4 Cara Viral di Twitter, Rajakomen di Posisi 4!

4 Cara Viral di Twitter, Rajakomen di Posisi 4! - Ketika seorang atasan menanyakan bagaimana agar produk klien bisa viral, seorang karyawannya mengusulkan untuk membuatnya viral di Twitter. Belum terpikirkan bangaimana caranya hingga akhirnya sang atasan memintanya untuk merealisasikannya. Barulah sang karyawan mencari cara viral di Twitter. Dia kemudian mencari cara agar Twitter rame dengan topik yang diketengahkan dan mulai mencari buzzer.

Sebagaimana media sosial lain seperti Instagram, Twitter memiliki algoritma tersendiri. Tak semua orang nyaman menggunakan Twitter karena banyak juga yang bingung mereka bisa ngapain saja di Twitter. Mungkin karena jumlah huruf pada setiap tweet yang terbatas, tak seperti di Instagram atau Facebook yang memuat caption panjang.

Bagaimana cara viral di Twitter

Berbeda halnya jika sudah mengetahui celahnya, kita bisa merasakan nyaman menggunakan Twitter. Seperti saya misalnya, akhirnya saya bisa menggunakan Twitter sebagai tempat nge-share link tulisan dari blog.

Melihat trending Twitter Indonesia, bisa kita bayangkan “kekuatan” yang ada di balik pasukan yang ngetwit. Bukan hal mudah untuk menjadi trending 1 di Twitter. Jangankan trending topic (TT) 1, untuk menjadi 10 besar saja tak semudah membalikkan telapak tangan dikarenakan hampir setiap harinya Twitter diramaikan oleh topik beraroma Korea seperti drama Korea atau boy band Korea.

 

Jenis-Jenis Topik yang Trending di Twitter

 

Topik seputar Korea itu bisa bertahan berjam-jam di tweet land. Saya menduga karena memang fans fanatik mereka yang luar biasa banyak dan militannya. Sepanjang pengamatan saya sejak aktif menggunakan Twitter dalam 10 tahun terakhir, topik-topik viral di Twitter selain yang berbau Korea adalah topik-topik:

1. Topik Politik

Sejak bertahun lalu selalu saja ada topik politik yang hits di Twitter padahal pemilihan presiden masih lama. Ada saja yang bisa digoreng dari kehidupan para politisi dan menjadi sasaran empuk para buzzer pihak “lawan”. Selalu saja ada perseteruan padahal tokoh-tokoh politiknya cair-cair saja. Sering saya melihat tweet caci-maki bertabur sumpah-serapah. Heran deh sama mereka itu. Bagi saya ya diambil pelajaran saja bahwa untuk hal-hal berbau politik itu jangan diambil mentah-mentah yang terpampang di depan mata karena banyak kepentingan yang bermain di sana.

2. Topik dari Brand

Topik dari marketplace seringkali merajai trending list di Twitter. Begitu pula aneka jenis brand lainnya. Biasanya di balik naiknya topik dari brand, ada peran puluhan hingga ratusan buzzer. Tidak banyak topik brand yang bisa bertahan lama, tidak seperti topik Korea.

3. Topik Luar Biasa

Topik luar biasa ini biasanya yang agak tak terjangkau nalar. Seperti saat tulisan ini saya buat, sedang trending nama perempuan berinisial A terkait kasus penganiayaan anak pejabat Ditjen Pajak yang diotaki gadis belia A. Penganiayaan dilakukan sejumlah orang kepada mantan pacar A.

Dengan mengikuti twit-twit dalam tagar ini, kita bisa mendapatkan gambaran besar tentang kasus yang sedang berlangsung. Sayangnya sebagian besar trending organik yang saya dapati ini terkait hal-hal menyedihkan.

Twitter merupakan tempat mengerikan dalam hal pembongkaran kasus. Sejumlah kasus yang sudah dengan sedemikian rupa ditutupi identitas orang-orang yang terkait di dalamnya dengan rapi terbongkar di Twitter. Ada saja orang yang menemukan foto mereka dan memviralkannya di Twitter.

 

Cara Trending Topik di Twitter

 

Twitter memiliki daya tarik tersendiri dan masih saja digandrungi banyak orang. Pernah hampir ditinggalkan, kini Twitter disukai banyak orang muda. Maka tak heran jika ada saja yang mencari cara membuat trending di Twitter.

Lalu, bagaimana cara agar tweet masuk topik yang dibicarakan tweeps penghuni tweetland? Ini dia:

1. Buat Profil yang Menarik

Profil yang menarik ini standard ya, di media sosial mana pun disarankan untuk membuat profil yang menarik jika ingin branding diri atau produknya dikenal luas. Gunakan foto profil dan header yang menarik. Bisa gunakan Canva untuk mempercantik foto. Tuliskan deskripsi profil yang paling menggambarkan dirimu atau produkmu.

2. Buat Tweet yang Menarik

Di Twitter itu unik, cetusan receh saja banyak yang menyenangi dan menanggapi dengan reply, like, atau retweet. Biasanya kalimat humoris mendapatkan reaksi secara cepat. Saya menyaksikan sendiri akun seorang kawan blogger bernama Reyhan berkembang pesat, sejak follower-nya masih sedikit sehingga memiliki follower sebanyak 72.100. Tweet-tweet-nya sederhana namun lucu dan digemari para follower-nya karena para pengikut ini merasa terlibat dengan cuitan-cuitannya.

