Menjadi Blogger Profesional, Sulitkah?

Menjadi Blogger Profesional, Sulitkah? Pertanyaan ini mungkin ada di benak banyak bloger. Saat menghadiri Niagahoster BlogVerse 2.0 melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings, saya menyimak bagaimana perjalanan ngeblog Mbak Agi Tiara Pranoto (duckofyork.com) dan Mbak Ririn Wandes (melalakcantik.com) hingga menjadi bloger profesional yang blognya tak pernah sepi dari job.

Bloger pada zaman sekarang bisa menjadi profesi juga karena posisinya yang “strategis”, menjadi bagian dari internet marketing. Terkadang orang tergiur hendak menjadi bloger karena melihat peluang itu tetapi belum mengetahui bahwa sesungguhnya di balik jobs yang diterima seorang bloger, ada jalan panjang bernama PROSES yang dilalui dan itu tak semudah membalikkan telapak tangan.


Blogger profesional

Nah, proses itulah yang kali ini digali oleh Mbak Hani selaku moderator dan para peserta dan yang saya tuangkan ke sini.

 

Bekal Menjadi Blogger Profesional

 

1. Membuat Blog Menjadi TLD (top level domain)

 

Hal ini dilakukan baik oleh Mbak Agi maupun oleh Mbak Ririn. Mbak Agi ketika memenangkan lomba blog, langsung menyisihkan hadiahnya untuk membeli domain. Mbak Ririn pun menyadari itu. Memang sih, pemberi job lebih memilih blog yang sudah berdomain sendiri ketimbang yang masih gratisan.

 

2. Percaya Diri

 

Menurut Mbak Ririn, kita harus melihat diri kita punya POTENSI apa yang mana potensi itu bisa kita bagi KEBERMANFAATANnya kepada orang lain. Selagi ada yang membaca blog maka kepercayaan dirinya meningkat, disertai dengan perbaikan pada bagian yang dianggap perlu.

Menurut Mbak Agi, rasa percaya dirinya masih sering muncul tetapi bukanlah hal yang menjadi beban pikirannya. Kerjakan saja dulu apa yang bisa dilakukan. Dia percaya semua orang pasti punya “inner voice” ketika mengerjakan sesuatu. Terima apa adanya diri kita, MENGALIR saja. Jika tiba saatnya tampil, maka tampillah, perbaiki jika merasa ada kekurangan.


Blogger profesional sulitkah

3. Memahami Cara Menyebarkan Informasi di Blog

 

Jangan khawatir dengan maraknya video dan audio akan melemahkan blog karena selama kita bisa menyediakan informasi yang orang cari, blog masih akan dibaca. “Bahkan orang yang membuat video pun akan membaca untuk mencari informasi,” kurang lebih Mbak Agi mengatakan demikian untuk memotivasi peserta tetap yakin mem-branding dirinya sebagai bloger di media sosial. Jangan ragu mengeksplorasi media sosial lain pula.

 

4. Jangan Resah dengan DA/PA dalam Mendapatkan Job

 

Mbak Agi menyatakan, usaha menaikkah DA/PA seyogianya diiringi dengan usaha dalam menerapkan SEO. Jangan hanya memikirkan back link untuk menaikkan DA/PA tanpa penerapan SEO karena bisa jadi berantakan nantinya. Konsep DA/PA ini memang penting sebagai parameter untuk mengukur blog kita yang bisa dilihat oleh pemberi job lalu menentukan fee namun bukan segalanya.

Untuk mendapatkan job, perkuat branding di media sosial dan kehidupan nyata. Perluas networking, bergabung dengan komunitas-komunitas blogger, blog walking, bikin kartu nama dan jangan ragu memberikan kepada kenalan.

Jangan menilai blog hanya dengan angka tanpa melihat visi blog kita, jangan beli back link karena suatu saat bisa saja menjadi spam link yang mengarah ke blog kita. Gunakan cara organik untuk menguatkan blog secara SEO. Mbak Ririn membenarkan apa yang disebutkan Mbak Agi mengenai networking dan branding. “Jangan malu membagikan konten, berjejaring dengan mengikuti event walaupun tidak berbayar,” ujar Mbak Ririn.

 

5. Memilih Platform dan Provider.

 

Memilih platform sesuai kebutuhan disampaikan oleh Mbak Akrilvha Deainert (Dea) – Product Manager Niagahoster. Di antara blogger ada yang memilih CMS (content management system). Pilihlah CMS yang customizable atau mudah digunakan sesuai dengan keinginan kita. Lalu pilihlah provider yang support dengan CMS yang kita inginkan dan bisa membantu performa blog nantinya.

 

Blogger profesional mudah

Tentang Managed WordPress

 

Bagi yang ingin menggunakan WordPress, perlu diketahui nih bahwa NiagaHoster kini memiliki layanan Managed WordPress. Managed WordPress adalah solusi cerdas bikin website atau blog tanpa perlu pusing memikirkan hosting dan bikin website jadi lebih mudah tanpa perlu paham coding. Pengguna bisa langsung memakai server-nya dan mengembangkan website-nya masing-masing.

1. Fitur

Dalam Managed WordPress ada free WordPress management tools. Di dalamnya ada perlindungan https, auto install untuk SSL, bisa mengukur kecepatan blog, auto update WordPress, dan menggabungkan blog-blog WP jika memiliki lebih dari 1 blog WordPress dengan mengeklik button log in WordPress-nya. Juga bisa mencari dan install tema tanpa login ke dasbor blog.

