Cara Promosi Online Travel Umroh, Harus Disertai Itikad Baik

Cara Promosi Online Travel Umroh, Harus Disertai Itikad Baik – Motivasi untuk umroh selalu saja mengemuka ketika melihat postingan mereka yang sedang beribadah umroh di tanah suci atau yang baru pulang dari sana. Apalagi ketika membaca postingan blog para narablog mengenai perjalanan umroh mereka yang penuh hikmah. Rasanya ikut menyelami perjalanan mereka dan makin kuat keinginan itu.

Salah satu postingan blog yang menarik tentang umroh yang baru saya baca adalah tulisan Mbak Gusti Yeni mengenai umroh mandiri. Masya Allah … menggoda sekali. Tarifnya jadi murah banget tetapi tentunya tak semudah menyodorkan uang lalu berangkat.

Cara Promosi Online Travel Umroh

Untuk melakukan umroh mandiri, investigasinya harus benar-benar komplet, diteliti secara detail segala hal, mulai dari berangkat hinga pulang. Harus sudah bisa memvisualisasikan dalam pikiran, akan bagaimana saat berangkat hingga pulang. Segala dokumen perjalanan harus siap dan dipastikan sah, sesuai hukum yang  berlaku.

Harus pula tahu seluk-beluk perjalanan walaupun belum pernah sama sekali ke sana. Caranya adalah dengan mempelajari banyak postingan di internet terkait perjalanan umroh dan memiliki networking yang luas.

Jika tak memiliki jejaring dan tak mampu memvisualisasikan perjalanan pergi hingga kepulangan dan mempersiapkan diri dengan baik, mendingan jangan deh berangkat mandiri, khawatirnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal yang tak diinginkan contohnya adalah dipulangkan paksa karena ternyata dokumen yang dimiliki tidak lengkap atau karena berbagai alasan lainnya. Maka lebih aman menggunakan jasa travel umroh terpercaya yang sudah memiliki rekam jejak bagus.

Dari tulisan 5 Tips Memilih Travel Umroh Terbaik yang pernah saya buat, jelaslah bahwa pergi umroh itu tidak sesederhana pergi jalan-jalan biasa. Untuk legalitas biro travel saja, kita perlu mengecek apakah biro travel itu memiliki legalitas yang terdaftar secara resmi di Kementerian Agama. Kemudian, harus mencari tahu juga apakah biro travel sudah memenuhi syarat-syarat lain yang ditetapkan dan juga memiliki surat-surat legalitas di antaranya: SK menteri Agama, surat izin tetap perusahaan, dan NPWP perusahaan.

Memilih travel umroh dan haji itu memang harus hati-hati karena ada juga kasus jemaah haji yang dipulangkan karena data imigrasinya bermasalah, ternyata mereka menggunakan visa Malaysia dan Singapura. Tahun lalu sebanyak 46 WNI yang menyebut dirinya sebagai “jamaah haji furoda” dipulangkan paksa ke Indonesia. Kesemuanya tak lolos proses imigrasi di Bandara King Abdulaziz Internasional Airport (KAIA), Jeddah[1]. Sayang sekali, ya.

Ajakan umroh dari travel umroh memang harus disikapi hati-hati. Sebanyak 270 calon jemaah dari Kalimantan terpaksa dipulangkan saat berada di Jakarta pada September 2022 karena biro perjalanannya mangkir. Mereka sempat terlunta-lunta di Jakarta dan membayar biaya penginapan sendiri hingga akhirnya dikeluarkan dari hotel karena tak mampu membayar. Duh, tega ya biro travel-nya.

Strategi pemasaran travel haji dan umroh tuh jangan hanya mementingkan kocek mereka saja seharusnya. Kata-kata promosi travel umroh yang dikeluarkan seharusnya dibungkus dengan itikad baik. Niat yang tulus membantu kaum muslim beribadah ke tanah suci agar terhitung ibadah juga bagi mereka dan menjadi berkah atas rezeki yang diperoleh. Sama-sama berkahlah intinya.

Promosi Travel Umroh di Internet

Sebagai calon pengguna jasa travel umroh, perhatikan pula cara menawarkan produk haji yang mereka gunakan, apakah bisa dipercaya atau tidak. Cari tahu sebanyak-banyaknya informasi mengenai keberadaan travel umroh. Selain itu, dari keseriusan melakukan cara promosi online travel umroh, kita bisa melihat kesungguhan sekaligus kredibilitas dari biro perjalanan tersebut.

Coba perhatikan hal-hal berikut dalam promosi online biro travel bersangkutan:

 

1. Konten

 

Perhatikan apakah konten website dan media sosialnya dikelola dengan baik dan rutin update? Apakah ada informasi mengenai keaktifan dari travel yang bersangkutan? Apa saja kegiatannya? Cek testimoni jemaahnya, baik di website dan media sosial resminya maupun di media sosial lainnya. Perhatikan pula bagaimana cara promosi online tour travel yang dilakukannya, apakah berkualitas atau tidak? Apakah masuk akal atau tidak?

 

2. Website

 

Cek detail website-nya, apakah mencerminkan kualitas dari biro perjalanan? Untuk hal ini, perlu meminta pendapat dari orang yang paham mengenai website. Cek apakah ada backlink ke website terkait? Kalau ada, berapa banyak? Mengapa hal ini penting?

Karena jika memang biro travel itu kredibel, dia serius mengelola website-nya. Perlu diketahui, website yang dikelola dengan baik itu membutuhkan dukungan dana selain keseriusan. Jadi, kalau berani mengeluarkan dana untuk mengeloka website, berarti satu poin untuk keseriusan si biro travel.

Jika memiliki backlink di sejumlah blog yang kualitasnya bagus, ada kemungkinan biro travel itu bekerja sama dengan RajaBacklink. Dengan menanam backlink di blog-blog juga menjadi cara mencari jamaah umroh secara tidak langsung.

Blog yang telah terdaftar di RajaBacklink sudah melalui proses seleksi terlebih dulu, tidak semua blog yang mendaftar lantas diterima sebagai mitra RajaBacklink. Hal ini menjadi jaminan RajaBacklink terhadap klien yang menggunakan jasanya.

Blog-blog yang dipilih RajaBacklink mampu memberikan backlink yang berkualitas. Maksud dari backlink berkualitas adalah backlink yang memiliki relevansi jasa yang tertera di website travel umroh. Untuk diketahui, backlink dari RajaBacklink bukan hanya untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari, melainkan juga untuk membuat calon jemaah percaya karena artikel yang ditulis oleh blogger bisa membuat testimoni positif bagi website milik biro travel umroh.

Tentunya, di atas segalanya, biro travel umroh harus menunjukkan itikad baik kepada masyarakat terkait bisnisnya. Bisnis yang terkait ibadah tidak hanya tentang keuntungan semata. Kepercayaan dipertaruhkan di sini. Sebaiknya menjadi amal ibadah yang mendatangkan berkah juga bagi penyelenggaranya. Sama-sama berkah. Pepatah ini lama pasti berlaku: sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang takkan percaya.

Makassar, 2 April 2023

 



[1] https://www.merdeka.com/peristiwa/dpr-minta-pemerintah-sanksi-tegas-travel-berangkatkan-46-jemaah-haji-furoda.html



Share :

1 Komentar di "Cara Promosi Online Travel Umroh, Harus Disertai Itikad Baik"

  1. sudah mulai rame lagi ya umrah, soalnya sudah mulai kendor pandemi corona

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^