Cara Trending Topic di Twitter

Kalau berani, kalian bisa membuat tweet terkait isu yang sedang hot terkait politik, brand, atau topik luar biasa. Temukan cara atau angle baru yang berbeda dari tweet-tweet sebelumnya. Gunakan pula gambar, foto, atau video yang menarik yang mendukung cuitanmu. Bisa juga memancing atensi followers dengan twit yang mengandung pertanyaan atau polling.

3. Menggunakan Analytics Tools

Dengan tools analitik, kita bisa menganalisa aktivitas dari akun kita. Informasi yang diperoleh bisa dipergunakan untuk merancang tweet yang berpotensi mengundang perhatian para pengikut. Tools yang dimaksud seperti Twitter Analytics yang membantu dalam untuk mengetahui aktivitas yang menyangkut follower, twitter card, dan tweet. Di samping itu ada juga tools lain seperti Buffer, Hootsuite, Tweetchup, Tweetstats, dan sebagainya.

4. Menggunakan Jasa Pihak Ketiga

Jika menurut kalian penting membuat akun Twitter terlihat berkualitas, tak ada salahnya bila sesekali menggunakan jasa orang ketiga untuk meningkatkan engagement postingan. Untuk hal ini sudah ada lho perusahaan yang mengeluarkan alat bantu untuk promosi produk atau jasa untuk memperluas target market di dunia online.

Rajakomen.com menyediakan komentator-komentator orang Indonesia dan pemilik akun media sosial yang ingin mendapatkan engagement positif oleh warganet Indonesia. Meningkatnya engagament rate (ER) di media sosial, salah satunya dengan menggunakan pihak ketiga Rajakomen berarti membuat akun berpeluang menjadi populer.

💙💙💙

Perlu diingat, pertama-tama bangun akun itu merupakan proses panjang, bukannya proses instan ala sulap yan bisa simsalabim. Dalam membangun akun, fokuskan pada konten seperti apa yang akan di-share. Konten yang spesifik lebih meningkatkan peluang untuk menyasar target yang sesuai dengan kebutuhan pasar atau follower kalian. Well, kalian punya pengalaman dengan trending topic di Twitter? Share, yuk!

Makassar, 23 Februari 2023 



Share :

11 Komentar di "4 Cara Viral di Twitter, Rajakomen di Posisi 4!"

  1. Di twitter itu ternilai paling sulit buat mendapatkan insight, apalagi cuma cuitan jadi bekalnya lebih minim dari tiktok maupun instagram yang paling populer dan menarik. Mantep bisa dicoba ini caranya, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Ternyata pake jasa ketiga ini lumayan mudah ya kak mugniar. Rajakomen ini patut dicoba apalagi bila ingin menaikkan insight dan citra sebuah produk ya. Harus beneran bagus jangan sampai banyak skandal kayak cerita si A tadi ya.

    ReplyDelete
  3. Bener banget mbak, kalau membangun akun itu perlu proses panjang biar dapat insight. Keren juga ya ada jasa yang menyediakan boost twitter untuk mendapatkan engagement.

    ReplyDelete
  4. Tipsnya bisa dicoba nih, karena meski followerku hampir 5K tapi buat viral tuh susaaah. Pernah aja viral sampai puluhan ribu krn ikutan buzzer launching produk artis ternama, selebihnya adem twitternya.
    Mesti diterapkan nih tips viralnya

    ReplyDelete
  5. wah emmang ya kalau di twitter itu pendek-pendek ceritanya tapi kadang sering jadi trending gitu dan ramai, dan pastinya memang itu butuh juga strategi untuk bisa trending

    ReplyDelete
  6. Saya di Twitter itu aktif masih terkait pekerjaan. Sisanya, saya lebih senang jadi silent reader. Mungkin sudah saatnya naik kelas dengan belajar banyak soal tips-tips trending begini ya Mba Mugni. Apalagi kita sebagai content writer, harus paham sedikit banyak ilmunya. Terima kasih sharingnya.

    ReplyDelete
  7. Akuu belum pernah masuk ke dunia twitter selama ini hy fb n ig doang, hp memory full jadi dr membaca ini baru tau gambaran ttg twetter dan emang bener semua itu berproses ga ada yg instan (gusti yeni)

    ReplyDelete
  8. Aku masih belum ngapa-ngapain dengan twitter kecuali share tulisan blog saja. Huft
    Bikin twitter dari zaman 2009 sampai sekarang cuma punya 45 followers. Nggak bisa buat nge-job nih. Jadi kepo sama raja komen nih aku Mbak.

    ReplyDelete
  9. Baru tahu kalau ada rajakomen... untuk influencer ini sangat menarik..karena memang sulit deh untuk menaikkan pemirsa hanya dengan beberapa kalimat saja.. makasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  10. Saya juga bukan pemain twitter.
    Gak tau juga kenapa, padahal gak lah susah-susah amat.
    Tapi suka lupa gitu buka twitter.
    Karena tulisan ini saya jadi buka twitter saya lagi hehe

    ReplyDelete
  11. Zaman sekarang informasi apapun jangan lupa lihat di Twitter update an nya ya Kak hehe... putri saya juga ngasihtahu apa sih yg gak ada di Twitter. Apalagi menggandeng RajaKomen ya, wuihh pastinya makin efektif.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^