Aulia Fashion: dari Balutan Sultan dan Sumi Hingga Slogan Sesurga

Aulia Fashion: dari Balutan Sultan dan Sumi Hingga Slogan Sesurga – Sepekan terakhir ini secara tak sengaja saya melihat tayangan parodi kocak yang dimainkan oleh dua orang perempuan bergamis syar’i di YouTube. Nama tokohnya adalah Sultan dan Sumi. Si tokoh Sumi ini menyapa Sultan dengan “Kak Sultan”.

 

Sultan dan Sumi yang Selalu Lincah dalam Balutan Gamis Syar’i

 

Gerak-gerik mereka lincah, tidak terhambat oleh pakaian yang mereka kenakan: jilbab panjang dan baju gamis. Ada adegan Sultan melakukan gerakan lompat tinggi, adegan Sultan dan Sumi mengendarai sepeda motor, Sultan mengambil buah mangga dari angkutan kota, dan sebagainya.


Aulia Fashion
Sultan dan Sumi. Sumber: akun Tiktok
@auliafashionid

Melihat adegan-adegan itu melayangkan ingatan saya ke masa sekian tahun silam. Tahun 1990-an dulu, tak sedikit orang yang meragukan kemampuan perempuan berjilbab ketika melamar pekerjaan. Alasannya kurang logis: “jilbab akan membuat gerak terbatas”.

Sekarang saya bisa bilang alasan seperti ini mengada-ada karena saya berhijab sejak masih mahasiswi, tahun 1994 dan tidak pernah koq jilbab menghalangi gerak saya. Pernah di masa KKN, saya dan teman-teman menumpang mobil jip yang bak belakangnya terbuka. Saya yang mengenakan rok fine-fine saja naik di bak belakang.

Menjadi perempuan dalam dunia lelaki selama kuliah di Fakultas Teknik, saya dan teman-teman yang berhijab juga tak pernah mengalami kendala sehubungan dengan pakaian kami. Waktu itu gaya berpakaian kami mirip: atasan berupa blus panjang, bawahan berupa rok panjang atau kulot, jilbab segi empat, dan berkaus kaki. Sesekali bergamis dengan model yang sangat sederhana.

Sungguh gaya yang monoton 😁. Maklum saja, belum berkembang mode pakaian muslimah seperti sekarang ini. Seperti yang dikenakan oleh Sultan dan Sumi itu. Well, sepanjang menonton video mereka, perhatian saya juga terfokus pada gamis syar’i yang mereka pakai. Pilihan warna dan desainnya elegan, enak dilihatlah pokoknya.

Penelusuran terhadap Sultan dan Sumi membawa saya ke akun Tiktok @AuliaFashionid. Rupanya dari sinilah video-video yang saya lihat di YouTube diambil orang-orang untuk konten YouTube mereka. Rupanya Sultan dan Sumi merupakan dua karakter yang mem-branding Aulia Fashion di media sosial.

By the way, buat yang masih alergi dengan Tiktok, saya kasih tahu ya, Tiktok itu tak melulu berisi joget-joget tak jelas. Tergantung dari pemilik akun dalam membuat kontennya. Contohnya dalam akun yang saya ceritakan ini, video-video pendek di dalamnya berisi cerita-cerita lucu/parodi dan ada juga yang edukasi. Produsen gamis syar’i dengan ribuan reseller ini menerapkan cara-cara digital marketing dengan baik.


Tiktok Aulia Fashion
Akun Tiktok @auliafashionid. Berisi video-
video parodi kocak dan edukasi yang dikemas
secara menghibur.
 

Berkenalan dengan Aulia Fashion

 

Penelusuran membawa saya ke laman situs Aulia Fashion – perusahaan fashion terbesar di Indonesia. Gemas atas ke-kudet-an diri sendiri, kenapa baru ngeh akhir-akhir ini dengan produsen gamis syar’i sejak tahun 2008 ini.

 

Aulia Fashion Dimiliki Oleh Pasangan Pebisnis: Babe dan Bunda

 

Bisnis pakaian dan perlengkapan muslimah ini dimiliki oleh couplepreneur Suseno Budi Prasetyo dan Zaidatu Rohmah yang akrab disapa dengan sebutan Babe Suseno dan Bunda Zaida. Nama brand AULIA diambil dari nama anak tengah mereka “Najwa Aulia Salsabila

 

Pengalaman Bisnis dan Jenis Produk

 

Couplepreneur Babe dan Bunda memiliki pengalaman panjang mulai dari berjualan peyek, gorengan, susu kedelai, sampai akhirnya mendirikan Aulia Fashion yang menjadi impian mereka. Kini, bisnis yang basisnya di Surabaya ini menghasilkan produk seperti khimar/jilbab, set gamis syari, gamis only, ciput, handsock (manset tangan), masker, kaus kaki, dan aksesoris lain (bros, dan lain-lain).


