3 Kriteria Live Streaming Seller Idola di Marketplace

3 Kriteria Live Streaming Seller Idola di Marketplace – Akhir-akhir ini perhatian saya lagi tertuju pada para seller yang menyelenggarakan penjualan secara live streaming di marketplace orens. Sudah mencoba belajar cara bertransaksi di ajang live streaming dan mendapatkan gratis 50% saat ada promo membuat saya mulai merasa ketagihan. Beneran murah, Gaes!

Kriteria Seller Idola

Ada sejumlah live streaming dari akun-akun yang berjualan pakaian preloved saya tongkrongin. Selain itu, saya juga menyimak live akun-akun fashion baru lainnya. Maklum mamak 3 anak ini harus memperhatikan kebutuhan semua anggota keluarga yang akhir-akhir ini lagi banyak-banyaknya.

Dua anak terkecil tidak kecil lagi. Mereka masih dalam masa pertumbuhan yang membuat mamaknya ini amazed. Kini saya menjadi makhluk terpendek di rumah ini. Dua anak terkecil tingginya sudah melampaui saya.  Meskipun Afyad baru masuk SMP, saya sudah harus mendongak ketika berbicara dengannya dalam posisi berdiri.

Sepertinya setiap bulan pertambahan tinggi dan bobot keduanya bertambah secara signifikan. Maka dari itu, tak heran jika banyak pakaian berupa atasan, bawahan, dan sepatu sudah harus diganti. Bersyukur ya sekarang mudah belanja online sehingga tak makan waktu lama lagi urusan beli ini-itu.

Terbayangkan masa 30-an tahun lalu, ketika saya menemani ibunda berbelanja. Kami harus turun-naik kendaraan umum dan keluar-masuk toko untuk mencari barang yang benar-benar sesuai kebutuhan dan keinginan. Waktu seharian bisa dihabiskan hanya untuk mencari 1-2 lembar pakaian. Kalau sekarang, satu kali check out, puluhan barang bisa dibeli yang penting punya duitnya.

Sekarang itu, keluar-masuk toko di dunia nyata analoginya sama dengan keluar-masuk online shop di suatu loka pasar atau keluar-masuk siaran langsung dari satu penjual ke penjual lain. Pastinya cara online lebih seru, tidak banyak makan waktu dan bisa disambi kegiatan lain seperti makan, minum, nonton, atau membaca.

 

Kriteria Seller Idola

 

3 Kriteria Seller Idola

Setelah mengamati dalam jangka waktu 3 hari, saya sudah bisa menyimpulkan kriteria seller idola di marketplace, yaitu:

 

1. Memiliki Kemampuan Public Speaking Memadai

 

Tidak perlu bagus-bagus amat, jelaslah kemampuan public speaking seorang seller harus memadai dalam mempromosikan jualannya. Bukan hanya memiliki artikulasi bagus, seller harus mampu menyampaikan deskripsi barang dengan tepat, dan menarik dalam membawa dirinya.

 

2. Memiliki Perangkat Memadai

 

Barang yang sedang dipromosikan haruslah terlihat jelas oleh para calon pembeli sehingga mereka bisa mendapatkan gambaran sejelas-jelasnya mengenai produk tersebut. Dengan lensa dari perangkat memadai hal tersebut dapat terlihat jernih. Berapa lama seller bertahan pun didukung oleh perangkat dengan spesifikasi yang memadai. Jangan sampai terjadi, sedang di tengah streaming tiba-tiba putus karena device tak sanggup lagi.

 

3. Didukung Internet yang Memadai

 

Rasanya gemas ketika sedang berlomba-lomba memilih barang saat menyimak siaran langsung ketika penjual tiba-tiba “membeku”. Kalau ada yang menyampaikan di kotak chat mengenai hal itu, si seller hanya mengatakan, “Keluar dulu, lalu masuk lagi.” Lha, banyak barang bagus lewat, dong. Saya sampai beberapa kali harus keluar-masuk pas saat memilih-milih barang.

Ada juga yang berdalih, “Yang lagi live streaming di Shopee banyak makanya putus-putus.” Mungkin dia tidak mengerti bahwa para seller siaran di tempat masing-masing itu tidak ada hubungannya dengan marketplace tempat mereka bernaung. Jika penonton melihat siarannya nge-lag, itu artinya sinyal dari seller-nya yang sedang tidak baik-baik saja.

