5 Hal Ini yang Perlu Dilakukan Setelah Perjalanan Jauh

5 Hal Ini yang Perlu Dilakukan Setelah Perjalanan Jauh – Kira-kira bagaimana rasanya badan terbang ke Jakarta setelah 20 tahun tak naik pesawat terbang, berkegiatan padat sampai malam selama 3 hari 2 malam, lalu balik ke Makassar sementara sebelumnya tidak pernah berkegiatan sepadat itu?

Perlu dilakukan setelah perjalanan jauh

Jawabannya adalah "REMUK" hahah. Saya tiba di Makassar tanggal 23 malam dan langsung tepar!

Demikian rasanya tubuh tapi perasaan hati tak perlu ditanya, rasanya BAHAGIA makanya kelelahan selama di Jakarta tak berasa, baru dirasakan saat tiba di rumah.

Selama ini di Makassar, kalaupun ada kegiatan, biasanya hanya seharian, tiba-tiba berubah ekstrem dan perjalanan pun berlangsung ekstrem sebab saya tak pernah bepergian jauh sendirian, melintasi bandara yang luas ... baru kali ini!

Bagi saya, bandara Sultan Hasanuddin sudah cukup luas karena 20 tahun lalu masih jauh lebih kecil daripada sekarang ... eh ... bandara Soekarno-Hatta tentunya jauh lebih luas lagi, dong. Kalau digambarkan bagaimana saya jalan kaki saat di bandara, seperti dalam diagram kusut ini nih:

Rute perjalanan jauh bandara Cengkareng

Selama ini saya tidak pernah lagi berkegiatan nonstop. Baru-baru ini, tanggal 21 berangkat. Tiba di Jakarta siang. Masih teler, tidak bisa istirahat dengan nyenyak, malamnya jalan dengan adik laki-laki yang stay di Jakarta. Sampai hotel sudah pukul 22. Malamnya tidur sih tapi terbangung setiap 2 jam.

Besoknya acara berlangsung sejak pagi hingga sore, company visit ke kantor-kantor Telkom di Bogor dan di Jalan Gatot Subroto Jakarta sembari mengerjakan draft di ponsel untuk blog dan Instagram – flash blogging dan posting video reels, tantangan dari panitia yang harus kelar sebelum pukul 18.00. 

Sempat naik tangga (manual) ke lantai 4, alhamdulillah sesaat setelah kunjungan selesai, tulisan pun selesai. Sorenya siap-siap ke Raffles Hotel Jakarta, tempat pelaksanaan acara puncak #IndiHomeBloggerInauguration yang berlangsung sampai malam. Tiba di hotel sudah jam 22 lewat. Bisa tidur tapi terbangun setiap 2 jam hingga subuh. 

Tanggal 23 pagi, perasaan masih tak karuan. Perut terasa begah, pengen BAB tapi tak kunjung terjadi sampai-sampai diingatkan oleh panitia di WA dan ketukan pintu. Entah kenapa padahal malam sebelumnya sempat kok makan salad dan agar-agar yang baik buat pencernaan. Kepala juga masih pening karena kebanyakan menunduk ketika mengerjakan draft tulisan dan postingan IG.

Namun demikian tetap harus berupaya fit untuk penerbangan pukul 14.30 ke Makassar. Berangkat pukul 11 dari hotel, masih dengan perut dan perasaan kacau. Tiba di bandara Cengkareng, tidak bisa langsung duduk manis karena harus ke sana ke mari dulu untuk makan siang dan mencar gate yang tepat untuk pesawat Batik yang saya tumpangi.

Tiba di Bandara Sultan Hasanuddin sudah lepas maghrib. Badan terasa semakin dingin jelang pesawat landing. Perasaan semakin tak karuan. Alhasil ketika tiba di rumah, yang diinginkan hanyalah TIDUUUR. Sesegera mungkin berbaring, tidak maksimal lagi membersihkan diri – jangan ditiru hahah. Malam itu tepar namun nyenyak, alhamdulillah. Sampai Sabtu pagi masih teler.