Set gamis syari Aulia Fashion
Set gamis syar'i. Sumber: auliafashion.id.

Keistimewaan Aulia Fashion

 

Usaha yang mulanya hanya berupa usaha rumahan ini, lama-kelamaan memiliki banyak peminat. Akhirnya Babe dan Bunda tak bekerja sendiri, mereka dibantu oleh para reseller, agen, dan distributor baru yang kebanyakan terdiri atas IBU RUMAH TANGGA yang menyokong penghasilan keluarga sembari mengurus anak.


Pabrik Aulia Fashion
Para pekerja pabrik Aulia Fashion. Sumber: auliafashion.id.

Perusahaan fashion besar ini memiliki keistimewaan
benar-benar memproduksi sendiri pakaian yang dijual. Ratusan penjahit yang bekerja di pabrik miliknya berasal dari seluruh pelosok Indonesia.

Melalui website resminya saya mendapatkan gambaran mengenai visi misi perusahaan fashion ini:

Mempertemukan keinginan muslimah seluruh Indonesia untuk tampil dengan fashion hijab terbaru dengan desain-desain yang up to date. Rancangan busana muslimah Aulia Fashion senantiasa mengikuti semangat model baju muslimah modern terbaru dengan desain yang ergonomis dan nyaman. Sembari tetap meyakini bahwa syar’i adalah nilai-nilai hakiki yang tak lekang oleh zaman tapi bukan berarti fashion muslimah tak bisa trendy dan modis.

Dengan jumlah reseller gamis Aulia Fashion yang sudah ribuan dan menyebar ke seantero Indonesia, menunjukkan eksistensi brand yang sudah berusia 13 tahun ini. Sebuah keniscayaan berpotensi menjadi perusahaan pakaian terbesar di dunia untuk muslimah.

Pemilihan slogan “SESURGA DI KAMPUNG AULIA, SESURGA DI KAMPUNG AKHIRAT” menunjukkan itikad baik brand ini untuk bertumbuh dan berkembang bersama-sama para reseller, agen, distributor, staf tetap, staf borongan, dropshipper, dan Aulia lovers.

Seperti yang kita ketahui, menjaga hubungan baik adalah kunci kelanggengan sebuah proses, itulah yang dipegang teguh brand ini. Tentunya disertai keyakinan menjalankan nilai-nilai islami yang menjadi dasar dan landasan utamanya untuk memperoleh keberkahan di dunia dan akhirat.


reseller Aulia Fashion
Indahnya kebersamaan. Sumber: auliafashion.id.

Barangkali Anda sedang mencari bentuk bisnis yang akan dijalankan? For your information, Aulia Fashion sedang mencari distributor, agen, dan reseller, lho. Siapa tahu prospek Anda di situ, silakan kepoin situs auliafashion.id.

Makassar, 25 April 2021



Share :

57 Komentar di "Aulia Fashion: dari Balutan Sultan dan Sumi Hingga Slogan Sesurga"

  1. Thx infonya. Salut Aulia fashion memberdayakan tenaga kerja lokal. Tentunya UMKM seperti ini harus kita support. Setuju. Medsos asal kontennya bermanfaat ya kita ikuti sewajarnya. Tapi kalau liat medsos bikin kesel nambah dosa mending dihindari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk media sosial, bisa pilah-pilah sih.

      Delete
  2. Fashion hijab terus berkembang dari masa ke masa ya. Keren sih, kalo memanfaatkan media sosial untuk membranding produk jadi lebih terkenal. Dan pastinya membawa banyak rejeki bagi orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rezeki bagi reseller dan distributornya ya.

      Delete
  3. Brand-nya udh berdiri selama 13 tahun ya ternyata, lama bgt. Modelnya juga kekinian dan modis namun tetap syar'i. Gak kalah sama brand lainnya. Aku karena jarang pake gamis jadi baru ngeh ada brand ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sudah lama. Saya pun jarang pake gamis jadi baru tahu juga. :)

      Delete
  4. Seru banget naik becak berdua menghilangkan penat dan asik buat seru seruan y mom

    ReplyDelete
  5. Aku suka dengan paduan warna busana Aulia Fashion, karena jarang dan berani berbeda dengan pilihan busana syar'i lain

    ReplyDelete
  6. cakep-cakep ya warnya, eye catching lucu gitu. dan ternyata sudah lama banget ya produknya, wah cocok sih buat pakaian lebaran begini

    ReplyDelete
  7. masyallah sy kira bisnis kecil2ab ternyataaaa... ktinggalan berita bgt nih.. jargonnya jg kerenn semoga beneran sehidu sesurga ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slogannya krn jangka panjang ya pemikirannya, hingga akhirat :)

      Delete
  8. keren bisnisnya aulia fashion, bisa memberdayakan ibu-ibu rumah tangga juga. Semoga bisnisnya terus berkembang dan berjalan lancar. Amiinn..