Namanya siaran langsung tentunya harus didukung oleh internet yang memadai, bukan? Rasanya ingin memberikan usul kepada para seller itu untuk menggunakan HKM XL SATU Lite. Dengan adanya  modem HKM SATU Lite, bahkan streaming bisa dilakukan di mana saja. Misalnya seller pindah rumah atau kota sekali pun, HKM XL SATU Lite masih bisa dipergunakan.

 

Berinternet Oke di Mana Saja dengan HKM XL SATU Lite

 

HKM XL SATU Lite adalah paket internet rumah super cepat unlimited dengan modem nirkabel di jaringan XL 4G LTE beserta kuota HP besar untuk sekeluarga. Kuota HP besar bisa digunakan bersama hingga 4 orang dengan nomor XL. Untuk mengelola semua kebutuhan internet bisa dilakukan melalui satu aplikasi myXL. Tersedia 2 SIM card XL prabayar dengan fasilitas gratis menelepon dan SMS sepuasnya kepada sesama nomor XL dan AXIS.

 

2 Jenis HKM XL Satu Lite

 

Modem HKM dalam paket XL Satu Lite menggunakan chipset 4G yang mampu mengintegrasikan teknologi pita berbasis frekuensi radio yang menggunakan memori flash sehingga menghasilkan chipset low-cost dan booting lebih cepat.

Chipset ini sudah disertifikasi secara global oleh operator besar di Asia, Afrika, dan Eropa serta sudah dikapalkan sebanyak lebih dari 20 juta unit untuk kebutuhan berbagai solusi internet of things. Asyiknya, jenis modem ini portabel, mudah dibawa ke mana-mana dan dicolok ke listrik saat digunakan agar bisa dimanfaatkan oleh sejumlah orang.

By the way, ada 2 jenis layanan XL Satu Lite yang disediakan XL:

 

1. HKM XL Satu Lite Family

 

XL Satu Lite Family

Dengan modem HKM N401 XL dalam paket XL Satu Lite Family seharga 599 ribu rupiah, mampu menghasilkan internet rumah super cepat unlimited FUP (fair usage policy atau batas pemakaian internet) hingga 120 GB, kecepatan 512 KBps setelah FUP habis dan kuota bersama hingga 50 GB untuk sekeluarga. Dengan XL SATU Lite, pengguna bisa menyesuaikan biaya internet sesuai kebutuhan tanpa kontrak berlangganan.

a. Spesifikasi

Spesifikasi dari modem N401 XL adalah:

  • Kecepatan Cat. 4 DL~150/UL~50 MBps.
  • Koneksi hingga 32 pengguna yang bisa digunakan di mana saja.
  • Wi-Fi 2.4 GHz.
  • 2x Ethernet LAN port yang dapat mentransmisikan data dengan kecepatan sampai dengan 100 MBps.
  • Teknologi LTE Category 4 mendukung kecepatan unduh hingga 150 MBps dan unggah sampai dengan 50 MBps.
  • Chipset 4G seri ASR1803.

b. Kelengkapan Paket

Paket  XL Satu Lite Family juga menyediakan kelengkapan sebagai berikut:

  • Satu unit modem N401 XL.
  • AC adapter.
  • Kabel LAN.
  • Kartu garansi.
  • Welcome guide card.
  • 3x XL SIM card di dalam satu unit.

2. HKM XL Satu Lite Ultimate

 

XL Satu Lite Ultimate

Dengan modem HKM N601 XL dalam paket XL Satu Lite Ultimate seharga Rp.1.099.000, mampu menghasilkan internet rumah super cepat unlimited FUP hingga 300 GB, kecepatan 512 KBps setelah FUP habis dan kuota bersama hingga 100 GB untuk sekeluarga. Dengan XL SATU Lite, pengguna bisa menyesuaikan biaya internet sesuai kebutuhan tanpa kontrak berlangganan.

a. Spesifikasi

Spesifikasi dari modem N601 XL adalah:

  • Kecepatan Cat. 4 L~150/UL~50Mbps.
  • Koneksi hingga 64 pengguna yang bisa digunakan di mana saja.
  • Wi-Fi dual band 2.4GHz & 5GHz dengan frekuensi WiFi 5-802.11 b/g/n/ac.
  • 4x Ethernet LAN port yang dapat mentransmisikan data dengan kecepatan sampai dengan 100 MBps.
  • 2x slot antena eksternal, untuk memperkuat sinyal Wi-Fi.
  • Teknologi LTE Category 6 mendukung kecepatan unduh hingga 300 MBps dan unggah sampai dengan 150 MBps.
  • Chipset 4G seri ASR1806.

