Beli Tiket Kereta ke Jakarta Tanpa ke Stasiun, Begini Caranya

Beli Tiket Kereta ke Jakarta Tanpa ke Stasiun, Begini CaranyaJakarta – ibu kota negara yang juga ibu kota Provinsi DKI Jakarta menjadi dambaan banyak orang untuk mengadu nasib. Tapi bagi adik laki-laki saya, takdir yang membawanya ke sana. Bukan sekadar mencari-cari cara untuk bisa ke Jakarta.

Sekarang ini pekerjaan utamanya di kota metropolitan itu. Keluarga kecilnya tinggal di Bandung. Ada hal yang membuat mereka tinggal terpisah seperti itu. Jadinya setiap akhir pekan adik saya ke Bandung, naik kereta api. Dan balik ke Jakarta sebelum waktu bekerjanya di Senin pagi berikutnya.

Jakarta, seperti kita ketahui terkoneksi dalam suatu megapolitan Jabodetabekpunjur (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur). Namun yang lebih sering kita dengar adalah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Ibu kota negara. Sumber foto: Traveloka.com

Sangat wajar warga Bodetabek bekerja di Jakarta. Mereka menggunakan transportasi kereta api untuk pergi ke kantor dan pulang ke rumah setiap harinya.

Begitu pun dengan adik saya, dia lebih senang menggunakan moda transportasi kereta api ketimbang bus karena waktunya relatih lebih pasti. Kalau naik bus travel sering kali tak bisa diprediksi lama perjalanannya. Di kereta api pun lebih santai. Dia bisa menggunakan laptop. Pun bisa santai makan di restoran ataupun di tempat duduk kereta api dengan pilihan menu yang fresh.

Nyamannya lagi kereta api dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi yang bersih. Ada pula colokan listrik yang sangat berguna ketika lupa membawa power bank.

Di Jakarta sendiri, ada begitu banyak stasiun kereta api karena di sini transportasi kereta api merupakan transportasi andalan warga sekaligus wisatawan yang berkunjung.

Stasiun Pasar Senen – biasa juga disebut Stasiun Senen dan Stasiun Gambir menjadi opsi mereka yang datang dan pergi dari/ke luar kota. Sebelum memilih antara kedua stasiun tersebut, yang harus terlebih dahulu diketahui adalah apa yang membedakan kedua stasiun ini.

Wilayah Jabodetabekpunjur. Sumber:
https://medium.com/sadeva-satyagraha/

Secara umum, jarak antara Stasiun Pasar Senen dengan Stasiun Gambir tidak begitu jauh. Namun yang membedakan sebuah kereta berhenti di antara kedua stasiun itu adalah kelas jenis kereta serta rute kereta yang dilalui.

Umumnya, jika memilih transportasi kereta api untuk pergi ke Jakarta dengan menggunakan kelas ekonomi maka akan diturunkan di Stasiun Pasar Senen. Tapi berbeda jika memilih kereta api kelas eksekutif, bisnis, hingga campuran. Nantinya penumpang diturunkan di Stasiun Gambir.

Stasiun Gambir sendiri merupakan stasiun terbesar di Jakarta. Di sini lebih mudah mendapatkan transportasi lanjutan untuk tujuan ke tempat lain seperti bus Transjakarta, taksi,  atau bus Damri yang berangkat ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng.

Faktanya selain itu, Stasiun Gambir juga letaknya sangat dekat dengan Tugu Monas, butuh waktu 5 menit dengan berjalan kaki saja. Stasiun Gambir sudah menjadi tempat wisata sekaligus lambang ikonik dari Kota Jakarta. Tidak hanya Tugu Monas, Stasiun Gambir pun tempat ikonik di Jakarta.

Dalam setahun terakhir, fasilitas ibadah (masjid maupun mushola) semakin meluas di Stasiun Gambir sehingga tidak perlu antre lama lagi untuk melaksanakan shalat wajib seperti dulu. Banyak pula pilihan tempat makan.

Check in counter. Sumber foto: Traveloka.com.

Yang utama, semakin cepat dalam melakukan check in karena jumlah mesin check in lebih banyak. Selain itu penambahan akses pintu pejalan kaki yang lebih dekat ke  pintu keberangkatan amat mempermudah.

