Mengapa Belajar Digital Marketing

Mengapa Belajar Digital Marketing – Sebenarnya warung ikan bakan dan sop saudara itu sudah lama sekali menjadi langganan kami. Memang warungnya sederhana, tak ada mentereng-menterengnya wujudnya tapi soal rasa, menurut saya sih sop saudara di warung itu termasuk salah satu yang terenak di Makassar tapi kenapa warung itu tutup setelah beberapa bulan Indonesia dinyatakan memasuki masa pandemi?

Boleh dibilang sok tahu tapi apa yang dialami oleh warung ikan bakan dan sop saudara itu dialami oleh banyak pelaku UMKM lainnya pada masa pandemi ini. Warung yang saya maksud letaknya dekat sekali dengan sebuah kampus dan banyak kos-kosan.

Belajar digital marketing

Di kala pandemi belum menyerang bumi, warung tersebut senantiasa ramai oleh para mahasiswa yang mencari semangkuk sop saudara, sepiring ikan bakaar atau ayam panggang. Lalu mendadak sepi ketika tiba-tiba harus memberlakukan pembelajaran daring.

Sayang sungguh sayang, tak pernah warung itu bekerja sama dengan penyedia jasa ojek online mana pun hingga benar-benar tutup. Para mahasiswa yang jadi pelanggan mayoritasnya pada pulang ke kampung masing-masing. Pemilik warung sepertinya tak memikirkan pelanggan umum seperti saya yang kangen dengan ikan bandeng bakar dan sop saudaranya yang khas.

Sekira setahun setelah virus corona menyerang, ada warung yang di tempat yang sama persis. Warungnya jadi lebih bersih dan lebih terang tapi berbeda dari sistem penjualannya. Eh, gimana menjelaskannya ya.

Warung yang baru buka itu menjual ikan bandeng bakar juga sebenarnya. Hanya saja kali ini sama sekali tidak boleh beli separuh saja, harus beli satu ekor utuh, tanpa bonus sop saudara. Citarasa ikan bakarnya sih mirip karena dipanggang di atas bara api.

Tapi yang dulu itu lebih saya suka karena bisa beli setengah potong ikan bakar, bagian atas saja atau bagian bawah saja dan dikasih bonus sop saudaranya yang enak meski hanya kuah saja, tanpa isi berupa potongan daging. Namanya mamak-mamak, ya, selalu suka dengan yang namanya bonus.

Sayang sungguh sayang, warung ikan bakar yang baru itu tak bertahan lama. Akhirnya menemui ending yang sama persis dengan pendahulunya: TUTUP. Sama seperti pendahulunya, tak ada tuh afiliasi dengan penyedia layanan ojek online mana pun padahal sekarang sudah zamannya menjalani digital marketing, termasuk bekerja sama dengan penyedia jasa ojol sehingga orang-orang yang tak bisa keluar rumah, sibuk atau mager bisa beli secara daring.

Sebagai blogger dan content creator, sudah lama saya menjadi bagian dari digital marketing, membantu para pelaku UMKM hingga brand besar dalam memasarkan produknya melaluai media promosi online, yaitu di blog, website, dan media sosial.

Tujuan akhirnya bukan untuk penjualan yang meningkat pesat, melainkan lebih kepada brand awareness. Syukur-syukur jika bisa meningkatkan penjualan, ya. Maka saya paham perkembangan sekarang ini walaupun saya bukan pelaku UMKM secara langsung.

marketingdigital.id

Belajar digital marketing sangat penting pada masa sekarang ini jika ingin bertahan dalam menghadapi tantangan zaman. Dalam bidang apapun sekarang ini, siapapun bisa menjangkaunya dengan cara mempelajarinya secara daring.

Jika Anda belum merambah dunia pemasaran online, atau baru setengah-setengah, untuk makin meyakinkan diri, perlu mengetahui alasan mengapa sekarang media promosi online sangat diminati. Nah, kebeneran, saya baru baca sebuah artikel menarik tentang itu.

Dalam artikel berjudul Mengapa Media Promosi Online Lebih Banyak Diminati? di website marketingdigital.id, dipaparkan 7 alasan mengapa media promosi online lebih banyak diminati. Semua pelaku usaha yang sudah menjalankannya, pastinya sudah paham mengenai 7 alasan berikut ini:

  1. Menjangkau target konsumen.
  2. Hasil promosi terukur.
  3. Promosi dalam jangka panjang, selama akun masih ada.
  4. Membantu proses segmentasi pasar.
  5. Terkoneksi selama 24 jam per hari.
  6. Biaya murah jika dibandingkan dengan promosi offline.
  7. Pengguna internet sangat besar sehingga potensi mendapatkan konsumen baru juga besar.

Nah, ada tambahan 7 alasan, mengapa perlu belajar digital marketing, nih. Jika Anda sudah masuk di dalam dunia ini, pastinya tahu dong yang namanya belajar pemasaran digital itu bakal terus-menerus, tidak stuck sampai sini saja karena ilmu ini selalu berkembang.

Untuk memperbarui pengetahuan, boleh banget menelusuri marketingdigital.id. Banyak artikel yang bisa diselami di website ini. Namanya manusia, memang perlu menjadi makhluk pembelajar supaya bisa tetap survive dalam menghadapi tantangan zaman, bukan?

