Siapa Bilang Semuanya Berbayar? Ini Dia Konten Gratis yang Ada di KaryaKarsa!

Siapa Bilang Semuanya Berbayar? Ini Dia Konten Gratis yang Ada di KaryaKarsa! Apa yang ada di pikiran kalian ketika mendengar frasa “KaryaKarsa gratis? Apakah kedengaran tidak mungkin? Well, KaryaKarsa memang dikenal sebagai platform yang mendukung para kreator berbagai kelompok konten agar mereka mendapatkan pendapatan yang layak atas hasil karya yang sudah dibuat. Di sini, para content creator dan fans dapat saling bertemudan menjalin hubungan simbiosis mutualisme yang mana fans mendapatkan karya dari kreator dan kreator mendapatkan masukan dari penggemarnya. Platform ini menjadi jawaban bagi para kreator yang sebelumnya tidak mendapatkan apresiasi layak atas karya mereka di media atau platform lainnya.

KONTEN gratis

Meski dikenal sebagai platform yang menjual berbagai karya berbayar, bukan berarti tidak ada karya yang bisa dinikmati fans secara gratis. Ada beberapa konten yang tergolong sebagai konten KaryaKarsa free. Pun, kategori konten gratis ini tidak hanya satu atau dua macam saja lho. Ada beberapa kanal di KaryaKarsa yang menawarkan konten gratis. Pendapatan mereka berasal dari pembelian paket dukungan. Paket ini tidak menjadi wajib untuk dibeli fans ketika mereka ingin mengakses kontennya.

 

Ada apa saja sih konten KaryaKarsa free di sini?

 

1. Komik gratis di akun @wirtams

 

Suka baca komik dan terbuka untuk segala tema yang diangkat? Kalian bisa mengunjungi laman akun @wirtams yang terdaftar sebagai kreator komik di KaryaKarsa. Ada tiga cerita komik yang sudah diunggah di akun ini dan semuanya gratis untuk diakses. Judul komik yang diunggah adalah Pendekar Bayaran. Sesuai namanya, komik ini menceritakan dua orang pendekar yang sengaja dibayar untuk menyelesaikan kasus tertentu. Pendekar tersebut bernama Saka dan Bondol.

Kasus yang mereka hadapi saat ini adalah tentang teror terhadap ternak di sebuah desa. Awalnya mereka mengira bahwa kasus ini masih ada hubungannya dengan perampokan ternak yang pernah terjadi di tahun lalu. Namun, siapa sangka ternyata dalang di balik kasus itu bukanlah sosok yang mereka pikirkan sama sekali?

 

2. Kajian agama Islam di akun @pakzam

 

Konten KaryaKarsa free ternyata tidak hanya bisa ditemukan dalam bentuk hiburan komik, lho. Di sini juga teredia konten yang memuat seperti kajian agama Islam dari content creator @pakzam. Dalam akun tersebut, Moch Zamroni (nama yang dipasang dalam akun tersebut) mengunggah beberapa konten yang berisi doa-doa dalam agama Islam.

Uniknya, kreator ini tidak hanya memberi penjelasan secara tertulis tetapi juga memberikan rekaman suara mengenai doa yang sedang dibahas. Lantunan doa itu pun terdengar indah dengan nada dan teknik pelantunan yang syahdu. Pun dalam setiap narasi yang dituliskannya, kreator ini memberi penjelasan lebih dari sekadar hasil translasi doa tersebut. Surah dan doa yang diunggah dalam akun ini pun merupakan doa dasar dan surah pendek.

Kreator Podcast

3. Teenfiction karya akun @ImVha

 

Mana nih yang hobi membaca novel-novel teenlit? DIbandingkan membeli novelnya, kamu bisa mengakses novel gratisan di KaryaKarsa. Tanpa perlu menggunakan voucher KaryaKarsa, kamu bisa membaca cerita bersambung karya kreator @ImVha. Dalam profilnya, kreator ini secara terang-terangan mengaku menyukai karakter cogan atau cowok ganteng. Maka tokoh utama dalam cerita yang dibuatnya adalah karakter laki-laki dengan wajah tampan.

