SEO Praktis dengan Plugo

SEO Praktis dengan Plugo – Pada zaman sekarang banyak yang mengetahuai pentingnya website bagi bisnis atau produknya namun masih ada juga yang tidak memikirkan pentingnya website seperti seseorang yang saya kenal. Sewaktu ditawari membuatkan website dengan harga super miring, dia tidak mempertimbangkannya.

Saya hanya bisa menyayangkannya dalam hati. Saya tahu seorang kawan menawarkan membuatkan website dengan harga miring untuk usaha bisnis kawan tersebut namun tidak ditanggapi dengan baik padahal website menunjukkan keseriusan pemilik dalam mengelola bisnisnya.

SEO Plugo

Ibarat “kantor pusat” di internet – kalau saya bilang, website bisnis biasanya memuat semua informasi penting yang dibutuhkan calon pelanggan, seperti identitas atau profil toko online, jenis-jenis layanan yang disediakan, jenis-jenis produk yang dijual, promo, lokasi toko, dan sebagainya.

Berbeda dengan kantor offline, kantor pusat di dunia online bisa diakses kapan saja. Website dapat menarik jauh lebih banyak target konsumen. Jangkauan dari website sangat luas karena bisa diakses jam berapa saja dan oleh siapa saja, di belahan dunia mana pun dia berada.

Website bisa membantu kesuksesan strategi digital marketing dalam proses branding dan promosi bisnis online. Dengan maksimalisasi pengelolaan website, pengelola bisnis bisa melakukan banyak strategi promosi online.

Untuk mendatangkan pengunjung website, penting menerapkan SEO (search engine optimization). Sebagaimana yang kita ketahui, SEO adalah langkah optimasi yang dilakukan agar website berada di hasil teratas mesin pencari, terutama Google. Oleh karena itu perlu melakukan optimasi SEO.

Dari data Statcounter, Google Chrome merupakan browser yang paling banyak digunakan di dunia. Sebanyak 64,6% pengguna internet menggunakan browser besutan Google tersebut pada 2020. Angka tersebut meningkat 2% dari tahun sebelumnya[1].

Selain itu, sebanyak 40% pelanggan yang berbelanja secara online senantiasa memulai proses pembeliannya dengan cara browsing produk menggunakan mesin pencari. Untuk tujuan toko online muncul di halaman pertama pencarian, SEO harus dimasukkan menjadi prioritas dalam menyusun website toko online.

Saya pun demikian halnya ketika penasaran dengan produk tertentu maka saya akan mencarinya di lautan internet. Tentunya jika menemukan website atau toko online resmi maka saya memprioritaskan website atau online store resmi itu karena informasinya lebih valid dan biasanya sangat lengkap. Segala informasi penting terkait barang yang saya cari pasti ada di website atau toko online resmi.

Saking pentingnya, sebanyak 63% tenaga profesional dalam bidang konten tertantang untuk menemukan staf yang cukup ahli dalam strategi konten yang merupakan salah satu pendorong utama lalu lintas situs web. Hal ini berdasarkan penelitian pada tahun 2020 yang dilakukan oleh Content Marketing Institute[2].

Bagaimana tidak, sebagian besar orang mendapatkan informasi produk yang dibutuhkannya melalui internet sebelum membuat keputusan untuk membelinya. Maka sungguh disayangkan jika owner bisnis tidak mempunyai website untuk memperkenalkan produknya kepada calon pelanggan karena dengan adanya website, produk yang dipasarkan lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

 

Cara Memiliki Website untuk Berjualan

 

Sebagai seorang blogger, saya tahu urusan website tak sederhana. Untuk membuat website sendiri membutuhkan proses yang tidak sebentar. Jika tak paham dunia website, lebih baik mencari orang yang bisa membantu memaksimalkan potensi di internet.

Dalam artikel berjudul SEO: Panduan Lengkap untuk Memaksimalkan Penjualan di blog.plugo.co dipaparkan ada 16 faktor yang bisa dioptimasi agar website kamu dapat muncul di halaman pertama mesin pencari, mulai dari tag judul, URL, modifikasi judul, H1 tag: judul headline, H2 tag: sub judul, tambahkan visual melalui gambar atau video, keyword di 100 kata pertama, desain responsif, gunakan outbound links, memasang tautan internal, mengoptimalkan kecepatan situs, menggunakan LSI keyword, optimasi gambar, pasang tombol berbagi ke media sosial, buat konten yang panjang, dan optimalkan lama waktu user membuka halaman.

Tidak sederhana bukan? Namun bukan berarti tidak mungkin mengupayakan produk atau brand berada pada halaman pertama pencarian di Google untuk kata kunci tertentu. Jika memang telaten maka proses panjang bisa dinikmati dan memberi hasil sesuai dengan yang diharapkan. Langkah praktis bisa dilakukan dengan membuka toko online Plugo.

