Sensasi Avocado Choco Melted dari Es Teler Kota Daeng

Avocado Choco Melted dan Granola Salad,” adalah jawaban dari Juanda Syamsul – pengusaha ST Koda (Es Teler Kota Daeng) ketika saya bertanya via Whatsapp, yang mana pada daftar menu Es Teler Kota Daeng yang khas.

Waktu itu saya mewawancarainya untuk keperluan sebuah tugas menulis yang harus saya kerjakan. Senangnya, Pak Juanda menjawab semua pertanyaan yang saya ajukan dengan baik. Jawabannya panjang dan benar-benar memberikan jawaban dari apa yang saya tanyakan.

Menyenangkan menemukan nara sumber yang dengan ringan memberikan jawaban ketika diwawancarai meskipun melalui pesan Whatsapp. Soalnya, dari beberapa pengalaman mewawancarai pelaku usaha UMKM, tak semuanya kooperatif dalam memberikan jawaban padahal saya tak meminta apa-apa, hanya ingin membantu mempromosikan usahanya.


Mengingat perkataannya mengenai menu andalannya maka ketika berkunjung ke Go-Food Festival untuk sebuah pekerjaan, saya memesan Avocado ChocoMelted di merchant Es Teler Kota Daeng. ST Koda merupakan salah satu merchant dari sekira 20 merchant yang bekerja sama dengan Go-Food di food court Go-Food Festival Makassar ini.

Kedai utamanya ada di jalan Andi Mappanyukki. Kedai lainnya ada di daerah Topaz – Panakukang Mas, letaknya hampir berseberangan dengan Renner. Tapi kalau Anda lagi tak bisa bepergian, cari saja nama ES TELER KOTA DAENG di aplikasi ojek online.

Ah ya, kembali ke Avocado Choco Melted, saya mau menceritakan bagaimana rasanya. Ternyata memang wow. Choco melted membuat varian es teler ini istimewa. Kalau penyajiannya tepat, coklat yang tengah meleleh bercampur dengan aneka buah menimbulkan sensasi di lidah. Recommended, deh!

Salah satu rahasia lezatnya es teler di kedainya diceritakan oleh lelaki yang akrab disapa Juan. Lelaki ini mengatakan dia menyajikan es teler dalam konsep yang lebih eksklusif dengan bahan pilihan – seperti alpukat yang kalau perlu didatangkan dari luar Sulawesi karena keterbatasan perolehannya di pulau Sulawesi.

Rahasia lainnya adalah Pak Juan mempertahankan rasa dengan menerapkan standardisasi dalam rekrutmen pegawai untuk membantunya menjalankan usaha yang dirintisnya sejak tahun 2011 ini.


Dia mengakui aplikasi ojek online sangat membantu karena lokasi kedai yang tidak terlalu strategis menjadi lebih terjangkau. Para pembelinya tidak harus datang sendiri ke kedai, cukup memesan es teler yang disukai dan duduk manis menunggu di rumah.

“Benar-benar terasa sejak ada ojek online, adanya perubahan dari segi penjualan yang meningkat. Mudah pula menjangkau calon konsumen yang sebelumnya tidak terjangkau karena keterbatasan mengelola marketing dan promosi,” ujar Pak Juan.

Saya masih ingat, selama bertahun-tahun es teler di Makassar modelnya sama saja, siapapun penjualnya. Biasanya di dalamnya ada alpukat, kelapa muda, cincau, pepaya, nangka, sagu mutiara, kacang disko, kental manis, dan sirup DHT atau gula merah.

Kini, Es Teler Kota Daeng ini menyajikan es teler dan minuman dingin lainnya dengan cita rasa berbeda. Simak saja nama-nama menunya:

Granola Salad, sumber foto: Es Teler Kota Daeng.
  • Avocado Kocok Milo Oreo
  • Avocado Kocok Keju Milo
  • Avocado Smoties Cream
  • Avocado Juice
  • Avocado Smoties Mango
  • Mango Smoties Cream
  • Es Teler Nangka
  • Es Teler Nangka Tape
  • Es Teler Nangka Alpukat
  • Es Teler Alpukat Spesial
  • Es Teler Durian Nangka
  • Es Teler Durian Spesial
Bukan hanya minuman, beberapa varian salad buah pun ada di Es Teler Kota Daeng. Cek sendiri deh di fitur pesan antar makanan di aplikasi ojek online Anda.

