Jika Kau Tanya Veronika Asisten Virtual Dia Akan Menjawabnya

Jika Kau Tanya Veronika Asisten Virtual Dia Akan Menjawabnya – “Rasanya sudah berteman lama dengan Veronika,” ujar saya dalam percakapan sebuah grup Ketika mendengar (lagi) mengenai asisten virtual Telkomsel itu. Bagaimana tidak, namanya melekat erat sebagai operator otomatis penjawab ketika panggilan telepon tak terjawab.

Heh … operator otomatis penjawab ketika panggilan telepon tak terjawab?

Iya  Marimar. Itu lho, yang suka bilang begini: maaf, nomor yang Anda hubungi tidak menjawab, tekan nomor sekian sekian untuk meninggalkan pesan.Yang begitu kan ya?😁 Dari dulu namanya memang Veronika seingat saya. Correct me if I am wrong.

Zaman dulu rasanya ajaib ya ada suara perempuan pelipur lara ketika sambungan telepon tak terjawab. Sebelum-sebelumnya kan hanya bunyi TUUUUUUUT panjang yang terdengar sebagai tanda koneksi telepon putus.

Nah sekarang ini Veronika sudah lebih canggih. Dia jadi bot penjawab Ketika kita bertanya via Tsel menu pada website, aplikasi, dan akun-akun resmi media sosial milik Telkomsel.


Tanya Veronika Asisten Virtual


 

Veronika yang Sekarang, Kenalan Yuk!

 

Mbak Vero belakangan ini telah bertransformasi menjadi asisten online Telkomsel yang telah melayani pelanggan sejak tanggal 24 Agustus 2017. Dia merupakan service digital berbasis chat yang memudahkan pelanggan untuk membeli pulsa, mengecek sisa kuota internet, menukar POIN, layanan kartu As, mencari GraPARI yang buka saat corona, dan hal-hal lain terkait provider yang identik dengan rwarna merah ini.

Nah, bedanya Veronika yang sekarang dengan yang dulu adalah bahwa yang sekarang mengikuti perkembangan zaman karena bukan hanya berwujud pesan suara melainkan sebagai “teman chatting” pengguna produk Telkomsel.

 

Bagaimana Mengakses Layanan Percakapan Tanya Veronika?

 

Gampang, Gaes. Berhubung pada jaman now internet berada dalam genggaman alias ada pada gawai kita semua maka servis berupa percakapan ini dapat kita akses melalui official accounts Telkomsel di:

  • MyTelkomsel (http://my.telkomsel.com/app/chatbot)
  • Situs web Telkomsel (https://www.telkomsel.com/)
  • WhatsApp (https://tsel.me/wa3)
  • Facebook Messenger (https://tsel.me/fbVA3)
  • Telegram (https://tsel.me/TelegramVA3)
  • LINE (https://tsel.me/lineVA3)

Ingat ya, untuk bicara dengan operator telkomsel ini, ketikkan “Hai”, “Halo”, atau pilih menu ‘Quick Response’ yang disediakan. Lalu lihatlah respon cepatnya menjawab. Kalau menggunakan Whatsapp, pastikan nomor Whatsapp Anda merupakan nomor Telkomsel ya karena dia tidak menjawab pertanyaan jika mengenali nomor Whatsapp beda operator.

 

Fitur yang Tersedia

 

Ada 6 fitur yang tersedia dalam service perbincangan dengan bot “perempuan” ini, yaitu:

1. Profil Kamu

Ketika memilih “profil kamu”, seketika diperlihatkan sisa kuota kartu kita.

2. Beli Paket

Jika ingin membeli paket dari produk-produk Telkomsel yang tersedia, bisa memilih fitur ini. Pastikan nomor yang diberikan sudah benar.

3. Promo

Fitur PROMO ini memberitahukan mengenai promo apa  yang sementara berlangsung sesuai dengan jenis SIM card yang kita miliki.

4. Isi Pulsa

Ketikkan “Isi Pulsa” jika ingin mengisi pulsa untuk nomor Telkomsel yang dimilik. Jangan sampai salah memasukkan nomor ya.

5. Beri Hadiah

Masukkan dulu nomor ponsel kita jika ingin memberi hadiah kepada seseorang. Hadiah yang diberikan bisa berupa pulsa Telkomsel atau berupa paket. Paket yang dimaksud tersedia dalam 6 pilihan: Unggulan, Internet, Telepon, SMS, Roaming, Hiburan.

