Kunyit Putih dalam Pindang Ikan

Lauk utama yang saya cari sekarang adalah ikan selain sayur. Untuk masakan ikan, saya prefer ikan bakar atau ikan masak (istilah untuk masakan pindang ikan di sini). Kali ini ada yang berbeda. Kalau biasanya pindang ikan dimasak menggunakan kunyit yang umumnya digunakan sebagai bumbu maka kali ini saya menggunakan kunyit putih yang tak dijual di pasaran.

Perkenalan dengan Kunyit Putih yang Berkhasiat Melawan Kanker


Kunyit putih biasanya dipergunakan pada jamu-jamuan atau produk herbal. Pertama kali saya mengetahui adanya jenis kunyit ini pada suatu hari tahun 2016 ketika mengikuti pertemuan di masjid dekat rumah dan mendengarkan penjelasan seorang perempuan mengenai keunggulan kunyit putih yang dicampur dengan temu kunci dalam produk herbal bernama Kurmin.


Salah satunya adalah untuk melawan kanker. Perempuan bernama Bu Arni itu menceritakan juga beberapa kisah sukses melawan kanker dengan produk tersebut. Pas sekali waktu itu ibu mertua saya baru keluar dari rumah sakit dan divonis kanker paru-paru stadium 4. Ibu mertua dirawat di rumah sakit selama 40 hari dan mengalami 2 kali serangan jantung.

Selain mengonsumsi obat dokter, ibu mertua juga mengonsumsi produk herbal. Saya dan suami memang terbiasa dengan produk herbal alias fitofarmaka yang bahan maupun prosesnya tidak melibatkan bahan-bahan kimia. Makanya saya menyimak dengan baik penjelasan Bu Arni lalu sepulang ke rumah, menyampaikannya kepada suami.

Selama proses pemulihan, ibu mertua tinggal bersama kami. Masya Allah, ketika check up  6 bulan setelah keluar dari rumah sakit, tak ada lagi sel kanker dalam tubuhnya. Ketika itu, para dokter dan perawat yang melihatnya dan masih mengenalinya mengaku takjub dan tak menyangka beliau ternyata masih berumur panjang. Kuasa Allah, ya.

Kunyit putih (atas), kunyit yang kita kenal (bawah).
Foto: Harapanrakyat.com.

Selain membeli produk Kurmin yang berbentuk kapsul dalam botol dari Bu Arni , beliau juga memberikan bibit kunyit putih dan temu mangga untuk dikembangbiakkan. Sekian tahun kemudian, adik saya membeli produk serupa dari penyedia yang berbeda dan juga mendapatkan bibit kunyit dan temu mangga. Kami memberikan ayah kami bibit tanaman-tanaman tersebut.

Masak dengan Bumbu Kunyit Putih


Berkali-kali menggunakan kunyit yang berwarna oranye – yang memang biasa untuk bumbu dapur, baru kali ini saya terpikir menggunakan kunyit putih untuk pindang ikan yang mau saya masak. Senang juga rasanya melihat ayah mengeluarkan rimpang kunyit dari dalam tanah di pekarangan rumah kami dan menggunakan bumbu dari pekarangan sendiri.

Kunyit putih atau dikenal dengan nama white turmeric, atau Zedoary (Curcuma zedoaria) dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit. Beberapa manfaat kunyit putih di antaranya adalah sebagai obat analgesik atau antinyeri, antialergi, obat tukak lambung, antiracun (penawar terhadap bisa ular), dan antiradang (Alodokter.com).

Kunyit putih dari pekarangan kami. Tanamannya yang
di belakang rimpang kunyit yang dipegang itu. 

Alodokter tidak menuliskan mengenai manfaat kunyit putih yang bisa membantu tubuh melawan kanker. Harapanrakyat.com menuliskan salah satu  fungsi kunyit putih adalah ampuh mengobati kanker dan tumor.

Alhamdulillah, kami sudah membuktikannya melalui ibu mertua. Kelebihan kunyit putih dalam hal ini adalah karena kandungan senyawa kurkuminoid, ethyl pmethocyvinnatate, flavonoid, demothxycurcumin, dan bisdemothxycurcumin-nya.

