Ragam Cara Masak Pempek Lenggok nan Lezat

Ragam Cara Masak Pempek Le nggok nan Lezat – Pertama kali merasakan makan pempek Palembang, sekitar tahun 1999 waktu baru nikah, ikut suami ke Riau. Di Riau, mudah mendapatkan masakan khas daerah Sumatera lainnya seperti makanan Padang dan Palembang, khususnya pempek.

Semasa gadis, di Makassar saya belum pernah mencicipi pempek karena memang jenis makanan ini tidak mudah didapatkan di Makassar. Bersyukur berkesempatan merantau ke Sumatera selama lebih 2 tahun, menjalani “honeymoon” sampai si sulung lahir. Beberapa kali saya bersama suami menikmati pempek dengan saus cuko yang enak di kota Pekanbaru.


Pempek Lenggok

Singkat cerita, bahan dan cara bikin pempek Palembang menjadi salah satu perhatian terkait “kecantol”-nya saya dengan jenis masakan berbahan ikan ini. Apalagi pada masa sekarang, ketika saya lebih memilih ikan daripada jenis hewan lain, seperti daging ayam dan daging sapi.

Eits tapi bukan untuk menguasai cara masak resep pempek Palembang ikan tenggiri, sekadar tahu saja, ya hehe. Kalau ada yang menjual dan enak kenapa tidak, ya. Saya sih tipikal mamak-mamak praktis dalam urusan masak-memasak. Beruntungnya, suami dan anak-anak pada easy going. Bagi mereka: “Mamak masak, alhamdulillah, tidak juga tidak apa, toh tetap ada makanan”. 😁

Resep pempek Palembang asli lembut yang praktis akhirnya saya dapatkan. “Resep pempek praktis” yang saya maksud di sini adalah Pempek Lenggok yang frozen. Super praktis, tinggal dimasak saja ketika suhunya mencapai suhu ruang. Sok gaya, ya pake bilang “resep”. 😅

 

Cara Masak Pempek Lenggok

 

Nah, menariknya Pempek Lenggok ini bukan hanya disajikan dengan cara digoreng. Berikut ini cara masak Pempek Lenggok yang membuat pempek ini bisa dinikmati dengan cara berbeda:

1. Pempek Goreng

Keluarkan pempek dari lemari pendingin. Diamkan dulu hingga suhunya sama dengan suhu ruang. Goreng selama 3 menit atau sampai warnanya kuning keemasan. Hidangkan bersama cuko.


Pempek Palembang Goreng

2. Pempek yang Dimasak Menggunakan Microwave Oven.

Diamkan pempek hingga suhu ruang. Siapkan wadah yang tahan atau wadah yang terbuat dari bahan yang direkomendasikan untuk microwave oven. Masukkan ke dalam microwave, masak selama 5 menit. Hidangkan bersama cuko.

3. Pempek Rebus

Sebelum tahu ada pempek yang memang cara masaknya dengan direbus, yaitu jenis Pempek Celimpungan dan Pempek Laksan, saya sudah sering menyajikan pempek dengan cara direbus untuk menghindari makan gorengan terlalu banyak.

Jika pempek yang lazimnya digoreng dimasak dengan cara direbus, rasanya tentunya berbeda, tidak segurih yang dimasak dengan cara digoreng. Rasanya tetap saja enak sih buat saya karena kan makannya dengan saus khas pempek yang rasanya asam – manis – pedas.

Nah, rupanya ada pempek yang memang cara menyajikannya dengan direbus. Ada dua macam pempek demikian yang mampir ke lidah saya. Yang pertama namanya Pempek Celimpungan. Pempek jenis ini disajikan dengan kuah yang serupa kuah opor. Pempek yang lain namanya Pempek Laksan yang disajikan dengan kuah serupa gulai.

