SeOn: Solusi Lengkap Manajemen Sekolah Masa Kini

SeOn: Solusi Lengkap Manajemen Sekolah Masa Kini - “Ni, kalo masih ada buku kuliahnya Kakak Fia, minta ya buat Affiq,” sewaktu anak bujang baru masuk kuliah, saya menghubungi teman kuliah yang anak sulungnya sudah hampir lulus kuliah. Anak saya dan anak teman ini berbeda kampus dan beda angkatan tapi ada kemiripan dalam mata kuliah mereka.

Siapa tahu bisa berhemat, kan (insing mamak-mamak mengemuka .... 😆).

Ndak pake buku cetak mi anak-anak sekarang, Niar. Ndak kayak kita dulu. Kakak Fia buku-bukunya online,” ucap Ani.


SeOn


Mamak tepuk jidat.🙈

Ah iya, yah. Saya lupa kalau sekarang zaman digital. Anak-anak yang kuliahnya sehubungan dengan komputer seharusnya tidak mengandalkan buku cetak lagi. Tidak seperti kami dulu, angkatan 90-an.

 

Sekilas Tentang Pembelajaran Jarak Jauh yang Dialami Anak-Anak Saya

 

Anak sulung saya ini memang tidak pernah disuruh beli buku cetak tertentu oleh dosennya sejak masuk tahun 2019. Pengerjaan tugasnya juga sesekali saja harus di atas kertas. Kebanyakan berupa file – video, gambar, atau dokumen yang dikirim ke dosennya.

Selain tugas-tugas, sistem presensi, KRS (kartu rencana studi), dan rapornya juga online, melalui aplikasi web based yang terhubung dengan sistem informasi di kampusnya. Hanya saja kuliahnya masih melalui aplikasi lain seperti Zoom Cloud Meeting.

Berbeda dengan kampus si sulung, sekolah adik-adiknya yang masih SMP dan SD belum secanggih itu. Kedua anak terkecil mengikuti pembelajaran daring koordinasinya melalui grup Whatsapp (WA).

Untuk anak tengah, kebanyakan guru menggunakan Google Classroom untuk memberikan file penjelasan materi dan tugas. Untuk video, masih ada yang mengunggahnya di grup WA, ada yang memanfaatkan unggahan guru lain di YouTube, dan ada yang upload videonya di Google Classroom.

Menggemaskannya, ada saja drama pembelajaran daring yang masih terjadi hingga hari ini. Drama daftar hadir salah satunya. Masih saja ada pengacau dalam pengisian list presensi. Daftar yang sudah terisi sebanyak dua per tiga dari total siswa misalnya, tiba-tiba tinggal berisi sepertiga. Ada pula yang suka mengubah nama teman-temannya sendiri. 😣

Ada pula drama “ ke sekolah untuk setor tugas”. Sudah setor tugas via japri eh tetap saja harus ke sekolah, menghadap guru yang bersangkutan dengan  membawa semua berkas tugas. Kalau gurunya pas ada di sekolah, ringan urusan ini tapi kalau gurunya tak datang dan susah pula dihubungi, cuma bisa garuk-garuk kepala, deh.

Pendeknya, memang butuh menyemanagati diri untuk menikmati drama pembelajaran daring yang ribet ini tanpa syarat agar tidak bikin darting. 😁


Keunggulan SeOn

Itulah sewaktu
mengetahui ada aplikasi sekolah berbasis web – produk dari startup PT. SEON INDONESIA, saya takjub karena segala urusan belajar-mengajar online yang sehari-harinya saya lihat ribet, ternyata bisa dibuat jauh lebih praktis. Segala sesuatunya untuk urusan belajar dari rumah bisa dilakukan melalui satu platform saja, tidak perlu keluar ke platform lain.

Saya ingin cerita di postingan kali ini mengenai SeOn (Sekolah Online), sistem informasi sekolah sekaligus learning management system yang di mata saya terlihat praktis dan bisa menjadi solusi PJJ sekolah-sekolah di Indonesia.

Aplikasi web based ini memiliki banyak manfaat bukan hanya bagi sekolah, guru, dan siswa. Bahkan bermanfaat juga bagi orang tua karena memiliki akses masuk ke dalam sistem sehingga bisa memantau perkembangan proses belajar anaknya.

