Investasi yang Bisa Dimulai pada Usia 20-an Tahun

Bagi sebagian orang, usia 20-an tahun dianggap sebagai saat yang paling tepat untuk mulai berinvestasi. Selain kebanyakan orang di usia ini sudah mulai produktif bekerja, kebanyakan mereka adalah orang-orang yang bebas tanggungan karena belum menikah.

Beberapa kisah pengusaha sukses di usia 30 tahun membuktikannya. Bahkan ada di antara mereka yang memulai bisnis kecil-kecilan di usia belasan, contohnya Stefanie Kurniadi – salah seorang pendiri Warunk Upnormal.

Ayuni – seorang kawan yang saya temui pada sebuah pelatihan untuk menjadi fasilitator internet marketing bagi perempuan pelaku UMKM bahkan sudah meraih omzet 1,5 – 2 juta rupiah per hari pada usia 22 tahun. So, suskses di usia 20-an tahun bukannya tidak mungkin walaupun tidak mudah.

Qazwa

Tidak mudahnya karena di usia itu, godaan untuk bersenang-senang dengan kawan begitu kuatnya ketimbang konsisten meniti karier. Tapi bukannya tidak mungkin bukan? Toh ada yang istilahnya “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”, kan? Nah, bolehlah dimulai, mumpung masih muda.

Lantas, investasi usia 20 tahun-an apa yang bisa dipilih jika kalian ingin memulai “meniti karier”? Nah, saya beri tahu, ya. Saat ini, berinvestasi sudah semakin mudah dilakukan dan modalnya pun tidak harus besar, kalian bisa memulainya dari sini. Simak saja produk-produk investasi usia 20 tahun berikut ini!

 1.Tabungan Emas


Emas sejak dulu memang sudah dijadikan alat penyimpan nilai karena harganya yang cenderung stabil bahkan naik. Saat ini, emas juga dijadikan instrumen investasi yang menjanjikan. Jangan berpikir harus membeli emas dengan harga jutaan karena sekarang sudah tersedia pilihan tabungan emas yang terjangkau.

Tidak harus langsung membeli 1 gram emas yang harganya ratusan ribu, kalian bisa memulainya bahkan dengan 0,001 gram saja. Kalian juga tidak perlu khawatir emas hilang jika disimpan di rumah karena penyedia layanan akan menyimpankannya untukmu.

Qazwa - gambar Pixabay

2. Tabungan Berjangka


Memiliki tabungan memang penting sebagai simpanan di masa depan. Tapi kalau tabungan yang kalian gunakan adalah tabungan biasa, alih-alih dapat untung, uang yang kalian simpan nilainya malah bisa berkurang karena inflasi. Lantas bagaimana cara menyiasatinya?

Kalau niatmu menabung adalah investasi, maka tabungan yang harus kalian miliki adalah tabungan berjangka. Tidak seperti tabungan konvensional, di sini kalian akan diminta menentukan jangka waktu kalian akan menabung. Bisa 6 bulan hingga bertahun-tahun. Selama jangka waktu itu, kalian tidak bisa menarik atau mencairkan uangmu.

Nanti setelah masuk waktu jatuh temponya, barulah dana tabunganmu bisa diambil lagi. Lengkap dengan keuntungan yang telah ditetapkan oleh pihak bank. Tabungan berjangka dianggap sebagai salah satu pilihan investasi usia 20 tahun karena mudah diakses, syaratnya mudah dan bisa membantu kalian lebih disiplin dalam menabung.

Qazwa
Sumber: Qazwa

3. Pendidikan


Selain untuk bekerja, usia 20 tahun-an adalah waktu yang sempurna untuk menuntut ilmu. Memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan juga bisa menjadi jaminan masa depan bagimu. Dibandingkan beragam produk investasi keuangan, pendidikan menjanjikan hasil yang lebih dari sekadar materil. Selagi kalian masih sanggup belajar, kejar terus pendidikanmu, ya!