Jangan memasak Pempek Laksan dan Celimpungan dengan cara digoreng jika ingin menikmatinya secara maksimal. Eh tapi boleh saja sih ya kalau kalian ingin bereksplorasi dengan cara menggorengnya toh eksplorasi tak diharamkan, yekan? 😆


Pempek Palembang rebus

Jenis-jenis Pempek Lenggok

 

Pempek Lenggok berbahan baku ikan tenggiri yang terjamin mutunya dan telah mengantongi izin edar BPOM RI MD, standardisasi SNI, HACCP, dan HALAL sehingga telah terjamin gizinya. Ada 9 jenis Pempek Lenggok yang dikemas dengan higienis dalam kemasan menarik, yaitu:

1. Pempek Lenggok Tekwan

Dengan kemasan dus berisi 12 butir “bakso ikan”, pempek ini dinikmati dengan kuah berbumbu berwarna nyaris bening.

2. Pempek Lenggok Celimpungan

Dengan kemasan dus berisi 5 butir “bakso ikan” berukuran besar, pempek ini dinikmati dengan kuah berbumbu yang rasanya mirip opor. Saya menyajikannya dengan memotong-motong terlebih dulu pempeknya agar bisa dinikmati beramai-ramai meski disebutkan ukurannya 1 porsi.

3. Pempek Lenggok Laksan

Dengan kemasan dus berisi 4 lempengan berukuran cukup besar, pempek ini dinikmati dengan kuah berbumbu yang rasanya serupa gulai. Saya menyajikannya dengan memotong-motong terlebih dulu pempeknya agar bisa dinikmati beramai-ramai meski disebutkan ukurannya 1 porsi.

4. Pempek Lenggok Telur Kecil

Bentuk pempek kemasan plastik yang divakum ini serupa pempek kapal selam namun ukurannya lebih kecil. Dalam 1 kemasan berisi 10 Pempek Lenggok Telur Kecil dengan isian sepotong telur rebus. Dimakan dengan cuko.

5. Pempek Lenggok Lenjer Kecil

Bentuk pempek kemasan plastik yang divakum ini serupa sosis besar. Dalam 1 kemasan berisi 10 Pempek Lenggok Lenjer Kecil. Dinikmati dengan saus cuko.

6. Pempek Lenggok Irisan

Bentuk pempek kemasan plastik yang divakum ini serupa irisan lontong. Dalam 1 kemasan berisi 10 Pempek Lenggok Irisan. Tentu saja, memakannya dengan saus asam manis pedas yang khas.

7. Pempek Lenggok Kulit

Bentuk pempek kemasan plastik yang divakum ini serupa adonan yang dipipihkan hingga berbentuk lingkaran tak beraturan. Dalam 1 kemasan berisi 10 Pempek Lenggok Kulit. Makan tanpa saus rasanya sudah enak, tentu saja dengan saus jauh lebih enak.


Jenis-jenis Pempek Lenggok

8. Pempek Lenggok Adaan

Bentuk pempek kemasan plastik yang divakum ini serupa bakso bulat berukuran besar. Dalam 1 kemasan berisi 10 Pempek Lenggok Adaan. Tentu saja, memakannya dengan saus cuko khas Palembang.

9. Pempek Lenggok Kapal Selam

Bentuk pempek kemasan plastik yang divakum ini tidak mirip kapal selam sebenarnya 😄. Dalam 1 kemasan berisi 2 Pempek Lenggok Kapal Selam. Isinya hanya 2 karena ukuran 1 buahnya besar sekali. Dengan isian telur rebus utuh, makanan ini lebih nikmat disantap dengan saus cuko.

Dari ke-9 jenis makanan khas Palembang ini, saya sudah mencicipi 8 jenis. Hanya Pempek Tekwan yang belum saya rasakan. Ke-8 jenis makanan berbahan ikan ini rasanya lezat semua. Yang digoreng, rasa gurih dan kenyalnya pas di lidah saya. Cocok sekali dinikmati dengan saus asam manis pedas yang segar. Sementara pempek rebus, rasa bumbu pada kuahnya pas.

