Pentingnya Studio Streaming Bagi Online Seller

Pentingnya Studio Streaming Bagi Online Seller - Sekarang ini, rugi sekali jika hanya berjualan secara offline, hanya dari toko dengan alamat fisik jika tak memanfaatkan internet untuk jualan online. Di media sosial seperti TikTok, Instagram, Facebook dan marketplace seperti Shopee ramai sekali para seller berjualan online dari kediaman mereka sendiri.

Studio Streaming Bagi Online Seller

Jika pandai memanfaatkan internet, tak ada lagi lokasi toko yang strategis yang bisa dijangkau, biarpun berjualan di dalam gang sempit saja bisa. Untuk pengirimannya pun tinggal memanfaatkan jasa kurir profesional seperti JNE.

Sebagai penikmat live streaming dari para online seller, saya bukan hanya menikmati barang-barang jualan yang dipromosikan walaupun fokus saya pada barang-barang jualannya. Saya juga memperhatikan public speaking si penjual dan bagaimana dia berkomunikasi aktif dengan pemirsanya.

Saya juga memperhatikan ruang streaming yang ditempatinya live streaming. Ada yang terlihat dipoles menarik, ada yang biasa saja, dan ada yang asal-asalan. Meskipun pembeli sepertinya tidak terlalu memperhatikan situasi dan kondisi si penjual dan sekelilingnya, tentunya yang enak dilihat dan didengar bakal menarik pengunjung untuk bertahan lebih lama.

 Memperhatikan seller yang rapi dan berdandan secukupnya tentunya lebih menarik ketimbang melihat seller yang awut-awutan apalagi malas senyum … iya, kan? Begitu pun melihat back ground yang rapi tertata dengan dekorasi kayu yang unik lebih menarik mata daripada latar belakang yang berantakan dengan barang-barang jualan yang diletakkan seenaknya.

Walaupun demikian, saya lebih suka melihat siaran langsung yang tidak banyak menampilkan seller. Cukup setengah saja wajahnya atau hanya tangan saja, itu sudah cukup karena saya mau fokus memperhatikan barang-barang yang dijualnya, bukan melihat derajat kecantikan atau ketampanan si seller.

Barang yang sedang dipromosikan harus terlihat jelas. Warnanya sesuai dengan aslinya, letaknya tidak terlalu dekat atau terlalu jauh sehingga saya bisa membayangkan seperti apa barang yang sedang dijajakannya.

Buat online seller, di internet banyak sekali tips mengenai public speaking yang bisa dijadikan pegangan selama live streaming. Bahkan sudah ada kursus bagaimana berjualan langsung di internet. Teman saya baru-baru ini ada yang bercerita kepada saya, dia mengikuti kursus dan mendapatkan pengetahuan baru mengenai etika berjualan online, salah satunya adalah jangan melibatkan anak-anak.

Teman saya ini juga bercerita, narasumber mengajarkan bagi perempuan ketika mengadakan siaran langsung sebaiknya jangan kelihatan semua wajahnya, cukup separuh saja atau mengenakan masker. Saya langsung nyeletuk, “Saya setuju karena saya cuma mau fokus melihat barang yang dijual, bukan melihat wajah penjualnya.”

Mungkin ada alasan lainnya juga sih ya selain bahwa pemirsa jadi kurang fokus ke barang, melainkan fokus kepada wajah atau postur tubuh penjual. Alasan lainnya adalah menyangkut keamanan digital. Kita tidak tahu seberapa besar risiko seringnya berinteraksi di dunia maya maka sebaiknya kita minimalkan risikonya, salah satunya dengan menjaga identitas pribadi supaya tidak terlalu terekspos.

 

Studio Streaming Mini Bagi Online Seller

 

Mari sepakat menggunakan istilah “studio streaming mini” ya buat spot jualan online meskipun ruang streaming yang ada terlihat belum layak untuk disebut studio namun pada kenyataannya toh spot itu terlihat sebagai studio streaming oleh para penonton. Ada 2 komponen penting dari studio yang dimaksud, yaitu:

 

1. Ruangan

 

a. Kedap Suara?