    ReplyDelete
  9. Tetap teguh sama pendirian berbusana keren y mom, aulia fashion punya ciri tersendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciri khas syar'i tapi tetap modis ya, Mom.

      Delete
  10. Sudah dua kali bikin akun tiktok dua kali lupa password, ga jodoh main di tiktok ...hahaha. Mantap ini umkm nya bund, menyerap banyak tenaga kerja pastinya 👍😘

    ReplyDelete
  11. Keren ownernya Aulia Fashion ini ya, panjang perjalanan menuju kesuksesan dan kemantapan hati berbisnis baju syar'i membuat mereka semakin sukses, pakaian syar'inya juga trendi dan berciri khas ya :)

    ReplyDelete
  12. Oiya konten feeds dalam Aulia fashion ini pas banget dengan post baru saya yaitu kekuatan sosmed dan strategi online shop yang bisa saling bersinergi :)

    ReplyDelete
  13. Aulia fashion baju-bajunya cakep yaa, perpaduan warnanya juga nggak monoton. Gamis jaman now nggak kalah kece, aku jadi pingin punya, sementara latihan pakai rok lagi sekarang. Biasanya pakai celana panjang aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, sudah ada referensi buat beli gamis kan Mbak .... ^__^

      Delete
  14. Mb Niar macho jg ya anak teknik hehe. Piss mba. Makasih rekomendasinya ttg aulia fashion, syari dan modis ginj yg sy sy cari 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha, siap. Makasih sudah membaca ya Mbak.

      Delete
  15. Masya Allah....keren Skali Aulia Fashion ini. Selain menjaga kualitas produk, juga menjaga kualitas para karyawan agar tidak hanya bersama di dunia tapi hingga ke surga. Semoga apa yg di cita2kn tercapai. Aamiin yaa robbal alamin 🤲

    Sukses terus Aulia Fashion dalam memanjakan para muslimah dengan pakaian 2 kerennya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Visinya hingga akhirat ya .. semoga terlaksana.

      Delete
  16. Sepakat sih mbak kl konten tiktok nggak melulu joged2 aja. Noh buktinya bisa dijadikan media marketing kaya akunnya Aulia Fashion.. Jd kepo nih gamis2nya, kebetulan lg nyari buat ibu dan adek2

    ReplyDelete
  17. aku suka deeh liat model dan desain yang dibuat oleh Aulia Fashion ini mba. Semoga berkah untuk semuanyaa

    ReplyDelete
  18. Setuju Maak, pas SMA ku minta dihijab belom boleh sama alm bapak, bertengkar dah alasannya pada tahun 90 an waktu itu susah nyari kerja,bla..bla..Fashionnya pun masih terbatas gamis.
    Tapi seiring dengan perkembangan jaman justru fashion muslim jaman now fashionable yaa, modis kek Aulia Fashion, aku mau kepoinn ahh, sapa tahu ada yang nyangkut.
    Dan semenjak berhijab 2014 alhamdulillah ga mengurangi aktifitas dan gerak, nyamaan banget.

    ReplyDelete
  19. Ternyata udah membangun brand selama 13 tahun, saluuut banget. Apalagi setelah tau strategi pemasarannya lewat Tiktok. Memang betul Tiktok nggak semuanya joged2 nggak penting ya mbak, jangan ditonton juga yang nggak pentingnya karena banyak kok konten2 bermanfaat.

    ReplyDelete
  20. Pinter banget nih Aulia Fashion dakwah via medianya. Btw, aku pun pengen bikin konten Tik Tok, tapi HP ku nggak kuat, wkwk.

    Gamis sekarang kece2 ya modelnya, jadi bisa pilih2 beragam model. Kalau dulu selalu dibilang yang pakai gamis kaya emak2.. sekarang malah banyak anak2 muda udah pakai gamis. KEreen.

    ReplyDelete
  21. Wahh sudah lama juga nih 13 th ya. Bagus juga jd membuka lapangan pekerjaan juga ya.
    Bisnis hijab dan fashion memang ga akan pernah mati, lumayan juga nih utk bergabung jd reseller utk dpt uang tambahan

    ReplyDelete
  22. Yups tiktok sangat beragam ya mba tidak hanya joget2 aja. Btw keren nih aulia fashion memperdayakan para pekerja yang lumayan banyak ya.

    ReplyDelete
  23. Punya akun tiktok, tapi dah lamaaaaa banget nggak kubuka, Mbak. Sampai sekarang ya bel tertarik untuk buka dan pakai lagi.

    Aulia ini keren, benar-benar uptodate, dengan tiktok dia menggaet pelanggannya. Di instagram ada juga kan ya. Mau coba cari ah.

