Apa yang Hilang dalam Cinta

Bagaimana jika self defense mechanism (mekanisme pertahanan diri) seseorang adalah MENGHILANG? Ide ini yang diangkat dalam drama seri Yang Hilang dalam Cinta yang tayang di aplikasi Disney Hotstar. Drama seri ini sebenarnya bukan drama baru di aplikasi nonton ini karena 12 serinya sudah selesai tayang tahun lalu namun tentu saja masih menarik untuk ditonton.


Yang Hilang dalam Cinta

Menghilang = Tak Terlihat

 

Apa yang hilang dalam cinta jika 2 kali menjelang pernikahan si calon pengantin perempuannya hilang dalam artian invisible, bukan disappear? Jadi, si calon pengantin ini ada tapi orang-orang tak bisa melihatnya? Kebayang ndak, ada mekanisme pertahanan demikian?

Dara, nama calon pengantin perempuan itu, diperankan oleh Sheila Dara. Sebelum invisible, dia mengalami tekanan batin yang sangat besar akibat perlakuan kekasihnya Rendra (diperankan oleh Reza Rahadian). Nah, yang dialami Dara ini – terkait dengan isu kesehatan mental sebenarnya yang perlu di-highlight dari mini seri ini, bukan sekadar imajinasi invisibility-nya.

Being invisible (menjadi tak terlihat) tentu terkesan absurd ya tetapi drama ini berhasil mengangkat invisibility menjadi rangkaian cerita yang menarik, membuat penonton ikut menebak-nebak ... bilamana Dara terlihat lagi?

 

Bucin (Tidak) Menyelesaikan Masalah?

 

Penonton ikut gemas juga dengan Satria (diperankan oleh Dion Wiyoko) yang bucinnya keterlaluan kepada cinta pertamanya yang dipendam dan dimimpikannya sejak di bangku SMP. Dahulu Satria yang terlihat agak berbeda dari anak-anak lain sering membantu Dara – tepatnya mengerjakan pekerjaan rumah Dara. Kekagumannya pada Dara berawal dari cinta pada pandangan pertama – inilah yang membuatnya rela melakukan apapun demi Dara.

Termasuk menjalani kuliah di sebuah kampus di luar negeri pun sebenarnya bukan berangkat dari keinginannya sendiri, melainkan rekomendasi dari Dara yang “mengajak” Satria untuk nanti kuliah dan bertemu di sana sebelum mereka berpisah.

Agak konyol karena Satria begitu percaya dan sempat mencari Dara di kampus tersebut namun tidak menemukan gadis impiannya itu. Tetapi sebenarnya itulah yang mengantarnya bertemu Dara dengan tidak sengaja ketika usai kuliah, perjalanan karir Satria mengantarnya menjadi general manager di sebuah hotel bonafid.

Hotel tempat Satria bekerja itu sedianya menjadi tempat penyelenggaraan pernikahan Rendra dan Dara. Sayangnya, walaupun dua kali dipersiapkan, Rendra dan Dara tidak pernah jadi menikah karena Dara tiba-tiba menghilang. Tak ada yang bisa melihatnya padahal dia berada di sana.

Titik terangnya, ada satu orang saja yang bisa melihat Dara saat dia menghilang pertama kali. Satrialah orang itu. Sepertinya ketulusan cintanya kepada Dara membuat hanya dirinya yang bisa melihat Dara. Sayangnya tak ada yang percaya, termasuk Rendra yang (katanya) begitu mencintai Dara dan pasutri Mbak Rahayu (Asri Welas) dan Mas Bimo (Dwi Sasono) – pasangan yang awalnya paling percaya pada Satria.

Masuk akal sih, Satria terlihat seperti ODGJ, berbicara sendiri, tertawa sendiri meskipun dia akhirnya bisa membuat Mas Bimo percaya keberadaan Dara dengan game tebak-tebakan. Sementara Rendra yang kaya raya, tokoh ini bikin esmosi saja. Dialah penyebab utama sampai Dara mengalami tekanan batin yang sangat dahsyat dan menyebabkannya invisible. Kata-kata yang dilontarkan Rendra menyakitkan bagi Satria.

Yang Hilang dalam Cinta the series

Berawal dari Toksik, Lalu Hilang dalam Cinta

 

Saya pun rasanya pengen menggampar sosok Rendra ini. Selalu saja membuat dirinya powerful dan paling benar di hadapan Dara dengan cara yang menjengkelkan. Seperti apa itu? Tonton sendiri ya di aplikasi Disney Hotstar, dijamin jadi bakal pengen nabok Reza Rahadian juga kayak saya haha.

