Peluang Menjadi Influencer Melalui Ibusibuk dengan Follower Minim

Peluang Menjadi Influencer Melalui Ibusibuk dengan Follower Minim - “Pada tahun 2018, ada 3,7 juta postingan influencer yang disponsori brand di platform Instagram (Statista 2019)” – data ini saya peroleh dari hubspot.com. Banyak ya? Di time line saya di Instagram, setiap hari ada saja informasi mengenai brand tertentu baik yang dipaparkan secara halus (soft selling) maupun terang-terangan.

Mengapa demikian? Sebab kebanyakan orang yang saya follow di Instagram memang menjalani pekerjaan sampingan sebagai influencer. Pernah dengar istilah “influencer”?

 

IbuSibuk

Sekilas Tentang Influencer

 

Jika belum, saya kutipkan di sini penjelasan dari orami.co.id, yang dilansir dari Influencer Marketing Hub, ya:

Influencer adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk memengaruhi keputusan pembelian orang lain karena otoritas, pengetahuan, posisi, atau hubungannya dengan audiensnya. Penting juga untuk dicatat bahwa individu-individu ini bukan hanya alat pemasaran, melainkan aset hubungan sosial yang dengannya sebuah brand dapat berkolaborasi untuk mencapai tujuan pemasaran mereka.

Bukan hanya Instagram, platform lain juga menjadi media pemasaran bagi brand bahkan UMKM sekali pun. Data lain menyebutkan bahwa Facebook, Instagram, dan Twitter adalah 3 platform media sosial yang paling umum yang digunakan oleh marketer (HubSpot, 2020) dan tahukah kalian kalau di antara mereka ada yang menggunakan jasa influencer?

Peluang dunia digital saat ini memang sangat terbuka, tak terkecuali bagi perempuan, bahkan ibu-ibu sekali pun. Saya pribadi melihat, pada masa pandemi ini peluang itu makin terbuka lebar karena semua produk dan jasa dipaksa memaksimalkan menggunakan internet untuk pemasaran. Para ibu rumah tangga yang selalu memperbarui wawasannya mengenai digital skills pun bisa menambah pundi-pundi keluarganya.


Influencer IbuSibuk

Membenarkan kata Mas Rendy Doroii – nara sumber sebuah acara yang saya ikuti. Mas Rendy mengatakan bahwa  dengan menguasai digital skills kita bisa memperoleh manfaat: menghemat waktu, menghemat biaya, selalu update info, belajar lebih cepat, terhubung komunikasi dengan banyak orang, membawa pengaruh positif, dan mendapatkan pekerjaan. Asyik pula pekerjaannya karena hanya dilakukan di rumah, disambi mengurus anak dan rumah bisa.

Jangan dikira yang disebut influencer itu hanya yang sekelas artis atau tokoh publik lho ya, influencer ada level-level-nya juga. Level paling bawah ada di antara masyarakat biasa, minimal postingannya bisa meningkatkan brand awareness terhadap suatu produk.

 

Menjadi Influencer dengan Jumlah Follower Minimum

 

Kalau biasanya brand mencari influencer yang memiliki minimal follower Instagram sekian ribu, ada lho platform yang membuka peluang bagi siapa saja, tanpa minimal follower untuk bergabung dan berpeluang menambah penghasilan dari rumah hingga jutaan rupiah per bulannya, produk gratis, serta mendapatkan aneka pelatihan secara gratis. Di IbuSibuk Influencer terdapat giveaway, product review, dan survei.

Nah, melalui platform Orami, semua ibu di Indonesia bisa mendaftarkan dirinya menjadi IbuSibuk Influencer sehingga bisa menambah penghasilan dengan menjadi seorang influencer – sekali lagi – tanpa minimum follower.

Caranya mudah, pertama-tama, Ibu harus punya akun Instagram dulu dan pastikan akunnya tidak terkunci (tidak disetel private).


Aplikasi Orami

Cara Daftar IbuSibuk Influencer

 

Cara daftar IbuSibukInfluencer mudah saja:

  1. Install aplikasi Orami dalam smartphone Ibu.
  2. Klik menu “IbuSibuk” dan daftarkan diri Ibu. Ikuti langkah-langkahnya, isi dengan data yang diperlukan sampai selesai.
  3. Atau Ibu bisa daftar melalui link https://bit.ly/ibusibukbpn.
  4. Waktu pendaftaran bisa kapan saja alias tanpa batas, juga tanpa pungutan biaya.

Sudah. Itu saja. Setelah mendaftar, coba lihat semua yang ada di IbuSibuk. Saat tulisan ini dibuat, ada beberapa peluang untuk product review dan peluang untuk menjadi peserta campaign untuk webinar bertajuk Pentingnya Optimalisasi Sosial Media untuk Bisnis Anda.

