Berkesannya Iklan dan Mengapa Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Sebaiknya dengan Hansaplast

Anda yang termasuk generasi X macam saya ini mungkin masih ingat iklan plester merek Handyplast, ya. Ingatan tentang iklan itu menancap kuat di memori saya. Bahkan lucunya, akhir-akhir ini iklan versi lama yang biasa saya lihat dulu itu muncul kembali. Nah, Handyplast ini berubah nama menjadi Hansaplast.


Pesan yang Menancap Berkat Iklan Jadul


Brand produksi Beiersdorf yang berdiri sejak 1882 di Hamburg – Jerman ini menancap di otak kanak-kanak saya sejak nonton iklannya makanya saya tahu kalau luka itu salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan plester.

Hermawan Kartajaya[1] dalam buku Hermawan Kartajaya On Brand – Seri 9 Elemen Marketing[2] menyayangkan perubahan merek tersebut. Menurutnya sebenarnya ekuitas merek Handyplast sudah masuk dalam tahap loyalitas saat itu, bukan lagi sekadar awareness.

Kompilasi iklan sejak yang jadul (tahun 70-an)

Perubahan Merek dengan Dugaan dan Kenyataannya Setelah Sekian Tahun


Jika sudah sampai pada tahap ini, suatu merek seharusnya sudah punya integritas merek, citra merek, dan identifikasi merek atau the strategic business triangle yang benar-benar solid. Perubahan nama seperti itu bisa menimbulkan gangguan dalam identifikasi merek. Jika ini terganggu maka loyalitas merek juga terganggu.

Dalam perjalanan panjangnya, ada perkembangan mencengangkan. Google Indonesia dalam periode Januari – Juli 2019 me-review 10 iklan yang termasuk kategori skipable ads (bisa dilewati) tapi malah mempunyai jumlah viewers yang besar[3].

Salah satu dari iklan itu adalah Hansaplast Koyo karena cerita yang disuguhkan di dalam iklan Hansaplast Koyo sama seperti ke-9 iklan lainnya, dianggap “sangat menarik” oleh publik sehingga membuat para pemirsa tetap betah melihatnya sampai akhir.

Yeah, pada kenyataannya hingga saat ini Hansaplast masih eksis dan masih saja mengeluarkan varian baru secara kreatif, misalnya dengan mengeluarkan produk yang bergambar karakter animasi Frozen yang disukai anak-anak perempuan.


Perubahan nama dari Handyplast ke Hansaplast

Anda dapat menggunakan produk unggulan Hansaplast seperti Hansaplast Spray Antiseptik dan Plester Luka Hansaplast. Penggunaan plester luka dapat mempercepat proses penyembuhan karena kondisi luka tetap lembap terjaga.

Berikut beberapa informasi penting pertolongan pertama ketika mengalami luka di rumah yang dapat Anda lakukan :


1 Mengambil kotak P3K

Menyiapkan peralatan kesehatan ringan pada kotak P3K sangatlah perlu. Hal ini dimaksudkan untuk menyediakan obat-obat yang tepat dan sesuai ketika terjadi kecelakaan. Peralatan P3K yang perlu Anda siapkan berupa Hansaplast spray, plester luka Hansaplast, kassa dan lain sebagainya. Penggunaan plester dengan ukuran yang beragam dimaksudkan untuk perispaan apabila terjadi kecelakaan.

2 Menutup segera luka yang baru

Hal ini dilakukan untuk mengatasi terjadinya infeksi pada bakteri maupun kuman. Luka yang terbentuk akibat kecelakaan harus dilakukan pembersihan terlebih dahulu. Pembersihan dilakukan dengan menggunakan obat pembersih luka Hansaplast spray dan menutup luka segera dengan menggunakan plester Hansaplast.

Penutupan luka merupakan cara yang tepat untuk menjaga kondisi agar tetap lembap dan memiliki proses penyembuhan lebih cepat dibandingkan dibiarkan terbuka. Memilih pembersih luka sangat penting. Hal ini dikarenakan, produk yang beredar di masyarakat menyebabkan rasa perih, berbau dan bernoda karena meninggalkan bekas yang bukan merupakan luka sesungguhnya.

Hansaplast "Frozen"

3 Mengatasi demam yang ditimbulkan akibat kecelakaan

Terkadang luka yang cukup parah, menimbulkan masuknya bakteri ke dalam tubuh sehingga terjadinya perlawanan antara zat antibodi dengan bakteri yang masuk. Sehingga, tubuh memiliki respon meningkatkan suhu untuk memerangi bakteri yang tidak bisa hidup pada suhu normal.

Apabila suhu melebihi 40 derajat, Anda bisa menggunakan obat pereda demam Hasaplast dalam bentuk koyo. Anda dapat mengukur suhu tubuh dengan termometer untuk mengetahui angka secara pasti. Tanda seorang Anak yang memiliki peningatan suhu tubuh dicirikan dengan muka memerah dan selalu berkeringat.

Produk Hansaplast memang direkomendasikan untuk Anda karena efektif dan efisien dalam merawat luka. Produk ini memang memiliki beberapa kelebihan yang sangat bagus untuk merawat luka agar cepat sembuh. Melindungi diri dan keluarga dari pengaruh buruk infeksi yang menyerang melalui luka bisa teratasi dengan produk Hansaplast.

