Butuh Sumber Inspirasi Desain Web? Kunjungi 10 Website ini

Buat mereka yang biasa membuat desain website, pasti membutuhkan banyak inspirasi agar memperoleh ide-ide cemerlang. Salah satu cara mendapatkan ide adalah dengan mengunjungi website-website terbaik guna memperoleh inspirasi tentang bagaimana desain website yang bagus, menarik, unik, dan beda dari website lainnya. Oleh karena itu, nanti saya coba share (dengan bantuan teman), rangkuman daftar 10 contoh website terbaik untuk sumber inspirasi desain web, ya.

Sumber inspirasi untuk mendesain web bisa saja muncul setelah melihat desain orang lain yang diamati, hal ini lantas menghasilkan ide sendiri yang lebih brilian. Sama halnya dalam menulis, sih. “Rumus umumnya”: ATM – Amati, Tiru, Modifikasi. Nah, mungkin yang menjadi pertanyaan adalah dari sekian banyak website yang bertebaran di dunia maya, di mana kita bisa menemukan website yang bisa dijadikan bahan inspirasi tersebut?
Well mengenai hal tersebut jangan khawatir karena seperti yang telah saya sampaikan di awal, saya dibantu teman saya merangkum dan mempersiapkan 10 contoh website unik dan terbaik yang bisa menjadi sumber inspirasi desain web anda.
Kami menyediakan cukup banyak contoh website agar anda bisa mendapatkan beragam inspirasi yang bisa menambah sudut pandang anda tentang desain web sehingga memunculkan kreativitas yang “out of the box” nan orisinil. Berikut ulasannya!


Desain website yang menarik membuat pengunjung betah

10 Contoh Website yang bisa menjadi sumber inspirasi desain web


 

1. Crayon.co

Crayon.co merupakan salah satu mesin pencari desain web yang paling lengkap di masa kini. Dengan mengunjungi Crayon.co, anda bisa mencari desain website berdasarkan berbagai macam kategoti yakni sesuai laman, industri, CMS, level traffic dan berbagai macam kategori lainnya.
Website ini juga memiliki fitur “Inspire” yang menyediakan sumber inspirasi desain web bedasarkan Crayon Score, waktu update, popularitas serta jumlah traffic. Fitur ini bisa anda akses dan nikmati secara gratis dengan hanya perlu melakukan register.
Selain itu ada juga fitur “Blink” yang memperlihatkan website yang didesain ulang. Atau secara mudahnya, fitur ini memperlihatkan efek before and after. Ya, fitur ini memperlihatkan sebelum dan sesudah website didesain ulang.

2. Awwards


Awwwards merupakan tempat yang menampilkan berbagai website dengan desain terbaik yang dikumpulkan lalu diberi nilai dengan sistem vote oleh para membernya sehingga rating dari desain web tersebut ditentukan oleh banyaknya orang yang suka desain tersebut.
Website ini sangat cocok bagi anda untuk menemukan inspirasi desain website karena dengan sistem voting ini membuat penilaian terhadap desain website ini lebih terlihat natural dan fair sehingga anda bisa tahu konsep desain mana yang lebih disukai mayoritas netizen.
Ingin dinilai oleh netizen? anda bisa mendaftarkan website anda untuk dinilai dan menjadi salah satu sumber inspirasi desain web bagi orang lain. Namun sebelum ditampilkan di Awwwards, website anda akan di-review terlebih dahulu dong kelayakannya.

3. FWA (Favorite Website Awards)

FWA atau Favourite Website Award adalah sebuah website yang memberi penilaian terhadap berbagai website yang bagus di seluruh dunia dan memberikan award atau penghargaan kepada website tersebut berupa site of the days, site of the month dan penghargaan lainnya. Anda juga bisa loh mengirimkan URL website anda untuk dinominasikan.
Sebagai sebuah ajang pemberi penghargaan bagi setiap website, sudah pasti anda bisa memperoleh berbagai inspirasi untuk desain website anda di FWA ini. Karena website yang masuk FWA, pastinya adalah website yang memiliki desain bagus, unik dan keren.

4. Webby Awards

The Webby Awards diselenggarakan oleh International Academy of Digital Arts and Sciences (IADAS). Sebenarnya The Webby Awards memberikan penghargaan untuk berbagai kategori, dari aktor hingga designer. Salah satu penghargaan yang diberikan adalah website terbaik dengan berbagai kategori.
Disini sumber inspirasi desain web bagi anda dijamin akan berlimpah, karena penghargaan ini pasti berisi dan mengumpulkan berbagai desain web yang terbaik sehingga bisa memicu kreativitas anda untuk mengembangkannya.