Cara kerjanya bagaimana? Ikuti saja brief yang ada di sana. Pahami dan lakukan poin demi poinnya. Jangan sampai ada yang salah. Jika sudah upload foto atau gambar di Instagram, jangan lupa untuk mengecek lagi satu demi satu langkah di brief. Pastikan semuanya sudah sesuai permintaan.


Brief IbuSibuk

Masih ada lagi hal-hal yang perlu diketahui dalam dunia influencer tapi Ibu bisa mempelajarinya sembari jalan. Memang penting untuk menambah pengetahuan mengenai dunia influencer dalam dunia marketing. Misalnya, harus paham jangan seenaknya posting tugas jika sudah di-approve. Jangan sampai Ibu mem-posting tengah malah atau subuh hari.

Perlu diketahui, dalam media sosial mana pun, ada waktu-waktu di mana banyak teman atau follower kita sedang menggunakan media sosial. Hal ini bisa diketahui dengan mengamati media sosial atau mencari tahu data analytics akun kita. Posting-lah di saat ramai itu agar banyak yang melihat postingan kita. Mudah kan? Mudahlah. Ikuti saja langkah-langkah di atas. 😘

Makassar, 15 Oktober 2021



Share :

15 Komentar di "Peluang Menjadi Influencer Melalui Ibusibuk dengan Follower Minim"

  1. Heem enak banget, ya, jadi influencer bisa kerja dari rumah. Ini mah pilihan semua orang, apalagi bisa dibuat kerja sampingan.

    ReplyDelete
  2. Aku udahlihat2 campaignny ambak siapa taua ad ayang cocok langsung gabung dhe, lumayan kan kalau ada penghasilan tambahan ya

    ReplyDelete
  3. Bisa buat ajak adik yg followers minim tapi pengen jadi influencer bisa daftar ini ya. Melalui platform Orami, semua ibu di Indonesia bisa mendaftarkan dirinya menjadi IbuSibuk Influencer. Punya peluang jadi nambah penghasilan.

    ReplyDelete
  4. Biasanya untuk menjadi influencer follower harus maksimal ya mbak, yang ini malah tanpa minimal follower. Daftar ah siapa tau bisa nambah peluang. Yang terpenting lagi harus memahami brief ya

    ReplyDelete
  5. terima kasih tips2nya mba.. saya pun masih belajar menggunakan medsos utk hal2 baik nih.. oya untuk mencari waktu terbaik posting berarti memgamati di analitik dasbor kita masing2 ya mba..?

    ReplyDelete
  6. Senang banget langsung download aplikasi IbuSibuk dan ikut pengajuan kampanye yang ada. Membantu nambah teman dan juga rejeki :)

    ReplyDelete
  7. ini lumayan banget sih yaaa, jadi bisa berkegiatan juga diluar kegiatan sehari hari di rumah hihihi, bisa nambah penghasilan juga lumayan buat jajan baso hihhi

    ReplyDelete
  8. memang enak bangeeet kalau ada platform yang bisa membantu kita para mamak - mamak yang aktif dan produktif

    ReplyDelete
  9. Aku udah install donk mbak, langsung ya ada list campaign yang bisa kita pilih.
    Ini platform bagus buat ibu2 yang mau nambah uang jajan biar medsosnya gak nganggur tapi jdnya bermanfaat yaa

    ReplyDelete
  10. Kadang terpikir kalau "Bisa gak sih..Ibu-ibu memberikan yang lebih untuk keluarga hanya melalui sosial media yang ia miliki?"

    Ternyata Ibusibuk influencer membuka kesempatan seluas-luasnya untuk bergabung. Alhamdulillah~

    Bisa dicoba terlebih dahulu nih..

    ReplyDelete
  11. Program influencer ibuksibuk ini inspiratif ya ternyata. Mengajak buibu di rumah tetap produktif.

    ReplyDelete
  12. Mau juga dong mba gabung dengan ibusibuk. Udah baca-baca dan sign up, tapi keseling sama aktivitas lain, trus lupaaa :))

    Senang ya bisa tetap berdaya meskipun di rumah aja dan punya follower terbatas. Semua ada jalannya, salah satunya lewat ibusibuk ini.

    ReplyDelete
  13. Aku udah join juga dong kak. Sekarang lagi sering sering cek. Siapa tau ada Campaign yang cocok untuk nambah cuan hehe

    ReplyDelete
  14. Hy mbak, salam kenal, ini kali pertama aku mampir kesini. Aku taunya orami itu toko mbak hehe, soalnya sering beli skincare baby di orami di toko orange itu hihi.

    Aku tertarik, aku coba deh install orami hihi, thks mbak

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^