    ReplyDelete
  24. Wihh salah fokus sama followers Tiktoknya Aulio fashion. Banyaknya tawwa...saya install Tiktok saja belum pernah wkwkkw.

    ReplyDelete
  25. Menjadi perempuan di duania laki-laki aku pernah waktu bekerja mbak. Tapi lebih nyaman sih aku waktu itu. Aku pakai gamis sesekali tapi liih model yang cocok di aku & aku sukai. Mau ah kepoin auliafashion

    ReplyDelete
  26. Model hijab kini beragam dan bisa banget tetap syari menutup aurat.
    Bagus-bagus banget design dari aulia fashion. Semoga semakin banyak wanita Indonesia yang menjaga aurat secara syari.

    ReplyDelete
  27. Wah hebat ya terus berkarya dan kreatif di tengah pandemi bahkan. Aku selalu salut ama UMKM yg terus berinovasi dan kreatif qgar bisa terus bertahan.

    ReplyDelete
  28. Model pakaiannya sangat kekinian sekali. Mengikuti tren. Bisa jadi pilihan untuk menambah koleksi apalgi saat mau lebaran saat ini

    ReplyDelete
  29. Keren ya Aulia Fashion, reseller nya udah ribuan, pasti omzetnya besar sekali. Brand yang sangat recomended.

    ReplyDelete
  30. ya ampun baru tau ada iklan gitu mbak, brb nyari iklan sama IG nya hahahaha dulu sblm pakai yg syar'i jg mengkhawatirkan gimana kalo bawa motor dll, tp emang iya gamis bagian belakang suka nyelip ke bagian motor jd kudu di jepit gitu kalo gak siap2 hitam2 dah gamis 😅 pdhl harusnya bukan jd alasan besar mengapa tdk brhijab yaaa

    ReplyDelete
  31. Modelnya elegant gitu ya kak. Suka juga sama warnanyaaa. Baru denger Aulia ini, jadi kepo sama model2 yg lainnn

    ReplyDelete
  32. Setuju dengan pendapat Kak Niar mengenai Tiktok, meski saya juga belum bikin akun juga hingga kini (karena waktunya yg gak sempet). Rekan sejawat saya sesama dosen justru disenangi para mahasiswanya karena bikin video pembelajaran dan diupload melalui tiktok, gokil dan nyambung ke anak2 muda, hehe... Btw. Aulia Fashion, noted. Dan saya auto kepoin parodinya deh nih

    ReplyDelete
  33. Setuju mbak. Sejak pandemi ini saya jadi sering menikmati TikTok. Sleian menghibur, banyak informasi menarik dari sana. Banyak bisnis yang ebrkembang juga loh dari TikTok :D

    ReplyDelete
  34. Aulia fashion keren, MasyaAllah..
    Dari sekedar bisnis sampingan sampe jadi besar begitu ya..
    Mungkin ini namanya, memanfaatkan media sosial dengan bijak.
    Gak terpengaruh dengan efek buruknya.

    ReplyDelete
  35. Wah tik tok bisa membangun branding...konten berfaedah ngggam melulu joget joget gak jelas gitu

    ReplyDelete
  36. Usaha Fashion gak ada matinya ya mbak terus tumbuh berkembang sesuai kebutuhan dan zaman menarik nih informasinya kebetulan sepupu saya lagi cari info untuk dapat bergabung menjual fashion berhijab seperti ini ..makasih mbak infonya

    ReplyDelete
  37. Pengalaman Mbak Mugniar aku jadi inget pas ibuku bilang pengalaman waktu dulu awal pakai hijab dan belum umum, suka dicatcalling gitu dan nggak hanya sekali dua kali. Padahal hijab yg biasa, belum yg syari, tp dibilang jg ninja2. Huhu pasti dlu harus kuat sekali ya pd pendirian. Untung sii skrg malah udah jd kaya mayoritas memakai hijab ini, spt kalu di Aulia Fashion uda lengkap bukan hanya ada hijab tp gamis dan handshock jg ya, lengkap ey bisa sekalian

    ReplyDelete
  38. suka banget dengan model-modelnya niy mba, bisa jadi salah satu rekomendasi untuk baju sholat idul fitri nanti niy mba, pengen punya yang merah

    ReplyDelete
  39. Tadi aku buka websitenya, tampilannya bagus. Terus, ada banyak juga produk di situ. Warnanya bagus-bagus.

    ReplyDelete
  40. Fashion hijab memang sangat nerkeberke ya mba.

    Dulu pake hijab identik gak bisa terlalu aktif bergerak. Sekarang selain fashionable dan eye catching, hijab juga sangat dinamis desainnya.
    Aulia fashion memang cerdas memanfaatkan peluang bisnis dan juga efek positif sosmed

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^