 

b. Kelengkapan Paket

Paket  XL Satu Lite Ultimate ssjuga menyediakan kelengkapan sebagai berikut:

  • Satu unit modem N601 XL.
  • AC adapter.
  • Kabel LAN.
  • Kartu garansi.
  • Welcome guide card.
  • 3x XL SIM card di dalam satu unit.

***

Dengan kedua jenis modem HKMXLSatuLiteUnlimited yang bisa unlock all operator ini, pengguna diberi kebebasan memilih 1 di antara 5 paket bulanan XL SATU Lite, mulai dari 15 GB kuota bersama untuk 2 nomor XL hingga 100 GB kuota bersama untuk 4 nomor XL.

Kedua jenis paket XL Satu Lite bisa diinstalasi melalui aplikasi myXL. Selain itu, kedua-duanya mendapatkan garansi resmi selama 1 tahun. Hubungi helpline WhatsApp di nomor 082119090300 untuk lebih jelasnya, ya.

Nah, bagaimana, sudah siap menjadi live streaming seller idola di marketplace dengan tips di atas? 😊

Makassar, 27 Juli 2023




Share :

8 Komentar di "3 Kriteria Live Streaming Seller Idola di Marketplace"

  1. provider XL favorit aku mbak. Tapi aku belum pernah coba modem wifinya nih, bisa juga dicoba ya.
    Kalau di kota-kota besar, sinyal XL menurutku bagus dan lancar jaya. Sudah cukup lama aku sendiri jadi pemakai setia XL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modemnya punya HKM Mbak. Bisa beli paket XL tapi yang ini unlock, bisa dipakai dengn kartu lain.

      Delete
  2. Siapa sangka jika berbalanja bisa jadi sangat mudah dengan hanya satu klik, terlebih kita tak harus ke luar rumah. Internet yang memadai memang sangat dibutuhkan siapa saja saat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting sinyal internet memadai ... dan ada duitnya ya wkwkwk.

      Delete
  3. Aku tuh kdg masih bingung kalo ngikutin live seller di market place mba, suka ga mudeng cara belinya 🤣🤣. Kdg cepet2an, kadang kok kayaknya suka2 si seller pilih yg mana yg dpt 😅. Aku blm Nemu seller yg cocok kali yaa.

    Makanya jrg sih ikutin live. Jadi lebih suka ke tokonya yg di market place, tapi ga ikutan live nya. Hrg mungkin ga sama, tapi aku tinggal masukin keranjang dan beli 😁

    Wiiih, ada provider WiFi rumah lagi niiih. Kluaran XL berarti ya? Sayang aku udh pake Ama brand pelopornya, jadi kayaknya ga mungkin ganti lagi 😅. Tapi aku setuju, seharusnya yg kerjaannya sangat nagndelin sinyal lancar, pilih providernya yg bagus dan ga gampang Nge lag 👍

    ReplyDelete
  4. Sinyal XL bagus di kotaku jadi banyak yang pakai nih, lumayan juga paket modelnya ya sejutaan sudah dapat kuota unlimited yang cepat internetnya..hemat..

    ReplyDelete
  5. Sepupuku ada yang kerja jadi live streamer untuk sebuah produk skincare, kak Niar. Aku pikir duluuu anaknya pendiem gituu.. Ternyata setelah dapat ilmu publik speaking, jadi bisa lancar banget ngomong di depan kamera.
    Dan jangan pernah ngeluh sih ya..

    Aku pernah denger ada yang jualan dan ngeluh "Kok cuma tanya-tanya aja Bunda.. gak check out? Saya capek ngomong looh.."

    Huhuh.. asa gak enak aja dengerinnya yaa..

    Dan ini penting banget siihh..
    Koneksi internet yang lancar. Sehingga bisa dengan mudah jawabin semua pertanyaan di kolom komen.

    ReplyDelete
  6. Benar banget nih kak live streaming memang harus mempunyai alat yang mamadai agar hasilnya bagus

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^