 

Manfaat SeOn

 

SeOn yang multi user ini memiliki banyak manfaat. Secara garis besarnya, manfaat SeOn bisa dijabarkan sebagai berikut:

 

1. Manfaat SeOn bagi SEKOLAH

  • Dengan SeOn, sekolah mampu meningkatkan BRAND dengan menerapkan teknologi terkini. Setiap sekolah akan mendapatkan alamat website sesuai dengan nama sekolahnya. Sistem daring membuat EFISIENSI pelayanan sekolah terwujud.
  • Dengan sistem daring, berarti PAPERLESS dan bisa memangkas biaya alat tulis kantor yang tak perlu karena sebagian sudah beralih ke sistem online. Dengan demikian data sekolah menjadi RAPI, MUDAH, dan AMAN.
  • Dengan data yang rapi dan tersusun secara sistematis, pelaporan administrasi pihak sekolah kepada dinas Pendidikan setempat menjadi lebih mudah.
  • Komunikasi pihak sekolah dengan orangtua mengenai anak pun menjadi lebih MUDAH karena proses belajar-mengajar terdokumentasi dalam sistem.

YouTube SeOn
Sejumlah video tutorial di akun YouTube SeOn.

 

2. Manfaat SeOn bagi GURU

  • Mengajar dalam proses pembelajaran jarak jauh menjadi lebih mudah dengan adanya fitur live video tanpa perlu keluar dari platform SeOn.
  • Guru lebih mudah memberikan tugas dan ujian dengan berbagai jenis soal.
  • Penilaian terhadap proses belajar siswa lebih cepat dengan sistem yang bekerja secara otomatis.
  • Rekapitulasi presensi siswa lebih mudah dan lebih cepat karena sudah terekam dengan baik dalam sistem.
  • Pelaporan guru kepada pihak sekolah jadi lebih mudah.
  • Untuk menyampaikan informasi, guru dipermudah, baik kepada siswa maupun orang tuanya.
  • Berkesempatan mendapat berbagai hadiah sebagai pengguna aktif SeOn.

 

3. Manfaat SeOn bagi SISWA

  • Informasi dari guru dan sekolah lebih cepat diakses.
  • Proses belajar menjadi lebih menyenangkan karena kemudahan akses yang dilengkapi fitur personalisasi sesuai keinginan seperti media sosial.
  • Siswa bisa berkomunikasi dengan guru tanpa keluar dari aplikasi.
  • Siswa bisa mengerjakan tugas langsung di aplikasi saja, tidak usah pakai platform lain lagi.
  • Jika ada masalah, siswa bisa melakukan konseling virtual bersama guru Bimbingan dan Konseling.
  • Bisa membuat grup virtual antar siswa, misalnya berkomunikasi kegiatan ekstra kurikuler dengan para siswa lain yang memiliki peminatan sama.

 

4. Manfaat SeOn Bagi Orang Tua

  • Melalui akun sendiri, orang tua dapat memantau proses pendidikan anaknya secara real time.
  • Orang tua lebih mudah berkomunikasi dengan guru/pihak sekolah melalui SeOn, termasuk jika ada yang hendak dikonsultaskan dengan guru BK.
  • Informasi dari sekolah bisa dengan cepat dan mudah diakses dengan adanya notifikasi.
  • Dapat mengetahui siapa saja teman anaknya yang sekelas, lengkap dengan nomor ponsel mereka yang terdaftar di sekolah.
  • Dengan pembayaran elektronik, orang tua dapat bertransaksi biaya sekolah semudah belanja online.

Fitur SeOn
Fitur SeOn. Lengkap juga, ya.


Wow, menarik ya school management system ini. Dalam satu platform saja diintegrasikan manajemen pembelajaran, manajemen informasi, dan pengelolaan sekolah. Bisa diakses secara real time pula. Saya membayangkan jika sekolah anak-anak saya menggunakan platform ini, proses belajar-mengajar menjadi lebih mudah.

Tak ada lagi drama presensi dan drama-drama pembelajaran lainnya bisa diminimalisir atau mungkin ditiadakan.

Mau tak mau pada era 4.0 ini, digitalisasi sekolah menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas sekolah, sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Nadiem Makarim – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kita.

Peran sekolah takkan pernah tergantikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena sekolah masih menjadi media utama dalam proses transfer pengetahuan yang diharapkan menjadi kunci kesuksesan bangsa Indonesia masa depan.

