Keunggulan Susu Kambing untuk Kesehatan

Keunggulan Susu Kambing untuk Kesehatan – Ketika menyadari dalam semua kisah rasul terdapat kisah mereka saat mereka menggembala kambing, saya takjub. Bagi saya, ini sebagai tanda bahwa perihal menggembala kambing ini sesuatu yang penting. Tentunya bukan kebetulan bukan karena dalam time line kehidupan mereka ada kesamaan dalam perjalanan kehidupan sebagai penggembala kambing. Saat menyampaikan hal ini kepada suami, dia mengatakan bahwa menggembala kambing itu sulit, bukanlah hal mudah.

Ada lho dalam sebuah hadits disebutkan sebagai berikut:

Dari Abu Hurairah dari Rasulullah SAW bersabda : Tidaklah Allah mengutus seorang Nabi kecuali dia memelihara kambing.” Para sahabat bertanya “Dan engkau?” Rasulullah SAW menjawab “Benar, aku pernah memeliharanya dengan upah beberapa qirath bagi penduduk Makkah (HR Ibnu Majah).

Menggembala kambing itu perlu membawa kawanan kambing di suatu padang rumput ke padang rumput lain. Kalau semua kambing nurut bagus kan ya, kalau tidak? Rempong, kambing berlarian ke arah yang tak tentu arah apalagi kalau gembalanya main gadget, bisa hilang dicuri orang tuh kambingnya haha.

Susu untuk pengapuran tulang

Dalam sebuah ebook berjudul Ilmu Tilik Ternak Kambing[1] yang saya dapatkan dari website resmi Universitas Udayana, saya bisa membayangkan betapa sulitnya mengurus kambing. Ada tata cara menangani kambing segala, meliputi mendekati dan menangkap, menjatuhkan, mendudukkan, dan menguasai anak kambing.

Dalam sebuah artikel di Republika[2] dijelaskan bahwa hikmah para nabi diberi ilham menggembalanya dalam perjalanan kehidupan mereka adalah agar mereka memiliki sifat penyabar dan kasih sayang. Butuh kesabaran dan rasa kasih sayang untuk menghimpun kawanan kambing yang berhamburan di tempat penggembalaan, memindahkannya dari tempat berumput satu ke padang rumput lainnya, atau menghalau ancaman binatang buas.

Maka tak berlebihan jika dikatakan bahwa menggembala kambing berkorelasi dengan pendidikan karakter, sebagaimana yang dipaparkakan dalam artikel berjudul Gembala Kambing dan Pendidikan Karakter[3].

Dalam artikel terus disebutkan bahwa dikutip dari Fath Al-Bari:

Setidaknya ada dua poin penting yang bisa kita jadikan nilai positif dari menggembalakan kambing. Yang pertama adalah dengan terbiasanya menggembalakan kambing maka ke depannya akan terbiasa untuk menyelesaikan problematika manusia. Yang kedua, dengan menggembalakan kambing, maka kita akan dilatih untuk bersabar dalam menyantuni dan juga mengayomi.

 

Mengapa Memilih Susu Kambing

 

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas disebutkan bahwa, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak ada satu pun makanan yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu.”

Ketua Forum Dai Muda Indonesia, Ustadz Asroni Al-Paroya[4] mengatakan bahwa Rasulullah sangat menganjurkan minum susu untuk kesehatan. Di Arab tidak ada sapi, adanya onta dan kibas (kambing arab). Dalam hadits lain, Rasulullah bersabda, "Minum susu sebelum tidur itu fitrah" (HR. Al Haitsami dalam At Ta'bir 2008, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 2207).

Bisa jadi ini menjadi alasan umat Islam zaman now banyak yang lebih memilih susu kambing ketimbang susu sapi, ya.

Terlebih, susu kambing memiliki nutrisi yang lumayan lengkap, yaitu vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak. Tubuh kita sanggup mencerna susu kambing hanya dalam 20 menit. Sementara susu sapi membutuhkan waktu 2-3 jam dicerna tubuh. Selain itu, ditinjau dari komposisi, nutrisi, dan sifat kimia alami, susu kambing paling mirip dengan ASI[5].

Hadits tentang susu

Akhir-akhir ini, banyak peternak di Indonesia beralih menjadi peternak kambing etawa karena kambing yang berasal dari India ini ukurannya lebih besar sehingga nilai jualnya lebih tinggi. Selain dagingnya bagus untuk dikonsumsi, susu kambing etawa juga bergizi tinggi.

Susu kambing etawa mengandung protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, sodium, vitamin A, vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), dan laktoferin. Manfaat susu kambing etawa bagi tubuh adalah[6]:

  • Mengobati penyakit infeksi akibat bakteri.
  • Memperkuat daya tahan tulang.
  • Membantu penyerapan nutrisi.
  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan.
  • Meningkatkan kekuatan otot.
  • Meredakan diare.
  • Meningkatkan suplai oksigen ke seluruh tubuh.
  • Menjaga kesehatan mata.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Mencegah kanker.

