4 Manfaat Vitamin B5 untuk Iritasi Kulit Bayi

Iritasi kulit bayi merupakan salah satu masalah yang sering terjadi terutama untuk bayi berusia di bawah 24 bulan, saya pun mengalaminya dengan ketiga buah hati dulu. [1] Meskipun umum ditemui namun iritasi tersebut dapat mengganggu kenyamanan si kecil mengingat biasanya, ada sensasi gatal ataupun perih yang terasa di samping kulit kemerahan. Selain dengan menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan sekitar buah hati, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala iritasi kulit si kecil adalah dengan memberikan manfaat vitamin B5 untuk bayi.

Vitamin B5 atau dikenal juga dengan nama asam pantothenic merupakan salah satu komponen yang banyak digunakan dalam skincare khusus bayi. Hal ini dikarenakan manfaat vitamin B5 sendiri cukup banyak terutama untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. Secara spesifik, vitamin B5 juga memiliki kelebihan untuk merawat kulit bayi yang mengalami iritasi dengan cara sebagai berikut:

Vitamin B5 untuk kulit

1. Meredakan kemerahan dan peradangan [2,3]

Kemerahan dan inflamasi atau peradangan menjadi tanda utama yang nampak ketika kulit si Kecil mengalami iritasi, baik itu ruam popok, ruam air liur dan sebagainya. Kemerahan dan peradangan penyebab rasa gatal atau perih pada bayi biasanya berangsur hilang ketika kebersihan si bayi kita tingkatkan, contohnya adalah dengan lebih rajin lagi mengganti popoknya. Namun, proses pemulihan tersebut akan lebih cepat dengan bantuan vitamin B5 yang memiliki efek antiinflamasi.

2. Menjaga kelembaban kulit [2,3]

Pada beberapa kasus, iritasi kulit membuat si kecil merasa gatal di area yang mengalami ruam. Ditambah lagi dengan permukaan kulitnya yang terasa kasar sehingga semakin membuatnya tidak nyaman. Vitamin B5 dapat membantu mengatasinya karena memiliki efek humectant yaitu menarik air ke dalam sel kulit dan menguncinya di dalam sehingga kulit terhidrasi dengan lebih baik yang membuatnya terasa lembab dan tidak kering lagi dengan penggunaan teratur.

3. Membantu menyembuhkan luka [2]

Selain memiliki efek antiinflamasi dan humectant ternyata manfaat vitamin B5 yang tidak kalah bagus adalah kemampuannya dalam merangsang pembentukan kolagen yang penting buat regenerasi kulit dan penyembuhan luka. Saat kulit buah hati mengalami iritasi hingga mengakibatkan lecet, secara perlahan namun pasti vitamin B5 akan mengembalikan kondisi kulitnya seperti semula dimana terasa lembut dan kenyal berkat produksi kolagen alami dalam sel kulit yang maksimal.

4. Meningkatkan skin barrier [2,3]

Skin barrier merupakan lapisan kulit luar yang paling kuat dan berfungsi untuk melindungi lapisan kulit yang lebih dalam dari cedera seperti lecet. Vitamin B5 berkhasiat bagus dalam meningkatkan kekuatan skin barrier ini sehingga walaupun ada pergesekan antara kulit dengan popok atau pakaian, kulit bayi kita tak mudah mengalami iritasi atau kemerahan yang membuatnya tidak nyaman hingga rewel. Nah, meskipun vitamin B5 punya kemampuan tersebut, pastikan juga untuk menghindari pemakaian popok ketat pada bayi ya karena tidak baik buat kesehatan kulitnya.

Bepanthen melihat potensi besar dari manfaat vitamin B5 untuk kulit bayi tersebut sehingga menggunakannya sebagai salah satu bahan aktif yang membantu merawat kesehatan kulit bayi. Selain bermanfaat untuk meredakan iritasi dan kemerahan akibat ruam popok, Bepanthen juga baik digunakan untuk mengatasi puting yang lecet pada ibu menyusui sehingga aktivitas mengASIhi tidak terganggu oleh rasa nyeri dan tidak nyaman akibat gesekan dengan mulut maupun gusi bayi. Ditambah dengan kandungan emollient yang memberikan kelembaban ekstra, Bepanthen dapat menjadi sahabat kulit bayi dan ibu.

 

Catatan kaki:

[1] Anjana Mothihar Chandra, Common Baby Skin Conditions, healthxchange. Diakses pada 11 Maret 2022 dari https://www.healthxchange.sg/children/baby-0-24-months/common-baby-skin-conditions-symptoms-causes 

[2] Dr. Vindhya L Veerula, Benefits of Vitamin B5 for Your Skin, 1 Maret 2021, stylecrazy. Diakses pada 11 Maret 2022 dari https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-vitamin-b5-for-your-skin/  

[3] Dendy Engleman, Panthenol for Skin, 17 Oktober 2021, byrdie. Diakses pada 11 Maret 2022 dari https://www.byrdie.com/panthenol-for-skin-the-complete-guide-4770218



Share :

13 Komentar di "4 Manfaat Vitamin B5 untuk Iritasi Kulit Bayi"

  1. Berarti ini aman ketika bayi menyusu ya Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya untuk krim atau salep yang aman bagi kulit bayi, Kak.

      Delete
  2. Kulit si kecil itu sensitif banget dan mudah iritasi, kadang sampai merah dan gatal gitu. Jadi, kita perlu memperhatikan asupan gizi dan makanan si kecil agar tak sampai alergi. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sejak dini mengetahui alergi bayi, bagus ya.Untuk bahan-bahan yang dipakai di kulit harus hati2 juga.

      Delete
  3. karena anak butuh pemahaman yang detil dan ngga bisa coba coba ya mbak. Mau tak mau orang tua lebih banyak belajar lagi supaya berhasil mengasuh anak, apalagi yang belom pengalaman

    ReplyDelete
  4. Keren Bepanthen jeli banget liat kebutuhan pasar ya bisa buat hadiah ponakan nih yang masih baby olus suka merah-merah entah alergi atau kena apa

    ReplyDelete
  5. Ternyata masalah kulit bayi atau umumnya bisa jadi karna kekurangan vitamin B5 ya. Noted banget ini. Thanks ya Kakak. Bisa aku rekomendasikan ini.

    ReplyDelete
  6. Jadi ingat saat masa2 merawat bayi, vit ini memang sangat dibutuhkan karena bayi retan dengan iritasi. Tulisan yg bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. Dengan memberikan asupan makanan yang mengandung Vitamin B5 insya Allah kulit bayi kita akan selalu aman, bebas dari ganguan ya. Berarti makanan mereka harus sering2 dikasih ikan salmon, jmaur, alpukat dan sebagainya

    ReplyDelete
  8. Ilmu baru nih tuk saya, Vit B5 utk kesehatan kulit bayi. Makasih infonya Kak.

    ReplyDelete
  9. Eh pantesan di beberapa skincare juga ada kandungan vit B5 ini mba. Ternyata memang manfaatnya bagus utk kulit yaaa.. ga hanya bayi sih, tapi juga utk orang dewasa.

    ReplyDelete
  10. Wah baru tahu aku ternyata sepenting itu ya manfaatnya. Apalagi kulit bayi walaupun halus kadang sensitif gitu sama sesuatu makanya harus dijaga dan dirawat secara khusus juga ya.

    ReplyDelete
  11. Saya sering cek komposisi produk perawatan kulit bayi dan senang melihat ada vitamin B5 sebagai bahan yang memang baik untuk si kecil.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^