Buat kalian yang mungkin perlu informasi ini, jika memutuskan untuk membeli tiket kereta api dengan tujuan akhir Stasiun Gambir dan Agar Perjalanan Panjang Minim Drama, perlulah melihat jadwal keberangkatan kereta yang tertera di setiap stasiun terlebih dulu. 

Umumnya kereta-kereta yang memiliki tujuan ke Stasiun Gambir biasanya adalah Kereta Api Argo Sindoro, Argo Bromo Anggrek, Argo Muria, Taksaka, Purwojaya, dan Sembrani. Setiap kereta tentunya memiliki fasilitas yang berbeda dari kereta lainnya.

Nah, syukurnya membeli tiket kereta api sekarang amat mudah karena tak harus ke stasiun dulu. Bahkan, kebijakan yang dikeluarkan oleh PT. Kereta Api Indonesia sudah mengajak para pengguna jasa layanan transportasi kereta api untuk melakukan pemesanan secara online untuk memudahkan pemesanan tiket.

Kereta Argo Bromo Anggrek. Foto: Muhammad Pascal Fajrin,
dari Wikipedia.com.

Salah satu aplikasi yang mengakomodasi pemesanan tiket kereta api secara online adalah Traveloka. Kalau dulu aplikasi ini hanya berfokus pada layanan pemesanan tiket pesawat dan kamar hotel saja, kini pemesanan tiket kereta api bisa melalui aplikasi ini. Contohnya seperti memesan tiket kereta ke Jakarta.

Selain kemudahan dalam melakukan pemesanan dan juga pembayarannya, melalui aplikasi Traveloka ini juga nantinya kalian bisa memilih kursi atau gerbong yang diinginkan. Oya, bisa banget menambahkan layanan asuransi perjalanan, lho. Mudah, kan? Mau beli tiket kereta ke Jakarta, di Traveloka saja!





Share :

26 Komentar di "Beli Tiket Kereta ke Jakarta Tanpa ke Stasiun, Begini Caranya"

  1. Di manapun, kapanpun BISA BANGET beli tiket KA dgn super easy bin gampil, pakai app Traveloka!
    Aku juga ngandelin app ini, Mak

    ReplyDelete
  2. Jadi kangen naik kereta nih, dulu sering naik kereta dari Jogja ke Jakarta. Sekarag makin mudah ya mau pesan tiket kereta, bisa dari aplikassi traveloka

    ReplyDelete
  3. Naik kereta di Jakarta itu menyenangkan. Terutama di waktu-waktu yang tidak berbarengan dengan jam berangkat orang kantoran. Saya sewaktu pulang kampung via stasiun Gambir. Nyaman banget.

    ReplyDelete
  4. Sekarang enak ya tinggal pesan di HP pake aplikasi di traveloka. Dulu boro-boro, harus ngantri nyubuh di stasiun, hehe. Di traveloka juga biasanya banyak promo nya lagi.

    ReplyDelete
  5. Sekarang kalau beli tiket kereta gak perlu lagi ke stasiun ya, tinggal buka Traveloka dan pilih waktu dan tujuannya. Aku sekarang pun kalau beli tiket kereta api selalu tinggal buka aplikasi saja dan gampang memantau harga paling baik. Heheheheee

    ReplyDelete
  6. Eh iya lho pesan tiket kereta api di Traveloka itu gampang banget sekarang. Pernah soalnya dipesenin sama Pak Bos dimintai tolong pesan tiket kereta api. Pake traveloka dapat diskon waktu itu :D

    ReplyDelete
  7. Aku awalnya beli di Traveloka hanya tiket pesawat saja. Teryata memang ada juga tiket kereta api ya mba. Memudahkan sekali :)

    ReplyDelete
  8. Saya selalu beli tiket pakai aplikasi. Suka malas kalau harus antre. Kalau online gitu juga bisa pilih tempat duduk

    ReplyDelete
  9. Sekarang semua serba gampang ya mba, ngga kayak dulu.. aku inget banget tiap lebaran harus nongkron di stasiun biar kebagian kereta ke Bandung :D alhamdulillah sekarang banyak cara lain yg memudahkan pengguna kereta

    ReplyDelete
  10. Kalau beli tiket kereta api memang enaknya online soalnya kadang dapat harga lebih murah dan bisa beli tiket dari jauh-jauh hari, jadi ngak pusing lagi kalau mau pulang kampung atau bepergiaan kemana-mana. Selain itu, bisa pilih-pilih hari dan jam sesuai keinginan kita asalkan masih tersedia slotnya...mudah dan praktis.

