Keuntungan Menggunakan Strategi Digital Marketing Untuk Bisnis

Keuntungan Menggunakan Strategi Digital Marketing Untuk Bisnis Dalam memulai bisnis, selain menyiapkan produk barang atau jasa yang berkualitas, kita juga harus memikirkan tentang cara pemasarannya. Hal ini sangat penting mengingat produk belum dikenal oleh masyarakat luas. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pemasaran produk adalah dengan menggunakan Digital Marketing.

Sebagian orang salah kaprah dengan digital marketing ini dengan mengirimkan pesan spam secara pribadi kepada banyak orang. Alih-alih akan berdampak positif justru sebaliknya, pesan spamming justru bisa membuat si pengirim diblokir karena dianggap telah NYAMPAH seenaknya, apalagi jika tanpa salam dan basa-basi terlebih dulu, tahu-tahu sudah kirim gambar-gambar sekontainer banyaknya.


Strategi digital marketing

Padahal sebenarnya dengan memanfaatkan pemasaran digital dengan cara yang tepat, kita dapat menyasar target dengan lebih mudah. Apalagi saat ini masyarakat Indonesia sudah akrab dengan dunia internet.

Nah, sebenarnya apakah pemasaran digital itu? Apa saja kelebihannya dibandingkan dengan sistem promosi biasa? Untuk mengetahui hal tersebut, mari kita lihat penjelasannya berikut ini, yuk.

 

Pengertian Pemasaran Digital

 

Pemasaran digital merupakan sebuah kegiatan untuk melakukan promosi brand produk barang atau jasa menggunakan bantuan dari media digital ataupun dunia internet. Tujuan dari kegiatan ini tentu adalah untuk mendapatkan calon konsumen dalam waktu singkat. Sudah kita ketahui bersama, internet sudah menyebar sangat luas di masyarakat sehingga promo di media internet kerap dipilih oleh perusahaan.

Oleh karena banyak perusahaan menggunakan cara promosi seperti ini, maka tidak heran jika muncul persaingan sengit antar perusahaan tersebut. Mereka berlomba untuk menciptakan konten terbaik agar dapat menarik para calon konsumen di dunia maya.

Teknik marketing yang digunakan juga ada beberapa macam, seperti memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO), iklan online FB Ads, Instagram Ads, Google Ads, iklan di televisi atau radio, mengirim email marketing, promo lewat media cetak, dan lain sebagainya. Semua hal tersebut dilakukan untuk dapat memenangkan persaingan untuk mendapatkan konsumen dari media digital.

 

Keuntungan Menggunakan Pemasaran Digital

 

Seperti yang dikatakan sebelumnya, teknik pemasaran ini banyak digunakan oleh perusahaan di dunia. Melihat hal tersebut tentu terdapat beberapa hal keuntungan yang membuat teknik ini begitu diandalkan oleh para pelaku bisnis. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh saat menggunakan marketing digital untuk bisnis.

1. Cepat Menyebar

Teknik marketing dengan memanfaatkan media digital bisa dengan cepat menyebar di masyarakat. Bahkan, promo yang dilakukan dapat tersebar hanya dalam beberapa detik saja. Tidak hanya itu, teknik ini juga bisa untuk dilakukan pengukuran secara tepat dan juga real time.

2. Proses Evaluasi Lebih Mudah

Pada saat proses marketing memanfaatkan media online, maka setiap hasil kegiatan yang dilakukan bisa diketahui lebih mudah. Pelaku usaha dapat melihat beberapa laporan seperti jumlah produk yang dilihat, berapa orang yang lihat produk, serta konversi penjualan berdasarkan pemasangan iklan.

Semua informasi tersebut nantinya dapat memudahkan pelaku pengusaha dalam melakukan proses evaluasi. Dengan melihat data-data yang ditampilkan, pebisnis dapat menyeleksi mana iklan yang bisa menghasilkan dan mana yang kurang efisien. Evaluasi tersebut sangat penting dilakukan agar teknik promo bisa lebih baik lagi ke depannya.

Keuntungan Digital Marketing

3. Menjangkau Pasar Lebih Luas

Keuntungan selanjutnya adalah teknik marketing ini dapat menjangkau pasar konsumen lebih luas. Tidak hanya itu saja, proses promo atau branding produk juga dapat dilakukan sangan mudah karena memanfaatkan jaringan internet.

4. Lebih Efisien dan Murah

Keuntungan berikutnya adalah strategi pemasaran ini terbilang lebih murah dan efisien dibandingkan dengan cara tradisional. Bahkan, biaya promosi bisa lebih hemat 40%. Tentu hal tersebut dapat membantu dalam meringankan beban keuangan bisnis.

Memanfaatkan Digital Marketing merupakan langkah tepat bagi Anda untuk mengembangkan bisnis. Apalagi terdapat banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh. Untuk mendapatkan hasil pemasaran maksimal, Anda bisa memanfaatkan jasa dari digital marketer. Salah satu yang sudah teruji kualitas serta berpengalaman dalam marketing digital adalah Stucel. Silakan kunjungi stucel.com untuk informasi lebih lengkap.

Makassar, 10 Desember 2021



Share :

2 Komentar di "Keuntungan Menggunakan Strategi Digital Marketing Untuk Bisnis"

  1. Di zaman sekarang digital marketing memang sangat penting apalagi hampir semua bisnis lebih mudah dilakukan secara online.

    ReplyDelete
  2. wah perlu juga ya ini jadi semakin terbantu apalagi jaman digital semua serba cepat biar cepat dikenal pasaran :)

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^