5. CSS Design Awards

Sama seperti dua ajang penghargaan diatas, CSS Design Awards merupakan platform pemberian penghargaan untuk desain web dari freelance designer, studio, atau agensi yang berskala internasional.
Penghargaan yang diluncurkan pertama kali pada tahun 22010 ini cukup bergengsi karena dinilai oleh para juri professional di bidang desain website. Nominasi dan pemenang design website terbaik bisa anda pantau di situs CSS Design Awards. Terdapat tiga kategori pemenang yakni Winner of the Day (WOTD), Winner of the Month (WOTM) dan Winner of the Year (WOTY)
Melalui CSS Design Awards, anda bisa memperoleh inspriasi desain website yang dijamin keren karena telah dinilai oleh juri professional secara langsung.

6. One Page Love

One Page Love adalah tempat dimana berbagai website dengan satu halaman terbaik dikumpulkan untuk memberikan inspirasi bagi karya desain anda. Ada banyak sekali desain web dengan kategori dan keunikannya tersendiri.
Seperti situs web yang memberikan inspirasi lainnya, One Page Love akan menambah sudut pandang anda tentang desain website yang bagus dan unik. Selain itu website ini juga memungkinkan anda untuk mendaftar dan mensubmit website anda.

7. Little Big Details

Little Big Details (LBG) sangat cocok bagi anda yang ingin mendapat inspirasi tentang desain detail di website anda. Website ini dibuat oleh Floris Dekker yang digunakan untuk mengumpulkan berbagai sumber inspirasi terbaik untuk meningkatkan pengalaman user website. Jadi jika anda butuh inspirasi desain detail sebuah website, jangan ragu mengunjungi situs ini.


Little Big Detail khusus untuk desain detail wesbite

8. UI Parade

Sama seperti Little Big Details atau LBG, UI parade akan memberikan inspirasi pada anda tentang desain detail dari sebuah website seperti form log in, form sign up, icon, navigasi, search box dan bermacam detail lainnya. Jadi langsung saja kunjungi UI Parade bagi anda yanng sedang stuck dalam menata detail website anda.

9. Bestwebsite.Gallery

Best Website Gallery merupakan suatu website yang menyediakan berbagai sumber inspirasi untuk desain web terbaik. Sama seperti website sumber inspirasi desain web lainnya, melalui situs ini anda juga bisa memberikan voting untuk desain web yang menurut anda paling bagus.

10. Pinterest

Siapa yang tidak mengenal Pinterest? Ya media sosial yang  satu ini memang kerap kali digunakan sebagai pemberi inspirasi untuk para pekerja di bidang kreatif. Karena disini tersedia berbagai konten yang akan menumbuhkan kreativitas anda.


Pinterest sumber inspirasi

Hal ini berlaku juga untuk web design. Anda hanya perlu mengetik kata kunci web design di kolom pencarian, anda akan menemukan banyak inspirasi desain website. Anda juga bisa menyimpan inspirasi design anda dengan klik fitur pin yang disediakan.
Nah itu dia 10 contoh website sumber inspirasi desain web. Setelah membuat desainnya, jangan lupa membeli domain dan hosting di IDwebhostcom. Karena hanya di sini anda bisa membuat nama domain yang unik dan murah! Salah satu contoh pengguna domain dan hosting IDwebhost adalah Liseum.com yang websitenya cukup unik dan menarik.

Makassar, 12 Oktober 2018



Share :

42 Komentar di "Butuh Sumber Inspirasi Desain Web? Kunjungi 10 Website ini"

  1. baru tahu nama-nama website itu kecuali Pinterest nih Mak.
    saya juga pake IDWebhost lho untuk domain blog saya :)

    ReplyDelete
  2. Waah, semua web-nya penting banget nih buat yang suka utak-atik desain web, kalau saya sih nyerah hehe...tapi kalau buatcari ide, sekali-sekali mampir pastilah, kalau pnterest memang paling sering dkunjungi, untuk sekadar cuci mata di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm, kalo saya sebenarnya nyerah juga sih yaa haha. Sekadar info saja sih ini

      Delete
  3. Dah, aku tahunya cuma pinterest mbk niar. Duh, ketahuan dah kudet *tutup mukak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dirimu tak sendiri Mbak Indaa, banyak yang sepertimu di sini

      Delete
  4. Aku kenalnya sama Pinterest. Buka2 poto drakor dan drama2 lain buat cuci mata, hihihi. Web yg lain perlu dibuka juga

    ReplyDelete
  5. Hihi..saya sebatas pengguna saja..bukan pendesain..