Kalau mengingat banyaknya pekerjaan rumah yang menanti, bisa makin teler jadinya. Tentunya perlu diupayakan … biar jadi enak, ini yang perlu dilakukan setelah perjalanan jauh:

1. Istirahat.

Mutlak beristirahat! Tenaga harus di-recharge lagi. Usia sudah tak muda. Kalau memang bukan kebiasaan aktif secara nonstop, kembalikan tenaga dengan beristirahat secara maksimal agar bisa kembali ke dunia nyata dengan optimal.

2. Mengalihkan pikiran kepada hal-hal yang menyenangkan.

Memang puyeng kala memikirkan banyaknya pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Suami membantu banyak namun tetap ada bagian yang harus mamak kerjakan sendiri. Pastilah ada kerjaan rumah tapi bukan untuk dijadikan fokus pikiran ketika tiba di rumah sebab akan mengaburkan hal-hal menyenangkan lainnya jika pekerjaan rumah yang mau dipikirkan.

3. Lakukan sedikit demi sedikit.

Jika memang harus mengerjakan pekerjaan rumah, mau tak mau ya dilakukan sedikit demi sedikit. Lama-lama akan menjadi bukit .. eh lama-kelamaan akan selesai juga. Kembali kepada rutinitas harian toh memang diperlukan agar badan tak berhenti bergerak. Pekerjaan rumah tangga itu membantu mamak menjadi lebih bugar, lhosaya sih percaya ini.

4. Mengupayakan bala bantuan.

Jangan malu meminta tolong orang yang dipercayai untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Bisa suami, bisa orang lain yang biasa membantu. Kalau memang tidak ada, ya jangan jadi alasan untuk koro-koroang atau marah-marah. Tetap santai dan kembali ke poin 2 di atas!

5. Mengandalkan teknologi.

Mengandalkan teknologi bersih rumah

Sekarang sudah ada robot vacuum cleaner yang bisa diandalkan. Belilah jika mampu. AVARO LS3000 adalah salah satu contoh produk teknologi yang bisa diandalkan dalam membantu pekerjaan rumah. Robot vacuum tipe ini nih body-nya superslim, dengan tinggi hanya 75 milimeter. Dengan demikian, Avaro LS3000 dapat menjelajahi setiap sudut rumah yang membuat kita harus menunduk-nungging untuk membersihkannya.

 

Sekilas Tentang Robot Avaro Terbaru

 

Avaro LS3000 diperlengkapi dengan tangki kotoran yang lebih besar daripada pendahulunya, yakni bervolume 650 ml. Dengan alat ini, kotoran yang ditampung lebih banyak dan mampu mengisap berbagai jenis kotoran seperti debu, rambut, karet, hingga benda sebesar kacang.

Menariknya, robot pintar ini akan kembali ke dock station untuk charging dirinya selama 3-4 jam dengan otomatis ketika dayanya tinggal 10 persen sehingga penggunanya bisa duduk manis mengisi me time-nya sembari si robot bekerja.

Para ibu rumah tangga mestinya tertarik dengan keunggulan Avaro LS3000 yang ini: daya listrik yang dibutuhkan sangat kecil, hanya 21,2 watt. Hemat! Bakal sering-sering membersihkan rumah jika punya robot yang hemat daya listrik begini, bukan?

Avaro LS3000

Penghematan yang dilakukan tidak sampai di situ saja. Ada kabar gembira nih, sebanyak 300 pembeli pertama akan mendapatkan tambahan potongan harga sebesar Rp250.000! Mendapatkannya mudah, bisa beli online di Advan Official Store di Tokopedia. Gaes, jika kalian memiliki Avaro LS 3000 ini, me time-nya bakal ngapain selama di Avaro bekerja? 😊

Makassar, 26 September 2022



Share :

15 Komentar di "5 Hal Ini yang Perlu Dilakukan Setelah Perjalanan Jauh"

  1. Aku setuju banget mba dengan poin sedikit demi sedikit dulu, karena itu mencegah dari rasa malas juga ya, btw selamat ya mba buat kemenangannya ya

