitu haha. Betapa kagetnya dia ketika melihat si program manager adalah Sadam, sahabat masa kecilnya yang lama tak berkabar.

Sebagaimana khasnya film-film Riri Riza dan Mira Lesmana, film Petualangan Sherina 2 ini alurnya terasa wajar, sewajar alur kehidupan. Saking wajarnya skenarionya, penonton bisa menikmati sekian lagu yang menjadi bagian dari film musikal ini. Baru masuk sepertiga durasi film, sudah ada beberapa lagu yang disajikan. Serunya pula ketegangan dimulai di sini!

Menariknya, dua tokoh antagonis sudah bisa dikenali di awal film, pada scene ketika Sherina digambarkan sebagai jurnalis yang berkantor di dalam sebuah gedung bertingkat di Jakarta. Pun di awal tugas Sherina dan Aryo meliput konservasi orang utan, secara halus dikenalkan siapa orang dalam yang bermain dua kaki. Dari sini, saya merasa diajak menduga-duga … bila dan bagaimanakah ketegangan dalam film petualangan ini berlangsung?

Sepanjang film saya berdecak kagum. Rapi benar skenario film yang mulanya direncanakan untuk diproduksi dan tayang pada 2020 ini. Mungkin karena mengalami penundaan hingga akhirnya tayang di bioskop mendekati penghujung tahun 2023, film ini menjadi matang ya.

Poster Film PetSher

Sindai

 

Gadis kecil bernama Sindai awalnya saya kira casting penduduk asli Kalimantan. Setelah nonton filmnya dan browsing baru saya tahu siapa pemeran Sindai. Dia adalah Quinn Salman, pencipta dan penyanyi lagu Tiba-Tiba yang viral beberapa waktu lalu. Gadis kecil kelahiran tahun 2010 ini mampu mengimbangi akting para pemain kawakan lawan mainnya. Apik benar aktingnya dalam film ini!

Profil Sindai diperkenalkan sekilas dalam tempelan berita di dinding sekretariat OUKAL yang dibaca oleh Sherina pada awal film. Gadis pemberani ini pernah menyelamatkan Hilda dan Sayu – induk-anak orang utan yang kemudian dilepasliarkan.

Sepertinya karena histori itu, Sindai terus menjaga Hilda dan Sayu dari jauh dan mampu melacak apa yang terjadi pada kedua orang utan ini saat disergap penjahat. Sindailah yang membantu Sherina dan Sadam mengejar para penculik Sayu.

Dia bahkan berani bertindak sendiri dengan keahlian meniup sumpit yang dimilikinya dan menjadikannya senjata lalu menyusup diam-diam ke dalam mobil para penculik. Tegang sekali ketika salah satu tokoh antagonis berniat membawanya pergi karena merasa terancam.

Film Petualangan Sherina 2 Tahun 2023

Petualangan Sejati

 

Petualangan Sherina dan Sadam dewasa setelah 20 tahun petualangan masa kecil benar-benar merupakan petualangan sejati, bukan kaleng-kaleng. Adu fisik seperti saling jotos, lari-larian di hutan, kejar-kejaran dengan kendaraan menggunakan perahu, mobil, dan sepeda motor benar-benar nyata.

Konflik berpusat pada pencurian anak orang utan yang sudah dilepasliarkan di hutan. Konspirasi kejahatan yang melibatkan orang dalam dan penduduk setempat cukup memicu adrenalin. Tak cukup dengan kejar-kejaran dan adu jotos, dalam film ini ada adegan penyekapan dalam sebuah bangunan bekas gudang yang memunculkan siasat cerdik Sadam dan Sherina untuk mengelabui penjahat.

Walaupun agak egois, pertumbuhan karakter Sherina terlihat jelas. Sherina menjadi sosok perempuan tangguh dengan kemampuan bela dirinya, tidak cengeng, dan berani menghadapi tantangan serta risiko. Sadam merupakan sosok dewasa yang memperhitungkan setiap langkah yang dilakukan.

Dalam salah satu adegan kejar-kejaran, saya sempat sebal sama Sherina sebab gara-gara ulahnya yang gegabah, Sayu – anak orang utan yang sudah di tangan lepas lagi. Lalu kemudian ikut terenyuh saat Sherina menyadari kesalahannya dan mencoba menebus kesalahan itu. Sadam yang tadinya marah, kembali untuk membantu Sherina merebut Sayu dan mereka pun bekerja sama lagi.


Tak ketinggalan pula peran “Geng Abadi” – para penjahat penyuka film musikal hitam putih. Tampang saja sangar tapi saling dorong ketika diperintahkan untuk menghabisi Sherina dan Sadam. Postur saja yang kelihatan seram tapi sukanya nonton film musikal tempo doeloe wkwkwk.

Sherina dan Sadam terlihat sebagai couple goal dalam film petualangan ini, dalam artian sebagai dua sahabat yang saling dukung walau sesekali bertengkar. Bisa jadi ada sedikit benih-benih cinta mulai bersemi di film ini dan kelak akan dimunculkan dalam sekuel berikutnya. Who knows? Kesimpulannya, nonton deh selama film ini masih berjaya di bioskop-bioskop seantero Indonesia. Rasakan sendiri keseruannya sebagaimana yang dirasakan 2 juta penonton sejak 7 hari lalu!

Makassar, 23 Oktober 2023



Share :

0 Response to "Petualangan Sherina 2: Geregetnya Petualangan Rimba Setelah 23 Tahun"

Post a Comment

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^