    ReplyDelete
  6. Mba, maafkan aku yang belum tahu, apakah desain sama dengan template web?

    Aku juga pernah baca kalau kita sering gonta-ganti tempalte akan mempengaruhi DA/PA juga.

    Apalagi kalau templete yang baru itu tidak SEO friendly, bisa-bisa DA/PA kita bakal anjlok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, Mbak. Kalau ganti desain harus hati-hati jangan sampai tidak SEO friendly. Kalo yang pernah saya baca diskusinya, yang dipengaruhi itu Alexa Rank. Sekarang kita tidak pakai lagi kan ya Alexa Rank? Kalo DA/PA, terpengaruh juga?

      Delete
  7. Makasih udah berbagi kak. Saya mau berkunjung dulu ke semua website desain yang kak Niar rekomendasikan aah..

    ReplyDelete
  8. Mau keliling ah, kali aja niat mau bikin rumah baru soalnya mau bikin khusus kuliner

    ReplyDelete
  9. Waduh aku gak paham desain website. Ku serahkan pada yang lebih ngerti aja. Tapi boleh lah yaa buka-buka website Crayon buat cari inspirasi desain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa tahu kelak mau ganti template, sudah ada bayangan mau kek gimana, ya Mbak.

      Delete
  10. Dari 10 nama, hanya Pinterest yang kutahu, Mbak. Ntar coba tengok2 yang lain.

    ReplyDelete
  11. dua blogku domainnya saya beli di idwebhost ini :)

    ReplyDelete
  12. Selama ini tahu nya cuma pinterest aja, duuh kuper banget ya :(
    Habis ini mau buka website itu satu satu ah, terima kasih ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan dari kita memang familiarnya sama Pinterest ya Mbak

      Delete
  13. Wah keren-keren nih. Cus ah pengen lihat websitenya kayak gimana.

    ReplyDelete
  14. wah makasih infonya mba, mba Niar udah coba dan praktekkan belum? yg gampang yg mana mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuah, saya baru menuliskannya. Untuk praktik, mungkin ke ahlinya saja yaa hehe

      Delete
  15. Banyak juga sumber desain untuk website ya...
    Kebetulan domain blog saya juga beli di IdWebhost.

    ReplyDelete
  16. Ya Allah mba Niar. Aku belum pernah berkunjung ke salah satu dari 10 website ini. Bagus bagsu banget nih. TAddi aku ngintip salah satu. Dan memang menurutku pas deh buat jadi tempat mencari inpisrasi :)

    ReplyDelete
  17. Kalo lihat desain web gitu, aku kadang suka galau. Pengen ganti dengan desain baru untuk web ku, hihii

    ReplyDelete
  18. Dari semuanya...saya cuma familiar sama Pinterest.
    Kudet banget siik...
    Wkkwk...aku kepoin yang lain, mba Niar...biar makin banyak tahu.

    Haturnuhun.

    ReplyDelete
  19. Mbak Niar aku dapat insight baru nih untuk desain blogku yg baru. Nuwun ya

    ReplyDelete
  20. Saya tidak beranima banyak mau soal tampilan web. Simple dan cepat loading jadi syarat utama...

    ReplyDelete
  21. Niar, bagi bunda madih jauuuuh utk bisa mendesign Web krn selama ini masih pake template gratisan dan masih jd newbie terus. Bisanya chma taktiktjk doank, hiks, hiks

    ReplyDelete
  22. Banyak referensi bagus ya mba.. dan asli memang bagus dan banyak inspirasinya.

    ReplyDelete
  23. catet ah pigin ganti2 tampilan blog, makasih infonya mbak. Kalau pinterest suka aku buka2

    ReplyDelete
  24. Dari 10 itu aku taunya cuma Pinterest doang, mbak.. ya ampun, kudet banget aku..

    ReplyDelete
  25. wahhhhh tfs mbakk.. aku lagi bosen sama design blog ku.. pengen cari cari inspirasi di 10 web ini ahh.. heheheh..

    ReplyDelete
  26. diantara ke 10 ini saya gak beralih lain selain ke pinterest heheh mendunia mi kayaknya yang suka dan kunjungi , saya juga sering upload karya foto2ku di pinterest

    ReplyDelete
  27. Wah pinterest doang yang aku kenal.hehe pinterest memang sumber inspirasi deh

    ReplyDelete
  28. Dari sepuluh itu hanya pinterest yang sering pernah saya kunjungi.
    Harus coba satu-persatu nih biar tahu seperti apa model websitenya.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^