7 Tips Flash Blogging Menggunakan HP

Tips flash blogging menggunakan HP ala saya perlu saya abadikan di blog ini mengingat hal ini menjadi catatan sejarah saya. Flash blogging on the spot ini saya jalani Kamis tanggal 22 kemarin, sebagai rangkaian dari #IndiHomeBloggerInauguration. Flash blogging alias menulis dalam waktu/deadline singkat sebenarnya bukan hal yang nyaman bagi seorang bloger yang terbiasa merencanakan segala sesuatunya namun kali ini, flash blogging menjadi tantangan yang harus saya penuhi.

Tips Flash Blogging Ala Saya

Secara tiba-tiba hari Rabu malam ada informasi mengenai games bagi para peserta
#IndiHomeBloggerInauguration – lebih tepatnya challenge, menulis di blog atau posting video di media sosial (vlog atau reels) mengenai keseruan jalan-jalan hari Kamis itu. Mau tak mau, tantangan itu harus saya penuhi. Sudah ada di Jakarta ini. Sudah menjalani serangkaian acara pagi hingga sore hari. Sudah di titik itu maka, selayaknya mengupayakan menyelesaikan tantangan.

Kalau mau dicari-cari alasan untuk tidak menulis, pasti ada saja. Saya yang tidak terbiasa menggunakan HP pastinya merasa tidak nyaman menggunakan HP saja namun hal itu tak boleh menjadi alasan. Atau alasan DL yang terlalu cepat? Sama, tidak boleh jadi alasan juga. Sudah menjadi blogger yang dipilih untuk mengikuti acara inaugurasi seharusnya bisa menjalani tantangan yang diberikan.

Awalnya kekhawatiran saya bukan hanya soal tenggat waktu yang mepet. Pasalnya, kegiatan anjangsana berlangsung dari pagi sampai sore atau jelang sore hari. Sementara kami harus menyetor link tulisan ataupun postingan media sosial paling lambat pukul 18.00 WIB. Lalu kapan dan bagaimana membuat tulisannya? Bisakah saya menyelesaikan tantangan ini tepat waktu?


Ngeblog on the spot

Nah, saya jabarkan di sini saja tips flash blogging ala saya:

1. Memanfaatkan waktu untuk nge-draft.

Mau tak mau, draft tulisan sudah harus dibuat sepanjang waktu mengunjungi kantor-kantor Telkom. Harus pandai-pandai mencari celah waktu untuk mengetik draft di HP. Ketika menunggu pembicara datang, saat istirahat, dan selama dalam perjalanan menjadi waktu terbaik untuk nge-draft.

2. Menyempatkan diri untuk browsing informasi tambahan.

Browsing informasi terlebih dulu mengenai kantor-kantor Telkom yang didatangi (di Bogor dan Jakarta) agar bisa sedikit memahami topik yang disampaikan.

3. Menjaga ketahanan device.

HP yang baterainya sangat mudah drop, dihemat-hemat. Saya jadi jarang buka aplikasi selama acara berlangsung dan berusaha untuk sering-sering nge-charge terutama ketika menemukan colokan listrik. Power bank diupayakan stand by agar mudah dipergunakan dalam mengisi daya ponsel.

4. Sabar dan persisten.

Semaksimal mungkin menjalani tantangan flash blogging. Jangan menyerah sebelum waktu berakhir. Sabar dan persisten dalam menjalani tantangan.

5. Mengeset mindset positif.

Enyahkan perasaan dan pikiran tidak mampu dan tidak bisa. Tanamkan dalam diri bahwa kita bisa melakukan dan menyelesaikan tantangan. Yakinkan dengan doa dan afirmasi positif.

6. Perhatikan asupan makanan dan minuman.

Jaga asupan makanan dan minuman. Ketika waktu makan tiba maka makanlah. Jangan juga semua waktu luang dipergunakan untuk ngedraft. Pentingkan asupan makanan dan minuman agar fisik tetap prima dan otak tak kekurangan oksigen sehingga bisa berpikir jernih terlebih waktu yang dimanfaatkan tidak banyak.

7. First things first.

Lakukan hal yang prioritas. Jangan buka media sosial dulu kecuali untuk upload informasi di story Instagram mengenai acara yang tengah berlangsung. Jangan dulu melihat grup-grup Whatsapp yang tak ada hubungannya dengan aktivitas yang tengah berlangsung.

Tips ngeblog on the spot

Alhamdulillah
ada hasilnya. Tulisan selesai jelang sore walaupun kepala pening karena kebanyakan menunduk. Hal ini jadi suatu pencapaian tersendiri juga bagi saya karena ini tantangan pertama ngeblog yang saya lakukan menggunakan ponsel dalam waktu sangat singkat sementara ponsel dalam keadaan tidak terlalu prima karena baterainya cepat sekali nge-drop.

Flash blogging kali ini menjadi cara untuk saya belajar meningkatkan kemampuan menulis. Harus mampu menyusun konsep dengan cepat, menentukan ide, dan meramunya ke dalam tulisan. Dengan memenuhi tantangan, saya percaya kemampuan kita bisa meningkat, sebagaimana yang pernah saya sampaikan mengenai tips meningkatkan kemampuan menulis maka tantangan ini saya terima dan laksanakan.

Teman-teman sudah pernah menjalani tantangan ngeblog kilat hanya menggunakan HP? Share dong pengalaman uniknya di kotak komentar di bawah!

Makassar, 25 September 2022



Share :

4 Komentar di "7 Tips Flash Blogging Menggunakan HP"

  1. Nah, sering banget ada aja yang perlu diposting di blog saat jalan-jalan enggak bawa laptop. Jadi, perlu banget instal blog di smartphone untuk lebih memudahkan. Memang enggak nyaman kalau nulis di ponsel, tapi akhirnya harus membiasakan juga, ya. Terima kasih tipsnya!

    ReplyDelete
  2. Wah membaca ini jd membaca kisah saya sendiri ngeblog. Alhamdulillah sampe skrg blm terbeli laptop haha.

    ReplyDelete
  3. Alah bisa karena biasa ya Mbak.. Saya sendiri sering memanfaatkan waktu di kereta saat menuju ke kantor untuk mencari ide atau membuat draft yang akan disempurnakan malamnya.

    Juga kalau terbiasa untuk melakukan sesuatu secara terjadwal, seharusnya sih kita bisa semakin terlatih menghadapi situasi tak terduga seperti. Hanya perlu melakukan tweak dari kebiasaan yang ada.

    Soal nyaman, hahahaha ya tidak nyaman, cuma kalau dibiasakan lama kelamaan juga bukan sebuah masalah.

    ReplyDelete
  4. Pernah
    Waktu hape masih belum secanggih sekarang
    Alhamdulillah sekarang makin bisa lha ya karena layar hape juga sudah sedemikian lebar

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^