6. Chat Customer Care

Chat Customer Care adalah bercakap mengenai suatu topik dengan Mbak Vero. Harap diingat, pilihan ini tetap membuat kita berbincang dengan mesin, bukan dengan manusia, ya.

 

Fitur Tanya Veronika

Review Tanya Veronika Asisten Virtual

 

Saya menggunakan Whatsapp, website, dan Line ketika menggunakan service percakapan daring dengan customer care maya ini. Untuk WA dan web, saya memulai percakapan dengan mengetikkan HALO, seketika itu Si Mbak Vero membalas dengan info terbaru yaitu paket Disney+ Hotstar.

 

A. Kelebihan Layanan Maya Provider Telkomsel

 

1. Tersedia dalam 6 platform

Setahu saya, ini yang pertama kali di Indonesia. Pelayan daring tersedia dalam 6 platform. Hal ini tentunya memudahkan users yang mana mereka bisa memilih lebih suka mengakses Veronika Telkomsel melalui aplikasi apa.

Buat Anda yang tipikalnya visual, saya sarankan untuk mengakses Mbak Vero melalui aplikasi Line karena lebih mudah dan menarik. Ketika ditawarkan fitur misalnya, Anda bisa langsung klik item-item yang diperlihatkan. Klik “Beri Hadiah” misalnya, langsung membuka pilihan demi pilihan dengan cepat.

2. Cepat

Saya terkesan denga kecepatan menjawab chat bot dari akun-akun resmi Telkomsel itu. Tanggapan yang diberikan seketika itu, dalam sepersekian detik saja. Pelanggan akan terpuaskan jika menanyakan hal-hal yang memang sudah ada dalam data base “milik Veronika”, yaitu mengenai pembelian pulsa, mengecek kuota, menukar POIN, dan lokasi MyGraPARI.

3. Kuesioner kepuasan pelanggan

Setelah percakapan Panjang via Whatsapp, bot penjawab akhirnya memberikan kuesioner mengenai pelayanan yang diberikan dalam menjawab pertanyaan. Selain dalam bentuk angka (1 – 5), ada pula 1 kali isian mengenai saran yang diberikan supaya ada peningkatan dalam informasi yang diberikan:

Seberapa besarkah keinginan Anda untuk merekomendasikan Telkomsel kepada keluarga atau teman?

Penilaian dalam skala 1 s.d. 10 (10=Sangat merekomendasikan - 1=Sangat tidak merekomendasikan)

Agar saya bisa terus meningkatkan layanan, mohon berikan penilaian Anda untuk chat hari ini. Penilaian dalam skala 1 s.d. 5

(5=Sangat Puas; 4=Puas; 3=Tidak Puas; 2=Sangat Tidak Puas; 1=Sangat Tidak Puas Sekali;)

Terkait layanan, apakah yang perlu saya tingkatkan? Silakan tulis alasan Anda.

Semoga, dengan adanya keterbukaan dalam menerima masukan seperti ini peningkatan kualitas servis dapat segera terpenuhi.

Kelebihan layanan maya Veronika
Sisa rindu jangan dipendam, cukup sisa kuota, kata Mbak
Vero ... auw ... auw 😂

4. Ada pantun!

Pernah menghubungi kontak layanan publik dan mendapatkan pantun? Saya pernah! Sebagai penyuka karya dalam bahasa Indonesia, saya apresiasi bagian ini ketika menghubungi Mbak Vero untuk menanyakan produk melalui Line.👍 Simak deh pantunnya, siapapun akan tersenyum membacanya:

Pulang kantor jalan becek

Di jalan lihat mobil pemadam

Sisa kuota rajin kamu cek

Sisa rindu ini kenapa dipendam

Hihi lucu yaa.

 

B. Kesan-kesan lain terkait percakapan maya dengan customer care Telkomsel

 

Saya pribadi menghargai usaha Telkomsel dalam memberikan servis kepada publik di ranah maya kepada para pelanggannya. Ketika menggunakan mitra maya ini, saya mencatat beberapa hal:

1. Kata kunci harus tepat.

Penggunaan kata kunci harus tepat, belum berupa “konteks”. Maka ketika memilih pilihan bertanya “sapa customer care”, pertanyaan harus menggunakan keyword yang pas sebab yang menjawab berupa bot. Alangkah sangat membantu jika bisa memberikan jawaban tergantung konteks yang ditanyakan.