Makassar, 20 Desember 2019


ES TELER KOTA DAENG
Instagram: @estelerkotadaeng
Jl. A. Mappanyukki No. 97
Ruko Zamrud, jalan Topaz Raya B3



Share :

18 Komentar di "Sensasi Avocado Choco Melted dari Es Teler Kota Daeng"

  1. Es teler kota daeng ini dimana ya mbak tepatnya? Sepertinya seger dan enak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih di Makassar, Mbak. Ada di jalan A. Mappanyukki, di Topaz, dan di Go-Food Festival. Tapi bisa pesan Go-Food.

      Delete
  2. Aduh mba, liat avocado choco melted ini aku langsung ngences mba sayyy,
    salah aku sendiri ya.. baca nya pas lagi makan siang..
    Pasti jadi menu terlaris ini ya.. ♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uenak, Mbak hihi ... kalo ke Makassar suatu hari nanti, bagusnya cobain ini. :D

      Delete
  3. aih..aih.. mantap ya mbak menunya, bikin ngiler. Jadi pengen nyicipin tapi sayagnya kejauhan.

    ReplyDelete
  4. Foto Avocado Choho melted aja rasanya pengen ikut nyicipin juga, mba. Apalagi setelah membaca ulasannya. Kebayang spesialnya.

    ReplyDelete
  5. Duh, liat fotonya saja auto ngeces saya.. Menu2nya memggoda, apalagi salad granola nya itu.. Kapan ya bisa nyobain? Nunggu bisa jalan2 ke Makassar

    ReplyDelete
  6. Seger banget, pas buat udara panas Mbak Niar.
    Jujur, memang banyak kok pelaku UMKM kesannya menutup diri saat kita interview dengan alasan; ada yang takut kita ngurek-ngurek rahasianya (apa ya bahasa indonesia ngurek-ngurek? hehehe), dan kedua dia belum percaya diri dengan usahanya pake diwawancara walaupun aslinya kita niatnya baik.

    Anyway, avocado ini favorit banget.

    ReplyDelete
  7. Ya ampun kuliner Makasar bikin ngeces..
    Kapan ya saya bisa ke Makasar?

    ReplyDelete
  8. Belom pernah ada Nemu ky gini 😭 auto ngiler.. buka cabang di Banjarmasin plissss... 😭

    ReplyDelete
  9. Wih, jadi ngiler. Kayaknua enak bangey ini mah wkwk

    ReplyDelete
  10. Banyak varian rasa dari es telernya ya Kak. Duh, saya liat penampakannya jadi ngiler deh. Kapan2 kalau ke Makassar lagi kudu coba nih es teler kota Daeng ini.

    ReplyDelete
  11. Bagus banget ini tempatnya jadi pengen mencoba salad granola apalagi tempatnya asik begini. Makin penasaran deh pengen mencoba semoga suatu hari nanti bisa main ke Makassar.

    ReplyDelete
  12. fotonya membuat produksi air lidah saya ketika melimpah ruah mba . duh jadi pengen.

    ReplyDelete
  13. Es telernyaaaa.... aduh duuhh...jadi pingin nih... dari penampakan foto-fotonya sepertinya punya rasa yang mantap nih. Tapi adanya hanya di Makasar aja kah?

    ReplyDelete
  14. Yes, bulan Maret kasi ingatka' Bunda soal ini
    Saya bakalan coba karena kebetulan pulang akhir Naret 2020 nanti

    ReplyDelete
  15. Aku baru tau loh mbak, es teler di makasar isinya komplit banget pake ada kacang disko segala dan pepaya. Nanti kalo kesana mau coba ah dan kita bisa kopdar ya mba

    ReplyDelete
  16. Mataram lagi panas sekali ini, lihat foto di atas langsung mupeng. Kenapa baru tahunya pas udah sampai Mataram lagi sih? Huhuhu..apakah ini pertanda disuruh ke sana lagi?

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^