Makassar, 7 Maret 2022



Share :

29 Komentar di "Mengapa Belajar Digital Marketing"

  1. Sesuai perkembangan jaman mau ga mau usaha apapun haru berinovasi ya. Salah satunya memasarkan secara online. Mungkin pengemasan bs lebih diperbaiki juga biar bisa kirim ke wilayah yg lebih luas 🤗

    ReplyDelete
  2. saat ini masyarakat udah beralih, apa-apa serba online
    jadi digital marketing memang penting banget mbak dipelajari apalagi yang memang berkecimpung di bisnis online

    ReplyDelete
  3. kalau mengingat zaman sekarang serba online, apalagi sejak pandemi banyak usaha kecil yang juga merambah di pasar online untuk menjangkau masyarakat luas, tentunya digital marketing itu sangat penting.

    ReplyDelete
  4. Penting banget untuk belajar digital online di masa kayak gini, apalagi perubahan teknologi semakin cepat ya. Mutiara F

    ReplyDelete
  5. Dari semua alasan Promosi jangka panjang yang paling di harapkan, dengan begitu cepat atau lambat akan terlihat hasilnya.

    ReplyDelete
  6. Lewat digital marketing lah, si pembeli dan si penjual dapat bertransaksi padahal lokasinya beda lokasi. jadi memang manfaatnya sangat besar

    ReplyDelete
  7. Wah, jdi pengen tau nih aku ttg digital marketing. Masih cetek banget pengetahuanku ttg hal ini.

    ReplyDelete
  8. Bidang ini memang penting banget dipelajari. Karena penjualan bisa dilakukan secara luas dan menarik dengan digital marketing.

    ReplyDelete
  9. Promosi jasa atau produk memang lebih praktis dan lebih cepat secara online melalui sosial media atau website ya, Mbak.

    ReplyDelete
  10. Emang sih ya. Bisnis apapun sekarang kudu melek teknologi kalau ingin bertahan. Karena kalau nggak maka perjalanan bisnisnya akan semakin sulit. Bahkan bisa nutup kayak dua warung yang kakak ceritakan di atas. Iya kan ya?

    ReplyDelete
  11. Digital marketing emang sesuatu yang sangap penting dan sexy banget untuk dipelajari saat ini yang serba online. Apalagi dunia pemasaran akan semakin luas pasarannya kalau sudah terkoneksi dengan dunia digital

    ReplyDelete
  12. Promosi online utk saat ini memang lebih efektif ya Mba, krna semua serba digital sekarang

    ReplyDelete
  13. Hari gini emang harus serba online ya promosinya, kalau enggak bakal kesulitan sendiri

    ReplyDelete
  14. Nah kalau jualan aku belum pinter nih mbak padahal market place juga banyak yang bisa ditautkan ya entahlah msih fokus dilainnya yg penting sama -sama digital marketing jg sii hehe thx tambahan ilmunya

    ReplyDelete
  15. Meski pandemi melanda, belajar juga tetap harus dilakukan ya kak. Apalagi digital marketing, manfaatnya banyak sekali, terutama buat pekerja seperti kita ini ya

    ReplyDelete
  16. Sebagai apapun, harusnya kita menjadi adaptif dengan adanya kemajuan zaman yaa..
    Dan digital marketing ini perlu sekali dipelajari apalagi bagi pelaku usaha yang kini semuanya sudah serba digital.

    ReplyDelete
  17. Para pengusaha memang harus senantiasa berusaha beradaptasi dengan segala perubahan. Mengenai digital marketing menurut saya akan kepake ilmunya hingga jangka panjang. Gak hanya saat pandemi

    ReplyDelete
  18. zaman serba digital, pelaku bisnis harus mengikuti zaman dengan belajar digital marketing, agar usahanya semakin banyak dikenal orang

    ReplyDelete
  19. Para pelaku bisnis memang harus bsa menyesuaikan dengann keadaan era digital sperti saat ini agar usahanya bisa terus maju dan bisa tambah laku juga dikenal bnyak orang

    ReplyDelete
  20. Menarik sekali ilmu masa kini itu yaa, kak Niar.
    Tantangan belajar dan terus mengikuti perkembangan zaman. Lalu bisa menciptakan kreatifitas yang dinikmati banyak pihak.

    ReplyDelete
  21. Berkembangnya dunia digital secara pesat saat ini memang mengharuskan semuanya mengikuti ya Mba, harus terus berinovasi menyesuaikan arahnya.

    ReplyDelete
  22. siapapun yang punya bisnis di era digital memang sebaiknya belajar soal digital marketing yaa mba.. biar bisa menjangkau pasar yang lebih luas

    ReplyDelete
  23. Aku mau buka usaha masih maju mundur belum kuat mental untuk berteman dengan kegagalan hehehe, sekarang harus melek dgn dunia sosial

    ReplyDelete
  24. sayangnya mi kodong itu dua warung makan yang nasibnya tragis ya semasa pandemi, itu ownernya berbeda ya Bun? Coba kita kasih pencerahan tawwa ke owner kedua mungkin masih bisa dia uji coba pasarkan secara online ya :D
    semoga nantinya yang mau buka usaha bisa cari tahu dulu strategi marketing yang baik terutama digital marketing ini yang sungguh banyak manfaatnya di era digital ini :)

    ReplyDelete
  25. Promo online di masa pandemi sekarang ini emang paling cocok ya, mbak..udah pas banget deh paelaku UMKM belajar digital marketing juga.

    ReplyDelete
  26. saat ini hampir semua di digitalisasi. agar tidak ketinggalan kita harus belajar juga. apalagi mereka yang punya usaha. soalnya yang namanya digital marketing itu harus dipelajari agar usahanya bisa berkembang dnegan baik.

    ReplyDelete
  27. Digital marketing untuk saat ini penting banget emang ya mbak. Apalagi buat orang yg jualan online

    ReplyDelete
  28. Setuju bangeeet. Belajar digital marketing tuh emang penting banget di era digital saat ini yaaa

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^