E-commerce Platform

 

E Commerce Platform yang Menggunakan SEO

 

Traffic website e commerce dengan memaksimalkan SEO memang niscaya. Alternatif yang bisa dilakukan sebagai langkah praktis adalah mendaftar di toko online Plugo, alih-alih membuat sendiri website yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mengoptimalisasinya. Bisa sih berupaya mempersingkat proses namun tentu biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit agar mampu bersaing di halaman pertama pencarian Google.

Plugo menawarkan hal-hal yang dibutuhkan pebisnis dalam berjualan online di satu platform. Melalui Plugo, toko online bisa didesain sendiri, termasuk template website, integrasi pembayaran dan kurir, SEO, serta fitur marketing. Deskripsi produk saat upload produk di website Plugo juga berpengaruh sebagai kata kunci. Website toko online di Plugo sangat mobile-friendly sehingga disukai oleh Google.

E commerce platform Plugo menyediakan fitur SEO yang terdiri atas favicon website, judul website, kata kunci, dan deskripsi meta. Nama dan deskripsi produk kamu juga berpengaruh untuk SEO. Selain itu, di Plugo pengguna bisa mengubah tampilan website sesuai keinginan. Lengkap dengan sistem manajemen order, payment gateway, dan integrasi logistik untuk membantu memproses order.

Pengguna bisa menjelajahi berbagai pilihan template premium untuk website e-commerce yang responsif. Tema ini dapat menyesuaikan toko online pada berbagai perangkat. Oya, masih ada lagi nih keunggulan Plugo: dengan Plugo, penggunanya dapat menjalankan kampanye iklan dengan teramat mudah.

Melalui dasbor Plugo, penggunanya dapat mengoptimalkan dan memonitor iklan secara langsung, serta membayar menggunakan PlugoCoins, tidak perlu menggunakan kartu kredit. Di samping itu pengguna dapat melihat metrik campaign untuk menganalisis pendapatan dan return of investment (ROI) yang dihasilkan dari iklan.

Kesimpulannya adalah, bergabung dengan e commerce platform Plugo dapat meningkatkan traffic website e commerce dengan memaksimalkan SEO yang mana optimasi SEO memang sudah difasilitasi oleh Plugo, tinggal pandai-pandainya si pengguna mengelola toko online miliknya.

Makassar, 17 Juli 2023



[1] https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/16/google-chrome-jadi-browser-paling-populer, diakses 16 Juli 2023, pukul 16:23 WITA.

[2] https://blog.hubspot.com/marketing/increase-website-traffic, diakses 16 Juli 2023, pukul 16:25 WITA. 



Share :

10 Komentar di "SEO Praktis dengan Plugo"

  1. jualan online jaman sekarang tuh sebenernya lebih mudah untuk promo yah mba dengan adanya plugo yang punya bisnis gak perlu lagi repot dengan seo websitenya

    ReplyDelete
  2. Memang tidak mudah jadi blogger tuh. Gak hanya modal bisa menulis. Tapi sekarang ini banyak juga tuntutan lainnya ya. Saya mending memilih mempercayakan pada ahlinya seperti Plugo ini. Praktis dan tepat sasaran

    ReplyDelete
  3. Kalau begini pemilik toko online makin dimudahkan. Bisnis lancar jaya berkat SEO praktisnya Plugo di mana dengan bergabung dengan e commerce platform Plugo maka traffic website e commerce berkat optimasi SEO yang difasilitasi oleh Plugo

    ReplyDelete
  4. Wah info yang menarik ini mbak
    Perlu ya bergabung di platform seperti ini
    Bisa membantu meningkatkan petforma blog kita ya

    ReplyDelete
  5. Produk makin dikenal dan makin di percaya masyarakat dengan adanya platform plugo. Hal inilah yang akan membuat berlian bisa dibeli

    ReplyDelete
  6. Peran SEO memang gereget biar konten kita di web bisa masuk halaman pertama, dan lewat Plugo ini jadinya memudahkan nih buat urusan SEO

    ReplyDelete
  7. Thanks banget Mba buat informasinya.

    Pas banget lagi cari tau tentang Ecommerce platform yg rekomen.

    ReplyDelete
  8. Inginnya setiap yang jualan, pasti minimal dikenal dulu produknya ya..
    Jadi ketika orang memikirkan sesuatu, pasti uda keingetan dulu, top of mind.
    Alhamdulillah, bantuan banget kalau ada Plugo, e commerce yang bisa memaksimalkan SEO bagi pengguna toko online disini.

    Ayok, dimanfaatkan.

    ReplyDelete
  9. Ternyata sekarang ada platform Plugo yang mengkhususkan diri dalam penyajian situs web online bagi pemilik bisnis. Iya sih Bun, punya toko fisik rasanya kurang kalau nggak merambah ke toko daring di jaman sekarang ini, jika mau bisnisnya berkembang.

    ReplyDelete
  10. wah ini ecommerce baru ya, mbak ternyata. saya kira tadi plugin buat blog kita. heu. tapi memang sekarang jualan di ecommerce itu juga perlu ilmu seo yang tinggi biar jualan kita dilirik dan dibeli orang

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^