SeOn memungkinkan percepatan kualitas sekolah dengan cara digital dalam satu aplikasi saja. Semua kegiatan keseharian sekolah bisa dilakukan dari SeOn, aplikasi karya anak bangsa yang dipersembahkan  GRATIS untuk sekolah-sekolah di Indonesia.

Sebagai warga negara yang juga orang tua siswa, saya menaruh asa kepada produk anak bangsa seperti ini. Saya lihat di akun You Tube SeOn sudah ada sejumlah video tuntunan penggunaan SeOn, sebuah cara antisipatif untuk memecahkan masalah gaptek sebagian masyarakat kita.

Semoga ke depannya pengembangan SeOn bisa menjangkau pengambil kebijakan dan bisa diterapkan di seluruh Indonesia karena keunggulan SeOn yang mampu menjadi one stop solutionsolusi lengkap manajemen sekolah masa kini.

Makassar, 4 Desember 2020

SEON INDONESIA

https://seonindonesia.com/

Ig: @seonindonesia

Head Office :

Setiabudi Regency Bandung

Jl. Zamrud I No.193i Bandung, Jawa Barat

Telp. 022-42826546

Email. info@seonindonesia.com

Branch Office :

Jl. Pasir huni I No.3 Bandung




Share :

68 Komentar di "SeOn: Solusi Lengkap Manajemen Sekolah Masa Kini"

  1. Teknologi semakin berkembang, pas lagi didukung dengan situasi kayak sekarang yang gak bisa kemana-mana bahkan ke Sekolah. Semoga SeOn bisa membantu banyak dalam pendidikan Indonesia. Mamak juga berarti harus upgrade terus ini ilmunya.. ^^

    ReplyDelete
  2. Bener juga ya ... dengan kondisi yang seperti sekarang ini, setiap orang tua dan bahkan guru harus bisa kreatif bagaimana anak-anak tetap bisa sekolah sebagaimana mestinya. Dan semoga SeOn ini menjadi salah satu alternatif itu ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai platform SeON jadi lebih mudah untuk semua ya dalam menjalankan pembelajaran online. Semoga aja segera bisa sekolah tatap muka tapi platformnya pastinya tetap bisa digunakan

      Delete
  3. Warbiyasaakkk! Dengan fitur, teknologi manajemen sekolah sekomplit ini, dan tim SEON meng-GRATIS-kan biayanya, ini sih keceee bukan main.
    Semoga bisa kolaborasi dgn kemendikbud yaakkk

    ReplyDelete
  4. Bagus banget mbak dengan teknologi SEon ini membantu anak-anak dalam pendidikan. Apalagi guru akan semakin kreatif dan terkhusus untuk orang tua lebih mudah memantau anak-anak mabk.

    ReplyDelete
  5. Aplikasi ini seperti mendekatkan hubungan orangtua, guru dan teman anak kita . Patut di acungi jempol hasil karya anak bangsa untuk membuat aplikasi seon

    ReplyDelete
  6. Aku takjub banget nih Mbaaa, dgn kemudahan dan sistem yg dihadirkan app SEON ini.
    Memudahkan guru dan murid.
    Ortu juga tetep bisa pantau.
    Keren!

    ReplyDelete
  7. Senang sekarang makin banyak platform pembelajaran online deh. Jadi sedikit mengurangi keruwetan orang tua dengan PJJ ini, tinggal pilih aja. Semakin banyak pilihan semakin bagus ya.

    ReplyDelete
  8. Ada enaknya juga sih sekarang ya mbak, nuat anak kuliah bisa cari bahan online gitu, Inget jaman aku kuliah harus beli buku atau cari di perpustakaan.
    Di masa pandemi sekolah online perlu banget dikembangkan ya, SeOn kasih gratis buat sekolah yang mau ya bagus banget ini apalagi fiturnya juga terintegrasi dengan fitur2 lainnya.