 

Susu Kambing Etawalin

 

Kita sama-sama tahu, sekarang ini susu kambing sudah dijual dalam kemasan dan mudah memperolehnya. Salah satu susu kambing terbaik di Indonesia adalah Etawalin yang diformulasikan dari bahan-bahan herbal alami yang secara khusus sebagai terapi yang efektif bagi tulang dan sendi.

 

Bahan-bahan alami susu Etawalin:

 

1. Susu kambing etawa.

Penjelasan tentang susu kambing dan kambing etawa di atas sudah memberikan gambaran mengenai keutamaan bahan ini. Terlebih, susu kambing etawa baik dikonsumsi oleh semua usia.

2. Jahe.

Rempah ini telah terbukti efektif selama ribuan tahun mengandung zat anti-inflamasi alami yang mampu memberikan efek terapi dengan mengurangi rasa sakit dan nyeri tubuh.

Susu Kambing Etawalin

3. Temulawak.

Rempah yang satu ini penting dalam menekan radang sendi dan mengurangi terjadinya gejala asam urat. Kandungan ibuprofennya juga berfungsi sebagai anti radang dan bisa mencegah terjadinya pembengkakan.

4. Kayu manis.

Sifat anti arthritis dalam kayu manis ternyata bisa mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang ditimbulkan oleh radang sendi.

5. Daun salam.

Daun dari tumbuhan yang bernama Latin Syzygium polyanthum ini mengandung asam laurat dan sejumlah komponen aktif lainnya yang bisa dijadikan sebagai antioksidan sebagai langkah pencegahan dari berbagai macam penyakit.

6. Serai.

Serai memiliki sejumlah khasiat, di antaranya mencegah infeksi dan menurunkan kolesterol, dan menyehatkan saluran pencernaan.

Susu Etawalin manjur dalam mengatasi masalah tulang dan sendi secara menyeluruh sehingga dapat diandalkan sebagai asupan susu untuk pengapuran tulang. Susu kambing ini nutrisinya dua kali lebih banyak ketimbang susu sapi biasa.

Video testimoni setelah minum susu kambing Etawalin dalam YouTube di bawah ini memperlihatkan ibu-ibu yang masalah asam uratnya berhasil diatasi setelah mengonsumsi Etawalin selama 2 minggu. Etawalin memelihara persendian sehat sebagai gout blocker yang dapat menetralisir purin yang menumpuk dalam persendian.

Khasiat Etawalin[7] sehubungan dengan sendi dan tulang adalah: mengatasi nyeri sendi, mengatasi masalah asam urat, mengatasi rematik, menjaga kepadatan tulang, dan menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Kandungan kalsium Etawalin baik bagi tulang, sendi maupun gigi yang mungkin terjadi pada usia senja. Namun demikian baik pula bagi perkembangan bayi. Kandungan protein dari susu ini lebih tinggi dibanding susu sapi, susu almond ataupun susu kedelai. Proteinnya mampu mengoptimalkan perkembangan sel-sel janin serta memberikan suplai darah pada ibu maupun janin. Susu kambing etawa ini bergizi tinggi, sudahkah jadi asupan harianmu?

Makassar, 24 Februari 2023


Catatan kaki:

[1] https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_dir/97c04c3a8ab5629536eb5d9561de7e0f.pdf, diakses 24 Februari 2023, pukul 12:50.

[2] https://islamdigest.republika.co.id/berita//qitiv1320/alasan-mengapa-para-nabi-pernah-gembala-kambing, diakses 24 Februari 2023, pukul 12:55.

[3] https://disdik.purwakartakab.go.id/berita/detail/gembala-kambing-dan-pendidikan-karakter?/berita/detail/gembala-kambing-dan-pendidikan-karakter#:~:text=Siapa%20sangka%20setiap%20nabi%20yang,Syu'aib%20selama%20sepuluh%20tahun diakses 24 Februari 2023, pukul 13:28.

[4] https://muslim.okezone.com/read/2019/08/08/614/2089561/anjuran-nabi-untuk-minum-susu-sebelum-tidur, diakses 24 Februari 2023, pukul 13:23.

[5] https://sumbarprov.go.id/home/news/11301-kandungan-dan-manfaat-susu-kambing, diakses 24 Februari 2023, pukul 13:35.

[6] https://katadata.co.id/safrezi/berita/617a7c5d2a5b9/manfaat-kambing-etawa-dari-daging-hingga-susunya, diakses 24 Februari 2023, pukul 14:30.

[7] https://www.etawalin.id/apa-itu-etawalin/, diakses 24 Februari 2023, pukul 15:20.

https://www.etawalin.id/susu-untuk-pengapuran-tulang



Share :

19 Komentar di "Keunggulan Susu Kambing untuk Kesehatan"

  1. Masya Allah... Jadi semangat lagi nih nyobain dan rutin konsumsi susu kambing. Minggu lalu beli belum diminum. Insya Allah habis ini semangat minum susu kambing

    ReplyDelete
  2. Selain enak, banyak manfaatnya juga ya kak

    ReplyDelete
  3. Ternyata banyak juga manfaat dengan mengonsumsi susu kambing ya mbak, aku belum pernah sih coba minum susu kambing karena masih membayangkan baunya itu. Tepi ini lihat kandungan bahan-bahan yang ada di Etawalin ini sepertinya enak ya.