Inginnya ruangan yang kedap suara agar lalu-lalang kendaraan, teriakan anak-anak tetangga yang sedang bermain, atau teriakan penjaja kaki lima di luar rumah tak terdengar ketika sedang melakukan siaran langsung namun apa daya situasi tak selalu ideal. Jika demikian, cari waktu yang pas saja yang paling minim kebisingan.

b. Ukuran Ruangan Memadai

Tidak butuh ruangan luas jika hanya ingin live di TikTok ataupun Shopee. Ukurannya adalah ukuran portrait dari kamera kita. Coba posisikan diri sebagai penonton dulu sembari mengukur kamera dengan spot luang yang ada di dalam rumah atau dalam kamar kita. Atur jaraknya hingga memadai mengamati barang yang sedang dijual. Pastikan bagian ini sesempurna mungkin sebelum memulai, terlebih jika kita hanya sendiri melakukan siaran langsung. Akan lebih mudah jika ada orang lain yang membantu selama live streaming berlangsung.

Studio Streaming Bagi Online Seller

2. Perlengkapan Ruang Streaming

 

a. Gadget

Gadget yang paling dibutuhkan tentu saja smartphone. Tidak perlu yang terbaru asalkan bisa dipergunakan selama streaming berlangsung. Tidak tiba-tiba mati di tengah jalan, mampu menampilkan produk dengan tampilan bentuk dan warna yang sesuai aslinya. Perhatikan peletakan smartphone, tidak perlu lurus ke badan kita. Badan kita bisa sebagian saja terlihat atau hanya tangan saja. Yang penting barang yang dipromosikan terlihat utuh.

b. Internet

Pilihlah internet yang sinyalnya paling kencang di lokasi siaran langsung. Sebaiknya jangan gunakan mobile internet. Gunakan WiFi karena WiFi lebih bisa diandalkan untuk siaran langsung. Ada banyak pilihan WiFi, silakan pilih sesuai kebutuhan dan kantong, juga yang paling sesuai dengan daerah tempat tinggal kita. Pastikan sinyal kencang WiFi tertangkap oleh gadget yang dioperasikan ketika live streaming.

c. Router

Jika ruangan yang dipergunakan untuk siaran langsung kurang dapat menangkap sinyal WiFi secara maksimal, gunakan router untuk membantu menyebarkan sinyal WiFi secara merata. Bisa jadi dalam satu rumah, penerimaan sinyal WiFi tidak sama pada tiap ruangan. Agar blank spot atau dead spot bisa ter-cover sinyal WiFi gunakanlah router. Saya mau merekomendasikan Nokia Beacon 2. Nah, letakkan router di dalam ruang streaming.

 

Nokia Wifi Beacon 2

 

Perkenalkan, Nokia Wifi Beacon 2 yang merupakan teknologi perangkat WiFi terbaru yang memungkinkan semua bagian rumah terjangkau sehingga tak ada lagi dead spot. Kabar baiknya, Nokia Beacon 2 bisa dipergunakan dengan penyedia layanan internet mana pun di Indonesia dan bisa terhubung ke modem atau gateway apa pun.

Jika ukuran rumah kalian luas atau terbagi ke dalam 2-3 lantai, atau memiliki dinding yang material penyusunnya sulit ditembus sinyal WiFi maka Nokia Wifi Beacon 2 bisa jadi solusi pemerataan sinyal WiFi hingga ke sudut-sudut tersembunyi di rumah kalian.

Nokia Beacon 2

Keunggulan Nokia Beacon 2

 

Yuk simak keunggulan dari teknologi Nokia Beacon 2 WiFi 6 ini:

  • Menyediakan jangkauan Wi-Fi tanpa putus serta memberikan kecepatan maksimal bagi perangkat kita.
  • Melingkupi area yang lebih luas dan mampu menembus penghalang sinyal atau dinding.
  • Meminimalkan tumapng tindih antar jaringan.
  • Pengaturannya cepat dan mudah. Sangat mudah diaplikasikan untuk Beacon ke-2 atau ke-3 sekali pun.
  • Multiple SSID setting-nya memudahkan user membuat beberapa profile sesuai kebutuhan.
  • Memungkinkan banyak pengguna sekaligus bisa mengunggah dan mengunduh data secara bersamaan.
  • Update fitur-fitur barunya rutin sehingga memastikan sistem yang user gunakan selalu yang terbaru.
  • Dapat terhubung dengan mudah hingga 6 unit Nokia Beacon  2 dalam satu aplikasi.
  • Melalui aplikasi bisa menemukan spot terbaik untuk koneksi optimal, kostumisasi SSID, cek coverage, monitoring jaringan, dan parental control.

