10 Cara Merawat Kulit Wajah dalam Cuaca Panas

10 Cara Merawat Kulit Wajah dalam Cuaca Panas – “Cuaca panas hari ini berapa derajat” menjadi perhatian saya akhir-akhir ini. Memang saya sudah terbiasa dengan cuaca panas di Makassar, termasuk sudah terbiasa tidak menggunakan AC sama sekali tetapi kali ini berbeda. Cuaca panas Makassar saat ini rasanya lebih ekstrem daripada biasanya.

Merawat Kulit Wajah dalam Cuaca Panas

Mau tidak mau, selain menjaga kestabilan emosi dalam situasi hot ini, kondisi fisik juga harus dijaga sebab jika tidak diperhatikan, akan berdampak buruk dan justru menimbulkan esmosi. Merawat kulit wajah dengan baik sangat penting, terutama saat cuaca panas. Suhu tinggi dan paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit kering, iritasi, penuaan dini, dan bahkan potensi risiko kanker kulit.

Tentu jadi pertanyaan cuaca panas di Indonesia sampai kapan dan kenapa akhir-akhir ini cuaca sangat panas? Nah, dari akun Instagram @infobmkg yang merupakan akun resmi BMKG disebutkan bahwa salah satu penyebab cuaca panas seekstrem ini adalah karena sangat rendahnya tingkat pertumbuhan awan, terutama di waktu-waktu siang. Di samping itu, tingkat kelembapan udara di sejumlah wilayah rendah.

Menurut prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, cuaca seperti ini kemungkinannya masih terjadi sepanjang bulan Oktober 2023i di beberapa wilayah. Namun demikian temperatur udara diperkirakan akan berangsur turun di bulan November 2023. Oleh karena itu penting untuk mencari tahu cara perawatan kulit saat “musim panas”.

Bagaimana merawat kulit wajah dalam cuaca panas di Indonesia saat ini … berikut tips untuk merawat kulit wajah dalam cuaca panas:

1. Gunakan Tabir Surya (Sunscreen)

Ini adalah langkah paling penting. Pilihlah tabir surya dengan SPF (Sun Protection Factor) minimal 30 dan pilihlah yang melindungi dari UVA dan UVB. Oleskan di wajah Anda setiap pagi sebelum ke luar rumah, bahkan saat cuaca mendung atau hanya berada di dalam rumah sekali pun sebab paparan sinar matahari dapat menembus sampai ke dalam rumah.

2. Kenakan Topi, Masker Wajah, atau Pelindung Matahari

Topi dengan bulu lebar atau penutup kepala lainnya dan masker pelindung wajah dapat membantu melindungi wajah dari sinar matahari langsung. Jika memungkinkan, kenakan juga kacamata hitam untuk melindungi mata dan kulit sekitarnya dari paparan UV. Bagi muslimah, tentunya jilbab sangat membantu melindungi kepala kita, alhamdulillah.

3. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Cobalah untuk menghindari berada di bawah sinar matahari langsung, terutama di antara pukul 10 pagi hingga 4 sore ketika paparan radiasi sinar matahari paling kuat pada waktu-waktu tersebut.

4. Gunakan Pembersih Wajah yang Lembut

Pilih pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia keras. Hindari penggunaan sabun atau produk yang dapat mengeringkan kulit. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari kandungan pembersih wajah  dari skincare untuk daerah panas yang kita gunakan beserta fungsinya. Pastikan sabun muka yang cocok untuk daerah panas yang kita pilih.

5. Hidrasi yang Cukup

Cuaca panas bikin kulit kering maka minumlah air yang cukup untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Cuaca panas dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat mempengaruhi kulit. Asupan air yang cukup mampu membantu mengatasi kulit kering karena cuaca panas.

6. Gunakan Pelembap

Pilih pelembap yang ringan dan bebas minyak untuk mencegah kulit kering. Jika kulit Anda cenderung berminyak, pilih pelembap yang oil-free.

7. Pilih Produk dengan Bahan Alami

Produk perawatan kulit yang mengandung bahan alami seperti Aloe vera, lidah buaya, atau ekstrak teh hijau dapat membantu menenangkan dan melembapkan kulit. Skincare dengan bahan alami memang yang paling aman buat kulit.

8. Hati-hati dengan Makeup

Jika Anda menggunakan makeup maka pilihlah produk yang ringan dan non-comedogenic (tidak menyumbat pori-pori). Jika produk yang digunakan berbentuk krim maka pastikan merupakan cream yang cocok untuk daerah panas. Ingatlah untuk selalu membersihkan makeup dengan benar sebelum tidur dengan carai double cleansing.

Cuaca Panas Saat Ini

9. Gunakan Produk Antioksidan

Produk yang mengandung antioksidan seperti vitamin C dan green tea dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas akibat paparan sinar matahari. Di samping itu, Anda bisa mengonsumsi bahan-bahan alami yang memiliki kandungan antioksidan juga untuk membantu menjaga kesehatan kulit wajah seperti tomat, saffron, ubi, alpukat, atau semangka.

10. Hindari Pencucian Terlalu Sering

Meskipun penting untuk membersihkan wajah secara teratur dan rasa gerah membuat kita ingin selalu membasahi tubuh dengan air, terlalu sering mencuci wajah dengan produk yang mengandung bahan kimia keras dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Selalu perhatikan kebutuhan khusus kulit Anda. Mengatasi kulit kering karena cuaca panas namun jika Anda memiliki kondisi kulit tertentu atau sensitivitas tertentu, atau permasalahan kulit tertentu akibat cuaca panas saat ini maka konsultasikanlah dengan dokter kulit atau ahli kecantikan untuk saran lebih lanjut agar tak salah langkah dalam memilih produk skincare dan makeup.

Demikian tips menjaga kesehatan di musim panas – khususnya kesehatan kulit wajah yang saya peroleh dari berbagai sumber. Jika ada saran lain, silakan tuliskan di kolom komentar ya.

Makassar, 19 Oktober 2023



Share :

2 Komentar di "10 Cara Merawat Kulit Wajah dalam Cuaca Panas"

  1. Ternyata terlalu sering mencuci muka itu juga tidak baik nih ya, Mbak bagi wajah

    ReplyDelete
  2. Saya sll sedia sunscreen krn sering dapet kerjaan keliling

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^