Tentang Kreativitas, Kolaborasi, Inovasi, dan WOWLabs

Tentang Kreativitas, Kolaborasi, Inovasi, dan WOWLabs – Dikaruniai anak yang punya kemampuan kreatif dalam mendesain itu rasanya antara bersyukur, senang, dan waswas diambil orang.

Tanya dong kenapa waswas diambil orang. 😆

Jadi begini, anak sulung saya banyak berkutat dengan urusan desain, baik dalam gambar juga di video. Mamaknya ini heran, dia sibuuuk sekali. Tugas kuliahnya banyak, baik per orangan maupun kelompok. Yang ini mau ndak mau dipahami ya. Nah, kesibukan tambahannya itu bikin mamak geleng-geleng kepala.


Kolaborasi WOWLabs

Banyak desain yang tidak ada hubungannya dengan kuliahnya juga dia kerjakan dan itu desain organisasi di kampusnya atau keperluan lain. Jujur sih, dalam hati bilang begini, “Kapan giliran Mamak ya, Boy?” 😳

 

Impian Tentang Kolaborasi

 

Dulu pernah terpikir, kalau mamaknya ini masuk dalam urusan konten kreatif yang lebih banyak berkutat dalam tulisan dan anak sulungnya berkutat dalam urusan desain gambar dan membuat video maka bisa berkarya menghasilkan kolaborasi yang keren.

Mamaknya ini kan suka ikut berbagai lomba, anaknya pun sekarang mulai ikut-ikut lomba desain ini itu, ada yang berkolaborasi dengan kawan-kawannya juga. Eh pernah sih, ada lomba yang saya ikuti dan dibantu editing video oleh dia tapi entah kapan kami berkolaborasi lagi.

Jadi ya ... sudahlah, sekarang Mamak memaklumi saja kesibukan si anak bujang dan tetap mendoakan yang terbaik untuknya. Melihat si anak bujang sudah mulai menjalankan kolaborasi-kolaborasi dalam berkarya, patut menjadi kesyukuran tersendiri mengingat sekarang memang sudah zamannya bekerja sama dalam berkarya, bahkan dalam berpenghasilan.


Gayata
Salah satu desain putra saya.

Bulan Agustus lalu saya posting di Instagram tentang usaha baju kaos sejumlah anak muda. Nah, desainnya dibuat oleh putra saya. Sebuah bentuk kolaborasi usaha kecil yang sederhana, seperti kolaborasi dalam lomba-lomba yang diikutinya. Alhamdulillah, anak muda jaman now memang harus belajar dan berani berkolaborasi dalam berkarya.

 

Syarat Kolaborasi pada Era Disrupsi

 

Kalau kita memperhatikan perkembangan zaman, memang kolaborasi menjadi salah satu topik perbincangan dalam era disrupsi ini.

Dr. Indra Utoyo dalam buku Hybrid Company Model: Cara Menang di Era Digital yang Disruptif terbitan Rayyana Komunikasindo (2020) memaparkan mengenai proses kewirausahaan strategis yang mengedepankan pentingnya kolaborasi para inovator dan calon inovator di berbagai tingkatan, ukuran, jenis kegiatan, dan strategi organisasi.

Disebutkan dalam buku itu pula bahwa disrupsi digital juga membuka peluang kolaborasi termasuk dalam inovasi. Hal ini disebut dengan inovasi kolaboratif. Inovasi ini memungkinkan perusahaan besar dan kecil bekerja sama untuk mengatasi tantangan zaman.

Dalam hal ini perusahaan tak lagi bersaing menghasilkan uang lebih banyak daripada kompetitor tetapi lebih kepada bagaimana bisa memuaskan pelanggan di arena tertentu. Dr. Indra juga menuliskan bahwa berbagai rujukan juga meyakini bahwa kolaborasi dengan startup bukan lagi opsi, melainkan syarat untuk memenangkan kompetisi dalam era disrupsi.