Qazwa
Contoh investasi di Qazwa

Itulah 3 jenis investasi usia 20 tahun yang bisa kalian jadikan opsi. Jika kalian mencari instrumen investasi berbasis syariah yang bebas riba, qazwa.id siap membantu. Sebagai perusahaan teknologi finansial berbasis peer-to-peer lending, Qazwa siap menjadi wadah bagi para kreditur yang ingin menyalurkan modal untuk para pengusaha UMKM. Ayo mulai berinvestasi sekarang juga!

Makassar, 30 Oktober 2019




Share :

27 Komentar di "Investasi yang Bisa Dimulai pada Usia 20-an Tahun"

  1. Qazwa keren bgt mba.
    Di tengah tren banyaknya FinTech, Qazwa ini bisa outstanding dgn diferensiasi yg kuat ya. Barokallah.

    ReplyDelete
  2. wahh.. investasi emang penting banget.. makin bagus kalo dimulai sejak usia dini ya.. biar kerasa juga hasilnya dan melatih kedisiplinan.. Apalagi yang seusia kita gini ya kak.. jangan tunda investasi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, keren sekali kalau yang masih muda-muda menyadarinya ya

      Delete
  3. Very inspiring and useful sharing nih mbak. Kadang kadang kita memang musti diingatkan hal yang penting dan bervisi jangka panjnag

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya pun masih perlu informasi seperti ini :)

      Delete
  4. Jadi semakin smangat untuk berivestasi dan baru tau juga ada qazwa.id yg ternyata berbasis syariah, wah keren

    ReplyDelete
  5. Investasi ini memang berat di awal.
    Namun bila sudah terbiasa dan sudah dilakukan hingga membuahkan sebuah hasil, aah...terasa sekali nikmatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi ketika perjalanan sudah sampai di penghujung dan tinggal memetik hasil ya

      Delete
  6. Bener banget mba, investasi sedini mungkin lebih bagus daripada sudah dekat dengan usia pensiun. Buat saya yang cocok sampai sekarang adalah tabungan emas.

    ReplyDelete
  7. Dari sekarang mesti bnget sadar berinvestasi ya mba buat nanti skarang Ada qazwa.id Aman krn berbasis syariah

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah, udah mulai nyoba beberapa untuk investasi. Tapi belum nyoba di qazwa.id nih...syarat pertama memang penting banget harus bebas riba :)

    ReplyDelete
  9. Aku sadar, investasiku masih kecil, tapi aku usahain terus untuk investasi.

    Pengen bisa investasi dengan baik tapi masih suka jajan. Hoalaah...

    ReplyDelete
  10. saya tau qazwa ini mba, tapi belum pernah nyoba... pengen nyoba karena konsepnya bagus

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah, yang mbak sebutin udah saya lakuin semua, wkwkwkwk

    ReplyDelete
  12. wah investasi pada usia 20 th, pastinya bakal banyak keuntungannya krn sejak muda ya

    ReplyDelete
  13. memang banyak tantangan di usia 20 an, kalau sudah berinvestasi bahkan sukses di usia segitu luar biasa banget

    ReplyDelete
  14. makasih tips dan infonya mba Niar, pengen juga belajar berinvestasi. Tp baisanya suami saya yg lebih rajin sih karena keuangan jg dia yg pegang. belum nyoba tabungan emas

    ReplyDelete
  15. Keren qazwa ini.. paham betul dengan potensi pembiayaan umkm.. jadi skr t siapa. aja bisa investasi ya gak harus punya duit gede.. dan usia muda bukan kendala juga..

    ReplyDelete
  16. Aku telat nih berinvestasi, baru tahun ini yang benar2 manage keuangan. Banyak manfaatnya, belajar hemat juga

    ReplyDelete
  17. Gak usah nunggu 30-an ya agar goal suksesnya terwujud. Alhamdulillah klo ada lembaga bebas riba yg bisa ngebantu

    ReplyDelete
  18. Usia 20 an itu sy belum mengenal investasi. Familiarnya baru skg. Saat ini usia sudah kepala 4, sudah keteteran hahahaa...


    ReplyDelete
  19. Selalu salut sama pengusaha-pengusaha muda, yang di usia mudanya itu sudah sangat produkti sekali dan sukses dengan karirnya. So untuk bisa jadi pengusaha muda memang kita kudu berinvestasi sejak dini ya Mbak, bahkan dari umur 20-an.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^