Nah, kalau sebagai bahan ramuan herbal bisa, mengapa tidak untuk bumbu masakan, ya.

Jadilah saya memasak pindang ikan aneka bumbu yang saya karang sendiri. Beberapa kali masak pindang ikan, saya mencoba menggunakan kombinasi aneka bumbu. Baru kali ini bumbu-bumbu yang saya gunakan sebanyak ini: lengkuas, daun salam, bawang putih, daun bawang, tomat, sereh, jahe merah, dan jeruk nipis.

Jahe merah. Foto: Antara.


Pas pula nih, saya lagi punya jahe merah. Tanggal 18 Maret lalu, Mediaindonesia.com merilis artikel yang menyebutkan bahwa jahe merah memiliki aktivitas sebagai immunomodulator untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Efek tersebut bermanfaat dalam pencegahan dan membantu dalam pemulihan dari penyakit akibat virus Corona yang lagi mewabah.

Cara membuatnya bagaimana?

Cara Masak Pindang Ikan Bumbu Kunyit Putih Jahe Merah


Sama seperti membuat pindang ikan lainnya. Rebus ikan (saya menggunakan ikan layang) bersama semua bumbu. Khusus lengkuas dan sereh, digeprek saja. Bawang putih saya pakai agak banyak, ada yang saya iris tipis dan masukkan ke dalam masakan dan ada yang saya tumis sampai harum lalu masukkan ke dalam masakan. Tentunya, jangan lupa masukkan garam, ya.

Hasilnya bagaimana? Menurut lidah saya enak!
Nikmat sekali rasanya makan pindang ikan dengan kuah yang banyak.
Selain masakannya terasa segar, badan juga rasanya jadi lebih segar, lho!

Pindang ikan menggunakan kunyit putih.

Awalnya mau saya masukkan ketumbar bubuk tapi karena merasa bumbunya sudah terlalu banyak, saya urungkan niat itu. Namun ketika memanaskan masakan pindang ikan keesokan harinya saya menambahkan ketumbar setelah menambahkan air karena kuahnya sudah berkurang banyak.

Kalian suka pindang ikan? Kalau iya, boleh dicoba resep saya. Apalagi kalau kalian punya tanaman kunyit putih di pekarangan.

Makassar 4 April 2020

Tambahan referensi:
  • https://www.harapanrakyat.com/2020/03/manfaat-kunyit-putih/
  • https://www.alodokter.com/fakta-manfaat-kunyit-putih-bagi-kesehatan
  • https://mediaindonesia.com/read/detail/297409-peneliti-lipi-ungkap-manfaat-jahe-merah-hadapi-covid-19


Baca juga:





Share :

27 Komentar di "Kunyit Putih dalam Pindang Ikan"

  1. Saya belum pernah nemu kunyit putih di daerah saya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya orang tanam sendiri, Mbak. Jadi kalo belum ketemu yang nanam sendiri belum tahu sama kunyit putih :)

      Delete
  2. Khasiatnya JUARA banget yaaa si kunyit putih ini.
    Bakalan sedeeeppp nih kalo dijadikan bumbu masakan pindang ikan. So yummyyy!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, Mak khasiatnya. Bisa membantu melawan kanker juga :)

      Delete
  3. Jadi kunyit putih bisa untuk masakan juga ya mbak, saya taunya cuma buat jamu. Tanaman ini Kemaren ada di halaman rumah, tapi nggak tau kegunaan nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mbak. Kata beberapa orang rasanya lebih pahit tapi kalau kita pakai bumbu lain juga dan ada garam, ketutupan koq rasa pahitnya. Pindang ikan yang saya masak itu tidak ada rasa pahitnya sama sekali :)

      Delete
  4. Daku pernah mencoba kunyit putih karena penasaran dan rasanya itu aneh, wangian yang kunyit kuning sih, hehe. Mau coba buat tanam di halaman rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih ya, lebih wangi kunyit yang biasa kita pakai. Kunyit putih lebih ke kesehatan khasiatnya :)