Oya, buat yang belum tahu tentang Dr. Indra Utoyo, beliau adalah seseorang yang menaruh perhatian besar pada dunia inovasi dan transformasi digital di Indonesia. Beliau telah melanglangbuana di berbagai BUMN dan anak usahanya dan “bertugas” memajukan tempatnya bekerja dalam dunia digital dan inovasi.

 

WOWLabs: Kolaborasi untuk Negeri

 

Nah menariknya, baru-baru ini saya mendapatkan informasi mengenai sebuah bentuk kolaborasi bernama WOWLabs. WOWLabs yang diluncurkan 3 Desember lalu  merupakan wadah kokreasi yang mengumpulkan generasi konten di Indonesia.  


Launching WOWLabs

Wadah yang digagas oleh Smartfren ini berkeinginan mendukung kaum muda Indonesia untuk mengembangkan kreasi mereka tanpa batas dengan membantu mewujudkan ide mereka. Untuk itu,  Smartfren telah menggandeng jenama milik anak muda Indonesia  dan kreator local: Show the Monster, Hana Madness, Pijak Bumi, Stayhoops, dan Ahha Official Store

Kolaborasi pertama mereka adalah  produk limited edition. Untuk saat ini sudah tersedia sepatu edisi terbatas buatan Pijak Bumi dan kaus kaki buatan Stayhoops. Keduanya didesain oleh Addy Debil.

Sebagian dari hasil penjualan produk edisi terbatas tersebut akan dipergunakan memperkuat pembangunan berbasis komunitas di seluruh wilayah operasional Smartfren. Di antaranya adalah dengan menyalurkan komputer dan sarana pendukung kegiatan ekonomi kreatif lainnya, termasuk pendidikan melalui Rumah Kreatif Smartfren Community.


Atta Halilintar
Siapa tak kenal dia. Atta Halilintar.

Ah, ya bagi yang baru mendengar nama-nama di atas, berikut sedikit informasi tentang mereka:

Hana Madness dan Show the Monster adalah kreator lokal yang memiliki fokus pada pengelolaan intellectual property (IP) berupa desain karakter. Keduanya mempunyai kisah unik di balik berbagai karakter yang dibuat. Karya Hana Madness (Hana Alfikih)  terinspirasi dari pergelutan pribadinya dengan kesehatan mental.

Hana cukup dikenal dengan isu kesehatan mental dalam karyanya. Selain itu dia biasa terispirasi dari isu difabilitas. Untuk kompetensinya itu, Hana telah 4 kali bolak-balik ke Inggris untuk berkolaborasi di sana.


Hana Madness
Hana Madness.

Sedangkan Show the Monster adalah  tim yang dipimpin oleh Evan Aditya yang mengembangkan desain karakter berupa macam-macam monster.

Selain Hana dan Show The Monster, ada Ahha Official Store – jenama lokal milik Atta Halilintar – konten kreator hits di YouTube dengan subscriber terbanyak di Asia Tenggara yang memproduksi berbagai produk fashion anak muda seperti outer dan t-shirt.

Terakhir, ada Stayhoops yang juga brand lokal dengan karyanya berbagai produk fashion seperti kaus kaki dan masker.

Sebelum meluncurkan WOWLabs, Smartfren juga telah menjalin kemitraan dengan berbagai kreator muda Indonesia. Salah satunya adalah Addy Debbil, seniman grafis yang hasil karyanya ditampilkan dalam WOW Virtual Concert 2020 lalu. 


Roberto Saputra
Roberto Saputra.

Selain itu desain karyanya juga disematkan dalam kaus dan masker yang dijual melalui Ahha Official Store, untuk kemudian hasilnya didonasikan melalui Benih Baik kepada masyarakat yang membutuhkan.

Untuk diketahui, saat ini Smartfren Community telah memiliki 11 Rumah Kreatif  yang di antaranya berada di Natuna, Tangerang, Cilegon, Bojonegoro, Surabaya, Cilacap, dan Bandung.