2. Analytics Tools untuk Monitor Performa Blog

Dari Managed WordPress bisa memantau analytics, untuk mengetahui misalnya berapa pengunjung dalam setahun, ada data penggunaan band width, halaman apa yang paling banyak diakses oleh pengunjung dan pengunjung masuk ke blog dengan memakai keyword apa, demografi pengunjung juga bisa dilihat.

3. Page Speed Meter

Di Managed WordPress bisa dilihat perfoma kecepatan blog. Jika lambat, bisa diketahui apa sih yang bikin blog lambat kemudian pemilik blog bisa mengoptimasi untuk meningkatkan kecepatan blognya. Bukan hanya pengunjung, Google pun suka dengan  blog yang cepat diakses.

4. Keamanan

  • Managed WP Niagahoster memiliki Advanced Firewall yang melindungi blog dari serangan BruteForce dan DDoS.
  • WP Accelerator mendukung blog bisa diakses lebih cepat.
  • Litespeed Enterprise menjamin kinerja blog menjadi terbaik dengan perfoma tinggi, stabil, dan andal.
  • Proteksi malware bekerja mingguan secara otomatis dengan Imunify 360.
  • Backup harian membuat pengguna nyaman tanpa khawatir kehilangan data.
  • Hack recovery menjamin blog kembali jika terjadi peretasan.
  • Full Enterprise SSD meningkatkan performa transfer data sehingga blog cepat diakses.

💻💻💻

Selain itu dukungan plugin terbaik diberikan oleh Managed WordPress kepada penggunanya. Jika hendak bermigrasi dari Wordpress.com, praktis dan tanpa biaya. Hubungi saja customer service Niagahoster kapan pun butuh bantuan.

Nah, saya sudah menuliskan dengan gamblang apa yang saya peroleh dari Niagahoster BlogVerse 2.0. Blog adalah modal besar untuk ngeblog namun kekuatan terbesar adalah dari diri kita sendiri. Terus belajar adalah keharusan. Salah satu caranya bisa dengan bergabung di Grup Telegram BlogVerse. Selamat ngeblog dan teruslah belajar hingga Anda bisa menjawab pertanyaan ini: “Menjadi blogger profesional, sulitkah?”

Makassar, 6 Desember 2021



Share :

11 Komentar di "Menjadi Blogger Profesional, Sulitkah?"

  1. Sulit memang untuk menjadi blogger profesional, tetapi ada tools yang bisa membantu dan lain-lain. Semangat terus jadi profesional.

    ReplyDelete
  2. Jadi blogger profesional butuh kerja keras dan kemauan belajar terus ya, Mbak. Soalnya banyak banget syaratnya dan banyak hal yang mesti dipelajari. Plus persiapkan mental baja.

    ReplyDelete
  3. Meskipun sekarang bisa berpenghasilan di blog, kadang saya berpikir apa saya sudah bisa dikatakan blogger ya, apakah saya bisa penuh percaya diri menjawab jika ada pertanyaan dari orang lain tentang pekerjaan saya. Karena jujur di sekitar saya enggak ada yang begitu kenal dengan profesi ini. Jadi lebih mudah bilang IRT daripada blogger, hiks.

    ReplyDelete
  4. DA PA lagi ya mbak mugniar...berat banget....sudah naik, DA turun lagi...jadi blogger tuh berat banget, prosesnya yang nggak nguatin, belum lagi untuk memenuhi hidup masih harus fokus juga di bisnis offline yang menopang hidup. Tapi namanya meraih mimpi, bener juga kalau harus siap dengan proses. Matur tengkiu info dan motivasinya mbak muginar

    ReplyDelete
  5. Mantap kak motivasinya. Masih suka gak pede nih jadi blogger. DA segitu gitu aja hahaha

    ReplyDelete
  6. Jadi Blogger professional ga sembarangan , banyak sekali usaha yang dilakukan. Apalagi menjaga kosnsitensi Dan belajar terus mengupgrade diri sendiri seperti yang Mbak lakukan ini

    ReplyDelete
  7. Waaah aku selama ini juga kagum Ama Ririn, dia mah humble tapi kereeen sih pengalaman ngeblog nya, pengalaman berbagi ilmu di acara2 begini, saluuuuut. Pernah ketemuan pas aku mudik ke Medan, dan seneng banget, orangnya ramah 😄. Padahal kan sibuk yaaa, tapi mau nyempetin waktu ketemu.

    Intinya kalo mau jadi blogger sukses, ya hrs serius ya mba.. jangan cuma anggab blooger itu nulis Thok, trus bhaaaay dianggurin. Dikira orang lain udah tau apa Ama blog kita 🤣. Iyaaa kalo udah terkenal hahahaha.

    ReplyDelete
  8. Yang kadang jadi insecure yaaa DA/PA, naikin DA susah banget, tp kalau rezeki mah ga kemana ya, alhamdulilah masih ada job meski DA minim

    ReplyDelete
  9. Dahulu saya menulis di blog hanya untuk curhat dan seru-seruan. Setelah beberapa kali dapat cuan dari ngeblog, sudah berubah tuh tujuan saya. Eh bukan berubah tetapi bertambah.
    Yah curhat yaah latihan nulis, branding diri, dapat cuan dan yg terakhir buat persiapan pensiun biar saat pensiun ada kegiatan.

    ReplyDelete
  10. daging banget ilmunya ya, pas lagi malas menulis terus baca ini jadi kayak pemicu lagi buat nulis lagi, senang banget dapat ilmu banyak ya mba dari webinarnya

    ReplyDelete
  11. Terima kasih Mbak Mugniar, artikelnya menginspirasi. Salam kenal 😊

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^