2. Belum bisa memberikan jawaban panjang.

Ketika memilih “sapa customer care”, mulanya saya mengira akan dihubungkan dengan manusia. Saya memberi pertanyaan panjang karena memang ingin mendapatkan alasan yang tepat mengganti jenis kartu prabayar menjadi pascabayar. Ingin membandingkan apa keuntungan dan kekurangan di antara prabayar dan pascabayar.

Sayangnya, saat itu bercakap dengan operator online itu tidak bisa memberikan jawaban  yang saya cari dan tidak menghubungkan saya dengan manusia. Nah, bagusnya, ada peluang memberikan saran dalam percakapan via WA sehingga saya bisa menyampaikan saran. Saya apresiasi juga pada poin ini. 👍👍👍

3. Tidak memberikan pilihan BATAL atau CANCEL

Sempat terjadi percakapan panjang ketika saya hubungi operator Telkomsel dalam jaringan via pesan WA. Putri saya sampai-sampai mengatakan saya gabut 😅 Soalnya saya menunggu diberi pilihan menyudahi percakapan. Biasanya kan dari ponsel, Ketika mengetikkan *363# di HP, ada pilihan mengakhiri.

Nah, melalui Whatsapp, seperti ini contohnya:

Transaksi ini akan memotong pulsa Anda. Ketik salah satu pilihan angka di bawah ini untuk memilih jenis paket yang Anda inginkan

1. Unggulan

2. Internet

3. Hiburan

4. Telpon

5. SMS

6. Roaming

Saya berharapnya ada tambahan misalnya “0 Batal” atau “7 Batal”. Memang sih ada di website mengenai cara menghentikan pesan yaitu dengan mengetikkan BATAL atau CANCEL tapi saya baru membaca mengenai ini sewaktu selesai chatting dengan Mbak Vero.

Saya pikir tak semua pengakses si pelayan online tahu mengenai hal ini, kecuali yang sudah membacanya di situs Telkomsel. Makanya, perlu diberikan opsi untuk menghentikan perbicangan oleh si Mbak Vero sendiri. Oya, satu lagi, sebaiknya link yang mengarah kepada informasi mengenai FAQ diberikan kepada pengakses service maya di semua platform agar pengguna yang sangat awam tak kebingungan dalam waktu lama.

 

4. Bisa menghadiahi orang tersayang melalui Tanya Veronika

Nomor OTP diberikan Ketika mengakses Tanya Veronika di Line. Menariknya, saya baru tahu kalau bisa memberikan beberapa macam “hadiah” kepada orang lain yang nomor HP-nya sama-sama nomor Telkomsel dengan kita. Dulu kan hanya mengirimkan pulsa, ya. Haha anak jaman dulu ini memang akrab dengan kata “pulsa”.

Nah sekarang ini bisa memberikan hadiah-hadiah lain selain kuota. Untuk hiburan, kita misalnya bisa memilih menghadiahi musik, games, atau video. Ketika sata klik VIDEO, otomatis muncul tulisan “SELECT VIDEO” pada bagian saya. Maksudnya, munculnya sebagai percakapan dan seolah saya yang mengetikkan dua kata itu.

Lalu Mbak Vero mengatakan, “Baik, berikut pilihan paket yang bisa Anda pilih sebagai hadiah.” Di bawahnya muncul pilihan-pilihan paket MAXstream. Ada 5 paket plus 1 pilihan bertuliskan NEXT yang jika diklik akan mengarahkan kepada pilihan lain. Kalau pasangan kita maniak nonton, bisa nih kita bombardir saja dengan pilihan paket nonton demikian. 😆

Ah ya, harap diingat ada aturan mengenai kesalahan dalam memasukkan kode sebagai bagian dari keamanan pelanggan. Jika pelanggan salah memasukkan kode verifikasi (OTP) sebanyak 3 kali maka interaksi akan diblokir selama 5 menit. Puncaknya, jika kita salah memasukkan OTP 9x maka interaksi diblokir selama 1x24 jam.

Hati-hati pula dalam meng-input nomor ponsel ya, Gaes. Jika salah memasukkan nomor ponsel 3x saat berinteraksi dengan Asisten Virtual Telkomsel ini maka akan terblokir selama 5 menit. Sejauh ini Telkomsel sudah meningkatkan kualitas pelayanan. Hal ini patut diacungi jempol. Semoga ke depannya teknologinya makin siap dalam menghadapi pertanyaan pengguna yang beragam.

 

 



Share :