Dalam peluncuran WOWLabs, Roberto Saputra – Chief Brand Officer Smartfren mengatakan:

“Lewat WOWLabs, kami ingin mewujudkan semangat kokreasi untuk bersama-sama mengembangkan satu wadah yang berkontribusi mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Kami akan mulai dari membuat produk khusus yang hasil penjualan seluruhnya didedikasikan untuk memberikan akses internet pada sekolah dan siapapun yang membutuhkan. Harapannya, semangat kokreasi ini lebih dari sekadar menginspirasi, tapi juga turut membuka peluang berusaha serta mengembangkan diri untuk banyak orang. Smartfren WOWLabs merupakan sebuah kanvas kokreasi dari, oleh dan untuk kita semua.”

Roberto juga mengatakan bahwa WOWLabs adalah wadah untuk kokreasi. Inspirasi bahwa anak Indonesia bisa dan mampu, bersama-sama. Ke depannya, visi WOWLabs ini terbuka untuk yang mau belajar bersama juga untuk  yang lagi stuck, juga bagi yang ingin “naik kelas”. Nantinya WOWLabs akan terbuka bagi semua kreator  yang ingin kerja bareng.

Sungguh menarik ya idenya. Semoga nantinya WOWLabs juga menjangkau anak-anak muda di pulau Sulawesi. Karena seperti di pulau Jawa, di sini pun banyak anak muda kreatif yang saya percaya akan mampu berkolaborasi dan menghasilkan karya yang luar biasa.

Makassar, 8 Desember 2020



Share :

26 Komentar di "Tentang Kreativitas, Kolaborasi, Inovasi, dan WOWLabs"

  1. wah acaranya seru banget ya dan sampai menjangkau Sulawesi..

    ReplyDelete
  2. Mudah-mudahan semua kreatifitas anak bangsa bisa terwadahi dengan optimal di WOWLabs yaaa. Inovasi smartfren bagus banget

    ReplyDelete
  3. SmartFren mantuulll banget!
    Memang sekarang eranya kolaborasi ya Mak.
    Aku saluuutt dgn korporasi seperti SmartFren yg peduli pd semangat content creator seperti ini.
    Mantab jiwa!

    ReplyDelete
  4. Wah bagus sekali hasil penjualan malah disumbangkan bagi mereka yang membuthkan. Ini namanya berkreasi dan mengisnpirasi kepada yang lain. Salut!

    ReplyDelete
  5. Mantaaap sekali mbak anaknya bener2 produktif sejak muda ya, Insyaallah kelak sudah dewasa tinggal menuai hasilnya :) Ini sih kolaborasi mantap antara emak dan anaknya ya hihi.. emaknya nulis anaknya bagian design :)

    ReplyDelete
  6. Jadi pengen balik ke masa muda lagi kalau lihat ada wadah sekece gini hahaha. Etapi, anak-anak saya juga bisa nih produktif.

    ReplyDelete
  7. Smartfren mendukung banget ya semangat para content creator, btw kapan ya aku bisa berkolaborasi dengan mbak Mugniar? Hehehe

    ReplyDelete
  8. Keren banget mba bakat puteranya. Tinggal didorong aja ya kreativitasnya..

    ReplyDelete
  9. emang ya generasi millenial itu banyak banget idenya dan sangat kreatif untuk membuka peluang usaha termasuk peluang pekerjaan buat yang membutuhkan

    ReplyDelete
  10. Hebat mba anak bujangnya. Biasanya betapa banyak anak muda yang nggak tahu sukanya itu apa. Jadi jangankan menghasilkan karya, suka dan passionnya juga mereka nggak tahu. Jadi ketika anak kita tahu apa yang dia sukai dan dia menekuninya apalagi sejalan juga ama jurusan kuliahnya. Mantapppp itu. Sukses buat anak bujangnya ya mba

    ReplyDelete
  11. Kita sama Niar. Anak dan emak sama-sama bergerak di content creativ tapi emak jarang dibantu. Habis gimana lagi, emak lebih banyak memaklumi saja. Jadi ya biar lah dia berkiprah di luar dulu, emak mesti belajar sendiri :)

    ReplyDelete
  12. Duh, mantep betul smartfren dg kolaborasinya. Bacanya jadi ikut semangat jg nih. Auto pengen balik muda n ikut nyemplung.