    ReplyDelete
  11. Sekarang beli tiket udah ga ribet lagi ya, Mbak. Kebayang cerita kakak waktu dia di Jakarta tahun 90an. Mau beli tiket ya terpaksa antri di stasiun. Belum lagi resiko kena jambret. Akhirnya pake jasa calo. Tapi harga tiket jadi 2-3 kali lipat. Bersyukur banget kita yang hidup di era digital ini, ya. Semua jauh lebih mudah.

    ReplyDelete
  12. Aku karena gak terlalu pengalaman soal naik kereta jadinya ceki-ceki kereta jurusan apa turun di mana. Buar gak nyasar gitu. Tapi kalau salah, lumayan buat jalan-jalan, hahaha

    ReplyDelete
  13. Enak sekarang kalau beli tiket kereta gak usah jauh2 bisa dari hp aja juga bisa ya mbak. Apalag mau lebaran nih gak usah antri ke loket sampai nginap di stasiun segala lewat traveloka aja

    ReplyDelete
  14. Kayak temanku weekend husband juga, tiap hari Jumat pulang ke Semarang daro Jakarta naik kereta, enak tuh bandung-jakarta pakai kereta, no macet..

    ReplyDelete
  15. wah, traveloka udah ada kereta apinya juga ya. Aku karena dari kalimantan jadi jarang banget terpapar kereta api jadi gak update, hehehe.

    ReplyDelete
  16. Aku nih, beli tiket kereta selalu ke loket di stasiun. Paling pun pernah di minimarket. Belom pernah nyoba beli di OTA. Kudu nyoba ya, praktis banget

    ReplyDelete
  17. mungkin stasiun gambir dan pasar senen itu seperti stasiun gubeng dan pasar turi di surabaya yak. saya nih pengen naik kereta ke ibukota, kapan yaa

    ReplyDelete
  18. Naah aku baru tau bedanya stasiun senen ama gambir. Sering banget denger orang ngomongin dua stasiun ini, tapi blom pernah jejakan kaki disana. Kapan2 deh ke Jakarta naik kereta, kayaknya asyik juga.

    ReplyDelete
  19. Saya jarang sih beli tiket kereta api hehe, waktu ke Jogja beli tiket kereta api nya ya pakai Traveloka hhee lumayan poin jadi nambah .

    ReplyDelete
  20. Aku juga beli tiket kereta di OTa mbak makin gampang. Btw di Senen juga ada kereka eksekutif kok tapi emang yang lebih sederhana dan lbh murah dari kereta eksekutif yang dari Gambir. Ini aku otw Malang dari Senen xixixi

    ReplyDelete
  21. Aku juga kalau pulang kampung naik kereta beli tiketnya lewat Traveloka mbak. Praktis karena nggak usah beli tiket ke stasiun. Jaman dulu kalau mau pulkam harus antri dulu beli tiket di stasiun beberapa hari sebelumnya

    ReplyDelete
  22. Aku juga lebih senang naik kereta Api daripada bus. Naik kereta api lebih cepat. Nggak kena macet. Kota tujuannya lebih banyak sekarang.Enak nih ada traveloka. Lebih mudah, hemat dan cepat.

    ReplyDelete
  23. Traveloka ini beneran solusi untuk segala macam pemesanan tiket ya. Mulai dari kereta api hingga pesawat bisa banget menggunakan Traveloka. Bantuin kita agar tak perlu rempong untuk pesan tiket ke stasiun ataupun bandara.

    ReplyDelete
  24. Say sering lewat stasiun Senen dan Gambir. Hanya lewat. Lama sekali saya tak naik kereta api. Lain waktu bolehlah dicoba.

    ReplyDelete
  25. Aku juga lebih senang naik kereta api kalau pergi. Enak nggak perlu terjebak macet. Aku juga selalu beli online nggak perlu datang ke stasiun. Gampang nggak pakai ribet.

    ReplyDelete
  26. sejak kenal traveloka aku enggak pernah merasa repot saat harus beli tiket kereta api, hehehe. Traveloka nih membantu sekali deh ya. Di Malang pun sekarang udah macet loh jalanan jadi malas sekali kalau harus ke stasiun hanya untuk antri beli tiket, huhuhu

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^