Keunggulan Nokia Beacon 2

Spesifikasi Nokia Beacon 2

 

Sebelum memutuskan membeliu, boleh nih menyimak dulu apa saja spesifikasi dari Nokia Beacon 2:

  • Dual band Wi-Fi: 2.4 GHz 2+2 MIMO and 5GHz 2+2 MIMO.
  • Wi-Fi capacity: AC1200.
  • Support Multi-User Multiple Input, Multiple Output (MU-MIMO).
  • Ethernet one 10/100/1000Base-T interface with RJ-45 connector for WAN
  • Ethernet one 10/100/1000Base-T interface with RJ-45 connector for LAN side
  • Daya input 12 V DC (external AC/DC adapter). Konsumsi daya: <13 W
  • Target Sleep Time (TWP) meningkatkan efisiensi penggunaan power.

Setelah membaca tulisan ini, bagaimana pendapatmu mengenai pentingnya studio streaming bagi online seller? Saya pikir kita sependapat ya bahwa penting mengadakan studio streaming meski sangat sederhana yang penting rapi dan bisa memperlihatkan dengan jelas barang yang dijual.

Namun demikian yang paling penting bukannya perangkat atau ruangan melainkan kemauan dalam melakukan siaran langsung, konsistensi, dan keinginan untuk terus belajar dalam meningkatkan wawasan dan kemampuan diri. Apa gunanya ruangan dan perangkat tetapi orangnya melempem bukan?

Makassar, 15 Agustus 2023



Share :

13 Komentar di "Pentingnya Studio Streaming Bagi Online Seller"

  1. Wah jadi memudahkan banget nih ya jika menggunakan Nokia Beacon ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ... sinyal WiFi jadi lebih merata, Mbak.

      Delete
  2. Anakku suka ngerengek klo lantai atas suka ilang2an sinyalnya. Akhirnya pake Router, enaknya router nokia beacon 2 ini desainnya keceeee. Jadi gak bingung buat naro dimana supaya keliatan tetep keren. Ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya .... bentuknya bolehlah buat jadi pajangan juga ya :D

      Delete
  3. Keren ini nokia ya sangat memudahkan

    ReplyDelete
  4. Mba tapi satu sisi banyak dan paling sering siaran langsung saat jualan dengan menunjukkan wajahnya secara keseluruhan. Streaming kalau didukung perlengkapan andal, jadi membantu sekali

    ReplyDelete
  5. desainnya Nokia Beacon 2 ini tu keren banget ya mba, sleek gimana gitu dan ga bikin mati gaya karena ga ada internet karena berfungsi dengan baik sebagai router

    ReplyDelete
  6. Nah iya kudu punya studio yang kedap suara, biar ketika live ataupun rekaman video gak masuk suara dari luar. Apalagi punya internet cakep ini, biar makin gercep lagi proses membuat kontennya

    ReplyDelete
  7. Rada rumit juga ya kalau tempat yg digunakan untuk streaming termasuk wilayah yang ramai aktivitas, ada berbagai suara yang bakalan tertangkap hehehee... harus pandai2 memilih waktu streamingnya.

    Naksir sama si Nokia Beacon 2 nya, mbak. Mantap yaaa... daya jangkaunya bisa luas dan lancar meskipun beda ruangan.

    ReplyDelete
  8. Saya baru ngeh soal pentingnya studio streaming ini, ternyata belakangan ini ya emang hits banget ya jual produk via live. Kapan hari iseng-iseng nontonin live gitu, wow rame. Dan emang akses internet yang cepat sangat dibutuhkan di sini

    ReplyDelete
  9. Buat online seller apalagi yang bikin live memang kayaknya lebih oke untuk buat studio streaming ya. Pastinya dengan gadget yang mumpuni dan mendukung, terutama masalah internet. Wah, oke juga nih ka rekomendasinya. Mau coba juga jadinya.

    ReplyDelete
  10. Makin marak ya studio2 mini buat jualan online makin laris, dan memang kuncinya adalah jaringan kenceng. Wah, hadirnya Nokia Beacon ini memudahkan banget mereka apalagi dengan keunggulan-keunggulan yang ada. Makin semangaaat!!

    ReplyDelete
  11. Baru tahu kalau Nokia bikin WiFi juga. Bisa nih buat streaming di rumah

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^