      Delete
  5. Seumur-umur saya baru tahu ada tanaman kunyit putih. Masya Allah... khasiatnya juga luar biasa ya. Saya jadi tambah pengetahuan nih mbak. Terima kasih sharingnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulillah ya Mbak. Terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  6. Jadi pingin coba juga ah
    saya punya kunyit merah, doberi tetangga
    Daunnya semburat merah, belum saya coba sih rasanya karena ngga tau mau dibuat apa.
    Sekarang jadi punya ide untuk pindang
    Makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, Ambu ... menunggu postingan blog Ambu tentang pindang ikan :)

      Delete
  7. Aku malah baru tau ada kunyit putih mba. Selama ini taunya kunyit kuning. Tp aku LBH tertarik kunyit putih ini dlm bntuk obat herbal td. Kalo dijadiin obat gini, dosis ya udh dibikin pas , jd LBH gamoang dikonsumsi :D. Secara kalo dijadiin bumbu masakan, rada gambling kalo di aku. Kebanyakan gagalnya hahahaha :D. Sayang bumbunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya betul, kalo sudah dalam kemasan, bisa kita takar dosisnya untuk pengobatan. Kalau buat bumbu ya, manfaatnya tidak semaksimal minum sesuai dosis ya.

      Delete
  8. Wah, bisa ya kunyit putih untuk.bumbu masakan. Tahunya untuk obat herbal saja. Kalau dipakai untuk masak, warnanya kuning juga ya ternyata...wah, jadi pengen nyoba juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warnanya kuning pucat sih sebenarnya, Mbak.

      Delete
  9. Saya baru tahu tentang kunyit putih ini, ternyata banyak manfaatnya terutama untuk kesehatan ya, Mbak. Pindang ikannya menggoda sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, biasanya memang dikonsumsi untuk kesehatan

      Delete
  10. Bisa jadi alternatif lain nih untuk rempah pada masakan, tentunya kunyit putih ini sangat banyak khasiatnya 😊

    Beberapa tahun yang lalu saya juga rutin mengonsumsi kunyit putih, untuk membantu pengobatan tumor jinak, dan cukup membantu juga dalam menjaga kondisi tubuh. Kalau sudah dalam bentuk kapsul, harganya sudah sangat mahal, lebih dari 200rb hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya, adik saya pun konsumsi yang sudah dikemas dalam botol, ada benjolan dan benjolannya mengecil :)

      Delete
  11. Manfaat rempah-rempah memang sudah terbukti bagus buat kesehatan ya mbak. Apalagi untuk bumbu masakan. Kebetulan saya kurang menyukai jamu. Bisa dicoba ini resepnya. Makasih mbak.

    ReplyDelete
  12. Bwlum pernah liat dan pake ini nunyit putih kak, taunya yang kuning saja hehehe ternyata berkhasiat sekali buat kesehatan tubuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Nan. Dan ternyata boleh juga jadi bumbu. Enak juga. Meskipun kata orang-orang yang minum langsung sebagai jamu, rasanya lebih pahit dibandingkan kunyit yang kita kenal tapi kalau sudah masuk dalam masakan seperti ini tidak pahit, koq. :)

      Delete
  13. Kalau nggak salah kunyit putih ini bisa untuk mengatasi jerawat. Hehehe.. dulu sampai dibela-belain minta temen untuk membawakannya ehehe.. Jahe merah kunyit putih, mpon2 yang masih kurang populer tapi sebenarnya gampang dicari kalau di desa-desa.

    ReplyDelete
  14. Biasanya kunyit putih ini buat jamu bukan ya? Soalnya jarang banget nemu masakan yang resepnya pake kunyit putih

    ReplyDelete
  15. Terima kasih resepnya mbak.. Dulu tahu kunyit putih di pekarangan ibu sy di kampung. Baunya khas banget tapi belum pernah coba sih untuk masakan.. Next harus cobain resep ini

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^