    ReplyDelete
  2. Kalau daku bawa sarung bantal yang dipakai di rumah, biar bisa tidur, karena ada hawa² kamar sendiri hehe. Congrats ya Bu untuk lomba blog nya

    ReplyDelete
  3. mempersiapkan segala suatu dengan baik dan mengatur waktu yang tepat akan membuat semuanya terasa mudah

    ReplyDelete
  4. Sama kayak aku nih tips nya, memang kalau rasa lelah jangan paksain ngelakuin kerjaan dulu, apalagi ada avaro LS3000 ini pas banget kerjaan rumah jadi lebih ringan

    ReplyDelete
  5. Pulang dari perjalanan jauh biasanya saya jadi pendongeng untuk suami. Wkwkwk. Meski sampai rumah jam 2 pagi pun tetap cooling down sambil bercerita bebas tentang perjalanan tersebut. Setelah suhu badan nyaman untuk mandi, baru deh bersih-bersih badan lalu tidur, agar esoknya bisa ngerjain pekerjaan rumah sendiri.
    Kalau punya Avaro ini enak ya, bisa lebih ringan ngerjain bersih2 rumah.

    ReplyDelete
  6. Perjalanan jauh memang bikin stres yaa, kak Niar.
    Karena mungkin lebih ke tanggungjawab yang mungkin sedikit diletakkan sejenak sebagai Ibu rumah tangga. Dibantu dengan vacuum canggih Avaro LS3000, aku juga maauuu..
    Rumah rapih dan bersih tanpa khawatir.

    ReplyDelete
  7. Selamat ya, sudah jadi salah satu pemenang Blogger... pastinya laelah terlupa kalau mengingat prestasi yang telah dicapai.. rumah? janan terlalu dipilirkan, ada yang dukung kan, suami dan anak anak.. Alhamdulillah.. Insya Allah selesai semuanya

    ReplyDelete
  8. Waw, 20 tahun baru flight lagi ya mbak. Kondisi kurang fit pula huhuhu .... Untung ada Avaro yang helpfull, saya pun pengen punya si Avaro LS300 ini hehehe

    ReplyDelete
  9. Sebelumnya selamat, ya, atas pencapaiannya, Mbak. Barakallah. Pastinya lelah berkegiatan padat seperti itu, tetapi pengalaman dan kenangannya tentu sangat berharga.

    ReplyDelete
  10. Wawww sangat membantu sekali ini robot, apalagi habis bepergian lelah hayati, cucian menggunung dan rumah kotor.

    ReplyDelete
  11. Kalo me time sementara robotnya bekerja saya akan nonton drakor hehe. Dan sepertinya kebutuhan mempunyai vaccum canggih bukan buat ibu RT aja ya seperti kami ini yang masih single untuk membuat waktu istirahat semakin optimal ya kudu punya juga. Honestly, saya sudah cukup lama ingin membeli vaccum canggih seperti ini.

    ReplyDelete
  12. Solusi banget nih bu.. Apalagi kalau rumah udah lama ditinggal, pasti minta dibersihin. Kalau ada Acara bakalan lebih mudah buat bersihin debu debu yang ada, gak harus extra energi, karena udah capek duluan habis perjalanan jauh

    ReplyDelete
  13. Praktis banget si vacum cleaner ini, bentuknya juga lucu. Aku juga kadang kalau setelah perjalanan jauh, barang barang malah aku biarin dulu saking capek atau malas. Rasanya ngeliat tumpukan barang yang dibawa sehabis traveling kayak bikin sumpek, sampai sampai kamar berantakan
    Kalau dibantu vacum cleaner jadi lebih cepet juga ya bersih bersih

    ReplyDelete
  14. Impiaan banget punya vacum cleaner kayak gitu....mudah2an ada rejeki. amiin amiin ^_^

    ReplyDelete
  15. Menggunakan robot vacuum cleaner untuk membersihkan rumah menjadi pilihan tepat bagi yang yang memiliki kesibukkan atau tengah kelelahan. Di mana, waktu yang biasa digunakan untuk menyapu debu dan kotoran lebih simpel. Apalagi utk penggunaanya cukup menghemat daya listrik

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^