Btw, cara orang kan beda-beda ya dalam merespon tekanan batin yang sangat berat. Ada orang yang melewati batas kewarasannya sehingga menjadi ODGJ (orang dengan gangguan jiwa). Saya pernah baca orang yang kepribadiannya terpecah (split) sehingga dia menjadi kepribadian baru yang sama sekali berbeda dengan kepribadian aslinya. Ada yang bahkan sampai memiliki 16 dan 24 kepribadian seperti Sybil dan Billy.

Maka wajar ketika mendapat perlakuan tak mengenakkan dari Rendra, mekanisme pertahanan diri Dara bekerja untuk survive dan melindungi dirinya. Sayangnya, mekanisme menghilangnya dia itu justru menyebabkan masalah baru lagi yang sulit dijelaskan kepada Rendra saat mereka bertemu setelah Dara terlihat kembali.

Untungnya, sedikit tertolong berkat polisi yang menangani kasus Dara, hanya saja pak polisi ini tidak mengekspos yang sebenar-benarnya kasus ini tetapi ya tetap rumit untuk memberi pengertian pada Rendra yang posesif dan cemburuannya berlebihan.

Sampai Dara bisa terlihat kembali oleh semua orang, prosesnya berlangsung manis dan membuat saya berharap Dara akan segera “menjadi milik” Satria. Ternyata tidak demikian, Dara malah kembali kepada Rendra. Sayangnya Rendra kembali melakukan ketololan sekaligus kekasaran yang sama sehingga Dara kembali invisible. Sayang seribu sayangnya lagi, pada kali kedua ini Satria tak bisa melihat Dara namun dia mampu merasakan kehadiran Dara.

 

Belajar dari Pengalaman

 

Nah, bagian paling menarik bagi saya adalah pada bagian perjuangan Dara untuk bisa terlihat kembali untuk yang kedua kalinya. Dalam invisibility-nya, Dara belajar mengenali kekuatan dirinya sendiri. Dia juga belajar harus bersikap bagaimana untuk menghadapi Rendra. Satria pun diberi ruang dan waktu untuk lebih mengenali dirinya, tidak terikat lagi pada bayang-bayang Dara.

Saya tidak akan menceritakan ending-nya bagaimana, kesimpulannya: hasil takkan mengkhianati usaha, ya, Gaes meskipun usaha atau proses itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Cara Dara menghadapi Rendra di episode akhir elegan, baik ketika Rendra membuatnya harus membayar ganti rugi dan ketika Rendra masih berharap memintanya kembali.

Rendra berusaha meminta Dara kembali padanya dengan cara yang sombong. Dia mengatakan: aku sudah memaafkanmu lalu nyerocos menceritakan betapa menderitanya dirinya menanggung beban gagal nikah. Dara menatapnya dengan tatapan tulus dan hanya mengatakan, “Oke!” Lalu meninggalkan Rendra sembari tersenyum manis. Ah, elegan sekali … saya suka … saya suka.

Drama Seri Yang Hilang dalam Cinta

Pelajaran pentingnya nih, Gaes … dalam sebuah hubungan, perlu mengenali kekuatan diri supaya tidak mudah dimanipulasi orang yang toksik dan mudah melepaskan diri darinya. Tidak ada untungnya menjalin hubungan dengan orang yang toksik sebesar apapun bucinnya dia. Pun, perlu mengenali (kekuatan) diri agar tak diperbudak kebucinan yang belum tentu bersambut. Harus tetap waras agar tetap bisa menjalani kehidupan dengan wajar dan menggali kebermanfaatan yang bisa dibagi kepada sesama. Pendek kata … Yang Hilang dalam Cinta ini recommended!

Makassar, 7 Februari 2023


YANG HILANG DALAM CINTA

  • Genre: Melodrama, fantasi romantis
  • Pembuat: Disney+ Hotstar
  • Pengarang: Yandy Laurens, Suryana Paramita
  • Sutradara: Yandy Laurens
  • Pemeran: Dion Wiyoko, Sheila Dara, Reza Rahadian, Dwi Sasono, Asri Welas, Arawinda Kirana, dan lain-lain.
  • Lagu penutup: “Raining Flowers" — Gerald Situmorang, Monita Tahalea, dan Sri Hanuraga
  • Musik: Ofel Obaja
  • Jumlah episode: 12
  • Produser eksekutif: Fiaz Servia, Amrit Dido Servia, Riza, Mithu Nisar, Raza Servia
  • Produser: Chand Parwez Servia, Reza Servia, Suryana Paramita
  • Sinematografi: Dimas Bagus
  • Penyunting: Hendra Adhi
  • Durasi: 28—34 menit
  • Rumah produksi: Kharisma Starvision Plus 