Berikut beberapa kelebihan plester Hansaplast yang perlu Anda ketahui:


1 Tahan Air

Kemampuan daya tahan terhadap air pada plester luka memberikan perlindungan terhadap luka ketika berhadapan dengan air. Hal ini, membantu Anda untuk mempercepat proses penyembuhan karena air dapat membuat luka mudah terinfeksi dan basah. Kondisi ini memungkinkan mikroorganisme baik bakteri maupun kuman tumbuh dan berkembang biak.


2 Daya rekat kuat

Plester Hansaplast memiliki daya lekat yang baik terhadap luka sehingga melindungi luka dari infeksi bakteri dari luar. Selain itu, daya rekat ini mampu menjaga kondisi lembap yang optimal untuk luka yang diderita.

3 Pelindung luka dari air

Plester luka seharusnya memiliki daya tahan terhadap air yang sangat baik. Hal ini dikarenakan fungsinya untuk melindungi luka dari bakteri maupun kuman yang sangat mudah berkembang biak di tempat yang basah.

4 Memiliki warna yang sama dengan kulit

Penggunaan plester untuk luka akan sangat membuat Anda nyaman apabila warna plester memiliki kesamaan dengan warna kulit. Hal ini membuat Anda dapat beraktivitas biasa tanpa terganggu dengan warna plester.

5 Bahan tetap optimal oksigen

Bahan yang dibuat pada plester luka Hansaplast membuat kulit di sekitar luka tetap bernapas. Hal ini dikarenakan bahan tersebut memberikan ruang pada oksigen untuk membuat kondisi luka tetap lembap.

Salah satu iklan yang disukai penonton YouTube

6 Bantalan luka efektif menghasilkan antiseptik

Bantalan pada plester memiliki zat antiseptik yang digunakan untuk mengatasi infeksi yang datang dari luar seperti bakteri dan kuman. Ion antiseptik memiliki fungsi lain untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka.

Nah, dengan mempertahankan kualitas, meskipun perubahan nama dari Handyplast ke Hansaplast pernah disayangkan oleh seorang pakar marketing, produk ini masih bisa bertahan. Bagaimana pendapat Anda?

Makassar, 14 Januari 2020



[1] Hermawan Kartajaya (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 18 November 1947) adalah seorang pakar pemasaran berkewarganegaraan Indonesia. Sejak tahun 2002, ia menjabat sebagai Presiden asosiasi pemasaran dunia “World Marketing Association” dan oleh The Chartered Institute of Marketing yang berkedudukan di Inggris ia dinobatkan sebagai 50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing (Wikipedia).

[2] Buku Hermawan Kartajaya On Brand – Seri 9 Elemen Marketing diterbitkan oleh penerbit Mizan, pertama kali pada tahun 2004 dan cetak ulang hingga beberapa kali.

[3] Artikel berjudul Resep di Balik 10 Iklan Indonesia yang Jarang di-Skip di YouTube, sumber: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/08/22/10-iklan-ini-jarang-di-skip-di-youtube-indonesia-kenapa (diakses 14 Januari 2020, pukul 21:30)



Share :

10 Komentar di "Berkesannya Iklan dan Mengapa Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Sebaiknya dengan Hansaplast"

  1. Obat ini selalu ada di dompet P3K, karena Luka bisa datang kapan saja apalagi yang suka ngaprak dan ngemping kayak saya mah, standar obat2 harus dibawa.Makasih tulisannya Mbak, semoga sehat selalu :)

    ReplyDelete
  2. Aku suka banget sama kemasan Hansaplast yang saat ini mbak karena lebih gemes dan lucu serta disukai anak2 tentu nya

    ReplyDelete
  3. Ya ampun, lama nggak pakai plester. Aku baru tahu kalau Handyplast dan Hansaplast tuh sebenarnya sama aja. Terakhir pakai plester tuh tahun 2015 lalu waktu pakai sepatu baru dan pergelangan kaki aku lecet. Eh, waktu itu sudah berubah nama atau belum, ya? Soalnya waktu beli aku cuma bilang mau beli plester aja tanpa menyebut merk, hahaha ...

    ReplyDelete
  4. Aku termasuk yqng suka beli handaplast karena tergoda gambar karakter di setiap plesternya..soalnya lucu..gemesin...

    ReplyDelete
  5. saya dirumah dibiasakan stok hansaplast klo ada kejadian yang tidak terduga bisa langsung ditempel hansaplast

    ReplyDelete
  6. Mertua juga jualan hansaplast di warung nih Bun, dan rame banget yang beli
    biasanya emak-emak yang anaknya suka main terus jatuh. Ada juga anak2 yang mau buat mainan doang wakakka

    ReplyDelete
  7. Hansaplat masih jadi andalan ya ka apalagi sekrang banyak pilihan motifnya

    ReplyDelete
  8. hansaplast plester andalan sedari kecil. klo bukan hansaplast saya ndak mau ditutup lukanya, segitu fans banget hahaha. soalnya plesternya itu merekat dengan baik

    ReplyDelete
  9. Saya tahunya plester hanya hansaplast, mau merk plester apapun tetap yang terucap hansplast atau handiplast. Ini membuktikan kalau merek ini sudah tertanam dalam otak

    ReplyDelete
  10. Plester hansaplast ini memang andalan saya nih sejak kecil. Jadi kalau jatuh dan dapat luka gitu pastu dikasihnya plester hansaplast.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^