Novel teenlit biasanya akan mengusung tema atau topik cerita yang tidak jauh dari kisah asmara dan kehidupan remaja usia sekolah. Dalam akun @ImVha ini terdapat dua judul cerita bersambung yang sudah diunggah melalui akunnya, yaitu cerbung dengan judul Choice dan Pura Cordis. Cerbung berjudul Choice mengusung tema kesehatan mental (mental health) sedangkan Pura Cordis lebih mengusung tema yang lebih umum seperti tentang keluarga, persahabatan, dan trauma. Keduanya merupakan kreasi cerbung yang layak untuk dinikmati, terutama bagi para pecinta cerita novel teenlit.

 

4. Kumpulan cerita karya akun @lepaskata

 

Jika kreator sebelumnya lebih memproduksi konten cerita fiksi, lain halnya dengan creator novel yang satu ini. Kreator KaryaKarsa free dengan nama akun @lepaskata adalah seorang kreator yang memproduksi cerita berdasarkan hasil curhat pembaca atau siapa pun yang hendak berbagi kisahnya. Bahkan, kreator ini sudah memberikan link yang dapat diakses pembaca apabila mereka ingin menuliskan kisah pribadi dan dijadikan sebagai inspirasi tulisan dari kreator @lepaskata.

Semua cerita tersebut diakomodir dalam sebuah karya tulis dengan judul Labirin: Kehadiranmu, Kebahagiaanku. Seperti yang disebutkan dalam profilnya, karya ini adalah sekumpulan cerita yang dikemas dalam bentuk surat. Dalam surat itu nantinya akan lebih banyak menceritakan tentang kenangan maupun ingatan yang berfokus pada konten mengenai cinta. Cerita ini akan cocok sekali dengan pembaca yang menyukai kisah-kisah cinta.

Explore KaryaKarsa

Itu dia beberapa kanal dengan konten KaryaKarsa gratis yang bisa kalian akses. Referensi konten gratis ini bahkan beragam untuk berbagai tema dan produk. Jadi kamu tidak akan kehabisan konten gratis di KaryaKarsa yang bisa kamu nikmati.

Nah, jika kalian masih penasaran dan ingin mendapatkan konten yang lebih dan bersedia membayar, bisa lho mengeksplorasi lebih banyak akun KaryaKarsa yang menghasilkan konten berbayar. Tenang saja, harga untuk setiap konten yang diunggah di sini sangat terjangkau, koq. Bahkan, ada konten seharga Rp2.000 saja, lho! Yuk dukung karya anak bangsa di KaryaKarsa.

Share :

4 Komentar di "Siapa Bilang Semuanya Berbayar? Ini Dia Konten Gratis yang Ada di KaryaKarsa!"

  1. Sekarang banyak peminat karyakarsa, ya, gak heran banyak yang berpindah ke sana walau berbayar. Eh ternyata juga ada yang gratis, mantep nih teenfiction oleh ImVha dan kajiannya Pak Zam bisa dicoba. Terima kasih sharingnya.

    ReplyDelete
  2. Keren juga ya konten-kontennya KaryaKarsa, sifatnya universal mulai dari konten untuk umum dan ada juga untuk keagamaan. Pengen nyimak juga ah

    ReplyDelete
  3. wah boleh nih kak, sebab daerah aku ada tuh yang ingin berkreasi namun terhalang di biaya awal, thx u infonya kak

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, kini ada konten gratis di KaryaKarsa yang bisa dinikmati masyarakat luas.
    Pingin coba baca teen fiction sama kumpulan cerita. Rasanya merindu konten literasi yang baca di web. Mau cari tulisan-tulisan horor, hehehe...lagi tren akhir-akhir ini.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^