Share :

15 Komentar di "Apa yang Hilang dalam Cinta"

  1. Jadi penasaran nih, saya belum nonton serial drama ini. Sekarang lagi nonton series Mendua yaang dari Disney+ Hotstar. Next time aku nonton lah. Ceritanya keren ya, saya suka alur dan issue yang disampaikan. Nggak sabar pingin nonoton jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, ceritanya bagus. Alurnya rapi. Recommended, Mbak :)

      Delete
  2. Kadang aku merasa suamiku bucin banget kak. Banyak aturan yang harus diterapkan dalam bermedia sosial. Kadang kalo gak sesuai dengan syariat yang diyakininya, habis lah diobrak abrik feed ku (hapus beberapa konten)
    Aku yang tipe santuy ya anggap aja itu bentuk perlindungan dia sebagai qowwam. Gak merasa itu sebuah beban.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulillah ya Mbak, ada dasarnya sih beliau ya .. kalau Rendra ini duh nyebelin :D

      Delete
  3. kalau sudah keterlaluan dan mengalami berbagai tekanan emang bisa split personality ya.. seperti di buku Sybil itu, waduh pecahnya banyak sekali.. saya senang baca ringkasan drama ini, apalagi akhirnya lumayan happy ending

    ReplyDelete
  4. Disney Hotstar ini makin lama makin bagus2 iiiih dramanya 😄. Aku sbnrnya udah ga perpanjang mba, walopun msh ada aplikasinya. Gara2 baca ini, kok JD kepengin nonton serialnya.

    Reza Rahadian itu kalo main jadi orang baik, baiiiiik banget sampe kita terenyuh. Tapi kalo jadi orang jahat atau nyebelin, beneran kayak pengen ikutan gaplok dia 🤣🤣. Aktingnya luar biasa memang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya, Mbak Fan. Saya sekarang .. bisa jadi alasan nonton dilm atau drama itu karena Reza Rahadian yang main. Aktingnya luar biasa. Kalau nyebelin, betul2 rasanya pengen nabok dia :D:D:D

      Delete
  5. Ini kayak serial Bumi-nya Tere Liye ya... Penasaran eh kisah romansa dipadukan dengan fantasi (walaupun nggak terlalu banyak, hanya pada bagian "tak terlihatnya"). Nanti lah langganan lagi Hotstar... (Zen)

    ReplyDelete
  6. Banyak belajar saya nih dari kisah ini. Apalagi saya nih kadang sering merasa benar sendiri. Meski suami udah kasih saran ... Ujungnya merasa kecewa baru menyalahkan siapa...
    Penasaran saya ingin nonton juga jadinya
    Terimakasih informasinya

    ReplyDelete
  7. Wahh saya mau nonton ini.
    Saya suka genre fantasy or fun fiction kek gini, baik film atau pun buku. Daripada film soal selingkuh uhh bikin mumet.
    Disney hotstar ya, catet...

    ReplyDelete
  8. Aku awal2 ngikutin ini semangatt banget tapi pas di tengah2 agak ngantuk wkwkwk semoga emang bukan karena filmnyaa yg kurang on point, tapii karena emang saya lg ngantuk ajaa.. hihi.. tp endingnya suka sihh

    ReplyDelete
  9. Baguss nih kisahnya perlu di tonton dan diambil hikmahnya dalam menjalani kehidupan berumah tangga (gusti yeni)

    ReplyDelete
  10. Baguss untuk diambil pelajaran untuk kita lakukan di kehidupan sehari hari apalagi kalau sdh berumah tangga tuh logika dan kenyataan yg berjalan.

    ReplyDelete
  11. Bucin ini memang tidak terlalu disarankan ya mbak. Karena apabila tidak sesuai ekspektasi bisa kecewa. Ga jauh-jauh sudah ada buktinya dimana kasus artis terkenal yang akhirnya cerai pdhl baru 9 bulan nikah. Serial ini sepertinya menarik untuk ditonton.

    ReplyDelete
  12. Bagus banget reviunya Kak Niar... jadi auto masukin Apa yang Hilang dari Cinta ini ke dalam watch list saya kalau kerjaan sudah selesai. Btw, mencintai pun harus rasional ya Kak, gak boleh asal bucin aja, kadang cinta membutakan mata hati sehingga sulit menyelami hal yang baik untuk diri sendiri. Nice review Kak, makasih.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^