    ReplyDelete
  9. Keren nih SeON, bangga deh aku karena ni karya anak bangsa, jadi aku always full support sama buatan anak bangsa sendiri tuh, semoga membawa spirit baru dalam dunia pendidikan tanah air ya

    ReplyDelete
  10. untungnya pandemi ini datang disaat teknologi sudah sedemikian canggih ya mbak :) jadi kita tetap bisa kreatif walau di rumah aja

    ReplyDelete
  11. Semoga pas anakku masuk SD nanti, udah disediakan SeOn di sekolahnya, karena saya mendukung banget kalau ada aplikasi seperti ini. Keren abis

    ReplyDelete
  12. Kehadiran SEON akan makin meningkatkan mutu pendidikan dan cita2 anak bangsa setinggi langit. UDah ga pusing lagi belajar daring buat anak, guru dan orangtua misalnya. Semua dikelola dengan baik dan terperinci. Baca2 dulu ah. TFS ya.

    ReplyDelete
  13. Aplikasi SeOn keren banget masa. Inovasi yang memudahkan pembelajaran daring saat ini.kadamg bolak-balik platform bikin pusing. Alhamdulillah Seon hadir.

    ReplyDelete
  14. Menurutku, teknologi sekarang yang serba online itu sangat membantu dalam hal apa pun termasuk belajar. Dengan adanya SeOn ini juga akan memudahkan banyak orang dari sekolah, guru dan anak

    ReplyDelete
  15. Kita ikut bersyukur ya mba hadirnya aplikasi sekolah berbasis web ini. Jadi bermanfaat untuk banyak pihak. Bukan hanya pihak sekolah tapi juga pihak guru, peserta didik dam juga kita sebagai orang tua. Semoga makin banyak sekolah dan orang yang tahu tentang aplikasi SEON ini ya mba

    ReplyDelete
  16. Dengan adanya tutorial cara menjalankan aplikasinya pasti memudahkan mereka yang sudah mendownload aplikasi ini ya mbak, terutama pihak sekolah, guru, ortu, dan siswa

    ReplyDelete
  17. Nah bener banget mak, drama setor tugas ini paling ribet yang pernah ku alami juga, hihiii kadang mengemaskan, sampe2 tukang ojol pun berkontribusi mengantarkan tugas.
    Semoga adanya aplikasi Seon ini bisa menjadi solusi buat manajemen sekolah, agar bisa mempermudah semuanya yaa dan ga ada lagi drama antara sekolah, guru dan anak yang serba bingung

    ReplyDelete
  18. Sama, Mbak. Di sekolah anak saya juga masih ada yang gak seragam platform buat belajarnya. Bagus ya kalau ada platform sekolah yang ditawarkan SeOn

    ReplyDelete
  19. SEON keren banget ini bun, teknologi dalam dunia pendidikan yang lengkap ya.
    baik untuk anak, guru, maupun orangtua

    ReplyDelete
  20. wah sekolah keponakanmu perlu pakai SeOn nih, mbak. Minggu lalu kan mulai PAS eh server sekolahnya down jadi ujian tertunda. Gini nih mengganggu kesiapan mental para siswa.

    ReplyDelete
  21. Waah... keren ya, ada SeOn yang bisa membuat percepatan kualitas sekolah dengan cara digital dalam satu aplikasi. Bisa mempermudah proses belajar mengajar secara online, ya.

    ReplyDelete
  22. Kayaknya bisa direkomendasikan ke sekolah anakku nih mba.Satu sisi memang sekarang yang serba digital ya

    ReplyDelete
  23. Teknologi sudah banyak berkembang ya mba sekarang uda ada seon untuk pembelajaran anak entah 10 tahun lagi teknologi belajar sudah sampe mana

    ReplyDelete
  24. Seon ini bangus dipakai bagi guru dan murid yaa..
    Praktis dan mudah.
    Tapi termasuk dalam kuota yang dari Pemerintah itu gak, kak Niar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran nikmat sekolah online dengan pendukung sistem terbaik dari SeOn.
      Canggih banget dengan segala fasilitas yang ditawarkan.

      Delete
    2. Alhamdulillah,
      SeOn anti ribet yaa kak Niar. Beneran user friendly dan membuat anak juga pengajar nyaman menggunakan sistem ini.

      Delete
  25. Jadi pengen rekomendasikan aplikasi Sekolahan Online ini ke sekolahnya Rani. Tapi bisa gak yaa, huhuhu..sekolah negeri soalnya..apa apa kan hubungannya sama pusat.