    ReplyDelete
  4. Katanya susu kambing juga bisa buat asma mba? Anakku kebetulan asma, emang pernah waktu itu minum susu kambing etawa, tapi ngga rutin, jadi asmanya masih suka kambuhan.

    ReplyDelete
  5. bnyk bngt ya manfaat susu kambing ini dan rasa yang natural aja enak apalagi tambah varian dan kalau saya pasti rasa kurma yang favorit

    ReplyDelete
  6. Saya suka banget minum susu. Tetapi, minum susu sapi. Belum pernah cobain susu kambing. Penasaran, sih. Apalagi kalau untuk dagingnya, kambing lebih enak daripada sapi. Siapa tau rasa susunya juga lebih enak

    ReplyDelete
  7. Baru eungeuh kalau ternyata susu kambing lebih lekas dicerna oleh tubuh kita dibanding susu sapi, dan soal minum susu sebelum tidur itu fitrah. MasyaAllah, makasih banyak atas pengetahuan barunya buat Acha, Bunda.

    ReplyDelete
  8. susu kambing ini kalau buat anak-anak aman juga nggak, mbak? saya pernah juga mengkonsumsi susu kambing dan lumayan enak yaa rasanya. maklum dari dulu saya bukan penggemar susu. he

    ReplyDelete
  9. Dapat khasiatnya berlimpah ini kalau dilihat-lihat.
    Apalagi mengingat kondisi jaman sekarang yang tiba-tiba hujan, lalu panas, maka minuman seperti ini bisa membantu

    ReplyDelete
  10. Susu Kambing ternyata punya segudang manfaat untuk kesehatan. Seringnya sih minum susu sapi tapi kayanya Susu Kambing pun rekomended nih

    ReplyDelete
  11. Aku sudah mencoba buat anakku, susu kambing etawa, rekomendasi dari teman, saat itu anakku batuk dan susah sembuh, Alhamdullilah manjur. Rasanya juga enak

    ReplyDelete
  12. penasaran juga ama khasiatnya mba, karena sampai sekarang aku belum pernah cobain susu kambing hehe masih kebiasa pakai susu sapi nih

    ReplyDelete
  13. Susu kambing tuh rasanya ada bau bau kambingnya gak sih mba, sama kayak dagingnya, jujur dr dulu pengen coba, krn manfaatnya banyak banget ternyata.

    ReplyDelete
  14. Belum pernah coba minum susu kambing tapi katanya berkhasiat ya. Belakangan saya lihat ada susu formula anak yang berbahan susu kambing ini termasuk solusi bagi anak yg alergi susu sapi

    ReplyDelete
  15. Susu kambing aman gak kak untuk ibu hamil? Jadi pengen cobain susu kambing nih, tapi posisi sedang hamil 4 bulan

    ReplyDelete
  16. MasyaAllah, ternyata susu kambing itu punya banyak manfaat ya Bun bagi kesehatan. Meski dagingnya sendiri sering dihindari orang karena kolesterol, asam urat, tapi nyatanya susu kambing punya manfaat ya bagi kesehatan.

    ReplyDelete
  17. Susu kambing banyak manfaatnya memang, cuman saya blum pernah nyoba susu kambing karena nggak doyan susu putih.. rasanya eneg kayak susu sapi gitu nggak sik mbak

    ReplyDelete
  18. Belum pernah cobain susu kambing, jadi penasaran dengan susu etawa ini apalagi kaya gizi dan bagus buat kesehatan juga ya

    ReplyDelete
  19. Aku udah beberapa bulan ini selalu kirimin mama susu etawalin mba , soalnya mama kan pernah bilang tulangnya mulai sakit, namanya juga udah tua kan Yaa. Trus dari mama juga aku tau etawalin. Katanya ada susu kambing, bagus buat persendian. Langsung aku beliin. Dan ternyata mama suka. Badannya juga jadi enakan, ga terlalu sering sakit tulangnya.

    Aku sendiri jujur aja ga suka susu, mau kambing kek, atau sapi. Smuany pasti muntah pas aku telan.

    Makanya zaman SD susu ku ditambahin Milo, biar rasa susunya ga kecium dan berasa 🤣🤣. Sejak merantau dari SMU kls 3, udah stop langsung susu2an hahahah. Tapiiii urk memenuhi kalsium aku rutin minum vitamin d dan K2. Dan rutin olahraga pastinya, trutama workout beban. Itu bagus utk tulang.

    Yg etawalin ini kata mama ada rasa jahenya, jadi bikin enak badan juga . Yg penting mah si mama suka lah, udah aku wanti2 harus rutin minumnya, kalo abis langsung bilang, biar dibeliin lagi

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^