 

Cara Mendapatkan Pempek Lenggok

 

Cara mendapatkan Pempek Lenggok sangat mudah. Saat ini, memesan makanan dari seluruh Indonesia dimungkinkan dengan bagusnya pengemasan, pengepakan, dan pengiriman. Pempek Lenggok bisa diperoleh dengan cara:

Membeli Melalui Website Kanusa.id

Masuk ke website kanusa.id. Di sana bukan hanya Pempek Lenggok yang bisa Anda peroleh. Ada juga Pempek Beringin yang terbuat dari ikan belida. Juga ada brand Rempah Asia. Ddalam website ini, ada informasi di market place dan toko mana saja Pempek Lenggok bisa diperoleh. Oya, siapa tahu ingin cari penghasilan tambahan dengan jualan pempek, bisa tuh jadi reseller atau dropshipper-nya.

Membeli Melalui Instagram @kanusa.official

Membeli melalui akun Instagram @kanusa.official juga bisa. Kirimkan saja direct message melalui akun Instagrammu untuk menanyakan detailnya. Kalau mau cara yang lebih simple, hubungi nomor Whatsapp 081998008001.

Well, coba saja lihat-lihat harga pempek Palembang asli ini di website kanusa.id, worthed kan untuk mendapatkan makanan dengan citarasa lezat dan segar. Dengan teknik dan cara pengolahan pempek yang memperhatikan kualitas, saya yang di Makassar saja bisa mencicipinya. 😘

Makassar, 11 Juni 2021



Share :

13 Komentar di "Ragam Cara Masak Pempek Lenggok nan Lezat"

  1. Aku selalu jatuh cinta dengan pempek goreng <3

    ReplyDelete
  2. Ternyata ada banyak jenis pempeknya sendiri ya, ak di jogja biasanya klo makan pempek tahunya adaan, kapal selam ma lenjer. Bagus tu produknya bisa dikirim seluruh indo kan y mbak?

    ReplyDelete
  3. Pempek juga makanan favoritku mbak, tapi jujur baru tau kalau jenis Pempek ternya ada sebanyak ini. Nah, kalau ada yg frozen kayak gini sih praktis ya mbak, kalau pengen makan tinggal langsung eksekusi dan jadi dehh.

    ReplyDelete
  4. Saya penikmat pempek kaaak, banyaknyaaa stok pempeknya kak Niar. Langsung ka cinna 🤤

    ReplyDelete
  5. pempek memang makanan yang kece dan selalu jadi pilihan tepat dan mudah untuk jadi kudapan maupun lauk. bisa dimodifikasi macam macam

    ReplyDelete
  6. Baru tahu saya Mbak kalau pempek ada yang masaknya bisa direbus dan dioven. Saya kirain semua pempek mesti digoreng. Hehehe...

    ReplyDelete
  7. Pasti lemak nian yuk pempeknyo. Aku belum biso bikin dewek nih, pengin nyubo jugo

    ReplyDelete
  8. Ternyata banyak banget jenis pempeknya, aku tahu beberapa aja, hahaha. Biasanya beli pempek yang udah satu set komplit itu, udah mateng jadi nggak tahu wkwk

    ReplyDelete
  9. Pempek Lenggok ini praktis banget dan banyak ragamnya. Jadi semua pecinta pempek tertentu bisa beli dan makan.
    Btw, iya sih, saya suka digoreng tapi ada rasa bersalah sehingga kadang saya kukus saja. Kalau direbus, khawatir rasanya berkurang

    ReplyDelete
  10. Kakakku seneng banget loh sama pempek. Aku juga doyan asalkan rasa ikannya enggak bold banget hehheee... Maklum aku sekte daging ayam dan sapi aja :))

    ReplyDelete
  11. Daku sukaaakk banget makan pempek.
    Biasanya, makan pempek farina di surabaya mba
    kapan2 mupeng juga nyetok yg frozen pempek.
    biar kalo pengin, langsung goreng sreeenggggg

    ReplyDelete
  12. Suka banget sama pekempek, makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  13. duh habis baca artikel ttg pempek disini, kok jadi pengen masak sendiri ya? ternyata gk sesulit yang dibayangkan,

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^