    ReplyDelete
  26. Sistem Informasi sekolah, sekaligus learning management system dalam satu web saja. Wah ini sih keren banget, apalagi buatan anak bangsa. Sekolah-sekolah mesti tahu nih ada platform bagus begini

    ReplyDelete
  27. Jadi ini penerapanya harus satu sekolah ya yang menggunakannya? Menarik sih...jadi segala sesuatu.bisa rapi dan terintegrasi

    ReplyDelete
  28. inovasi yang sangat keren nih, patut diacungi jempol! Di masa pandemi sekarang yang belum juga usai, Seon bisa sangat bermanfaat bagi guru dan siswa untuk mendukung sekolah online ya Mba..

    ReplyDelete
  29. Seon ini menarik ya dan bisa jadi solusi untuk pembelajaran jarak jauh bagi anak-anak. Mesti disosialisasikan nih, supaya makin banyak sekolah menggunakan Seon ini.

    ReplyDelete
  30. Memang benar bahwa pjj bikin galau tapi disisi lain hemat penggunaan peralatan sekolah. Seon basis website ini akan membuat happy memori HP tidak cepat habis

    ReplyDelete
  31. Kalau selengkap ini tentunya menjaid pilihan ya mba. Dan ini beneran solutif. Aplagi sekarang semua belajar via online.

    ReplyDelete
  32. Memang di jalan sekarang ini semuanya serba digital iya mba.. bahkan sebelum pandemi tidak pernah terpikir kalau sekolah dilakukan jarak jauh seperti sekarang. Namun akhirnya kita bisa menyesuaikan dan juga bisa belajar melalui buku-buku digital.

    ReplyDelete
  33. saat school from home (sfh) memang sekolah dan guru lebih kerepotan ya mbak
    tapi dgn adanya seon, guru dan sekolah bisa terbantu
    masalah administrasi sekolah mudah selesai karena semuanya saling terintegrasi

    ReplyDelete
  34. Di zaman sekaeang memang manajemen daring harus dipertimbangkan karena lebih efektif dan efisien ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak. Harus pintar-pintar yaa memilih platform pembelajaran daring yang tepat. Dan pastinya mudah diakses oleh para siswa.

      Delete
  35. Pandemi mengajarkan kita banyak hal ya termasuk dalam pembelajaran anak-anak ya. Sekolah-sekolah harus online, ini membuat guru, siswa dan orangtua harus beradaptasi juga. Semoga dengan kehadiran Seon ini bisa mempermudah semuanya itu ya mbak.

    ReplyDelete
  36. Aku mau promokan SeOn ini ke guru-guru di sekolah anakku ah. Ini bermanfaat banget nggak cuma untuk elearning masa pandemi tapi juga setelah pandemi. Sistem ini memudahkan semua pihak.

    ReplyDelete
  37. di era digitalisasi seperti ini, memang semakin diperlukan sistem yang bisa menjembatani orang tua, murid, guru, sekolah dalam berinteraksi...

    ReplyDelete
  38. Lengkap ya fiturnya, Mba jadi bisa memenuhi kebutuhan belajar online buat semua yang terkait. Soalnya kalau belajar online ini yang direpotkan itu guru dan orangtua. kalau ada SEON kan lebih dimudahkan.

    ReplyDelete
  39. Wah, keren banget. Cocok banget nih di era sekarang. Dan, yang paling penting dengan adanya SeOn bisa meningkatkan kualitas guru, otomatis kualitas pendidikan pun bisa tambah bagus.

    ReplyDelete
  40. banyak dan lengkap fiturnya, bikin siapa jadi makin mudah baik itu siswa maupun orang tua dan bisa digunakan ini

    ReplyDelete
  41. Coba semakin banyak sekolah yang pake seon ini bakal bikin lebih gampang akses tau gimana kegiatan pelajaran ansk

    ReplyDelete
  42. alternatif buat belajar bagi anak nih, sekrang anaku sedang masa libur, next kembali ke SEON aja deh , nyobaim belajarnya

    ReplyDelete
  43. Keren ya ada aplikasi karya anak bangsa seperti SeOn yang ngebantu semua pihak. Dari sekolah, guru, wali murid, dan tentunya anak-anak selama masa PJJ ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mbak
      bangga banget, makin banyak anak bangsa yg kreatif dan solutif
      seon memudahkan belajar daring agar g darting ya

      Delete
  44. Keren banget ini SeOn, benar-benar solusi yang lengkap dalam mengurus manajemen sekolah yang sebagian masih baru belajar menerapkan sistem online ini, makanya masih banyak dramanya juga ya.
    kayak di sekolah ponakanku itu, drama absen, drama tugas, hiyaaa, coba ya semua sekolah sudah menggunakan ini bisa aman dunia pendidikan kita :)

    ReplyDelete
  45. Harusnya semua anak sekolah bisa ya pake seon ini, apalagi gratis. Tinggal siapkan kemauan belajar si anak aja ya

    ReplyDelete
  46. Iya lho Bun, adekku pun kuliahnya udah nggak sering beli buku cetak atau fotokopi sana sini. Semoga SEON ini bisa diterapkan di banyak sekolah.