    ReplyDelete
  13. Seperti yang dikatakan para pakar, kalau sekarang itu bukan zamannya untuk berkompetisi dengan sesama pelaku usaha, tetapi saatnya melakukan kolaborasi.
    Adanya WowLabs ini memang jadi bukti kalau berkolaborasi itu banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  14. Keren banget putranya Kak Mugniar kreatif yaa, salut dengan program WowLab ini mewadahi kegiatan Anak muda yang positif dan kreatif, semangat berkarya...

    ReplyDelete
  15. suka banget dengan kegiatan kayak gini, anak muda juga produktif yah, mantap deh programnya

    ReplyDelete
  16. wah keren dan inspiratif sekali mbak niar
    ibu dan anak bisa saling berkolaborasi sekaligus beramal
    patut dicontoh

    ReplyDelete
  17. Waah..senang sekali sudah mulai berkolaborasi dengan si anak bujang ya mbak. Jadi berpikir juga, ntar bisa kolab apa sama bocil2 saya ^-^.
    And...program2 seperti yang diluncurkan smartfren ini pastinya sangat bermanfaat. Pemberdayaan berbasis komunitas itu memang harus banyak dilakukan. Dengan demikian, semakin banyak komunitas yang terjangkau

    ReplyDelete
  18. Selalu salut sama gebrakan yang dibikin oleh Smartfren.
    Memang target marketnya para anak muda millenials yang memiliki sejuta mimpi dan sejuta cara untuk mewujudkannya.
    Bersama Smartfren, maju bersama.

    ReplyDelete
  19. Sekarang zamannya berkolaborasi ya demi kemajuan bersama-sama. Bagus adaa WowLabs yang bisa memfasilitasi kolaborasi anak-anak keren generasi milenial.

    ReplyDelete
  20. Ide anak-anak muda tuh keren ya mba, saling dukung untuk terus meningkatkan kreativitas. Bagus banget kalau dunia enterpreneurship dijadikan prioritas untuk kemajuan anak bangsa, biar enggak mental pegawai aja.

    ReplyDelete
  21. Seneng lihat anak2 muda berkarya gak kebanyakan sensasi hehe.
    Bagus juga nih inovasinya, smartfren juga memfasilitasi dengan baik ya mbak dengan adanya rumah2 kreatif. Eh di Bogor udah ada belum ya?

    ReplyDelete
  22. Kolaborasi anak muda zaman sekarang itu sampai lintas negara. Asyik, ya! Teknologi memudahkan untuk cross the border. Aku baca nama-namanya baru pertama ini dengar, kecuali AHHA. Kurang gaul nih padahal karyanya udah mendunia.

    Btw, asyik lho mbak bisa kolaborasi dengan anak sendiri untuk menciptakan desain.

    ReplyDelete
  23. Wuih, Smartfren keren, punya WowLabs seperti itu. Pastinya ini merupakan suatu hal positif ya buat anak muda. Merangsang mereka untuk aktif, kreatif dan produktif. Semoga WowLabs ini bisa memicu anak muda untuk lebih lagi.

    ReplyDelete
  24. baru dengar tentang WowLabs ini dan kayaknya seru buat para creator ya Mba. Yang penting kolaborasinya positif dan bisa jadi wadah kreativitas para anak bangsa mah pasti keren.

    ReplyDelete
  25. Seperti namanya wowlabs ini sungguh wow y mba. Mempertemukan para jenius pembuat desain, conten dan karya asli anak bangsa. Sungguh kuterharu mereka bisa sesukses itu. Sukses juga buat anak mba makin melebar kan sayap ke internasional. Aamiin

    ReplyDelete
  26. Anakku kuliah fotografi,waktu belum sepenuhnya bisa kolaborasi, tapi sesekali foto di blogku hasil foto anakku.
    Salut sama Smartfren yang konsen sama kolab para anak muda ini, semoga bisa diaplikasikan ke Sulawesi ya. Sukses buat anaknya, mak Niar.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^