    ReplyDelete
  47. Semakin beragamnya platform untuk pembelajaran anak semoga semakin banyak pula anak anak yang bisa mengaksesnya dan belajar dengan aplikasi ini

    ReplyDelete
  48. Aku lihat keponakan-keponakanku yang sekolah di rumah memang kadang suka keribetan, suka banget sama anak bangsa yang kreatif gini. Semoga dengan platform SeOn semua jadi lebih mudah. Apalagi platform SeOn gratis, bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya

    ReplyDelete
  49. asyik banget mbk kalau penilaian dengan sistem cepat ini, anak-anak jadi tahu ya nilainya. Ini ngumpul tugas aja anakku, nilainya gak ada. Tahu-tahu bagi rapor aja hehe....

    ReplyDelete
  50. saya tiap hari harus moto anak untuk dikirim ke wa gurunya, pun seminggu sekali harus ambil dan setor tugas anak. Coba saya bisa rekomendasikan SeOn ini ke seklah anak saya ya smeoga bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga mereka enggak kesulitan mengatur belajar jarak jauh ini, hehe

    ReplyDelete
  51. oke juga ya mba solusinya.. anakku masih TK dan masih memakai sistem belajar online yang biasa, ada aplikasi sih cuma aku sering gak upload2 foto ahaha males sii ribet

    ReplyDelete
  52. Menggunakan SeOn ini sangat efisien karena semua yang terlibat di sekolah dapat merasakan manfaatnya Serta mudah untuk diaplikasikan

    ReplyDelete
  53. Semenjak pandemi, mulai banyak aplikasi2 semacam ini, aku sih seneng2 aja karena terbantu ya, anak2 jadi lebih ngerti walaupun nggak sekolah, cuma kuotanya yang nggak seneng wakaka..

    ReplyDelete
  54. Sejak diterapkan sekolah online saat pandemi memang banyak drama buat emak2 yah hhh, tp hadirnya SEON ini sangat membantu manajemen sekolah

    ReplyDelete
  55. Aplikasi bagus, nih. Semuanya terintegrasi. Kegiatan belajar mengajar jadi lebih mudah. Tentu ini menguntungkan banyak pihak, ya.

    ReplyDelete
  56. Langsung kebayang gimana praktis dan memudahkannya pembelajaran dengan hadirnya SEON ini. Manfaatnya banyak dan ternyata bukan cuma untuk murid dan guru saja ya Kak tetapi bisa dirasakan juga oleh orang tua

    ReplyDelete
  57. Wah ternyata ini aplikasi bikinan anak bangsa ya. Keren keren. Semoga ya banyak sekolah yang menggunakan aplikasi SeOn ini supaya drama PJJ nya jadi berkurang bahkan ga ada drama sama sekali. Hehe.

    ReplyDelete
  58. jadi sekolah-sekolah cukup mendaftar ke aplikasi ini ya, mbak dan sudah bisa memanfaatkan fiturnya. pastinya membantu banget ya dalam pembelajaran nantinya

    ReplyDelete
  59. Platform ini sangat bermanfaat bagi guru, anak didik dan juga orang tua. Jadi di tahun ajaran mendatang bisa diaplikasikan ke berbagai sekolah ya mbak.

    ReplyDelete
  60. Fiturnya sangat membantu untuk manajemen sekolah dan para guru pasti sangat terbantu

    ReplyDelete
  61. Perlu aku diskusiin nih sm guru pica ttg seon ini. Krn kalo bs pake ini jd dipermudah jg murid n gurunya

    ReplyDelete
  62. Ini sih yg dibutuhkan utk sistem pendidikan di masa serba digital seperti sekarang. Manfaatnya banyak banget ya buat sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Semoga pendidikan kita makin baik & efisien dg adanya platform kayak Seon ini

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^